in

Profil Momo TWICE, Dance Machine Grup Asal Jepang!

https://twice.fandom.com/

Momo TWICE – Salah satu member TWICE yang populer namanya dan bahkan dianggap meraih julukan Chosun Ilbo adalah Hirai Momo alias Momo TWICE. Yap, Momo terpilih sebagai idola paling populer di Korea Selatan sekaligus di Jepang sebagai tanah kelahirannya. Terlebih lagi, Momo TWICE juga mendapatkan julukan sebagai Chosun Ilbo, yakni atas kepopulerannya sangat berkontribusi dalam meningkatkan hubungan negara antara Korea Selatan dan Jepang!

Kerennya lagi, Momo TWICE ini mengaku telah mempelajari tari sejak dirinya berusia 3 tahun bersama kakaknya. Itulah mengapa, bakatnya benar-benar diasah sejak dini sehingga sering dipanggil sebagai “Dance Machine” alias mesin menari. Saking terkenalnya, setiap grup TWICE comeback pasti teaser milik Momo akan selalu trending di Twitter.

Lantas, bagaimana sih perjalanan karir seorang Dancing Machine dari TWICE yang dielu-elukan sebagai idol K-Pop yang berkemampuan menari terbaik? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Biodata dan Profil Momo TWICE

Momo TWICE
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Hirai Momo
  • Nama Panggung: Momo
  • Tanggal Lahir: 9 November 1996
  • Zodiak: Scorpio
  • Zodiak China: Tikus (Rat)
  • Tinggi Badan: 163 cm (5’3”)
  • Golongan Darah: A
  • Kewarganegaraan: Jepang
  • Pendidikan: Japanese High School Graduation GED Exam
  • MBTI: ISFP
  • Posisi di Grup: Main Dancer, Sub Vocalist, Sub Rapper
  • Akun Instagram: momo

Perjalanan Karir Momo TWICE

Sama halnya dengan Mina TWICE yang berasal dari Jepang, karir Momo di Korea Selatan justru semakin naik pamornya karena bakat yang tentunya tidak kaleng-kaleng. Mengingat banyak pendapat yang menyatakan bahwa idol K-Pop yang berasal dari luar negeri biasanya jarang disorot, tetapi tidak dengan Momo TWICE.

Tidak hanya itu saja, di negara asalnya yakni Jepang, namanya pun masuk dalam daftar idola terpopuler dan turut dijuluki sebagai Chosun Ilbo.

FYI aja nih, julukan Chosun Ilbo ini diberikan untuk para idola K-Pop yang saking populernya, dapat berkontribusi dalam hubungan antara negara Korea Selatan dengan Jepang.

1999: Mulai Belajar Menari di Studio Dance STEP OUT

Momo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Sejak kecil, Momo memang sudah tertarik dengan dunia tari. Bahkan, dirinya pun belajar tari sejak usianya masih sangat kecil, yakni pada usia 3 tahun. Kala itu, dirinya mulai belajar menari di studio dance STEP OUT yang berlokasi di Osaka, Jepang. Ketika mempelajari tari, Momo tidaklah sendirian. Dirinya selalu bersama kakaknya, Hana.

Kala itu, dirinya begitu terinspirasi pada Amuro Namie, penyanyi yang dijuluki sebagai Ratu Pop Jepang. Namun, inspirasinya untuk menjadi idol K-Pop adalah setelah Momo menonton konser soloist Rain dan Lee Hyori.

Selama belajar tari, pada tahun 2008 tepatnya ketika berusia 11 tahun, Momo berkesempatan untuk tampil sebagai back dancer untuk soloist Korea Selatan Lexy di lagu “Ma People”.

2011: Mengikuti Ajang Superstar K3 Japan

Momo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Semakin berjalannya waktu, keinginan Momo untuk menjadi idol tentu saja semakin kuat. Lalu pada tahun 2011, dirinya mengikuti sebuah audisi untuk ajang pencarian bakat Superstar K3 yang diadakan di Jepang.

Ketika mengikuti ajang pencarian bakat itu, Momo dan grupnya yang bernama Barbie, men-cover penampilan “Fire” dari 2NE1. Sayangnya, Momo beserta ketiga rekannya tidak lolos untuk babak selanjutnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Penampilan Momo di ajang pencarian bakat tersebut tentu saja diunggah di YouTube dan beruntungnya, video tersebut ditemukan oleh salah satu staf JYP Entertainment di Tokyo. Momo pun dihubungi oleh salah satu staf agensi JYP untuk audisi. Momo langsung terbang menuju Tokyo untuk audisi bersama kakak perempuannya Hana. Kala itu, Hana juga ikut audisi, tetapi hanya Momo saja yang lolos.

Hal itu tentu saja membuat Momo tidak enak hati kepada kakaknya dan kemudian meminta waktu kepada JYP Entertainment untuk berdiskusi kepada keluarganya. Alhasil, keluarga Momo mengizinkannya untuk mengejar karir di Korea Selatan dan sejak itulah dirinya menjadi trainee di JYP Entertainment.

Penggemar TWICE, sangatlah banyak dan sudah menyebar ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Nah, bagi kamu penggemar TWICE dan ingin mengetahui info lebih banyak terkait personilnya, maka bisa membaca buku Twice Just For Once.

Buku “TWICE Just for ONCE” ini akan membantu kamu para penggemar TWICE untuk mengenal lebih dekat grup tersebut dan juga para membernya, ditambah dengan adanya bonus berupa poster besar dan stiker.

Momo TWICE

2012: Menjadi Trainee di JYP Entertainment

Setelah mendapatkan izin dari keluarganya untuk mengejar mimpinya di Korea Selatan, akhirnya Momo resmi menjadi trainee di JYP Entertainment pada tahun 2012. Selama menjalani masa trainee, dirinya telah menghabiskan waktu selama 3 tahun, sebelum akhirnya berpartisipasi pada ajang survival show SIXTEEN.

Ketika pertama kali datang ke JYP Entertainment pusat, Momo hanya tahu kata “annyeonghaseyo” saja dan dirinya pun banyak berdiam diri karena kendala bahasa. Meskipun sebenarnya ada banyak trainee Jepang lainnya, tetapi Momo tetap tidak bisa banyak bicara.

Selama menjadi trainee, Momo mengakui bahwa dirinya hanya bisa menari tetapi tidak pandai menyanyi. Itulah yang membuatnya khawatir dan tak jarang akan menangis sebelum kelas menyanyi. FYI aja nih, menjadi trainee itu berarti kita akan menghabiskan sebagian besar waktu di studio dengan berlatih secara rutin.

2015: Mengikuti Survival Show SIXTEEN dan Berhasil Debut Bersama TWICE

Momo TWICE
https://www.koreaboo.com/

Dilansir dari koreaboo.com, Momo sebenarnya telah hampir debut pada girl group yang beranggotakan trainee Jepang saja, tetapi proyek tersebut dibatalkan. Atas hal itu, tentu saja Momo bersama 2 trainee asal Jepang lainnya berpartisipasi pada survival show SIXTEEN.

Ajang survival SIXTEEN ini merupakan proyek kolaborasi antara Park Jin Young (selaku produser musik di JYP Entertainment) dengan channel Mnet. Sesuai dengan judulnya, ajang survival ini hanya diikuti oleh 16 peserta saja, yang mana 7 diantaranya adalah trainee dari JYP Entertainment. Rencananya, pemenang dari ajang ini akan debut sebagai girl group baru di bawah naungan JYP Entertainment.

Konsep utama dari ajang ini adalah 7 trainee dari JYP Entertainment tersebut adalah kandidat untuk anggota girl group baru tersebut, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba untuk menggantikan posisi ketujuh trainee tersebut. Jadi, dalam setiap episodenya, akan ditampilkan bagaimana 7 trainee mempertahankan posisinya, sementara 9 peserta lainnya akan mencoba “menggeser” posisi tersebut.

Sebenarnya, pada misi keempat, Momo sudah tereliminasi dari acara sehingga tidak dapat mengikuti ajang tersebut sampai episode terakhir. Namun salah satu juri, Park Jin Young alias J.Y.Park, memilih Momo sebagai anggota pilihan sehingga dirinya dapat kembali ke acara. Menurut JYP, Momo adalah satu-satunya peserta yang memiliki keterampilan menarik luar biasa dan bahkan tidak dimiliki oleh peserta lainnya.

“I have chosen Momo whom I believe will improve TWICE’s dancer line and the group’s performance overall.” — J. Y. Park

Setelah proses yang panjang, akhirnya Momo berhasil mengamankan posisinya dan debut bersama delapan member TWICE lainnya dan debut pada 20 Oktober 2015. TWICE debut tepat setelah 5 bulan acara SIXTEEN tamat.

Setiap personil TWICE, selalu memiliki faktanya masing-masing. Lalu, apakah Grameds sudah mengetahui fakta-fakta personil TWICE? Jika belum, maka kamu bisa mengetahuinya pada buku Twice Daebak!. Bahasa yang santai dan kekinian, membuat buku ini cocok dijadikan sebagai bahan bacaan para remaja.

Kehidupan Pribadi Momo TWICE

Pendidikan

Momo TWICE
https://kpopping.com/

Sebenarnya, Momo TWICE dan pihak JYP Entertainment memang tidak pernah menyebutkan tentang latar belakang pendidikannya. Namun, dari informasi yang didapatkan, semasa remaja Momo menghabiskan waktunya dengan bersekolah di kampung halamannya yakni di Kyoto.

Ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama, tepatnya di tahun terakhir, Momo memilih menghentikan sekolahnya karena harus menjadi trainee di Korea Selatan. Meskipun dirinya juga tidak bersekolah di sekolah menengah atas, tetapi pada tahun 2016 dirinya menerima Students Achieving the Proficiency Level of Upper Secondary School Graduates alias Sertifikat Pencapaian Tingkat Kemahiran Siswa Lulusan Sekolah Menengah Atas melalui sebuah ujian.

Latar Belakang Keluarga

Momo TWICE
https://preen.ph/

Hirai Momo alias Momo TWICE lahir pada 9 November 1996 di Kyotanabe, Kyoto, Jepang. Dalam bahasa Jepang, “Momo” artinya adalah buah persik. Ayah Momo adalah seorang pemain American Football dan sekarang telah menjadi petinggi di sebuah rumah sakit ortopedi. Orang tua Momo sangat mendukung pilihan anak bungsunya untuk berkarir sebagai idol K-Pop.

Sementara itu, Momo TWICE memiliki seorang saudara perempuan bernama Hana yang lahir dua tahun lebih tua darinya. Saat ini, Hana telah menjadi bagian dari sebuah kelompok tari bernama The Crew dan sering mengupload cover dance lagu-lagu TWICE di kanal YouTube miliknya.

Kabar Kencan dengan Heechul Super Junior

https://www.cosmo.ph/

Pada Januari 2020, dilaporkan bahwa Momo TWICE berkencan dengan salah satu member Super Junior yakni Heechul. Kala itu, Momo berusia 24 tahun dan Heechul berusia 37 tahun. Sebenarnya, rumor kencan tersebut sudah ada sejak Agustus 2019 yang diberitakan oleh Market News. Namun, kedua agensi membantahnya.

Barulah pada 2 Januari 2020, JYP Entertainment mengonfirmasi berita tersebut dan disusul oleh SM Entertainment. Kedua agensi besar tersebut mengatakan bahwa hubungan mereka dimulai dari hubungan senior-junior dan kemudian berkembang benih-benih cinta.

Berhubung keduanya adalah idol K-Pop ternama, tentu saja para penggemar semakin mengulik berita tersebut. Lalu, muncullah laporan bahwa Momo TWICE dan Heechul SJ sudah berkencan sejak 2017 dan kemudian menimbulkan banyak kritikan. Hal itu wajar saja sebab adanya perbedaan usia 13 tahun, sehingga terkesan Heechul berkencan dengan Momo ketika usianya masih terlalu legal.

Apakah kamu sudah mengetahui perjalanan TWICE? Jika belum, maka kamu bisa mencari tahunya pada buku Twice In Love The Untold Stories: Famous Rookie Girlband. Buku ini mengupas segala hal tentang Twice mulai perjalanan dalam ajang pencarian bakat, debut, hingga menjalani karier sebagai idol.

20+ Fakta Tentang Momo TWICE

Momo TWICE
https://twice.fandom.com/
  1. Momo lahir di kota Kyotanabe, Jepang.
  2. Keluarganya terdiri atas ayah, ibu, dan seorang kakak perempuan bernama Hirai Hana.
  3. Keluarganya memelihara beberapa ras anjing yakni 3 Jack Russell Terrier dengan nama Petco, Lucky, dan Pudding. Lalu ada juga seekor anjing dengan ras Norwich Terrier Boo.
  4. Sejak usia 3 tahun, Momo sudah tertarik akan tari dan menghadiri sanggar tari bersama kakaknya.
  5. Pada tahun 2008, ketika menghadiri studio dance STEP OUT di Osaka, dirinya muncul di di MV milik penyanyi Korea Lexy.
  6. Setelah partisipasinya pada Superstar K3 di Jepang, video penampilan Momo tersebar di YouTube dan menarik perhatian salah satu staf JYP Entertainment Jepang. Lalu, staf tersebut langsung menghubunginya untuk audisi.
  7. Momo melakukan audisi JYP Entertainment di Tokyo bersama kakaknya. Sayangnya, hanya dirinya saja yang lolos ke babak selanjutnya.
  8. Momo TWICE memulai masa trainee di Korea Selatan bersama Sana sejak April 2012.
  9. Sebenarnya, Momo beserta beberapa trainee Jepang lainnya hendak didebutkan di proyek girl group Jepang. Sayangnya, proyek tersebut dibatalkan.
  10. Ketika masih menjadi trainee, Momo pernah membintangi MV miliki Wooyoung 2PM untuk lagu “R.O.S.E” bersama Mina dan Dahyun TWICE.
  11. Momo TWICE sangat suka makan sekaligus olahraga, sehingga berat badannya tidak mudah naik.
  12. Momo pernah membintangi MV “Sweet Home” yang dinyanyikan oleh Heechul Super Junior dan Min Kyunghoon. MV tersebut langsung ramai kembali diperbincangkan setelah kabar pacaran Heechul dan Momo.
  13. Di dorm, Momo sekamar dengan Jeongyeon.
  14. Momo TWICE terkenal sebagai salah satu penari terbaik diantara idol K-Pop generasi ke-3.
  15. Kim Heechul alias mantan kekasih Momo, adalah penggemar beratnya dan kabar keduanya berkencan dilaporkan sejak tahun 2019.
  16. Momo berulang kali ditunjuk untuk menampilkan penampilan spesial di panggung acara penghargaan besar. Mulai dari menampilkan lagu milik S.E.S berjudul “Dreams Come True” di acara SBS Gayo Daejeon 2018 bersama Chaeyoung, Tzuyu dan Irene, Joy, Seulgi Red Velvet.
  17. Lalu juga menampilkan JYP Special Stage bersama artist JYP lainnya di acara KBS Gayo Daechukje 2018. Momo dan Jihyo juga pernah berkolaborasi dengan solois senior Taemin untuk acara Gayo Daejejeon 2019.
  18. Lucunya, ayah Momo adalah penggemar berat Jihyo, sedangkan kakak perempuannya Hana malah menjadi penggemar Chaeyoung TWICE.
  19. Makanan favorit: oyakodon, kepiting kecap, mayones, gurita, alpukat, rebusan mara, dan kaki babi.
  20. Momo TWICE tidak suka makanan wasabi, semangka, mentimun, dan jamur.
  21. Berteman akrab dengan soloist Chungha dan sering menyebut namanya dalam “Thank To” miliknya.
  22. Momo dan Tzuyu menjadi 2 member TWICE paling populer di Jepang.

Demikian pembahasan kita tentang Momo TWICE. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah Grameds ingin menjadi fans Momo TWICE?

Jika ingin mencari tahu lebih banyak tentang TWICE, maka kamu bisa membaca buku-buku TWICE yang bisa didapatkan di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Sumber:

https://kpopwiki.org/

https://kpopping.com/

https://en.kepoper.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.