in

Profil Jeongyeon TWICE dan Cerita Hiatus Kedua Kalinya

https://twice.fandom.com/

Jeongyeon TWICE – Akhir-akhir ini nama Jeongyeon TWICE kembali diperbincangkan karena perubahan postur tubuhnya yang dikatakan lebih berisi.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2020 lalu, Jeongyeon TWICE dinyatakan hiatus karena masalah kesehatan yakni gangguan panik dan kecemasan secara psikologis. Itulah mengapa, postur tubuhnya semakin berisi lantaran efek samping dari beberapa obat sebagai upaya penyembuhan.

Sayangnya, banyak netizen yang heboh karena perubahan postur tubuh Jeongyeon begitu berbeda secara drastis dari sebelumnya. Padahal hal itu wajar saja karena efek samping dari steroid yang digunakan dalam operasi herniasi diskusnya memang memberikan pengaruh pada kondisi tubuhnya. Hanya saja, banyak orang yang menjadikan hal tersebut sebagai bahan lelucon.

Meskipun demikian, sosok Jeongyeon saat ini masih sama dengan Jeongyeon saat dirinya debut bersama TWICE pada 2015 lalu.

Postur tubuhnya yang berbeda tetap tidak menghalangi Jeongyeon untuk berkarir sebagai idol K-Pop dan menampilkan bakatnya yang tidak kaleng-kaleng. Terlebih lagi, pada tahun 2023 ini TWICE diumumkan akan melakukan comeback dengan kesembilan member secara lengkap, tak terkecuali Jeongyeon.

Lantas, bagaimana sih profil dari seorang Jeongyeon TWICE ini? Bagaimana perjalanan karir dan cerita hiatusnya saat harus menjalani upaya penyembuhan masalah kesehatannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Jeongyeon TWICE

Jeongyeon TWICE
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Yoo Kyung Wan, Yoo Jeong Yeon
  • Nama Panggung: Jeongyeon
  • Tanggal Lahir: 1 November 1996
  • Zodiak: Scorpio
  • Zodiak China: Tikus (Rat)
  • Tinggi Badan: 167 cm (5’4”)
  • Golongan Darah: O
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan:
  • MBTI: ISFJ-T
  • Pendidikan: Apgujeong High School
  • Posisi Di Grup: Lead Vocalist
  • Akun Instagram: @jy_piece

Perjalanan Karir Jeongyeon TWICE

Jeongyeon TWICE
https://kpopping.com/

Untuk menjadi seorang idol K-Pop itu memerlukan keteguhan hati dan semangat yang luar biasa. Banyak sekali idol K-Pop yang pada akhirnya berhasil debut setelah melalui audisi yang cukup panjang. Yap, proses audisi di suatu agensi itu menjadi langkah awal untuk dapat debut. Tak terkecuali dengan Jeongyeon TWICE yang memiliki cerita akan perjalanan karirnya tersendiri.

2010: Lolos Audisi JYP Entertainment

Sejak kecil, Jeongyeon memang selalu bermimpi untuk menjadi seorang idol K-Pop. Terlebih lagi kakak perempuannya, Gong Seungyeon, juga menjadi trainee di SM Entertainment. Itulah mengapa, Jeongyeon pun sering mengikuti audisi di JYP Entertainment, tetapi selalu gagal.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Lalu pada Maret 2010, ketika JYP Entertainment mengadakan audisi terbuka, Jeongyeon mengikutinya lagi. Berkat usahanya yang tidak main-main, akhirnya Jeongyeon lolos audisi dan menjadi trainee di JYP Entertainment bersama trainee lainnya.

2015: Berpartisipasi Pada Survival Show “SIXTEEN”

Jeongyeon TWICE
https://officiallykmusic.com/

Sekitar tahun 2013 hingga 2015, sebelum survival show “SIXTEEN” ini dibentuk, Jeongyeon sebenarnya sudah masuk dalam line-up girl group bernama 6MIX. Para line-up asli untuk 6MIX ini adalah Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, dan Sana. Sayangnya, proyek girl group tersebut dibatalkan sehingga membuat Jeongyeon beserta rekan-rekannya harus kembali menjadi trainee.

Sama halnya dengan para member TWICE lainnya, Jeongyeon pun juga berpartisipasi dalam survival show yang diadakan oleh JYP Entertainment dengan Mnet, bertajuk Sixteen. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 diantaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Jadi, dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Pada survival show tersebut tentu saja terjadi persaingan yang cukup ketat walaupun pesertanya adalah para trainee yang sudah berlatih secara bersama-sama. Selama acara SIXTEEN berlangsung, Jeongyeon masuk ke tim minor selama empat kali dan tim mayor selama empat kali hingga babak final.

Pada babak pertama, Jeongyeon bersama Mina dan Tzuyu memang masuk ke tim minor yang mana memiliki penugasan untuk datang ke pasar jalanan guna merancang konsep pakaian mereka. Setelah melalui proses yang panjang, ternyata penampilan ketiganya mendapatkan nilai bagus sehingga berhasil masuk ke tim major dan menggantikan anggota sebelumnya. Sepanjang acara, Jeongyeon terus keluar-masuk dari tim major tetapi berhasil mempertahankan peringkatnya hingga akhir.

Alhasil, Jeongyeon berhasil masuk dalam line-up debut TWICE yang berjumlah 7 orang bersama dengan Nayeon, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Sana. Setelah itu, barulah pihak JYP Entertainment mengumumkan adanya penambahan 2 anggota yakni Tzuyu dan Momo, sehingga jumlah member TWICE keseluruhannya adalah 9 orang.

2015: Berhasil Debut Bersama TWICE

https://twice.fandom.com/

Setelah menjalani masa trainee selama 5 tahun, akhirnya Jeongyeon berhasil debut sebagai member TWICE pada 20 Oktober 2015. Lagu debut TWICE yang berjudul “Like Ooh-Aah” langsung mendapatkan 100 juta penayangan di Youtube dan dielu-elukan sebagai grup pendatang baru terbaik. Jeongyeon juga berkali-kali ikut andil dalam menulis beberapa lagu TWICE.

Terlebih lagi, saudara perempuan Jeongyeon yang pernah menjadi trainee di SM Entertainment dan sekarang berkarir sebagai aktris, sangat mendukung Jeongyeon yang telah menjadi idol K-Pop. Yap, bahkan kedua bersaudara ini pernah menjadi MC untuk program musik Inkigayo pada Juli 2016 hingga Januari 2017.

Jeongyeon pun sering terpilih sebagai salah satu dari 20 idol K-Pop yang paling populer bersama Nayeon, pada sebuah pemungutan suara secara online yang diadakan oleh Gallup Korea. Pemungutan suara tersebut dilakukan selama empat tahun berturut-turut yakni sejak 2016 hingga 2019. Hal itu membuktikan bahwa eksistensi Jeongyeon memang diperhatikan banyak orang.

Bersama dengan para member TWICE, Jeongyeon pun berhasil menempati posisi teratas di beberapa tangga lagu dunia. Sebut saja pada posisi ke-2 di Gaon Music hingga posisi ke-6 di Billboard World Albums Chart. Apalagi pada comeback pertama mereka dengan lagu “Cheer Up”, langsung mendapatkan lebih dari 1,8 juta penjualan digital dan 111,5 kali juta streaming via Youtube.

2020: Hiatus Karena Masalah Kesehatan

Jeongyeon TWICE
https://www.koreaboo.com/

Tepatnya pada 17 Oktober, pihak JYP Entertainment selaku agensi yang menaungi Jeongyeon TWICE, mengumumkan bahwa dirinya akan hiatus dari segala jadwal grup karena masalah kesehatan. Diketahui, Jeongyeon mengalami masalah kesehatan berupa gangguan panik dan kecemasan (panic and anxiety disorder).

Tidak hanya itu saja, pada tahun 2020 juga menjadi waktu dimana Jeongyeon TWICE mengalami cedera leher. Alhasil, Jeongyeon harus menjalani operasi diskus hernia di bagian leher dan membuatnya hiatus selama promosi “MORE & MORE” bersama TWICE. Dilansir dari koreaboo.com,  seminggu sebelum comeback TWICE, Jeongyeon harus dirawat di rumah sakit dan mengatakan kepada penggemarnya bahwa dirinya tidak apa-apa.

Salah satu reporter yang melaporkan, Lee Jin Ho, juga mengatakan bahwa kenaikan berat badan pada Jeongyeon itu dikarenakan efek samping dari obat yang dikonsumsinya selama operasi leher. Jeongyeon juga merasa sedih karena operasi lehernya itu, mempengaruhi kemampuannya untuk berlatih comeback bersama member TWICE lain.

Dilansir dari soompi.com, pada 8 Juni ketika Jeongyeon melakukan siaran di V Live, para penggemar bertanya apakah lehernya baik-baik saja. Jeongyeon pun menjelaskan bahwa dirinya sudah baik-baik saja walaupun para penggemar juga mengetahui fakta bahwa Jeongyeon memakai patch pereda nyeri.

Jeongyeon mengungkapkan bahwa selama syuting MV untuk comeback “MORE & MORE” lehernya terasa mati rasa hingga ke bagian telinga. Atas dasar itulah, Jeongyeon berkali-kali pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan kondisinya.

Meskipun di tahun tersebut, Jeongyeon mengalami beberapa kali masalah kesehatan tetapi akhirnya dirinya melanjutkan aktivitasnya bersama TWICE pada 31 Januari 2021.

2021: Kembali Hiatus Karena Gangguan Panik dan Kecemasan

Sayangnya, setelah 7 bulan aktif kembali menjalani aktivitas bersama member TWICE lainnya, gangguan panik dan kecemasan yang dialami Jeongyeon kambuh kembali. Pihak agensi pun mengumumkan bahwa Jeongyeon akan hiatus untuk kedua kalinya karena gangguan panik dan kecemasan.

Setelah melalui proses penyembuhan yang cukup lama, akhirnya Jeongyeon kembali melanjutkan aktivitasnya bersama member TWICE pada Februari 2022, tepatnya dengan konser world tour di Amerika Utara yang ke-4 bertajuk “TWICE World Tour ‘III’”. Pada tahun yang sama pula, Jeongyeon dan para member TWICE lainnya memperbarui kontraknya di JYP Entertainment.

Kehidupan Pribadi Jeongyeon TWICE

Latar Belakang Keluarga

Jeongyeon TWICE
https://aminoapps.com/

Jeongyeon TWICE lahir dengan nama Yoo Kyung Wan pada 1 November 1996 di Suwon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Ketika masih kecil, dirinya selalu diejek karena namanya yang seperti anak laki-laki.

Mengetahui hal tersebut, kedua orangtuanya pun mengganti namanya menjadi Yoo Jeong Yeon yang kemudian digunakan sebagai nama panggungnya. Cerita soal nama kecil Jeongyeon ini diceritakan dalam V Live ini.

Jeongyeon memiliki 2 kakak perempuan, salah satunya adalah aktris ternama Gong Seung Yeon. Kakaknya tersebut pernah menjadi trainee di SM Entertainment, tetapi kemudian berkarir sebagai aktris.

Meskipun demikian, Gong Seung Yeon tidak pernah lupa dengan pelajaran selama menjadi trainee idol K-Pop. Dirinya pun juga pernah berkolaborasi bersama Jeongyeon dan member TWICE lain untuk lagu “Cheer Up” sebagai penampilan khusus MC Inkigayo pada tahun 2016.

Sementara itu ayah Jeongyeon TWICE, Yoo Chang Jun, adalah seorang mantan koki yang pernah bekerja untuk presiden Korea Selatan Kim Dae Jung.

Riwayat Pendidikan

Jeongyeon merupakan alumni dari Jungja Elementary School dan Imok Middle School. Selanjutnya, Jeongyeon meneruskan sekolahnya di Apgujeong High School, sebuah sekolah yang sama dengan Nayeon, Namjoon dan Suga BTS.

