in

Profil Jinny Secret Number & 7 Fakta Menarik

Jinny Secret Number – Kepopuleran K-Pop tidak ada habisnya. Malah, pada zaman ini semakin banyak boy group dan girl group yang bermunculan. Grup-grup idola asal Korea Selatan tidak pernah berhenti membuat banyak masyarakat terkagum oleh karena karya dan penampilan mereka. Salah satu girl group asal Korea Selatan yang sedang digandrungi oleh masyarakat adalah Secret Number.

Secret Number adalah sebuah grup idol wanita multinasional yang berasal dari Korea Selatan. Secret Number berada di bawah naungan agensi Vine Entertainment. Secret Number melakukan debut perdananya pada tanggal 19 Mei 2020 dengan meluncurkan album single berjudul “Who Dis?”.

Girl group Secret Number pada awalnya terdiri dari 5 member, yakni Léa, Jinny, Dita, Soodam, dan Denise. Susunan anggota ini berubah ketika ada penambahan 2 anggota baru pada bulan Oktober 2021, yakni Zuu dan Minji.

Nama Secret Number sendiri secara harfiah berarti “Nomor Rahasia”, seperti kata sandi atau PIN yang menjadi nomor penting bagi setiap orang. Nomor rahasia sendiri biasanya berupa tanggal lahir, angka favorit, tanggal hari jadi, dan lain sebagainya. Secret Number sendiri memiliki keinginan untuk bermakna seperti itu di mata para penggemar dan publik, yang menjadikan mereka spesial di hati mereka.

Logo Secret Number berbentuk kotak dengan lima bintang di dalamnya, persis seperti ketika kita memasukkan PIN di berbagai platform. Logo ini yang berisi 5 bintang ini menggambarkan jumlah anggotanya.

Pada suatu kesempatan di acara IDOLLIVE School 3 yang tayang secara online pada 7 September 2022, Park Minji menjelaskan lebih lanjut tentang arti logo Secret Number. Minji menyatakan, kelima bintang memiliki makna yang menyimbolkan keberanian dan harapan bahwa Secret Number akan selalu memperoleh bintang lima penuh.

Menarik sekali ya girl group yang satu ini. Nah, pada artikel ini, kita akan berkenalan dengan salah satu anggota Secret Number, yaitu Jinny. Kita akan berkenalan mulai dari profil pribadinya, hingga berbagai fakta menarik tentang sosok yang sangat digemari banyak orang ini. Maka itu, baca artikel ini sampai selesai, ya.

Profil Jinny Secret Number

kpop.fandom.com

Member Secret Number yang akrab dipanggil dengan nama Hamzieee ini memiliki nama lengkap Jinny Park. Disinyalir, nama Jinny Park merupakan nama panggungnya, dan nama asli dari Jinny adalah Park Jin Hee. Di Secret Number, Jinny berperan sebagai rapper, main dancer,  dan sub-vocal. Jinny Park lahir pada 19 Januari 1998, di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Ia memiliki garis keturunan Korea dan Amerika.

Jinny memiliki seorang kakak perempuan bernama Anne, dan memelihara dua ekor kucing yang bernama Mochi dan BD. Jinny Park menempuh pendidikan di Seoul International School. Diketahui, warna favorit rapper yang satu ini adalah merah muda atau pink. Sebagai salah satu member girl group yang identik dengan angka, Jinny diketahui memiliki angka favorit, yakni 3, 7, dan 21.

Musim favorit Jinny sepanjang tahun adalah musim semi. Sebagai sosok yang memiliki darah campuran, Jinny memiliki kemampuan menguasai berbagai bahasa. Jinny fasih berbahasa Inggris dan Korea, dan dia bisa berbicara sedikit bahasa Jepang, Mandarin, Indonesia, dan Spanyol. Makanan favorit member Secret Number yang satu ini adalah pizza, stroberi, dan kue.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perjalanan karir Jinny Park dapat dikatakan sebagai kisah yang menarik, karena ia sempat menemukan kegagalan selama kurang lebih tujuh tahun sebelum akhirnya debut bersama Secret Number. Namun, berkat kerja kerasnya, ia akhirnya bisa menempati posisinya sekarang dan menjadi salah satu idol wanita yang memiliki sangat banyak penggemar.

Setelah kenalan dengan sosok Jinny Park, selanjutnya akan dibahas sejumlah fakta menarik tentang Jinny yang terkait dengan perjalanan karirnya. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Fakta Menarik Perjalanan Karir Jinny Secret Number

Koreaindo.net

1. Jinny Debut Menjadi Anggota Secret Number yang Berada dalam Naungan Vine Entertainment

Pada tahun 2020, akhirnya Jinny Park berhasil mendapatkan hasil dari kerja kerasnya dengan diperkenalkannya dirinya sebagai member pertama Secret Number. Keberhasilannya debut sebagai member Secret Number menjadi bukti bahwa Jinny pantang menyerah meskipun telah mengalami sejumlah kegagalan dalam proses merintis karirnya.

Langkah awalnya dalam dunia entertainment di Korea Selatan itu berhasil mendapatkan sambutan hangat dari banyak pihak. Dengan kemampuannya yang mumpuni, Jinny Park berhasil menempati posisi sebagai lead rapper, main dancer, dan sub-vocal dalam group idol ini.

2. Jinny Berhasil Meraih Banyak Penghargaan di Awal Karirnya 

Walaupun Jinny masih dalam perjalanan meniti karir sebagai idol, Jinny bersama Secret Number sudah berhasil meraih banyak penghargaan, lho. Beberapa penghargaan yang berhasil didapatkan Jinny dan Secret Number, yaitu Outstanding Newcomer di Asian Pop Music Awards 2020, Best New Female Artist di Asia Artist Awards 2020, Best Artist – Indonesia dan Best Artist – United Kingdom di Ten Asia Global Top Ten Awards 2020

Lalu, Best Artist – China dan Best Artist – Japan di Ten Asia Global Top Ten Awards 2021, serta masuk ke dalam daftar Best Rookie oleh Billboard Korea tahun 2021. Menakjubkan sekali ya prestasi Secret Number.

3. Jinny Telah Merilis Tiga Single Lagu di Akun SoundCloud Pribadinya Sebelum Debut

Selain ahli dalam rap dan menari, member Secret Number yang satu ini ternyata memiliki hobi menulis lirik lagu dan composing music. Hobinya yang satu ini juga tak dilakukan secara main-main, Jinny melakukannya dengan sepenuh hati, sehingga akhirnya mampu menciptakan beberapa lagu.

Lagu yang ditulis Jinny itu kemudian dirilis di akun SoundCloud pribadinya. Diketahui, terdapat tiga lagu bergenre pop dan R&B yang memang dapat menggambarkan sosok Jinny Park yang ceria dan energik. Adapun 3 single lagu karya Jinny yang dia unggah di platform SoundCloud miliknya berjudul “BABYLOVEME”, “ONLY1”, dan “??????”. Selain itu, Jinny juga ternyata berpartisipasi dalam menulis lirik di lagu Secret Number yang berjudul “Got That Boom”.

4. Jinny Sempat Menjadi Trainee di YG Entertainment

Seperti yang telah disinggung juga di atas, Jinny Park bukan merupakan warga negara Korea Selatan. Jinny lahir dan tumbuh besar di Los Angeles, Amerika Serikat. Namun, sekitar tahun 2013, Jinny memutuskan untuk pindah ke Korea Selatan untuk menjalani training di YG Entertainment. Jinny mengikuti training di YG Entertainment ini demi mewujudkan mimpinya untuk menjadi seorang idol K-Pop.

Sebelum akhirnya tergabung bersama Secret Number, Jinny sempat menjadi trainee YG Entertainment selama lebih dari 6 tahun lamanya. Jinny diketahui tergabung dalam line up Pink Punk yang merupakan pra-debut dari girl group yang sekarang dikenal sebagai BLACKPINK. Jinny bersama dengan delapan orang lainnya hampir debut bersama Jisoo, Jennie, Lisa, dan Rose.

Namun, sayangnya, Jinny bersama keempat trainee lain pada akhirnya tereliminasi dari daftar trainee yang akan debut. Maka itu, pada akhirnya tersisa empat member yang berhasil debut pada tahun 2016 lalu.

Hal yang menarik tentang Jinny yang sempat menjadi member pra-debut BLACKPINK mulai disoroti ketika film dokumenter BLACKPINK yang berjudul “LIGHT UP THE SKY” ditayangkan di Netflix. Pada film dokumenter tersebut, terdapat bagian di mana Jinny terlihat dalam sebuah foto bersama para member BLACKPINK.

Setelah keluar dari YG Entertainment pada tahun 2018, Jinny memutuskan untuk bergabung dalam acara PRODUCE 48 sebagai individual trainee. Namun, pada episode kelima, Jinny tereliminasi dan mendapatkan peringkat ke-69. Tak menyerah sampai di sana saja, Jinny terus berjuang hingga dia berhasil melakukan debut bersama Secret Number pada tanggal 19 Mei 2020.

Terdapat beberapa fakta menarik yang perlu disoroti dari kisah training Jinny di YG Entertainment. Ternyata, Jinny sempat bertemu dan berlatih bersama Denise Kim yang sekarang menjadi rekan satu team di Secret Number. Jinny juga diketahui merupakan penggemar boy group  dan girl group naungan YG Entertainment, yakni BIGBANG dan 2NE1.

5. Jinny Secret Number Berteman Dekat dengan Dita Karang

Seluruh member Secret Number sebenarnya saling dekat satu sama lain. Namun, hubungan pertemanan Jinny dengan Dita Karang disoroti, karena sangat dekat. Diketahui bahwa Jinny dan Dita Karang memang sudah dekat sejak mereka masih training. Maka itu, persahabatan mereka pun semakin dekat sampai sekarang.

6. Jinny Cukup Mahir Berbahasa Indonesia

Di atas tadi sudah disinggung tentang Jinny yang memiliki kemampuan menguasai beberapa bahasa. Nah, salah satu bahasa yang dikuasai Jinny adalah Bahasa Indonesia. Selain Dita Karang, Jinny menjadi salah satu member Secret Number yang paling mahir berbahasa Indonesia.

Hal ini bisa terjadi, karena Jinny memang terang-terangan meminta Dita untuk mengajarinya Bahasa Indonesia. Maka itu, mereka berdua terlihat bisa dengan mudah mengucapkan berbagai istilah dalam Bahasa Indonesia. Hebat sekali ya para idol ini!

7. Jinny Pernah Mengikuti Program “PRODUCE 48”

Seperti yang telah disebutkan juga di atas, setelah gagal debut bersama BLACKPINK, Jinny sempat bergabung dalam program kompetisi bernama “PRODUCE 48” pada tahun 2018. Jinny yang pada saat itu sudah tidak tergabung di agensi  tampil sebagai individual trainee. Bekal dari latihan keras selama kurang lebih enam tahun berbuah manis dengan membuat penampilan Jinny semakin memukau dan akhirnya berhasil masuk ke babak selanjutnya.

Adapun beberapa fakta selama Jinny tergabung dalam program PRODUCE 48, yaitu Jinny diberikan peringkat C dan menduduki peringkat ke-52 pada episode 1, Jinny mendapatkan peringkat F untuk evaluasi kedua, peringkat Jinny naik menjadi ke-49 di episode 2, Jinny menampilkan “Like OOH-AAH” (versi Jepang) untuk putaran pertama, pada episode 3m Jinny menduduki peringkat ke-61, peringkat Jinny turun lagi menjadi ke-69 dengan 52.495 suara, dan akhirnya tereliminasi.

Nah, itu dia Grameds sejumlah fakta menarik tentang kisah perjalanan karir Jinny Secret Number, yang sempat menemukan kegagalan, tetapi tidak berhenti berjuang sampai akhirnya bisa menjadi sosok yang bersinar seperti sekarang. Dari sosok Jinny, kita dapat meneladani sifatnya yang pantang menyerah dan senantiasa bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya. Luar biasa sekali ya sosok idol yang satu ini!

Grameds, sekian artikel Profil & 7 Fakta Menarik Jinny Secret Number. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat dengan memberikan informasi baru untuk Anda. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi terlengkap dan terbaru bagi Anda.  Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jika Grameds ingin mencari buku yang berkaitan dengan belajar bahasa Korea Selatan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Secret_Number
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Park_Jinny
  • https://www.kapanlagi.com/korea/perjalanan-karier-jinny-secret-number-mantan-trainee-yg-entertainment-hampir-debut-bareng-blackpink-d04485.html
  • https://kprofiles.com/jinny-secret-number-profile-facts/
  • https://www.idntimes.com/korea/kpop/izzuddin-1/profil-dan-biodata-jinny-secret-number-c1c2?page=all

Rekomendasi Buku Terkait

Bahasa Korea Untuk Kpopers 1

 

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop.

Melihat hal tersebut, maka ada banyak buku yang berisi tentang belajar bahasa Korea. Terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea, sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Buku yang berjudul Bahasa Korea Untuk Kpopers #1 ini adalah karya dari Areum. Buku ini digemari oleh para pembaca yang merupakan kpopers. Semakin besar fenomena terhadap para selebriti K-Pop tak terlepas dari keberadaan Kpopers.

Buku ini mengajak kalian untuk mengetahui sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea beserta cara pengucapannya, angka Korea beserta penggunaanya, dan mempelajari tata bahasa Korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop. Selain itu, juga disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa Korea.

Bahasa Korea Untuk Kpopers 2

 

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop.

Melihat hal tersebut, maka ada banyak buku yang berisi tentang belajar bahasa Korea. Terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea, sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Dalam buku Jilid 2 ini, kalian akan diajak untuk mempelajari cara menulis Hangeul, mengetahui bentuk kata tidak beraturan dalam bahasa korea, dan tidak ketinggalan untuk kembali mempelajari tata bahasa korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop, tentunya dengan grammar yang berbeda dari Jilid 1.

Bahkan, dalam buku ini dilengkapi juga contoh percakapan dan kosakata berbahasa korea. Dengan begitu, pembaca akan jadi lebih mudah dalam belajar bahasa Korea.

All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety

 

Segala sesuatu tentang Korea memang telah menarik perhatian banyak orang. Mulai dari musik, fashion, makeup, skincare, drama, sampai makanan Korea yang berhasil membuat seluruh fans di dunia selalu ingin tahu lebih banyak tentang Korea.

Meski harus menjaga bentuk tubuh dan penampilan agar tetap ideal, banyak bintang atau idola K-Pop ternama yang membeberkan makanan-makanan kesukaan mereka, jika mereka sedang tidak diet atau boleh makan sepuasnya.

Makanan-makanan ini tentunya cukup populer di Korea Selatan, dan memang digemari banyak orang. Seperti sundubu jjigae atau sup tahu yang enak, sampai ayam goreng Korea yang kelezatannya sudah mendunia.

Ketahui berbagai macam masakan Korea yang baik untuk kesehatan, melalui buku All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety. Buku ini bisa kamu dapatkan di gramedia.com.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy