in

Profil Yoshi Treasure, Perjalanan Karir serta 25 Fakta Menariknya!

Yoshi Treasure – Dari sekian banyaknya boy group yang debut di tahun 2020 lalu, nama TREASURE hingga saat ini masih digandrungi oleh para penggemar K-Pop. Yap, boy group di bawah naungan YG Entertainment ini merupakan “hasil” dari survival show bertajuk YG Treasure Box yang tayang November 2018 – Januari 2019 di saluran JTBC dan aplikasi V Live.

Berhubung pembentukan boy group TREASURE ini dari program acara survival, maka tentu saja pesertanya ada banyak dan terdapat sistem kualifikasi. Ada banyak nama-nama para peserta YG Treasure Box yang hingga saat ini masih diingat oleh para penggemar walaupun tidak berhasil mencapai line-up debut TREASURE.

Setelah melalui berbagai tahap, akhirnya terpilihlah 13 peserta yang mana nantinya akan didebutkan pada boy group berbeda, yakni TREASURE dan MAGNUM. Namun sayangnya, salah satu member MAGNUM, Han Yoon Bin,  justru memilih mengundurkan diri. Alhasil, pihak agensi pun akhirnya menjadikan satu para member yang tersisa untuk boy group TREASURE.

Salah satu member TREASURE yang populer di kalangan fandom Treasure Maker (Teume) adalah Yoshi. Yap, Yoshi Treasure memiliki kemampuan rap yang hebat dan tergabung dalam rap line bersama Choi Hyun Suk dan Haruto.

Yoshi Treasure alias Yoshinori Kanemoto ini memang lahir di Jepang, tetapi ternyata kewarganegaraannya adalah Korea Selatan lho… Lantas, apa saja sih fakta menarik dari Yoshi Treasure dan perjalanan karirnya hingga berhasil debut bersama TREASURE? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Yoshi Treasure
https://kpop.fandom.com/

Biodata dan Profil Yoshi Treasure

 

Yoshi Treasure
https://kpopping.com/
  • Nama Asli: Kanemoto Yoshinori
  • Nama Korea: Kim Bang Jeon
  • Nama Panggung: YOSHI
  • Tanggal Lahir: 15 Mei 2000
  • Kampung Halaman: Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Taurus
  • Golongan Darah: A
  • Tinggi Badan: 179 cm (5’11”)
  • Pendidikan: GED, Korea International School
  • Posisi di Grup: Rapper
  • MBTI: INFP-A

Perjalanan Karir Yoshi Treasure

https://channel-korea.com/

Sebelum berkarir sebagai idol K-Pop sekaligus penulis lagu seperti saat ini, Yoshi TREASURE hanyalah anak laki-laki Jepang biasa pada umumnya. Lahir pada 15 Mei 2000 di Kobe, Prefektur Hyogo, Jepang menjadikannya fasih berbahasa Jepang sebagai caranya berkomunikasi dengan keluarga dan teman-temannya.

Jika Grameds pernah mengira bahwa Yoshi adalah seorang idol berkewarganegaraan Jepang seperti halnya Yuta NCT, Mashiho Treasure, dan lainnya, hal itu salah. Yap, Yoshi Treasure justru sebenarnya adalah keturunan asli Korea, hanya saja dirinya memang lahir dan besar di Jepang. Dilansir dari forum.allkpop.com, Yoshi menyatakan bahwa dirinya adalah warga negara Korea asli.

Yoshi Treasure tinggal di Kobe dan menghabiskan masa kecilnya hingga remaja di sana. Dirinya tinggal bersama Ibu dan ketiga kakak perempuannya. Ayahnya sudah meninggal dunia ketika duduk di bangku sekolah menengah pertama. Itulah mengapa, dirinya begitu sensitif jika mengingat segala hal yang berkaitan dengan Ayahnya. Bahkan dirinya begitu serius untuk menjadi idol supaya dapat menggantikan posisi ayahnya sebagai tulang punggung keluarga.

Semasa sekolah, Yoshi menempuh pendidikan di sekolah Korea-Jepang yang berada di kampung halamannya. Di sekolah tersebut, ada banyak siswa campuran Korea-Jepang, ekspatriat dari Korea Selatan, dan orang Jepang asli.

Nah dari masa sekolah inilah, Yoshi mulai menunjukkan minatnya akan budaya Korea dengan belajar olahraga taekwondo. Hingga di tahun ketiga sekolah menengah pertama, Yoshi Treasure masih aktif mengikuti kompetisi olahraga taekwondo dengan mengenakan bendera Korea Selatan.

Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2016 pun menjadi waktu dimana Yoshi mengikuti audisi YG Entertainment yang kala itu diadakan di Jepang. Di audisi itulah dirinya juga bertemu dengan Haruto yang kemudian jadi rekannya di grup TREASURE. Atas bakatnya yang tidak kaleng-kaleng, Yoshi berhasil lolos audisi sehingga resmi menjalani masa trainee di YG Entertainment mulai Maret 2016.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

Berhubung dirinya akan menjalani masa trainee di YG Entertainment, maka dirinya pun mau tidak mau harus meninggalkan keluarganya di Jepang dan pindah ke Seoul. Selama masa trainee itulah, Yoshi belajar banyak hal mulai dari menari, menyanyi, dan kelas bahasa untuk memperdalam kemampuan Bahasa Korea-nya.

Yoshi Treasure
https://channel-korea.com/

Terkait dengan pendidikan lanjutannya, alih-alih bersekolah di sekolah menengah di Korea, dirinya memilih tes sekolah menengah GED dan berhasil lulus. Sedikit trivia saja nih, GED alias General Education Development adalah program yang diakui oleh pihak internasional untuk menguji kemampuan siswanya pada mata pelajaran standar sekolah menengah. Ijazah dari GED tentu saja dapat digunakan untuk mendaftar di perguruan tinggi dan ujiannya hanya diadakan tiga kali selama satu tahun.

Meskipun penampilan Yoshi Treasure sangat luar biasa, baik dari segi rap, dance, maupun bernyanyi, tetapi dirinya tidak berhasil masuk ke line-up debut TREASURE. Namun, karena antusiasme dari para penggemar maka YG Entertainment pun memutuskan untuk membentuk grup lain bernama MAGNUM dengan 6 anggota. Tentu saja, Yoshi masuk dalam line-up debut MAGNUM bersama Yoonbin, Jihoon, Doyoung, Mashiho, dan Asahi. Rencananya, kedua grup ini akan melakukan aktivitas terpisah karena berasal dari grup yang berbeda.

Sayangnya, salah satu member MAGNUM, Han Yoonbin, justru memutuskan untuk keluar dari YG Entertainment dan memilih menjadi soloist. Alhasil, YG Entertainment pun menggabungkan para member TREASURE dan MAGNUM untuk menjadi satu di bawah nama grup TREASURE dengan total 12 anggota. TREASURE kemudian debut pada Agustus 2020 dengan lagu “Boy” dan menjadikan Yoshi sebagai rapper.

Di grup TREASURE, Yoshi masuk dalam rap line bersama Hyun Suk dan Haruto. Bahkan ketiganya baru saja merilis lagu yang disusun secara bersama berjudul VolKno dan ditonton 20 juta kali oleh para penggemar di seluruh dunia. Yap, anak muda dari  Kobe, Prefektur Hyogo itu berhasil menjadi seorang penyanyi seperti impiannya sejak kecil!

YG Treasure BOX

Yoshi Treasure
https://channel-korea.com/

Perjalanan karir Yoshi Treasure tentu saja tidak akan lepas dari adanya program survival show YG Treasure BOX yang tayang di saluran JTBC dan aplikasi V Live pada November 2018 hingga Januari 2019 ini. Sesuai dengan namanya, YG Treasure BOX adalah program survival ketiga dari YG Entertainment. Sebelumnya, agensi yang masuk dalam Big 3 ini memang sudah pernah meluncurkan program survival show berupa WIN: WHO IS NEXT dan Mix and Match untuk melahirkan boy group Winner dan iKON.

Nah, pada program survival show YG Treasure Box ini memiliki 29 peserta yang berasal dari trainee YG Entertainment dan mereka akan bersaing satu sama lain untuk masuk dalam line-up debut. Para peserta dibagi menjadi 4 tim yakni tim A, tim B, tim C, dan tim J. Pada tim J adalah kelompok yang diperuntukkan untuk anggota Jepang dan Yoshi tergabung di dalamnya. Supaya Grameds memahaminya lebih mudah, pembagian tim ini berdasarkan pada anggota timnya.

Treasure A

Pada tim A alias Treasure A berisikan 7 anggota yang mana para anggota tersebut memiliki masa trainee paling lama, yakni rata-rata 3 tahun. Para peserta dari Treasure A ini tentu saja bukan trainee biasa, sebab di antara mereka memiliki trainee yang telah dikenal oleh publik karena mengikuti berbagai program pencarian bakat seperti K-Pop Star, Mix Nine, dan JYP Stray Kids. Sedikit trivia saja nih, pada survival show JYP Stray Kids, nantinya ketujuh trainee ini akan “bertanding” dengan trainee JYP yang hendak debut menjadi grup Stray Kids.

Nah, ketujuh anggota Treasure A tersebut adalah:

  1. Bang Yedam – runner-up di K-Pop Star 2 (2012-2013)
  2. Kim Junkyu – peringkat 35 di Mix Nine
  3. Choi Hyun Suk – peringkat 5 di Mix Nine
  4. Kim Seunghun- perwakilan YG di JYP Stray Kids
  5. Lee Byeong Gon – peringkat 9 di Mix Nine
  6. Kim Doyoung – perwakilan YG di JYP Stray Kids
  7. Lee Midam – perwakilan YG di JYP Stray Kids

Treasure B

Lalu, pada tim B alias Treasure B berisikan 8 anggota yang mana sebagian besar anggotanya merupakan hasil dari street-cast yang dilakukan oleh para staf agensi. Kebanyakan anggota dari Treasure B memiliki masa trainee yang singkat. Hal yang mereka tonjolkan adalah kerupawanan wajahnya.

  1. Wang Jyunhao
  2. Kang Seonghwa
  3. Ha Yoonbin
  4. Park Jihoon – sebelumnya adalah mantan trainee YG Entertainment, kemudian direkrut kembali oleh staf.
  5. Jang Yunseo
  6. Yoon Jaehyuk
  7. Kim Sungyeon
  8. Kil Dohwan

Treasure C

Kelompok ketiga yakni Treasure C beranggotakan 7 trainee yang memiliki rata-rata usia 13 tahun! Meskipun usia mereka masih muda, tetapi bakat mereka tidak main-main lho…

  1. Park Jeongwoo
  2. Lee Inhong
  3. Jung Junhyuk
  4. So Junghwan – mantan anggota tim karate terkenal K-Tiger
  5. Yun Si Yun
  6. Kim Jongseob
  7. Kim Yeon Gue

Treasure J

Tim terakhir adalah Treasure J yang beranggotakan 7 trainee. Sesuai dengan inisial namanya, maka ketujuh trainee di tim ini adalah trainee asal Jepang yang terbaik. Selama masa trainee, mereka berada di YG Japan. Yoshi tentu saja tergabung dalam Treasure J ini.

  1. Terazano Keita
  2. Watanabe Haruto
  3. Kanemoto Yoshinori
  4. Hamada Asahi
  5. Hidaka Mahiro
  6. Takata Mashiho
  7. Kotaro

Sama halnya dengan program survival show lainnya, pada YG Treasure Box ini pun juga adalah sistem kualifikasi untuk “menyaring” peserta menuju debut TREASURE. Hingga episode 6 yang tayang pada Desember 2018, Yoshi berhasil bertahan dan membentuk unit bersama rekannya di Treasure J yakni Hidaka Mahiro dan membawakan lagu B-Day milik iKon. Sayangnya, Mahiro harus tereliminasi sehingga Yoshi pun dapat melaju ke babak final bersama trainee lainnya.

Setelah rangkaian seleksi yang sulit, akhirnya Yoshi masuk ke line-up debut TREASURE. Meskipun awalnya, dirinya sudah pupus harapan karena tidak lolos di line-up awal. Namun, karena antusiasme penggemar, maka YG Entertainment pun memutuskan untuk membentuk grup lain bernama MAGNUM dengan 6 anggota. Tentu saja, Yoshi masuk dalam line-up debut MAGNUM bersama Yoonbin, Jihoon, Doyoung, Mashiho, dan Asahi. Rencananya, kedua grup ini akan melakukan aktivitas terpisah karena berasal dari grup yang berbeda.

Sayangnya, salah satu member MAGNUM, Han Yoonbin, justru memutuskan untuk keluar dari YG Entertainment dan memilih menjadi soloist. Alhasil, YG Entertainment pun menggabungkan para member TREASURE dan MAGNUM untuk menjadi satu di bawah nama grup TREASURE dengan total 12 anggota.

25 Fakta Yoshi Treasure

Yoshi Treasure
https://channel-korea.com/
  1. Yoshi lahir di Kobe, Prefektur Hyogo dan berasal dari keluarga imigran Korea generasi ke-4 yang ada di Jepang.
  2. Keluarganya sudah pindah dan tinggal di Jepang sebelum Yoshi lahir.
  3. Pada tahun 2022 lalu, baru terungkap bahwa Yoshi memiliki kewarganegaraan Korea Selatan, sehingga kelak dirinya pun juga harus memenuhi panggilan wajib militer.
  4. Keluarganya terdiri atas Ibu dan tiga kakak perempuannya.
  5. Keluarganya memiliki seekor anak anjing bernama Carol.
  6. Yoshi Treasure menggunakan emoticon harimau untuk melambangkan dirinya sendiri.
  7. Memiliki tahi lalat di pipi bagian kiri dan di dekat bibirnya.
  8. Menjadi salah satu anggota tertinggi di TREASURE.
  9. Tipe MBTI-nya adalah INFP-A. Atas hasil tesnya itulah, diketahui bahwa Yoshi Treasure memiliki kepribadian yang tidak banyak khawatir.
  10. Suka dengan ayam goreng berbumbu daripada ayam goreng biasa.
  11. Bergabung dengan YG Entertainment Jepang sejak duduk di bangku SMA kelas 2.
  12. Sering mengikuti kompetisi taekwondo sejak masih kecil. Bahkan pada tahun 2015, dirinya mengikuti perlombaan taekwondo menggunakan nama Koreanya dan berhasil meraih juara tiga.
  13. Setelah menyelesaikan YG Treasure Box, Yoshi mulai belajar untuk mengikuti tes GED SMA di Korea Selatan.
  14. Tepat pada 23 Mei 2020, Yoshi mengikuti Ujian Kualifikasi Sekolah Menengah Atas Korea (Korea High School GED) dan berhasil lolos sehingga memperoleh ijazah sekolah yang setara dengan SMA di Korea Selatan.
  15. Ayahnya meninggal dunia karena mengidap sakit keras ketika dirinya duduk di bangku kelas satu SMP.
  16. Banyak penggemar yang berpikir bahwa Yoshi mirip harimau. Itulah mengapa, ada banyak julukannya seperti Tiger, Softie, Kim Yoshi, King of Destruction, Cutie Yoshi, Dark Horse, Pikachu, dan lainnya.
  17. Hobinya adalah bermain skateboard, menulis lagu, dan mengarang.
  18. Yoshi sempat bersekolah di SMA yang sama dengan rekan grupnya, Mashiho.
  19. Yoshi menjadi salah satu anggota yang aktif berpartisipasi dalam penyusunan lirik untuk lagu-lagu TREASURE.
  20. Ketika masih kecil, Yoshi sempat ingin menjadi guru TK dan pembalap.
  21. Dalam sebuah siarannya melalui VLive, Yoshi berkata bahwa dirinya akan bekerja di bidang desain jika tidak menjadi idol K-Pop seperti saat ini.
  22. Nama Inggrisnya adalah Jaden.
  23. Yoshi pandai dalam beatbox.
  24. Yoshi juga turut andil dalam penyusunan lagu penutup berjudul Beautiful pada anime Black Clover.
  25. Nama Yoshi menjadi semakin populer dan viral di internet karena warna rambutnya yang merah mempesona di era Jikjin.

Sumber:

https://kprofiles.com/

https://en.kepoper.com/

https://channel-korea.com/

https://kstationtv.com/

https://id.wikipedia.org/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.