in

Mengenal Member BTS dan Fakta-fakta Uniknya, Army Wajib Tahu!

Mengenal Member BTS dan Fakta-fakta Uniknya, Army Wajib Tahu! – Industri Kpop alias Korean Pop terus berkembang dari tahun ke tahun, memiliki basis fandom yang loyal membuat kpop dikenal secara mendunia. Kesuksesan ini tentunya dipengaruhi oleh kehebatan idolanya sendiri yang berhasil mengenalkan kpop ke seluruh dunia. Kalau ngomongin idol, tentunya kita tak akan pernah melupakan satu nama boy band legendaris asal kpop. Yup, betul mereka adalah BTS!

Siapa sih di zaman sekarang yang tidak familiar dengan nama BTS, boygroup dengan deretan prestasi di industri musik Korea Selatan bahkan dunia ini? Belum lama ini, BTS yang merupakan artis dibawah naungan Big Hit entertainment telah berhasil menyabet piala dari Billboard Music Award 2021 dalam kategori Top Group, Top Song Sales Artist dan Top Social Artist.

Bukan boyband atau boy group biasa BTS adalah idol dengan segudang bakat yang perlu diapresiasi. Penasaran dengan BTS? Bagaimana  sih potret dari masing-masing membernya?

Mengenal Profil Member BTS

Untuk lebih mengenal BTS tentunya kita harus mengenal dulu profil dan fakta unik personilnya atau membernya:

1. Rap Monster BTS

rap monster bts

Source: https://www.instagram.com/p/CQtVYJyhfjy/?utm_source=ig_web_copy_link

Rap Monster merupakan nama panggung sedangkan nama asli dari Rap Monster adalah Kim Nam Joon, Rap Monster sendiri lebih akrab dipanggil RM BTS. RM lahir di Ilsan Korea Selatan pada 12 September 1994. Memiliki tinggi badan 181 cm dan berat badan 67 kg. RM menempati posisi leader atau pemimpin di grup sekaligus sebagai Rapper utama.

Jika biasanya pemimpin merupakan member tertua, BTS tidak menerapkan itu karenanya RM yang dianggap pintar dan bisa menjadi pemimpin baik dipercaya menjadi leader oleh member BTS lainnya. Sebelum debut sebagai rapper di BTS, RM sendiri telah menunjukan bakat dan prestasinya sebagai rapper underground dengan nama panggung Runch Randa. Pada waktu itu RM berkolaborasi dengan Zico dari Block B yang juga seorang rapper underground.

Selain sebagai seorang rapper RM juga berbakat dalam menulis lagu, karena itu banyak lagu BTS yang ditulis oleh RM. Di keluarganya RM merupakan anak sulung dari dua bersaudara adiknya adalah seorang perempuan Bernama Kim Gyeong Min.

Fakta unik ari RM lainnya adalah RM merupakan idol dengan IQ 149 membuat dirinya jenius dan pintar dalam Bahasa. Skor TOEIC RM adalah 900, membuatnya fasih dalam berbahasa Inggris. Dengan kemampuan berbahasa ini juga RM berhasil memberikan pidato terbaiknya di sidang umum PBB. RM juga menjadi siswa dengan nilai peringkat teratas saat ujian nasional.

Sebelum debut RM sudah tergabung dalam kru hip hop yang Bernama Daenamhyup. RM juga merupakan member BTS pertama yang bergabung dengan BigHit Entertainment yang menaunginya hingga saat ini pada tahun 2010. Sebelum akhirnya debut RM menjadi peserta trainee selama 3 tahun terlebih dahulu, hingga akhirnya debut dengan gaya kuat dan khas meskipun berkepribadian yang bertolak belakang dengan kepribadian aslinya yang merupakan seorang introvert.

Warna favorit RM adalah warna hitam dan makanan favoritnya adalah daging dan mie. Sebagai seorang idol RM juga memiliki idola yaitu Kanye West dan ASAP Rocky. RM dikenal sebagai member BTS yang paling ceroboh dan memiliki kebiasaan merusak barang apapun yang dia pegang. Kebiasaanya adalah menulis lagu dan mencari inspirasi lirik di kafé, karenanya RM merupakan member BTS yang paling sering mengunjungi kafe.

Sebagai rapper yang hebat, RM saat ini masuk kedalam jajaran rapper terbaik di Korea Selatan. Sebagai seorang pimpinan grup RM dikenal sebagai leader yang bijaksana dan mampu menjaga dan mengayomi grupnya.

2. Jin BTS

jin bts

banner-promo-gramedia

Source: https://www.instagram.com/p/CQtV01chsN2/

Member selanjutnya adalah Jin yang memiliki nama asli Kim Seok Jin. Jin merupakan member tertua di BTS, dia lahir di Gwacheon, Korea Selatan 4 Desember 1992. Memiliki tinggi badan 179 cm dan berat badan 60 kg. Di BTS Jin menempati posisi sub vocalist dan visual di grup karena wajahnya yang tampan.

Sama seperti halnya RM, Jin juga menjalani tiga tahun masa trainee sebelum akhirnya debut menjadi member BTS. Saat itu member BTS yang menjadi sahabat pertamanya adalah V yang juga member BTS. Pertemanan antara V dan Jin dapat terjalin dengan erat karena Jin dan V memiliki banyak kesamaan termasuk dalam hal hobi.

Hobi Jin adalah menonton anime yang juga sama dengan V sehingga mereka mudah untuk akrab. Keahlian lain yang dimiliki Jin adalah keahlian memasak, Jin merupakan member yang terbaik dalam hal memasak, sehingga Jin menjadi koki utama di grup. Berkat keahlian memasaknya Jin juga mengenal banyak makanan. Warna favorit Jin adalah warna pink yang menurutnya cerah dan ceria sedangkan angka yang dia sukai adalah angka 4.

Sebagai visual di grup Jin memiliki postur tubuh dan wajah yang menarik. Kebiasaan dan fakta unik dari Jin adalah kebiasaanya mengedipkan mata sebelah kiri ketika dirinya lapar.

2. Suga BTS

suga bts

Source: https://www.instagram.com/p/CQtVl1FB_Ph/

Suga memiliki nama asli Min Yoon Gi lahir di Daegu, Korea Selatan pada tanggal 9 Maret 1993. Suga memiliki tinggi badan 176 cm dan berat badan 59 kg. Di dalam grup, Suga menduduki posisi lead rapper.  Sama seperti halnya RM sebelum menjadi member BTS, Suga merupakan rapper underground yang terkenal di daerah kelahirannya yaitu Daegu dengan julukan “Gloss”.

Suga juga merupakan lulusan Apgujeong High School yang merupakan sekolah khusus laki-laki. Suga adalah anak kedua dari dua bersaudara dan Suga memiliki kakak laki-laki. Suga dapat bergabung dengan BTS setelah berhasil menjadi runner up dalam audisi terbuka yang diselenggarakan oleh Big Hit Entertainment pada tahun 2010.

Salah satu prestasi Suga BTS adalah  personil BTS yang telah menggelar mixtape dengan nama August D sekaligus meluncurkan dua Music Video (MV) untuk lagu Give it to Me dan lagu Agust D ciptaanya. Kedua lagu itu berhasil ditonton sebanyak satu juta kali hanya dalam kurun waktu 2 jam di tahun 2016.

Hobi Suga adalah bermain game, fotografi , membaca komik dan menulis lagu. Warna kesukaannya adalah warna monokrom putih dan hitam. Sama seperti RM, Suga juga menyukai daging. Dengan hobi menulisnya Suga selalu membawa buku catatan kemanapun pergi sehingga bisa menulis lagu setiap harinya.

Barang kesukaan Suga adalah barang-barang elektronik, film kesukaanya adalah film Inception. Jika angka kesukaan Jin adalah 4, angka kesukaan Suga adalah 3. Suga juga hebat dalam bermain basket. Dirinya merupakan pribadi yang sangat percaya diri. Di dalam grupnya BTS, Suga merupakan sosok ayah bagi member lainnya.

3. J-Hope BTS

j hope bts

Souc: https://www.instagram.com/p/CQtVorCh7kK/

J-hope BTS memiliki nama asli Jung Ho Seok dia lahir di Gwangju, Korea Selatan, 18 Februari 1994. Tinggi badannya 177 cm dan berat badannya 65 kg di dalam grup J-Hope menduduki posisi Lead Rapper dan penari utama bersama dengan Jimin. Sebelum debut bersama BTS, J-Hope lebih dulu bergabung dengan grup street dance Bernama NEURON. Karena tergabung dengan NEURON inilah J-Hope mengikuti banyak kompetisi menari.

J-hope adalah anak kedua dari dua bersaudara kakaknya adalah seorang perempuan Bernama Jung Da Won. J-Hope adalah moodmaker di dalam grup yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya. Karena itulah jika Suga dianggap sosok ayah di dalam grup, J-Hope dianggap sebagai sosok ibu di dalam grup. Menurut V member BTS lainnya, J-Hope sama seperti Doraemon karena dapat menemukan solusi dari setiap masalah.

J-Hope juga merupakan member yang paling cerewet dibandingkan member lainnya. Warna kesukaan J-Hope adalah warna hijau dan angka favoritnya adalah angka 7. J-Hope adalah seseorang yang menyayangi binatang terutama anjing, sebelum debut J-Hope memiliki anjing Bernama Smile Hoya. J-Hope adalah member yang paling sering bertingkah imut (aegyo), J-Hope juga merupakan member yang bersih dan rapi.

4. Jimin BTS

jimin bts

Link: https://www.instagram.com/p/CQtV3mXBdZn/

Jimin memiliki nama panggung yang sama dengan nama aslinya yaitu Park Ji Min, ahir di Busan, Korea Selatan, 13 Oktober 1995 memiliki tinggi badan 175 cm dan berat badan 61 kg. Jimin menempati posisi Lead Vocalist dan Penari utama di dalam grup.

banner-promo-gramedia

Jimin adalah member yang memiliki banyak nama panggilan akrab di kalangan penggemar seperti Chim Chim, Dolly atau Park Jiminie. Jimin memiliki idola yaitu seniornya di industri KPop yaitu Taeyang Bigbang. Jimin menempuh pendidikan di Sekolah Seni Busan dengan jurusan modern dance.

Sesuai dengan saran dari gurunya, Jimin akhirnya mengikuti audisi Big Hit Entertainment dan berhasil lolos dan menjadi trainee dengan member lainnya. Jimin adalah member BTS yang selalu mengatur pola makan yang baik dan rajin melakukan diet. Jimin juga merupakan member BTS yang paling rajin melakukan Latihan setiap harinya, Dibanding tidur Jimin lebih senang menghabiskan waktu untuk Latihan.

Jimin adalah sosok yang perhatian dan penurut. Hobinya adalah menggambar, menari bela diri dan bermain video game. Warna kesukaanya adalah warna biru muda dan hitam, Angka favoritnya angka 3. Fakta unik dari Jimin adalah jari tangan yang mungil dibanding dengan member lainnya.

5. V BTS

 

v bts

Source : https://www.instagram.com/p/CQtVyA7BJLo/

Member berikutnya adalah V yang memiliki nama asli Kim Tae Hyung, V lahir di Daegu Korea Selatan pada tanggal 30 Desember 1995. Tinggi badan V adalah 178 cm dengan berat badan 58  kg. V adalah vokalis utama di BTS. Meskipun lahir di Daegu, V besar di Geochang dan tumbuh besar disana. V merupakan lulusan Korea Arts School.

Sebelum debut bersama BTS, V dulunya merupakan seorang ulzzang atau yang merupakan julukan di Korea untuk menyebut seseorang dengan wajah sempurna. Diantara member BTS lainnya, V memiliki kepribadian yang paling unik dan aneh, dan juga dianggap sebagai member yang paling misterius. V adalah seseorang yang unik dan tidak menyukai segala hal yang disukai oleh orang banyak. V lebih suka menyukai lagu yang tidak banyak didengarkan oleh orang lain.

V juga memiliki kepribadian 4D , istilah kepribadian 4D popular di Korea untuk menyebut seseorang dengan kepribadian tidak terduga. Terkadang dia bisa berteriak atau memperlihatkan wajah yang aneh di depan kamera, atau bisa saja heboh Ketika orang lain diam.

Blank Tae juga merupakan julukan yang disematkan kepada V, karena V seringkali melamun dan blank tanpa ekspresi. Selain berbakat dalam menyanyi, V juga hebat dalam berakting. Terbukti dengan banyaknya pujian yang diberikan V saat dirinya membintangi drama Hwarang: The Beginning sebagai Hansung. V adalah member BTS dengan fans perempuan paling banyak. Teman dekatnya adalah Jin karena sama sama menyukai anime.

6. Jungkook BTS

jungkook bts

Source: https://www.instagram.com/p/CQtVuNVB1zL/

Jungkook memiliki nama asli Jeon Jeong Guk lahir di Busan, Korea Selatan, 1 September 1997. Jungkook memiliki tinggi badan 178 cm dan berat badan 66 kg. Jungkook adalah member termuda di BTS sehingga dijuluki Maknae, Jungkook juga menempati posisi vokalis utama, lead dance dan sub rapper.

Sebelum bergabung bersama dengan BTS, Jungkook sudah lebih dulu mengikuti audisi Superstar K3. Di audisi itu Jungkook berakhir gagal namun menjadi incaran banyak perusahaan hiburan di Korea, salah satunya adalah Bg Hit  Entertainment yang saat ini menaunginya.



Jungkook bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011. Di tahun 2012, Big Hit mengirim Jungkook ke Los Angeles dengan tujuan belajar tari di salah satu akademi di Kota tersebut.

Dancer Amerika Kyle Hanagami pernah mengapresiasi kemampuan dan bakat tari Jungkook  yang luar biasa. Jungkook menjalani masa trainee di Los Angeles dan setelah kembali dari LA akhirnya Jungkook debut bersama 6 member BTS lainnya. Sebagai member termuda di BTS, Jungkook juga debut disaat umurnya masih dibawah umur.

Idola Jungkook adalah G-Dragon dari Bigbang senior boygroup di industri musik Korea. Hobi Jungkook adalah menari, menggambar, bermain skateboard. Makanan kesukaanya adalah belut laut, pork soup rice, dan sashimi.

Sebagai maknae atau member termuda Jungkook merupakan member dengan banyak bakat sehingga dijuluki dengan Golden Maknae. Berbeda dengan J-Hope yang sangat rapi, Jungkook adalah member paling jorok dan berantakan. Jungkook juga merupakan member yang paling tidak patuh terhadap member yang lebih tua darinya.

BTS atau Bangtan Sonyeondan merupakan grup yang banyak sekali mendapatkan perhatian di mata dunia. Banyak hal yang bis akita pelajari dari BTS tentang bagaimana kita berusaha maksimal untuk mendapatkan apa yang menjadi mimpi kita.  Kerja keras. Kegigihan\ dan keuletan adalah kunci sukses dari BTS.  Kesuksesan yang BTS sekarang ini merupakan buah tentu saja karena mereka tidak pernah lelah kerja keras dan latihan dari waktu ke waktu.

BTS mungkin hanya salah satu  dari boyband yang mampu mencetak sejarah dengan prestasi mereka. Namun kita dapat melihat bagaimana musikalitas BTS terus berkembang semakin luas dan baik serta dan diakui musisi lainnya. Album WINGS yang dirilis pada tahun 2016 lalu, menjadi album dengan raihan tangga album tertinggi dan terlaris di Amerika Serikat. BTS mampu menggeser posisi 2NE1 dan EXO, yang merupakan senior BTS dan sebelumnya merajai tangga lagu pada 2014 dan 2015.

BTS yang berasal dari perusahaan kecil menjadi satu-satunya grup yang masuk dalam daftar Billboard Hot 200 meskipun tidak di bawah naungan tiga label raksasa Korea, yaitu YG, SM, dan JYP Entertainment. Dalam beberapa waktu terakhir, BTS pun seringkali mendapatkan pujian dari musisi internasional dan bersaing dengan mereka dalam berbagai ajang penghargaan bertaraf internasional.

Bagaimana? Kerenkan BTS ini? Setelah membaca profil member BTS apakah Anda kini sudah menjadi seorang Army BTS? Jika sekarang sudah menjadi army, jadilah penggemar yang baik yang selalu mendukung idolanya. Hadirkan energi positif agar BTS selalu semangat dalam berkarir di industri K-pop.

Baca juga artikel terkait “Member BTS” :

Rekomendasi buku tentang BTS:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad