in

Profil Lengkap Stray Kids Member dan Fakta Menariknya

Stray Kids Member – Para penggemar Kpop pasti sudah mengetahui bahwa industri Kpop telah berjalan selama beberapa generasi, di mana saat ini industri Kpop sendiri tengah berada di generasi keempat dengan banyak boy group dan girl group yang tidak kalah berbakat dari para pendahulunya, salah satunya adalah boy group generasi keempat asuhan JYP Entertainment yaitu Stray Kids.

Grup yang awalnya dibentuk dari program survival show JYP Entertainment ini telah memiliki banyak penggemar baik di Korea sendiri maupun di mancanegara, meskipun beberapa member Stray Kids pernah tersandung masalah.

Berikut ini akan disajikan profil dari grup Stray Kids beserta profil para member untuk para penggemar Kpop yang ingin mengenal lebih dalam grup beranggotakan delapan member ini.

Profil Grup Stray Kids

Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/1623645452741787650?s=20

Stray Kids merupakan salah satu boy group asuhan JYP Entertainment yang memiliki delapan member, yaitu Bang Chan, Lee Know, Changbin, Hyunjin, Han, Felix, Seungmin, dan juga I.N yang telah melaksanakan debutnya pada tahun 2018 dengan lagu ‘District 9’ yang terdapat dalam album ‘I Am Not’.

Nama grup Stray Kids sendiri memiliki arti yang menyiratkan pada aspirasi grup untuk bisa menyimpang dari kerangka yang sudah ada dan menemukan jalan mereka sendiri untuk diri mereka sendiri.

Sebelum resmi debut bersama Stray Kids, Bang Chan, Changbin, dan Han tergabung dalam sebuah grup unit bernama 3RACHA. Kemudian, member tertua sekaligus leader Stray Kids, yaitu Bang Chan, memilih sembilan trainee yang akan bergabung menjadi member Stray Kids.

Sembilan trainee tersebut kemudian berpartisipasi dalam acara survival ‘Stray Kids’. Di dalam acara ini, para member akan bekerja sama untuk membuat lagu serta koreografi sendiri. Hasilnya dari kerja keras mereka tersebut adalah dirilisnya digital single ‘Hellevator’ yang dirilis pada 7 November 2017.

Tidak hanya itu, Stray Kids juga memiliki album pre-debut bertajuk ‘Mixtape’ lho, Grameds. Album ini dirilis pada Januari 2018, yaitu 3 bulan sebelum mereka akhirnya resmi debut. Meskipun dalam acara tersebut Lee Know dan Felix sempat tereliminasi, tetapi pada akhirnya JYP yang menjadi juri dalam acara tersebut sepakat untuk mendebutkan kesembilan member dengan nama Stray Kids.

Sayangnya, di tahun 2019 salah satu member Stray Kids, yaitu Kim Woojin, keluar dari grup karena skandal yang menimpanya sehingga semenjak saat itu Stray Kids resmi beranggotakan 8 orang.

Karena dari awal, Stray Kids sudah diberi kesempatan untuk membuat lagu sendiri, ketika mereka debut dan berkarier sebagai idol Kpop pun para member selalu berpartisipasi dalam pembuatan lagu comeback mereka.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Lagu-lagu Stray Kids sendiri memang dikenal memiliki nuansa serta genre yang unik, tetapi tetap terdengar asyik di telinga. Bahkan, Stray Kids disebut sebagai pelopor dari genre Malaste lho, Grameds! Lewat lagunya yang berjudul ‘God’s Menu’, Stray Kids berhasil memperkenalkan genre musik mala yang pedas seperti malatang, yaitu makanan asal Tiongkok! Unik sekali, ya!

Selain lewat artikel ini, kamu juga bisa mengenal Stray Kids lewat salah satu buku yang ada di Gramedia nih, yaitu buku “Step Out! We Are Stray Kids” yang merupakan karya Anjelita Noverina.

 

Stray Kids Member Profile

Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/1626953377090519041?s=20

Setelah mengetahui bagaimana perjalanan karier dari grup Stray Kids, sudah saatnya kamu juga perlu mengetahui fakta-fakta tentang member Stray Kids untuk mengenal mereka secara lebih dekat. Lewat Stray Kids member profile ini, kamu akan diajak untuk melihat profil dari para member dan juga fakta-fakta menarik dari mereka! Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Bang Chan

Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/1319229988030140417?s=20

Leader Stray Kids ini lahir di Korea Selatan pada 3 Oktober 1997. Bang Chan atau lebih akrab dipanggil dengan nama Chan, memiliki nama asli Christopher Bang.

Semua penggemar Kpop rasanya sudah tahu bahwa Bang Chan adalah salah satu idol Kpop yang memiliki kewarganegaraan Australia. Banyak yang salah sangka bahwa dirinya lahir dan besar di Negeri Kangguru tersebut, padahal sebenarnya Bang Chan lahir di Korea Selatan, tetapi pindah ke Sydney saat ia masih kecil dan tumbuh besar di sana.

Sebelum akhirnya Bang Chan memutuskan meninggalkan Sydney untuk menjadi trainee idol, ia bersekolah di Newton High School of Performing Arts. Dan saat di Korea, ia bersekolah di SMA Cheongdam, yaitu sekolah yang sama dengan rekan satu grupnya, Seungmin.

Bang Chan dikenal sangat mengayomi dan melindungi member Stray Kids lainnya. Ia juga disebut sebagai social butterfly karena berteman baik dengan banyak idol Kpop lain. Pria berzodiak Libra ini menjalani masa trainee-nya di JYP Entertainment selama tujuh tahun, dan menjalani masa trainee-nya tersebut bersama dengan TWICE, DAY6, dan juga GOT7.

Bang Chan merupakan anggota dari sub-unit 3RACHA yang pada awalnya beraliran K-HipHop dengan nama panggung CB97. Sampai saat ini, bersama dengan Changbin dan Han, Bang Chan masih membuat lagu untuk comeback Stray Kids terutama title track mereka.

Lee Know


Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/973937015447277574?s=20

Stray Kids member profile selanjutnya adalah Lee Know yang memiliki nama asli Lee Min Ho. Ia lahir di Gimpo, Korea Selatan pada 25 Oktober 1998 dengan zodiak Scorpio.

Pada awal profilnya tersebar, banyak yang terkejut akan pendidikan Lee Know yang pernah bersekolah di Gimpo Jeil Technical High School atau sekolah teknik. Adapun alasan Lee Know masuk sekolah teknik adalah karena di sana ada ekstrakulikuler menari. Sayangnya, begitu ia  masuk ke sekolah teknik tersebut, ekstrakulikuler menari telah dibubarkan.

Meskipun berada di sekolah teknik, tetapi ia juga menghabiskan waktu 5 tahun setelah lulus untuk belajar dance di sebuah akademi dance, sehingga ia memiliki kemampuan menari yang sangat baik. Tak heran jika Lee Know didapuk sebagai main dancer di dalam grupnya.

Lee Know ternyata seorang ambidextrous, yaitu bisa menggunakan kedua tangannya tanpa kesulitan. Ia juga dikenal cerdas karena berhasil lolos dalam seleksi masuk perguruan tinggi untuk jurusan Ilmu Komputer tanpa mengikuti ujian.

Ia juga diketahui memiliki seorang anak asuh bernama Anas yang berasal dari Ghana. Di mana ia membiayai kehidupan anak asuhnya tersebut lewat program milik UNICEF, dan telah melakukan hal ini sejak masih SMP.

Kemudian, fakta menarik lainnya dari member Stray Kids yang satu ini adalah Lee Know pernah menjadi backup dancer untuk BTS ketika grup tersebut melangsungkan tur “Wings” di Jepang. Saat itu, ia pun langsung merasa tertarik untuk menjadi idol Kpop dan akhirnya mencoba ikut audisi di JYP Entertainment dan menjadi trainee selama setahun.

Changbin

Sumber gambar:https://twitter.com/Stray_Kids/status/1160204223511797761?s=20

Changbin yang memiliki nama lengkap Seo Chang Bin ini akan menjadi Stray Kids member profile selanjutnya. Changbin berposisi sebagai main rapper di Stray Kids dan tergabung dalam unit 3RACHA dengan nama panggung SPEARB, di mana ia juga biasa ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu-lagu grupnya.

Changbin sendiri memang diketahui memiliki kemampuan rap yang baik, dan sebelum bergabung dengan Stray Kids ia pernah berpartisipasi sebagai peserta dalam acara ‘Show Me The Money 5’ meskipun muncul hanya sebentar.

Keikutsertaannya dalam acara pencarian bakat khusus rapper tersebut tentu saja membuat para penggemar memiliki ekspektasi yang tinggi terhadapnya saat debut. Dan Changbin pun berhasil memenuhi ekspektasi penggemar dengan rap-nya yang selalu memukau. Ia juga bisa melakukan rap cepat dan termasuk sebagai rapper tercepat dengan kecepatan rapnya 11.13 SPS!

Ia juga memiliki banyak teman sesama idol, salah satu teman dekatnya adalah Wooyoung ATEEZ. Keduanya pun menunjukkan interaksi menggemaskan ketika dipertemukan dalam acara yang sama, yaitu pada acara ‘Kingdom: Legendary War’.

Hyunjin

Sumber gambar: https://twitter.com/StrayKidsGlobal/status/998656712742666240?s=20

Hyunjin memiliki nama lengkap Hwang Hyunjin yang lahir di Seoul, Korea Selatan pada 20 Maret 2000. Saat masih kecil, ia pernah tinggal selama beberapa waktu di Las Vegas sehingga ia memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik.

Masa trainee Hyunjin termasuk cukup singkat karena ia menjadi trainee hanya selama dua tahun saja sebelum akhirnya ikut berpartispasi dalam acara ‘Stray Kids’. Ketika pertama kali diperkenalkan, Hyunjin termasuk Stray Kids member yang mendapat banyak perhatian karena visualnya yang memukau.

Ia pernah bersekolah di SOPA (School of Performing Arts Seoul) dengan jurusan Practical Dance. Di grupnya, Hyunjin berposisi sebagai main dancer dan juga lead rapper. Bersama dengan Lee Know dan Felix, Hyunjin berada dalam unit Dance Racha.

Hyunjin dikenal sebagai member yang ceria terlebih dengan eye smile-nya yang menggemaskan. Namun, sayangnya, Hyunjin sempat terseret dalam kasus bullying di tahun 2021, di mana skandal ini bermula dari seorang teman sekolah menengahnya yang membuat postingan di komunitas online dengan mengatakan bahwa Hyunjin telah melakukan pelecehan verbal terhadap mereka.

Untungnya, kasus ini dapat diselesaikan dengan baik oleh agensi dan juga Hyunjin, dengan Hyunjin yang bertemu secara langsung dan meminta maaf kepada teman sekolah yang menulis postingan tersebut, mereka juga sudah menyelesaikan kesalahpahaman yang ada. Dan akhirnya, setelah hiatus selama beberapa bulan, Hyunjin dapat bergabung kembali dengan kegiatan bersama Stray Kids.

Han


Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/1385609479320862722?s=20

Member Stray Kids profile selanjutnya adalah Han yang memiliki nama lengkap Han Ji Sung yang lahir pada 14 September 2000 dan tergabung dalam unit 3RACHA.  Han disebut sebagai salah satu member all-rounder karena ia memiliki kemampuan yang luar biasa baik dalam rap atau sebagai vocal, di mana dalam beberapa lagu Han yang bertugas mengambil high note.

Han juga memiliki kemampuan membuat lagu, ia sendiri bahkan telah memiliki lagu solo berjudul ‘Close’, ‘I GOT IT’, dan juga ‘Alien’. Selain pintar dalam bermusik, Han bisa berbahasa Inggris dengan baik karena ia pernah tinggal dan bersekolah di Malaysia.

Sebelum berhasil debut dengan Stray Kids, Han menjalani masa trainee selama tiga tahun. Dan perjalanannya untuk menjadi seorang idol juga tidak mudah lho, Grameds. Karena pada awalnya Han sempat tidak diizinkan untuk menjadi trainee di JYP Entertainment oleh orang tuanya, yang ingin Han bersekolah di Malaysia.

Tetapi, ketika Han tiba di Korea untuk mengikuti ujian, ia akhirnya membuat kesepakatan dengan orangtuanya, yaitu jika Han tidak berhasil lolos masuk ke agensi dalam waktu satu tahun, ia akan menuruti kemauan orang tuanya kembali ke Malaysia untuk melanjutkan studinya.

Felix

Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids/status/1309805306990321664?s=20

Selain Chan, member Stray Kids lain yang berasal dari Australia lainnya adalah Felix. Pria dengan nama Korea Lee Yong Bok ini sebenarnya memiliki kedua orang tua merupakan orang Korea asli, tetapi Felix lahir di Sydney, Australia, dan besar di  sana.

Felix lahir di Sydney pada 15 September 2000. Ia juga memiliki satu kakak perempuan dan satu adik perempuan. Felix pernah mengikuti taekwondo dan sudah memiliki sabuk hitam tingkat tiga. Berbanding terbalik dengan kemampuan taekwondonya, Felix memiliki kegemaran membuat brownies dan juga cookies, di mana ia sering terlihat membagikan brownies buatannya kepada teman sesama idol lainnya.

Felix merupakan salah satu member yang memiliki ciri khas, yaitu suaranya yang berat dan freckles pada wajahnya. Di Stray Kids, Felix tergabung dalam unit Dance Racha bersama dengan Hyunjin dan Lee Know karena ia juga memiliki kemampuan dance yang baik dan merupakan seorang lead dancer.

Pria yang ulang tahunnya hanya beda satu hari dengan Han ini juga pernah merilis lagu bersama dengan Changbin yang berjudul ‘Cause I Like You’, dan lagu ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para penggemar.

Seungmin

Sumber gambar: https://twitter.com/Stray_Kids_JP/status/1435573687961354241?s=20

Kim Seung Min lahir di Korea pada 22  September 2000 dan pernah bersekolah di SMA Cheongdam. Selain itu, Seungmin juga pernah bersekolah di Los Angeles, Amerika selama tiga bulan ketika ia kelas 4 SD, sehingga Seungmin memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Ia bahkan pernah menjadi MC untuk acara tv Arirang, ‘After School Club’.

Sebagai main vocal di grupnya, Seungmin pernah menjalani masa trainee hanya selama dua tahun saja, di mana ia bisa bergabung dengan JYP Entertainment setelah ia memenangkan posisi kedua dalam Open Audition JYP yang ke-13.

Suara yang dimiliki Seungmin juga sangat merdu dan lembut, yang membuat para penggemar menjadi kagum akan kemampuan vokalnya sehingga ia memiliki julukan “Seungmin Dandy Voice”. Bersama dengan I.N, Seungmin termasuk ke dalam unit Vocal Racha.

I.N

Sumber gambar: twitter.com/Stray_Kids

I.N yang memiliki nama lengkap Yang Jeong In ini akan menjadi member Stray Kids yang akan dibahas selanjutnya nih, Grameds. I.N sendiri berposisi sebagai maknae atau member termuda di Stray Kids.

Ia sudah melaksanakan masa trainee-nya selama dua tahun sebelum akhirnya bergabung bersama Stray Kids. I.N dulunya bersekolah di sekolah yang sama dengan Hyunjin, yaitu School Of Performing Art School (SOPA) di jurusan Applied Music.

Sewaktu I.N muncul di acara ‘Stray Kids’ dan pada masa-masa awal debut, ia sempat menarik banyak perhatian penggemar Kpop karena penampilannya yang menggemaskan dengan menggunakan behel. Namun, saat ini I.N sudah tidak menggunakan behel lagi.

Bersama dengan Seungmin, I.N juga tergabung dalam unit Vocal Racha. Ia juga memiliki julukan “Maknae On Top”, dan bahkan Bang Chan serta Changbin sampai membuatkan lagu bertajuk ‘Maknae On Top’ untuk I.N sebagai hadiah ulang tahunnya.

Itulah deretan fakta menarik dan juga profil dari Stray Kids dan juga para member Stray Kids untuk kamu yang ingin mengenal lebih dalam boy group yang berhasil menjadi pemenang dalam acara ‘Kingdom: Legendary War’ ini.

Jika ingin mencari buku tentang idol group Kpop, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Adinda

Rujukan:

  • https://www.orami.co.id/magazine/member-stray-kids’
  • https://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2020/22315/yuk-kenalan-dengan-8-member-stray-kids-grup-dari-jyp
  • https://www.hallyuidol.com/group/po9Pi4jQtaf7ICf817hj
  • https://www.kapanlagi.com/korea/profil-dan-fakta-menarik-8-member-stray-kids-boy-group-jyp-entertainment-yang-penuh-karisma-c69786.html
  • https://kprofiles.com/stray-kids-members-profile-facts/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.