20+ Fakta Tentang Jeongyeon TWICE

Jeongyeon TWICE
https://twice.fandom.com/
  1. Jeongyeon TWICE lahir dan besar di wilayah Gangdong-gu, Seoul.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan 2 kakak perempuan yang salah satunya adalah Gong Seung Yeon.
  3. Lulus dari SMA yang sama dengan Nayeon yakni Apgujeong High School.
  4. Banyak orang menganggapnya sebagai gadis yang kuat, padahal sebenarnya Jeongyeon adalah sosok gadis humoris, mudah takut dan menangis.
  5. Pernah gagal dalam audisi JYP Entertainment, tetapi mencobanya lagi pada audisi terbuka dan berhasil lolos. Menariknya, di hari dimana dirinya diterima oleh JYP Entertainment, dirinya juga mendapatkan tawaran dari SM Entertainment. Namun, Jeongyeon memilih JYP Entertainment.
  6. Sebelum debut bersama TWICE, Jeongyeon bersama beberapa rekannya hendak debut dalam girl group 6MIX, tetapi dibatalkan.
  7. Di dorm, Jeongyeon akan bertugas sebagai pembersih asrama. Dia akan marah-marah jika member TWICE lainnya tidak menjaga kebersihan asrama mereka.
  8. Di dorm, Jeongyeon sekamar dengan Sana.
  9. Jeongyeon termasuk aktif dalam menjadi guest-star di beberapa variety show. Mulai dari ‘Idol Star Athletic Championship’, ‘We’re Siblings’, ‘The Boss is Watching’, ‘Muscle Queen Project’, ‘The Law of The Jungle in New Caledonia’, ‘Running Man’, ‘Please take Care of Refrigerator’, ‘Weekly Idol’, ‘Hidden Singer’, dan lainnya.
  10. Pernah menjadi MC spesial di acara musik Inkigayo dan M Countdown bersama dengan kakak perempuannya.
  11. Pada tahun 2020, Jeongyeon menderita cedera leher sehingga membuatnya harus hiatus dari aktivitas TWICE sepanjang tahun 2020.
  12. Ketika hamil Jeongyeon, ibunya memimpikan tiga telur emas. Menurut kepercayaan, mimpi tersebut menjadi pertanda sebuah kemakmuran bagi keluarga.
  13. Berteman akrab dengan Seulgi dan Yeri RED VELVET, Sowon GFRIEND, Hyojung dan Seunghee OMG, dan Daisy ex MOMOLAND.
  14. Saat Jeongyeon TWICE memotong pendek rambutnya, banyak penggemar yang mengatakan bahwa dirinya mirip dengan karakter Sailor Moon, Teno Haruka.
  15. Min Kyung Hoon BUZZ yang juga menjadi member tetap variety show ‘Knowing Brother’ mengaku bahwa dirinya mengidolakan Jeongyeon.
  16. Jeongyeon tidak takut dengan serangga sama sekali.
  17. Makanan favorit: tteokbokki, sundae, golbaengi muchim, dan jus detoks yang dibuat oleh ibunya.
  18. Jeongyeon mengaku bahwa koreografi lagu “SIGNAL” adalah koreografi paling sulit dari semua lagu-lagu TWICE.
  19. Selama hiatus, Jeongyeon tinggal bersama kakak perempuannya Seungyeon.
  20. Jeongyeon dan Somin KARD adalah saudara sepupu.
  21. Ketika 6MIX dibatalkan debut, Jeongyeon menjalani masa trainee sambil bekerja paruh waktu di toko roti. Itulah mengapa, Jeongyeon sempat berpikir untuk membuka toko rotinya sendiri.
  22. Selama hiatusnya yang kedua, Jeongyeon bekerja sebagai barista di kafe milik temannya. Ketika menjadi barista, tidak ada orang yang mengenalinya sama sekali.
  23. Jeongyeon terpilih di peringkat kedua untuk posisi leader TWICE setelah Jihyo.

Demikian pembahasan kita tentang Jeongyeon TWICE, setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah Grameds jadi ngefans dengan Jeongyeon TWICE? Jika ingin mencari tahu lebih banyak informasi tentang TWICE, maka kamu bisa mendapatkan buku-bukunya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. TWICE Just For Once

Jihyo, Momo, Sana Jeongyeon, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu adalah cewek-cewek cantik anggota dari girlband TWICE, yang merupakan besutan JYP Entertainment. Mereka mulai dikenal baik di blantika musik Korea dan juga dunia dengan sederet lagu-lagunya yang enak didengar, seperti “Like Ooh-Ahh” dan juga “TT”.

Girlband berisi 9 cewek-cewek ini dibentuk dari sebuah program pencarian bakat khusus trainee perempuan JYP Entertainment, yang bertajuk ‘SIXTEEN’. Mereka akan terus meramaikan jagad musik K-Pop dengan musik-musiknya yang popping dan cute, dan yang pastinya sangat ear catchy di masa depan.

Buku “TWICE Just for ONCE” ini akan membantu kamu para penggemar TWICE untuk mengenal lebih dekat grup tersebut dan juga para membernya, ditambah dengan adanya bonus berupa poster besar dan stiker.

2. TWICE World

Kenalan dulu yuk sama member Twice. Ada Nayeon, Jihyo, Tzuyu, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina, Dahyun dan juga Chaeyoung. Disini, mulai dari istilah A sampai Z yang berhubungan para member Twice akan ketahui lho!

Dimulai dari sejarah perjalanan dan rekor yang berhasil dipecahkan sama TWICE, resep pancake ala member TWICE yang tentunya dapat kamu tiru di rumah. Lalu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai permainan yang asyik seperti tebak lirik pada lagu-lagu TWICE, kuis kepribadian, dan beraneka game yang asyik banget untuk menguji pengetahuanmu sebagai seorang Once nih.

Buku ini akan cocok banget untuk mengisi waktu luang kamu terutama pada saat weekend berlangsung! Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi dan foto-foto member TWICE yang berwarna di setiap lembarnya.

3. TWICE In Love Untold Stories: Famous Rookie Girlband

TWICE adalah sebuah grup idola wanita asal Korea Selatan yang dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. Memulai debut dari sebuah ajang bakat dan diharapkan dapat menjadi penerus girl grup sebelumnya membuat langkah rookie girl grup ini penuh liku dan hambatan di tengah umur mereka yang dapat dikatakan sangat muda.

Girl grup besutan JYP Entertainment ini, TWICE, mengusung tema girly yang beranggotakan sembilan anggota dengan beragam talenta dan kepribadian yang dimiliki. Dan, beberapa anggotanya pun ada yang berasal dari luar Korea. Perbedaan kultur budaya, cara berbicara, dan sudut pandang dalam berpikir membuat grup ini memiliki karakteristik yang unik, berbeda, serta kuat dalam konsep musik.

Buku ini mengupas segala hal tentang TWICE mulai perjalanan dalam ajang pencarian bakat, debut, hingga menjalani karier sebagai idol. Penasaran dengan liku-liku awal karir TWICE dari pre debut hingga sekarang? Bagaimana mereka melewati segala hambatan dan komentar negatif dari haters? Dan, bagaimana mereka membuktikan bahwa lagu mereka layak untuk dinikmati? Selamat membaca!

4. The Big 3 New Lords In K-Pop

Hingga saat ini, K-Pop dan Kdrama menjadi dua hal tak terpisahkan dari Gelombang Korea (Korean Wave) di berbagai negara di seluruh dunia. basis penggemar yang besar untuk K-Pop membuatnya makin dikenal. Arti K-Pop di Indonesia pun kini bukan lagi hal asing.

Sebagai pecinta K-pop, pasti kalian enggak asing dengan sebutan “The Big 3”. Yup, tiga agensi K-pop yang terdiri dari SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Tapi kali ini, bukan The Big 3 K-pop Agency yang akan kita bahas, melainkan “The Big 3” grup idol cowok yang mendominasi dunia K-pop sepanjang tahun 2017 hingga saat ini.

5. 9 In 1 K-Pop United: K-Pop Makes One

9 K-Pop Idols in one place? It will bring you nine times the euphoria, nine times the addiction, and nine times your sense of belonging.

Stay seated and follow this journey to the ultimate experience of K-Pop. We, the K-Pop fans, united because of one, the music. So, together we are stronger! K-Pop makes one.

Sumber:

https://twice.fandom.com/

https://kpopping.com/

https://kpopwiki.org/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.