in

Mengenal Karina Aespa, Profil, Fakta, Hingga Perjalanan Kariernya

Otakuliah

Karina Aespa – Grameds, bagi kamu pecinta KPop pasti kamu sudah mengenal girl band yang satu ini, Aespa adalah girl grup asal Korea Selatan yang di bawah naungan SM Entertainment. Grup ini terdiri dari empat anggota yaitu Karina, Giselle, Winter dan Ningning. Aespa melakukan debutnya pada 17 November tahun 2020 kemarin dengan singlenya yang berjudul “Black Mamba”.

Pada 26 Oktober 2020, sebuah video intro dirilis pada media sosial aespa yang mengumumkan nama dan juga logonya. Pada 27 Oktober esok harinya, SM Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mendebutkan sebuah grup vokal perempuan baru pada bulan November.

Anggota pertama yang diumumkan adalah Winter dan pada 28 Oktober anggota, kedua yaitu Karina diumumkan debut. Pada hari yang sama juga sebuah video menunjukkan sebuah konferensi pers yang menampilkan Lee Soo-man yang mengumumkan bahwa grup vokal ini memiliki empat anggota yang juga meliputi Giselle dan Ningning.

Kemudian, pada tanggal 29 Oktober, Ningning resmi diumumkan sebagai anggota ketiga dari grup vokal ini dan pada tanggal 30 Oktober anggota keempat yaitu adalah Giselle yang diumumkan.

Arti Nama Aespa

Setelah mengonfirmasi Aespa sebagai girl grup baru, SM Entertainment mengungkapkan arti nama dari Aespa ini. Aespa ini berasal dari kata “avatar”, “pengalaman”, dan “aspek” yang berarti “dapat mengalami dunia baru melalui avatar lain dari diri anda sendiri”. Kata “aspek” juga memiliki arti bahwa grup ini mempunyai banyak sisi yang berbeda.

Girl grup ini juga mendapat beberapa dukungan seperti pada tahun 2021 Aespa menjadi duta merk Givenchy, artis KPop pertama yang dipilih oleh rumah mode Prancis. Kemudian, Aespa juga pernah menandatangani kesepakatan dukungan dengan merek kosmetik Korea yaitu Clio, merek perawatan kulit bernama Korea Mediheal, merek pakaian olahraga Prancis Eide, dan perusahaan bank KB Kookmin Bank dan bekerja sama dengan aplikasi game bersama Eternal Return.

Adapun yang menyita perhatian warganet adalah salah satu membernya yang bernama Karina. Karina memiliki paras yang cantik. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Karina Aespa.

Biodata Karina Aespa

Karina Aespa
pinterest.com
  • Nama Asli : Yu Ji Min
  • Nama Panggilan : Rina, Kagingi, Karomi, Palcheok, Baby
  • Tempat Lahir Bunda-gu, Seongnam-si, Gyeonggi-do, Korea Selatan
  • Tanggal Lahir : 11 April 2000, saat ini berumur 22 tahun
  • Tinggi : 167,8 cm
  • Berat Badan : 45 kg
  • Golongan Darah : B
  • Tanda Zodiac : Aries
  • Posisi di Aespa : Leader, Penari Utama, Vokalis, Rapper Utama, Wajah Grup

Perjalanan Karier Karina Aespa

Karina Aespa ternyata memiliki perjalanan karier yang panjang hingga akhirnya bisa debut di Aespa pada tahun 2020 kemarin. Simak perjalanan karier Karina aespa mulai dari pre debut hingga akhirnya debut.

1. Pre Debut

Karina merupakan idol yang cukup aktif di media sosial dan merupakan mantan ulzzang. “Ulzzang” sendiri adalah istilah yang populer di Korea Selatan yang memiliki arti “wajah terbaik” atau tampan dan cantik. “Ulzzang” bisa juga disebut sebagai selebgram versi Korea yang sangat populer. Karina mengawali kariernya sebagai ulzzang hingga akhirnya di DM melalui instagram oleh SM Entertainment untuk audisi pada tahun 2016.

Bukan karena wajah cantiknya, Karina menjadi trainee SM Entertainment, namun Karina juga merupakan penari yang berbakat bahkan ketika dia bersekolah di SMA di kota kelahirannya yaitu SMA Hansol. Dia pernah melakukan cover dari lagu BLACKPINK yang berjudul “Boombayah” dan juga lihai menirukan bagian rap dari Jennie Blackpink dan Hyuna “Bubble Pop” bersama temannya pada tahun 2016.

Pada tahun 2019, Karina juga sempat muncul di video musik “want” milik Taemin dan juga bertindak sebagai penari untuk panggung promosi lagu itu. Pada tahun 2020, tepatnya bulan November ia juga sempat tampil bersama Kai EXO untuk showcase virtual yang diadakan oleh Hyundai Motors dan tampil bersama di “Beyond DRIVE -The all new TUCSON” yang merupakan karya virtual kolaborasi antara Hyundai Motor Company dan SM Entertainment.

2. Debut Bersama Aespa

Pada tanggal 27 Oktober 2020, SM Entertainment mengungkapkan Karina sebagai anggota kedua dari grup Aespa. Sebelum akhirnya resmi dirilis pada tanggal 17 November, SM Entertainment membagikan intro dari single “Black Mamba” yang menunjukkan wajah cantik dari Karina Aespa.

3. Debut Bersama GOT

Pada Mnet Asian Music Award tahun 2021, Karina membuka acara penghargaan bersama idola generasi ke 4 dengan pertunjukkan tari khusus yang berkolaborasi.

Pada tanggal 27 Desember, Karina memulai debutnya dengan unit pertamanya yaitu GOT The Beat dari grup proyek wanita Girls On Top.

Karina memulai debutnya bersama Winter, BoA, taeyeon dan Hyoyeon dari Girls Generation dan Wendy dan Seulgi dari Red Velvet. Mereka menampilkan single digital debut mereka “Step Back” di konser online SMTOWN Live 2020 : SMCU Express @Kwangya pada 1 Januari 2022 sebelum dirilis secara resmi pada 3 Januari 2022.

Fakta Karina Aespa

Karina Aespa
pinterest.com

Setelah mengenal Karina Aespa, mulai dari profil dan perjalanan kariernya, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas tentang fakta-fakta dari Karina Aespa. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fakta Karina Aespa.

1. Menjadi Trainee di SM Entertainment selama 4 tahun

Karina menjadi trainee di SM Entertainment pada usia yang cukup muda yaitu pada saat ia masih berumur 16 tahun dan masuk ke SM Academy.

Dia masih tetap bermimpi untuk menjalani kariernya di jalur musik. Karina juga memenangkan perhargaan saat studinya di SM Academy dan membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan programnya.

Hingga akhirnya ia pun berhasil menjadi leader dari Aespa dan tidak sedikit fansnya yang akhirnya berspekulasi bahwa ia menjadi leader karena merupakan member terlama di SM Academy.

2. First Snake Faced Idol

Karina Aespa dikenal dengan kecantikan yang dia miliki sehingga tidak sedikit orang yang menganggap dan menghubungkan kecantikannya dengan snake face surgery karena ia memiliki wajah yang mirip dengan bentuk ular. Ini lah yang membuat dia disebut sebagai first snake faced kpop idol

3. Pecinta Lipstik

Untuk Karina, Lipstik adalah hal yang ia sukai. Bahkan ia memiliki koleksi lipstik sendiri yang cukup banyak terutama warna merah mudah dan juga merah. Para fansnya yang mengetahui hal ini juga sering memberikan hadiah kepada Karina berupa lipstik

4. Tidak memiliki Media Sosial

Sama seperti member Aespa yang lainnya, Karina juga tidak memiliki akun media sosial seperti facebook atau twitter. Namun, akun fansnya memiliki hingga 59 ribu pengikut di Instagram

5. Alami Gosip Pacaran

Salah satu situs media sosial Korea ‘Pann’ mencatat bahwa Jungwoo NCT dan Karin Aespa memiliki ‘hubungan’. Pengguna media sosial juga akhirnya mencatat beberapa kesamaan luar biasa yang mencolok di postingan mereka, daftar putar yang direkomendasikan dan masih banyak lagi.

Pada tanggal 29 Oktober, kecurigaan bahwa Jungwoo NCT dan Karina Aespa sedang berkencan, mulai beredar di papan komunitas online di Korea Selatan.

