in

Park Jeong Woo TREASURE: Profil, Perjalanan Karir, dan Fakta Menarik

Park Jeong Woo – Siapa yang tidak mengenal boy group asal Korea Selatan yang satu ini? Treasure merupakan grup idol pria asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Grup vokal yang satu ini terbentuk melalui sebuah program survival yang bernama “YG Treasure Box”.

Terdapat sepuluh orang yang berhasil bertahan menjadi anggota boy group Treasure, yaitu Hamada Asahi, Yoshi, Jihoon, Junkyu, Park Jeong Woo, So Jung-hwan, Choi Hyun Suk, Yoon Jaehyuk, Ha Yoobin, dan Kim Doyoung.

Boy group Treasure pada awalnya memiliki 12 anggota, hingga pada 8 November 2022, Bang Ye-dam dan Mashiho memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka sebagai member boy group ini. Sebelum debut, grup idol yang satu ini telah menjadi salah satu artis Korea Selatan yang masuk ke Billboard’s Social 50.

Setelah debut, Treasure juga sudah mendapatkan banyak penghargaan sebagai artis pendatang baru, seperti Best New Male Artist pada Mnet Asian Music Awards 2020 dan Rookie Artist of The Year di Golden Disc Award ke-35. Baru saja 5 bulan lamanya mereka debut, Treasure secara kolektif berhasil mendapatkan satu juta penjualan dari seri album The First Step, juga mendapatkan gelar “Million Seller”.

Menarik sekali ya boy group yang satu ini. Pantas saja mereka bisa menjadi salah satu grup idol K-Pop yang digemari masyarakat di seluruh dunia. Nah, pada artikel kali ini, kita akan berkenalan dengan salah satu member Treasure yang mampu mencuri hati para cewek-cewek yang melihatnya. Yuk kenalan dengan Park Jeong Woo! Selamat membaca.

Profil Park Jeong Woo

Mydramalist.com

Park Jeong Woo adalah pria asal Iksan, Provinsi Jeolla Utara, Korea Selatan, yang lahir bertepatan pada Hari Raya Chuseok, yakni pada 28 September 2004, dengan nama asli Park Jung Woo.

Park Jeong Woo tinggal di Iksan bersama orang tua serta kakak laki-lakinya, kemudian pindah ke Seoul ketika ia masuk sekolah menengah pertama. Park Jeong Woo pindah sekolah dari SMP Iri Yeondeung si Iksan ke SMP Sunsang di Seoul.

Park Jeong Woo diketahui sebagai siswa yang aktif dan cukup berprestasi, bahkan ia juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke Australia. Di usianya yang masih sangat muda, Park Jeong Woo memutuskan untuk mendaftar audisi YG Entertainment ketika ia baru dua hari ikut kelas vokal di IB Academy. Dengan potensi yang dimilikinya, Park Jeong Woo berhasil diterima sebagai trainee di salah satu agensi palin populer di Korea Selatan itu.

Sosok Park Jeong Woo mulai dikenal masyarakat ketika ia masih menjadi trainee YG Entertainment yang ada dalam program survival YG Treasure Box pada tahun 2018. Sampai pada akhirnya, pria berzodiak Libra ini menjadi  member boy group Treasure yang berada di bawah naungan YG Entertainment. Dalam grup idol pria tersebut, Park Jeong Woo menempati posisi sebagai main vocal.

Itu dia Grameds sekilas penjelasan tentang profil Park Jeong Woo. Sosok idol yang masih berusia 18 tahun ini luar biasa ya. Berikutnya, kita akan mengenal lebih dalam Park Jeong Woo dengan mengetahui perjalanan karirnya. Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perjalanan Karir Park Jeong Woo

Pada 2018 hingga 2019, Park Jeong Woo mulai bergabung dalam program Treasure Box, Ketikan YG Entertainment mengumumkan adanya program survival Treasure Box, Park Jeong Woo tergabung ke dalam di Tim C, karena usianya yang masih sangat muda dan ia baru menempuh pelatihan yang sangat singkat, yakni baru dua hari. Namun, ketika pertama kali diperkenalkan, Yang Hyunsuk, CEO YG Entertainment dengan segera memposisikan Park Jeong Woo sebagai lawan utama Bang Yedam yang berasal dari Tim A.

Hal ini dikarenakan Yang Hyunsuk merasa kagum saat mendengar suara Park Jeong Woo yang jernih ketika menyanyikan lagu “When We Were Young” dari Adele. Penampilannya ini membuat Park Jeong Woo mendapatkan julukan sebagai “Vocal Genius”.

Dalam seleksi tahap awal, Park Jeong Woo berhasil masuk ke dalam daftar line up bersama dengan 6 peserta lainnya. Namun, sayangnya dalam seleksi kedua yang bertema pertarungan individu dengan peserta non-line up, Park Jeong Woo kalah dengan Kim Yeon Gue setelah bersama-sama menyanyikan lagu “Stay” dari Blackpink.

Dalam seleksi berikutnya yang bertemakan unit, Park Jeong Woo membentuk unit bersama Haruto dan membawakan lagu “Oh Yeah” dari GD & TOP (feat. Park Bom). Dalam seleksi ketiga itu, Park Jeong Woo dan Haruto melawan unit Mashiho dan Junkyu yang juga berada di line up debut dan berhasil mengalahkan mereka.

Pada putaran keempat, Park Jeong Woo, Bang Yedam, Haruto, Keita, dan Kim Seunghun yang berada dalam line up debut membawakan lagu “DNA” milik BTS dan berhadapan dengan 3 tim lainnya yang juga beranggotakan lima orang.

Sayangnya, grup mereka menempati peringkat kedua yang mengakibatkan Kim Seunghun dan Keita tereliminasi. Di putaran final, Park Jeong Woo memilih untuk bergabung dengan tim vokal bersama Kim Junkyu dan Bang Yedam.

Mereka membawakan lagu “Last Dance” dari BIG BANG. Park Jeong Woo pada awalnya tak disebutkan sebagai anggota yang akan debut pada malam final, karena di final hanya ada 4 anggota dari 7 anggota yang diumumkan secara langsung dipilih untuk membentuk TREASURE 7.

Sisa anggota yang belum diumumkan namanya akan diumumkan secara bertahap melalui aplikasi VLive. Dua hari setelah malam final, Park Jeong Woo diumumkan sebagai anggota ke-5 yang terpilih untuk debut bersama TREASURE. Setelah semua anggota TREASURE 7 diperkenalkan pada Januari 2019, YG Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan grup lain dari hasil seleksi YG Treasure Box yang bernama MAGNUM 6.

Adapun MAGNUM 6 ini beranggotakan 6 orang, yang 3 anggota di antaranya berasal dari Jepang. Kedua grup ini pun kemudian aktif bersama, membentuk TREASURE 13.

Pada Januari 2020, seorang anggota yang bernama Ha Yoon Bin memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan agensi. Maka itu, grup idol ini kembali diperkenalkan sebagai TREASURE yang memiliki 12 anggota. Secara bertahap melalui berbagai konten, grup idol TREASURE mulai diperkenalkan. Mulai dari acara ragam karya mereka sendiri yang berjudul TREASURE MAP, konten interaksi dengan penggemar yang bernama T.M.I (Treasure Maker Interaction), dan sejumlah video cover musik, seperti cover lagu “Superstar” dari Ruben Studdard dan “Stack it up” dari Liam Payne (ft. A Boogie wit da Hoodie) yang dibawakan oleh Park Jeong Woo bersama Haruto.

Pada 7 Agustus 2020, Park Jeong Woo pun resmi debut bersama TREASURE dengan single perdana berjudul “Boy” dari album The First Step: Chapter One. Belum lama grup idol ini debut, TREASURE sudah berhasil mendapatkan penghargaan “Rookie of The Year” dari Golden Disk Awards dan Asia Artist Awards. Selain musik, Park Jeong Woo bersama member TREASURE lainnya aktif muncul di acara ragam mereka sendiri, yakni Treasure Map dan Treasure Studio bersama LINE FRIEND.

Park Jeong Woo bersama member lainnya juga melakukan debut akting melalui web drama yang berjudul ”It’s Okay, That’s Friendship” yang disiarkan melalui channel YouTube TREASURE (???). Kemampuan akting Park Jeong Woo juga semakin terbukti setelah memerankan karakter anak basket yang penakut di web drama berjudul “The Mysterious Class” yang diproduksi YG Entertainment dan Bamboo Network.

Wah, menarik sekali ya perjalanan karir member TREASURE yang satu ini. Tidak sampai di situ saja, di bawah ini akan dijelaskan 6 fakta menarik dari sosok Park Jeong Woo.

Fakta Menarik dari Sosok Park Jeong Woo TREASURE

1. Park Jeong Woo adalah sosok pekerja keras

Fakta yang satu ini tentunya sudah jelas terlihat. Bagaimana tidak, di usianya yang baru menginjak 18 tahun, Park Jeong Woo telah berusaha untuk berlatih hingga sekarang sudah menjadi seorang idol selama 3 tahun lamanya. Bahkan, diketahui bahwa Park Jeong Woo tak pernah bolos berlatih sama sekali. Jadi, tidak heran jika sosok yang satu ini terpilih menjadi member TREASURE di usia yang sangat muda.

2. Dikenal karena memiliki suara yang indah dan kuat

Seperti yang telah diceritakan di atas, Yang Hyunsuk selaku CEO YG Entertainment bisa melihat potensi Park Jeong Woo yang memiliki suara yang indah dan kuat. Sosok yang diberi julukan “Vocal Genius” ini bahkan dapat mencapai nada-nada tinggi, lho. Hal ini juga yang menjadikan Park Jeong Woo ditempatkan sebagai main vocalist di TREASURE.

3. Memiliki selera berpakaian yang bagus 

Selain dikenal karena memiliki suara yang indah, Park Jeong Woo juga dikenal, karena penampilannya yang dapat mencuri perhatian. Selain dari penampilan fisiknya yang tampan, Park Jeong Woo juga menjadi salah satu member TREASURE yang dinilai memiliki gaya fashion terbaik.

Hal ini diakui oleh para member TREASURE lain dalam sebuah acara. Selain memiliki selera berpakaian yang keren dan stylist, ternyata para member TREASURE yang lain juga mengatakan bahwa Park Jeong Woo adalah anggota TREASURE yang paling tampan.

4. Park Jeong Woo merupakan pribadi yang lucu

Park Jeong Woo dikenal memiliki kepribadian yang lucu dan menyenangkan. Maka itu, Park Jeong Woo dikenal sebagai sosok moodbooster di grupnya. Tingkah Park Jeong Woo yang lucu dan unik selalu berhasil membuat member TREASURE lain tertawa. Tingkahnya yang begini membuat sosoknya mudah disukai, tidak hanya oleh para member TREASURE, tetapi juga oleh para penggemar.

5. Dijuluki sebagai raja meme

Fakta yang satu ini terkait dengan fakta sebelumnya, yakni Park Jeong Woo memiliki tingkah yang lucu. Park Jeong Woo kerap kali mengeluarkan ekspresi yang lucu, unik, dan menghibur, yang dinilai meme-able. Maka itu, dirinya dijuluki sebagai raja meme.

Nah, itu dia Grameds 5 fakta unik sosok Park Jeong Woo, salah satu member paling muda di grup idol TREASURE. Sekarang Grameds sudah lebih mengenal sosok Park Jeong Woo, kan? Luar biasa sekali ya sosok idol yang satu ini!

Sekian artikel “Park Jeong Woo TREASURE: Profil, Perjalanan Karir, dan Fakta Menarik. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada kalian.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan informasi terbaik dan terlengkap untuk Anda. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Treasure_(grup)
  • https://kprofiles.com/jeongwoo-treasure-profile-facts/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Park_Jeong-woo
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/5082568/4-fakta-tentang-park-jeongwoo-member-treasure-yang-berulang-tahun-hari-ini
  • https://www.kapanlagi.com/korea/park-jeong-woo-treasure-si-meme-king-yang-memiliki-visual-tampan-tingkah-absurd-dan-menyenangkan-4ced23.html

Rekomendasi Buku Terkait:

Kpop Party!

 

Belakangan ini, Hallyu atau Korean Wave bener-bener sedang naik daun secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya, Hallyu memicu banyak orang di negara yang terkena imbasnya tersebut untuk ramai-ramai mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea. Kegemaran akan budaya pop Korea dimulai di negara Tiongkok dan tentu saja Asia Tenggara mulai akhir 1990-an.

Istilah Hanliu/Hallyu diadopsi oleh media Tiongkok setelah masuknya album musik pop Korea di Tiongkok. Sejurus dengan hal tersebut, serial drama TV Korea mulai diputar di Tiongkok dan menyebar ke negara-negara lain seperti Hongkong, Vietnam, Thailand, Indonesia, Filipina, Jepang, Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Timur Tengah.

Pemerintah Korea sendiri sangat mendukung dan memiliki peran dalam mewabahnya Hallyu. Dukungan tersebut. diwujudkan dengan menghindarkan diri dari gempuran industri entertainment barat. Hal ini, menjadikan orang Korea sendirilah yang harus menciptakan produk-produk media massanya sendiri.

Selain itu, dukungan dari pemerintah juga diwujudkan melalui berbagai event seni seperti festival-festival film dan musik bertaraf internasional. Drama Korea merupakan penyebab dari mulainya Hallyu di berbagai negara. Warga Korea Selatan suka menonton drama dan film serta mendengarkan musik.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang entertainment khususnya K-pop, maka bisa membaca buku Kpop Party! Buku ini tidak akan membahas semua grup K-Pop yang pernah ada, namun hanya mengambil sampel supaya Anda yang awam dengan K-Pop bisa mengerti sedikit banyak.

All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety

 

Segala sesuatu tentang Korea memang telah menarik perhatian banyak orang. Mulai dari musik, fashion, makeup, skincare, drama, sampai makanan Korea yang berhasil membuat seluruh fans di dunia selalu ingin tahu lebih banyak tentang Korea.

Meski harus menjaga bentuk tubuh dan penampilan agar tetap ideal, banyak bintang atau idola K-Pop ternama yang membeberkan makanan-makanan kesukaan mereka, jika mereka sedang tidak diet atau boleh makan sepuasnya.

Makanan-makanan ini tentunya cukup populer di Korea Selatan, dan memang digemari banyak orang. Seperti sundubu jjigae atau sup tahu yang enak, sampai ayam goreng Korea yang kelezatannya sudah mendunia.

Ketahui berbagai macam masakan Korea yang baik untuk kesehatan, melalui buku All about K-Food in K-Pop, K-Drama, & K-Variety. Buku ini bisa kamu dapatkan di gramedia.com.

Bahasa Korea Untuk Kpopers 1

 

Budaya Korea atau hallyu saat ini semakin saat ini semakin meluas, terutama dalam dunia Kpop. Berbagai grup, seperti BTS, EXO, Super Junior, Blackpink, dan sebagainya digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Lagu-lagu Kpop pun sudah sering didengarkan dan dinyanyikan, terutama oleh para KPopers, sebutan bagi penggemar KPop.

Melihat hal tersebut, maka ada banyak buku yang berisi tentang belajar bahasa Korea. Terutama KPopers untuk mempelajari tata bahasa Korea, sehingga dapat memahami makna lagu-lagu yang dinyanyikan para artis KPop.

Buku yang berjudul Bahasa Korea Untuk Kpopers #1 ini adalah karya dari Areum. Buku ini digemari oleh para pembaca yang merupakan kpopers. Semakin besar fenomena terhadap para selebriti K-Pop tak terlepas dari keberadaan Kpopers.

Buku ini mengajak kalian untuk mengetahui sejarah Hangeul, huruf-huruf Korea beserta cara pengucapannya, angka Korea beserta penggunaanya, dan mempelajari tata bahasa Korea beserta contoh penerapannya dalam lirik lagu KPop. Selain itu, juga disajikan contoh percakapan dan kosakata berbahasa Korea.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy

Perkenalkan saya Nandy dan saya memiliki ketertarikan dalam dunia menulis. Saya juga suka membaca buku, sehingga beberapa buku yang pernah saya baca akan direview.

Kontak media sosial Linkedin saya Nandy