in

10 Pemain Goblin dan 7 Alasan Untuk Menonton K-Drama Ini!

Pemain Goblin – Salah satu serial drama dari tvN yang berhasil mendapatkan rating tertinggi dan hingga saat ini masih dianggap sebagai K-Drama terbaik adalah Guardian: The Lonely and Great God alias Goblin.

Yap, masyarakat luas terutama para penggemar K-Drama dari Indonesia menyebut serial drama yang dibintangi oleh Gong Yoo ini dengan sebutan Goblin karena judul aslinya terlalu panjang. Namun hal itu tetap tidak mengurangi keapikan dari alur cerita serial drama tersebut.

Para pemain Goblin kebanyakan adalah para aktor dan aktris terkenal sehingga kemampuan aktingnya tentu saja tidak perlu diragukan lagi. Ditambah lagi, alur ceritanya yang bagus karena ditulis oleh Kim Eun Sook yang memang terkenal sebagai penulis naskah drama-drama populer.

Ada banyak sekali serial drama hasil tulisan Kim Eun Sook yang selalu mendapatkan rating tertinggi dalam setiap penayangan episodenya. Mulai dari Mr. Sunshine, The Heirs, Descendants of The Sun, hingga yang baru-baru ini tayang adalah The Glory.

Lantas, siapa saja sih para pemain Goblin yang bahkan karakternya masih melekat di benak para penonton hingga sekarang? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Para Pemain Goblin

Tokoh Utama

1. Goblin alias Kim Shin diperankan oleh Gong Yoo

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Sebenarnya, Goblin adalah salah satu makhluk mitologi di Korea Selatan yang berwujud dewa atau roh dengan kemampuan spiritual dan tak jarang berinteraksi dengan manusia. Berhubung Goblin merupakan makhluk mitologi, maka keberadaannya adalah immortal alias tidak bisa mati untuk waktu ribuan tahun lamanya. Yap, begitu pula dengan sosok Goblin di serial drama Guardian: The Lonely and Great God ini.

Mulanya, sosok Goblin ini adalah seorang jenderal besar bernama Kim Shin yang sangat dihormati di kerajaan Goryeo. Setelah adik perempuannya bertunangan dengan raja Wang Yeo, dirinya diangkat sebagai bupati yang bijaksana.

Sayangnya, karena terjadi suatu permasalahan yang disebabkan oleh kasim, para pengawal raja Wang Yeo malah membunuh adik perempuannya. Kim Shin juga dituduh berkhianat kepada raja dan dirinya meninggal dunia dengan pedang tertancap di bagian dadanya.

Sebelum meninggal dunia, Kim Shin yang masih dendam karena kehilangan segalanya akhirnya melayangkan sumpah. Namun karena selama hidupnya, Kim Shin telah mengabdi kepada negara, sehingga Tuhan mengutuknya sebagai Goblin yang abadi hingga berumur 940 tahun lamanya.

Kutukan tersebut dapat hilang jika Kim Shin dapat menemukan calon pengantinnya untuk melepaskan pedang yang tertancap di dadanya itu. Yap, hanya calon pengantinnya lah yang melihat keberadaan pedang tertancap itu.

Alhasil, Kim Shin harus hidup ratusan tahun sambil terus mencari sosok calon pengantinnya. Namun ternyata, selama hidup itu dirinya juga menemukan fakta bahwa orang-orang di masa lalunya telah bereinkarnasi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

2. Ji Eun Tak diperankan oleh Kim Go Eun

Pemain Goblin
https://www.koreaboo.com/

Jin Eun Tak adalah seorang siswi sekolah menengah yang berusia 19 tahun yang tinggal bersama bibinya. Selama hidup bersama bibinya, Eun Tak selalu diperlakukan secara semena-semena karena si bibi memang hanya mencari uang asuransi milik mendiang ibunya saja. Karakternya adalah ceria, optimis, dan bisa melihat hantu di sekitarnya. Itulah mengapa, Ji Eun Tak tidak memiliki teman yang banyak dan selalu sendirian.

Selama bertemu dengan hantu, para hantu tersebut selalu mengganggu Eun Tak dan memanggilnya dengan sebutan “Pengantin Goblin”. Usut punya usut, ternyata Ji Eun Tak adalah sosok pengantin Goblin yang dicari-cari oleh Kim Shin selama ratusan tahun lamanya. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena Kim Shin pernah campur tangan pada kehidupan Ji Eun Tak saat masih di dalam kandungan.

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Yap, saat Ji Eun Tak masih berada di dalam kandungan ibunya, ibunya mengalami tabrak lari. Kala itu, Kim Shin-lah yang menjadi saksi peristiwa tersebut dan seharusnya Kim Shin yang sudah menjadi Goblin, tidak diperbolehkan ikut campur tangan pada kehidupan manusia. Namun karena ibu Ji Eun Tak terus-menerus meminta tolong, akhirnya Kim Shin menolong mereka berdua.

Berkat Kim Shin, Ji Eun Tak dan ibunya dapat hidup lebih lama selama 9 tahun. Namun hal itu tentu saja “mengganggu” kinerja Malaikat Maut karena seharusnya mereka sudah mencabut dua nyawa, tetapi malah diselamatkan oleh Kim Shin. Setelah ibunya meninggal dunia, barulah Eun Tak diurus oleh bibinya.

Setelah bertemu dengan Kim Shin, Eun Tak memang mengakui bahwa dirinya bisa melihat pedang tertancap di dada Kim Shin, tetapi tidak tahu bagaimana cara mencabutnya. Akhirnya, Kim Shin meminta Eun Tak untuk tinggal di rumahnya bersama dengan Malaikat Maut dan keponakannya Deok Hwa.

3. Malaikat Maut diperankan oleh Lee Dong Wook

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Malaikat Maut ini adalah pemimpin dari para malaikat pencabut nyawa yang hidup di dunia dan berdampingan dengan manusia. Tugasnya adalah “menangkap” jiwa manusia yang sudah meninggal dunia dan membimbing supaya dapat reinkarnasi.

Sebenarnya, para malaikat maut ini adalah mereka yang semasa hidupnya melakukan dosa besar, tetapi dirinya tidak pernah ingat dosa apa yang dilakukannya semasa hidup dahulu.

Usut punya usut, ternyata malaikat maut ini adalah “reinkarnasi” dari raja Wang Yeo yang menjadi tunangan adik Kim Shin saat di masa Goryeo. Di masa lalu, ada seorang kasim yang haus kekuasaan sehingga memerintahkan para pengawal untuk membunuh adik Kim Shin dan Kim Shin yang menjadi jenderal setia dari Wang Yeo. Mengetahui istri dan jenderal kepercayaannya meninggal dunia, Wang Yeo pun bunuh diri.

Di berbagai serial drama, selalu diceritakan bahwa aksi bunuh diri adalah dosa besar yang tidak termaafkan oleh Tuhan, sehingga mereka tidak akan bisa bereinkarnasi di kehidupan selanjutnya. Itulah mengapa, Wang Yeo tidak bisa bereinkarnasi menjadi manusia biasa, tetapi harus mengemban tugas sebagai malaikat maut. Semakin berjalannya waktu, dirinya jatuh cinta dengan pemilik restoran ayam bernama Sunny.

Malaikat maut ini tinggal di rumah yang sama dengan Kim Shin, Ji Eun Tak, dan Deok Hwa. Hal tersebut dikarenakan dirinya “ditipu” oleh Deok Hwa dan tidak ingin merasa rugi dengan pindah rumah.

4. Sunny diperankan oleh Yoo In Na

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Sunny adalah seorang wanita pemilik restoran ayam tempat Ji Eun Tak bekerja. Karakternya adalah percaya diri, baik hati, dan tidak suka dengan ketidakadilan. Setelah diselami lebih dalam, ternyata Sunny ini adalah reinkarnasi dari Kim Sun, adik perempuan Kim Shin sekaligus istri dari Wang Yeo di masa Goryeo.

Ketika mengetahui bahwa Sunny adalah adiknya yang dulu dibunuh, Kim Shin tentu saja sangat senang dan sering datang ke restoran ayam tersebut dengan alasan menjemput Ji Eun Tak.

Semakin berjalannya waktu, Sunny pun jatuh cinta dengan Malaikat Maut yang tengah dalam keadaan menjadi manusia. Yap, raja Wang Yeo dan Kim Sun kembali menjalani kisah cinta mereka kembali setelah terpisah ratusan tahun lamanya.

5. Yoo Deok Hwa diperankan oleh Yook Seung Jae

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Yoo Deok Hwa adalah seorang anak dari keluarga kaya yang bersifat baik hati tetapi sangat manja. Dirinya adalah calon pemegang warisan dari keluarga Yoo yang memiliki banyak perusahaan. Di masa lalu, keluarga Yoo adalah pengikut setia Kim Shin dan hingga sekarang para keturunannya masih mengabdi kepada Kim Shin.

Mulanya, Deok Hwa percaya bahwa dirinya adalah keponakan Kim Shin. Namun, setelah mengetahui identitas asli dari Kim Shin dan Malaikat Maut, Deok Hwa pun berangsur-angsur mengurangi sifat manjanya.

Semakin berjalannya waktu, barulah diketahui bahwa ternyata Tuhan masuk dalam tubuh Deok Hwa untuk jangka waktu tertentu supaya jalinan kehidupan antara Kim Shin, Ji Eun Tak, Wang Yeo yang menjadi malaikat maut, dan Kim Sun yang menjadi Sunny, dapat sesuai rencana.

Tokoh Pendukung

1. Samshin diperankan oleh Lee El

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Samshin adalah sosok dewi kelahiran dan takdir. Ketika turun ke bumi, dirinya akan berubah wujud menjadi sosok lain, mulai dari nenek tua hingga wanita cantik. Tentu saja, Samshin akan turut andil dalam jalinan kehidupan Kim Shin, Ji Eun Tak, Wang Yeo yang menjadi malaikat maut, dan Kim Sun yang menjadi Sunny.

2. Kim Sun diperankan oleh Kim So Hyun

Pemain Goblin
https://www.dramabeans.com/

Kim Sun adalah adik perempuan Kim Shin yang berparas cantik dan baik hati. Dirinya menjadi tunangan dari raja Wang Yeo saat masih remaja dan begitu mencintai sosok raja muda tersebut. Sayangnya, hidupnya hanya sebentar saja karena dibunuh oleh pasukan kasim yang menentang pernikahannya.

Di kehidupan selanjutnya, dirinya bereinkarnasi menjadi Sunny dan kembali bertemu dengan Wang Yeo yang sudah menjadi malaikat maut. Spoiler alert! Kehadiran Kim Sun yang diperankan oleh aktris muda Kim So Hyun ini hanya sebatas cameo saja, tetapi menjadi karakter penting sepanjang cerita.

3. Wang Yeo diperankan oleh Kim Min Jae

https://www.dramabeans.com/

Wang Yeo adalah raja muda yang belum begitu bijaksana dalam memimpin kerajaan. Itulah mengapa, dirinya disetiri oleh kasim jahat yang mengincar posisinya. Berhubung dirinya masih terlalu muda untuk menjadi raja, ketika sang kasim menuduh Kim Shin dan Kim Sun berkhianat, dirinya langsung percaya saja. Namun saat Kim Sun meninggal dunia, Wang Yeo baru menyadari bahwa dirinya mencintai istrinya tersebut.

4. Park Joong Heon diperankan oleh Kim Byung Chul

https://www.dramabeans.com/

Park Joong Heon adalah sosok kasim licik dan manipulatif di dinasti Goryeo, tempat Wang Yeo memimpin. Dirinyalah yang menjadi biang keladi atas kematian Kim Shin dan Kim Sun. Bahkan walaupun semasa hidupnya telah menjalani dosa yang besar, arwahnya enggan kembali ke alam baka dan terus-menerus mengganggu Ji Eun Tak. Alasannya karena Joong Heon tahu bahwa Ji Eun Tak adalah pengantin wanita dari Goblin alias Kim Shin.

5. Kim Woo Shik diperankan oleh Yoon Kyung Ho

https://www.dramabeans.com/

Kim Woo Shik adalah letnan yang selalu setia kepada Kim Shin hingga akhir hayatnya saat di masa Goryeo. Dirinya telah berkali-kali menyelamatkan negara bersama Kim Shin. Namun ketika bereinkarnasi, Woo Shik menjadi seorang lelaki yang selalu mengalami kesulitan finansial, tetapi tidak patah semangat. Kim Shin yang mengetahui keberadaannya, tentu saja tidak akan melupakan jasanya di masa lalu sehingga sering membantunya dengan memberinya pekerjaan secara diam-diam.

Karakter Kim Woo Shik ini hanya sebatas cameo saja yang muncul pada episode 1, 12, dan 14. Namun ternyata, karakternya diingat oleh banyak penonton.

7 Alasan Mengapa Harus Menonton Goblin

Apakah setelah tujuh tahun penayangan serial drama Goblin alias Guardian: The Lonely and Great God ini, Grameds belum menontonnya sama sekali? Jika demikian, yuk simak 7 alasan mengapa harus menonton serial drama ini!

1. Plot Cerita yang Unik

https://www.dramabeans.com/

Ketika pertama mendengar serial drama berjudul Goblin ini, apakah Grameds langsung membayangkan sosoknya yang kerdil seperti di film Harry Potter? Apabila iya, maka pembayangan wujud tersebut akan langsung sirna setelah melihat sosok Goblin yang berparas tampan. Dari segi plot cerita, tentu saja serial drama yang mendapatkan rating tinggi sejak episode perdananya, tidak akan mengecewakan penonton.

Mungkin saat episode awal akan diperlihatkan kisah cinta yang sedikit klise antara manusia biasa dengan sosok immortal. Namun, setelah di pertengahan episode, Grameds akan terkejut dengan segala plot-twist yang ada dan merasa sedih ketika tahu bahwa para jiwa manusia yang telah meninggal dunia itu akan mengalami proses “wawancara” terlebih dahulu tentang hidupnya.

2. Sinematografi yang Tidak Kaleng-Kaleng

https://sliceofasianlife.com/

Serial drama Goblin ini masuk dalam daftar drama yang memiliki sinematografi indah tanpa mengurangi esensi dari alur ceritanya. Mengingat lokasi syuting untuk serial drama ini tidak hanya di Korea Selatan saja, tetapi juga di negara lain dan mengambil latar tempat yang menakjubkan.

Kualitas kamera menyorot setiap pemandangan dan pemain Goblin pun juga tidak kaleng-kaleng sehingga Grameds akan seolah masuk dalam ceritanya.

3. Ditulis Oleh Kim Eun Sook

https://www.allkpop.com/

Seperti yang dikemukakan sebelumnya bahwa serial drama ini ditulis oleh penulis Kim Eun Sook yang memang langganan membuat karya-karya menakjubkan. Kiprah penulis kelahiran 1973 ini memang sudah berkiprah di dunia penulisan naskah sejak tahun 2003. Namun, sejak tahun 2010, barulah karyanya mendapatkan perhatian publik karena alur ceritanya yang bagus.

Kebanyakan karya Kim Eun Sook yang dijadikan serial drama ditayangkan di saluran televisi ternama dan selalu mendapatkan rating tinggi. Sebut saja ada Secret Garden, The Heirs, Descendants of The Sun, Mr Sunshine, Goblin, The King: Eternal Monarch, dan yang baru-baru ini tayang ada The Glory. Maka dari itu, kualitas naskahnya tidak perlu diragukan lagi!

4. Para Pemain Goblin yang Penuh Aktor dan Aktris Bertalenta

https://www.soompi.com/

Para pemain Goblin tentunya adalah para aktor dan aktris bertalenta yang memiliki segudang kemampuan akting sejak lama. Terlebih lagi sang Goblin yang diperankan oleh Gong Yoo, merupakan aktor ternama yang eksistensinya selalu disambut baik oleh penggemarnya baik di Korea Selatan maupun di seluruh dunia.

Ditambah lagi dengan kehadiran aktris cantik Kim Go Eun sebagai salah satu pemain Goblin pastinya akan menambah kualitas dari serial drama ini. Bahkan ketika Kim Go Eun debut sebagai aktris melalui film Muse, dirinya langsung mendapatkan penghargaan Best New Actress atas kemampuan aktingnya.

Ada lagi pemain Goblin lainnya seperti Lee Dong Wook yang apik memainkan karakter malaikat maut dan bromance-nya bersama Gong Yoo sebagai Goblin. Lalu ada juga Yoo In Na yang dianggap sangat cocok menjadi pasangan Lee Dong Wook karena begitu manis.

Tidak ketinggalan ada Yook Sung Jae yang merupakan member boy group BTOB yang menjadi salah satu pemain Goblin dan berperan sebagai Yoo Deok Hwa. Meskipun dirinya adalah idol K-Pop, tetapi kualitas aktingnya tidak perlu diragukan lagi.

5. OST yang Legendaris

Memang sih kebanyakan serial drama itu pasti memiliki OST tersendiri yang dinyanyikan khusus oleh penyanyi atau grup K-Pop. Yap, keberadaan OST di suatu serial drama itu bagaikan buah ceri di tengah roti tart. Jika tidak ada akan terasa sepi, tetapi jika ada pasti suasananya akan bertambah meriah.

Nah, beberapa OST dari Goblin benar-benar legendaris karena dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi terkenal dan terus diingat oleh para penggemarnya. Bahkan jika Grameds menemukan suatu challenge di platform TikTok tentang “put your finger down if you know these OST K-Drama”, pasti salah satu OST Goblin akan termasuk di dalamnya! Berikut ini beberapa OST dari serial drama Goblin yang patut didengarkan.

6. Rating yang Tinggi

Pada penayangan perdana saja, serial drama Goblin ini mendapatkan rating lebih dari 6%. Setelah itu, rating akan semakin meninggi di setiap episodenya dan pada episode terakhir berhasil meraih rating lebih dari 18%. Tentu saja angka itu cukup tinggi untuk penayangan sebuah serial drama mingguan.

Artinya, masyarakat publik baik di Korea Selatan sendiri maupun di mancanegara, menerima dan menyukai serial drama Goblin ini.

7. Populer Di Seluruh Dunia

https://apkpure.com/

Tren Goblin benar-benar populer tidak hanya di negara asalnya saja, tetapi juga di seluruh negara di dunia. Setiap serial drama ini tayang, masti akan trending di mesin pencarian dan platform sosial media. Setiap hari, ada saja artikel yang membahas tentang serial drama ini.

Tidak hanya itu saja, ada juga sebuah efek edit foto bernama Goblin Sword yang memberikan editan berupa pedang Goblin berwarna biru menyala. Semua itu berkat popularitas Goblin!

Nah, itulah pembahasan kita tentang profil pemain Goblin, setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk menonton film ini? Jika kamu mencari buku seputar Korea Selatan, maka bisa simak rekomendasi buku tentang Korea Selatan di bawah ini.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Annyeong, Drakor!

Ingin belajar Bahasa Korea praktis, mudah, dan asyik? Buku Annyeong, Drakor! hadir sebagai solusi media alternatif untuk kamu belajar Bahasa Korea secara menyenangkan. Melalui buku ini, kamu akan diajak untuk menyelami dialog-dialog dari drama populer.

Buku ini dikemas dalam bentuk komik yang pastinya akan menambah semangat kamu untuk mempelajari Bahasa Korea. Tak hanya itu, selain memperkenalkan hangeul, buku ini juga memuat tata bahasa dasar yang bisa kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

2. Korea A To Z: Panduan K-Drama, Traveling, Kuliah, Bekerja, dan Bermigrasi

Buku ini memuat segala sesuatu yang ingin Anda ketahui tentang Korea, baik untuk sekadar menambah pengetahuan, panduan memahami K-Drama, traveling, kuliah, bekerja, maupun bermigrasi.

Berbagai topik menarik seperti sejarah, tradisi, budaya, dan hal-hal mengejutkan yang tidak diketahui orang asing dibeberkan secara lugas di sini.

3. Bahasa Korea Untuk Kpopers

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop. Melihat hal tersebut, penyusun berniat untuk mengajak pembaca terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Sumber:

https://sliceofasianlife.com/

Beranda

https://en.wikipedia.org/

Baca Juga!

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.