Namun rumor itu tidak di konfirmasi sama sekali hingga warganet sudah menganggap bahwa itu adalah rumor yang tidak benar dan Karina sedang tidak berpacaran dengan siapapun.

6. Rumor Minum Alkohol dan intimidasi

Sebelum Karina debut di aespa, ia sempat terseret rumor minum minuman beralkohol saat masih di bawah umur. Ada pula pesan yang memperlihatkan Karina menjelek-jelekkan seniornya di SM Entertainment yaitu EXO dan NCT. Karina bahkan melakukan intimidasi sesama trainee di agensi.

Namun, rumor itu dibantah oleh agensinya dan siap mengambil jalur hukum bagi yang menyebarkan rumor itu.

7. Rambut Panjang Menjadi Ciri Khas

Karina sendiri menyebutkan bahwa dia memiliki rambut yang sehalus sutra dan memberikan tips agar bisa mendapatkan rambut sehalus sutra dengan mengeringkannya sesegera mungkin setelah dicuci. Selain itu juga, ia menggunakan essence dan bungkus rambut secara teratur.

Sebagai anggota yang menjadi visual grup, Karina memiliki keterampilan menari yang menarik dan menjadi banyak perhatian orang. Bahkan, sebelum debutnya, dia sudah aktif di klub dansa sekolah dan sudah tampil di banyak acara sekolahnya.

8. Putus Sekolah Saat SMA

Tidak banyak yang tahu bahwa Karina Aespa sempat putus sekolah dari SMA-nya yaitu Hansol High School dan akhirnya berhasil lulus dengan mengikuti tes kelulusan SMA secara terpisah.

9. Nama Karina adalah Nama Baptisnya

Nama lengkapnya adalah Yu Ji Min dan mendapat nama panggung Karina dari nama baptisnya yaitu katarina karena ia beragama katolik.

10. Bisa Memainkan Beberapa Alat Musik

Karina bisa memainkan piano dan gitar dengan baik, ia juga ingin menantang dirinya sendiri untuk menulis dan memproduksi lagu sendiri.

11. Menganggap Ningning Lebih Tua Darinya

Pada saat masih trainee, Karina menganggap Ningning lebih tua darinya, sehingga ia berbicara formal kepada Maknae Aespa itu selama 3 minggu.

12. Karina memiliki suara yang serak, rendah, dan unik

Dengan karakter suara yang dimiliki oleh Karina maka tidak sedikit penggemarnya yang mengingatkannya kepada suara senior satu agensinya, BoA

13. Diet Ala Karina

Untuk menjaga badannya agar tetap ideal, ada cara diet yang dilakukan oleh Karina seperti sarapan dengan memakan roti panggang, alpukat dan telur. Makan siang memakan nasi, sayuran dan dada ayam atau bisa diganti dengan salmon yang dalam porsi kecil.

Untuk makan malam, Karina mengonsumsi salad, dada ayam, dan sup. Buah-buahan juga ditambahkan sebagai cemilan ringan di sela makan siang dan makan malam.

Deretan Karya-Karya Karina

Debutnya bersama Aespa, akhirnya membuat Karina menghasilkan karya yang sukses dan menuai banyak pujian sekaligus menghipnotis para penggemarnya. Aespa juga telah mengeluarkan mini album pertama mereka yang berjudul Savage yang resmi rilis pada 5 Oktober 2021.

Mini Album:

Savage (2021)

Single:

  • Cover lagu SES Dreams Come True (Akan dirilis pada Desember 2021)
  • Savage (2021)
  • Next Level (2021)
  • Forever (??) (2020)
  • Black Mamba (2020)

Tracklist B-Side:

  • ænergy
  • YEPPI YEPPI
  • Savage
  • ICONIC
  • I’ll Make You Cry
  • Lucid Dream
  • Next Level (Habstrakt Remix)
  • Next Level (IMLAY Remix)
  • Next Level (Lionclad Remix)
  • Next Level

Deretan Penghargaan Karina Aespa

Karina Aespa
pinterest.com

Tentu dengan kemampuan dan juga karya yang sudah dihasilkan membuat Karina aespa juga layak mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi baik saat bersama aespa atau ketika kegiatan diluar tanpa bersama aespa. Berikut adalah daftar penghargaan yang diterima Karina yang perlu kamu tahu:

Prestasi Solo Karina

Adapun beberapa prestasi solo Karina, antara lain:

  • Karina sempat tampil menjadi pembawa acara di program TV Amerika-Korea yang bernama History dalam “TRAVEL DIARY : SOUL, SEOUL” (2021)
  • Tahun 2021 di panggung HOPE dari SMTOWN LIVE “Culture Humanity” Karina menunjukkan rap yang stabil dengan Shindong Super Junior
  • Pada tahun 2020 Karina juga sempat tampil bersama KAI EXO di Beyond DRIVE “The all-new TUCSON”, yang merupakan sebuah showcase virtual kolaborasi antara Hyundai Motor Company dan SM Entertainment.
  • Pada tahun 2019 Karina sempat muncul di video musik “Want” miliki Taemin SHINee

Prestasi Karina bersama Aespa

Karina Aespa
pinterest.com

Berikut ini beberapa prestasi Karina bersama Aespa, antara lain:

  • Karina bersama aespa pernah tampil di Parade Hari Thanksgiving Macy tahun 2021, saat itu Aespa merupakan grup KPop wanita pertama yang tampil di acara itu.
  • Girl Group KPop pertama di 2021 yang berhasil mendapatkan sertifikat perfect all-kill di Korea Selatan berkat lagu Savage
  • Savage berhasil debut di urutan ke 20 dalam chart up top 200 Billboard untuk pertama kalinya
  • Aespa menandatangani kontrak dengan Creative Artist Agency untuk kegiatan masa depan mereka di Amerika Serikat.
  • Aespa menjadi artis KPop pertama yang dipilih sebagai bintang ambassador oleh rumah mode Prancis Givenchy
  • Next level masuk dalam daftar Chart Billboard World Digital Song Sales di urutan ke 3
  • Meraih tropi kemenangan tercepat di SBS Inkigayo lewat single debut Black Mamba setelah 2 bulan debut.

Awards

Karina Aespa
pinterest.com

Berikut ini beberapa award yang pernah diperoleh Karina Aespa.

  • Asian pop Music Awards 2020 kategori best new artist (overseas).
  • Brand of the year Awards 2021 kategori Female Rookie Idol Award.
  • Dong-A.com’s Pick 2021 kategori How Far is the Next Level Award.
  • Gaon Chart Music Awards 2020 kategori New Artist of the Year – Digital berkat lagu Black Mamba.
  • MTV Europe Music Awards 2021kategori Best Korean Act.
  • Seoul Music Awards 2021 kategori Rookie of the Year.
  • Tokopedia WIB Indonesia K-Pop Awards 2021 kategori The Most Next Level Award
  • Billboard Korea 2021 kategori Best Rookie dan Best New Artist.
  • JoyNews24 kategori Best Rookie of 2021 dan Most Anticipated Artist of Late 2021 and 2022.

Semua penghargaan yang diperoleh Karina Aespa, baik itu penghargaan individu atau penghargaan bersama kelompoknya merupakan hasil kerja kerasnya selama ini. Oleh sebab itu, dari perjalanan karier Karina Aespa, maka menyadarkan kita bahwa kerja keras tidak pernah mengkhianati hasil.

Nah, grameds itu dia adalah penjelasan mengenai profil lengkap, fakta unik dan perjalanan karier Karina Aespa. Apakah Grameds juga salah satu penggemar Karina Aespa? Apakah Grameds sudah mendengarkan lagu-lagu hits dari AESPA?

Semoga setelah membaca artikel ini sampai selesai bisa menambah wawasan Grameds. Lalu, apakah kamu ingin jadi fansi Karina Aespa?

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang korea atau Kpop atau buku lainnya, maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Christin Devina

BACA JUGA:

  1. Mengenal 4 Member AESPA dan Perjalanan Karier Mereka!
  2. Yuk Kenali Lebih Dekat 9 Profil Lengkap Anggota TWICE
  3. Yuk, Berkenalan dengan 4 Member Blackpink dan Perjalanan Karier Mereka
  4. Berkenalan Dengan 5 Member ITZY dan Perjalanan Karirnya
  5. Yuk, Mengenal Member STAYC dan Perjalanan Karirnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda