in

Kumpulan Pantun Buat Pacar, Dijamin Bikin Klepek-Klepek!

Unsplash,com

Pantun Buat Pacar – Siapa sih yang nggak suka melakukan kegiatan yang seru bersama pacarnya? Entah itu bermain video game, pergi traveling ke luar kota, berkemah di alam, atau kegiatan-kegiatan lain yang Grameds anggap seru. Tetapi, seiring berjalannya waktu, bisa saja kegiatan yang kalian awalnya anggap seru, bisa saja menjadi membosankan.

Kali ini, Grameds akan menemukan kegiatan seru lain yang bisa dilakukan bersama pacar kalian, yaitu beradu pantun! Artikel ini akan memberikan beberapa pantun buat pacar kalian yang bisa saja membuat mereka menjadi klepek-klepek atau terenyuh hatinya.

Berbicara mengenai pantun, Grameds seharusnya sudah mendapatkan informasi soal ini sejak kalian berada di bangku sekolah dasar (SD). Bahkan hingga mencapai bangku sekolah menengah, baik itu SMP atau SMA, kalian bisa saja masih mempelajari topik ini, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tetapi, buat kalian yang sudah lupa terkait apa itu pantun, tenang saja, kalian akan kembali mempelajari sedikit mengenai salah satu bentuk kesenian ini. Jadi, sebenarnya apa sih pantun? Yuk simak penjelasan ringkas di bawah ini.

Pantun pada dasarnya merupakan sejenis bait syair atau puisi yang dipopulerkan oleh masyarakat di masa lampau dari berbagai macam daerah di Indonesia. Yang membuat pantun menarik adalah beberapa peraturan yang dimilikinya, yaitu jumlah pembatasan suku katanya serta memiliki pola sajak akhir a-b-a-b atau sejenis.

Jumlah suku kata yang diizinkan di dalam pantun berkisar di antara 8 sampai dengan 12 kata, tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang. Sementara maksud dari pola sajak a-b-a-b yaitu setiap akhiran kata dari masing-masing bait harus memiliki kesamaan dalam suku katanya.

Pantun Buat Pacar

Pantun buat Pacar
Istockphoto

Mungkin beberapa dari Grameds ada yang bertanya-tanya, lantas apa yang membuat pantun ini menjadi seru jika dilakukan bersama pacar? Bukankah masih ada berbagai macam kegiatan lain yang bisa dilakukan bersama pacar dan keseruannya bisa menyamai atau melebihi dari “berbalas pantun”.

Pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya salah memang. Bisa saja ada kegiatan lain yang Grameds bisa temukan bersama dengan pacar kalian daripada berbalas pantun. Tetapi, bisa saja lho kalian merasa ketagihan berbalas pantun dengan pacar kalian jika sudah mencobanya.

Grameds perlu tahu bahwa beberapa fungsi pantun di antaranya adalah sebagai bentuk komunikasi dengan orang lain sembari kalian bisa meningkatkan kemampuan berpikir. Jadi, kegiatan ini selain bisa untuk seru-seruan bersama pacar kalian, kalian berdua juga bisa meningkatkan kerja otak kalian lho!

Pantun juga merupakan salah satu warisan kebudayaan masyarakat Indonesia. Jika Grameds berpantun dengan orang lain, dalam kasus ini pacar kalian, dengan ini kalian secara tidak langsung sudah berusaha melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia.

Dan terakhir, salah satu jenis pantun yang juga nanti akan dibahas di dalam artikel ini adalah pantun cinta. Pantun jenis ini biasanya dipakai untuk menyatakan rasa cinta atau rasa sayang seseorang kepada orang lain. Grameds bisa simpulkan bahwa pantun-pantun yang ada di bawah ini adalah jenis pantun cinta.

Pantun buat pacar yang akan Grameds baca di bawah ini bisa kalian pakai untuk menyatakan rasa suka kalian terhadap pacar, bentuk permintaan maaf, hingga bahkan melakukan gombalan receh kepada pacar kalian. Yuk, simak pantun-pantun di bawah ini.

Pantun Pertama

Kamar ditutup tanda sedang rehat
Atau mungkin baru saja sembahyang
Istirahat cukup dan makan sehat
Supaya kamu tidak sakit ya sayang

Apakah Grameds mempunyai pacar yang suka lupa makan dan lupa istirahat? Kalau iya, pantun ini bisa jadi pantun yang cocok untuk mengingatkan pacar kalian agar tetap menjaga kesehatannya sendiri. Cara mengingatkan pacar kalian melalui pantun bisa saja dianggap lucu, unik, dan romantis lho.

Lagi pula, siapa sih sosok pacar yang tidak suka diingatkan jika sudah waktunya beristirahat? Apalagi, jika diingatkannya dengan cara seperti ini. Bisa saja pacar Grameds malah sengaja pura-pura lupa untuk makan dan beristirahat supaya diingatkan lagi oleh kalian.

Pantun Kedua

Ramuan jamu dari Kenya
Ditaruh di botol biar cepat laku
Bisa tidak kamu taruh HP-nya?
Kan lagi ngobrol sama aku

Grameds pasti sudah tahu rasanya ketika sedang asyik mengobrol dengan pacar, tetapi pacar kalian justru malah sibuk dengan HP-nya sendiri. Mungkin si pacar memang benar-benar sibuk sehingga tidak bisa memalingkan diri dari HP. Tapi, jika hanya sekedar bermain game atau scroll media sosial, memangnya tidak bisa dilakukan nanti?

Jika pacar Grameds terlalu sering bermain HP ketika sedang bersama dengan kalian, coba saja diingatkan melalui pantun di atas. Selain bisa langsung tersadar karena kesalahannya, bisa saja pacar kalian merasa malu karena sampai harus diingatkan menggunakan pantun.

Pantun Ketiga

Ada tamu membawa buah manggis
Mengajak wisata dan ke pemancingan
Hei kamu janganlah menangis
Sini cerita ada apa gerangan?

Ada kalanya memang ketika Grameds harus menenangkan pacar kalian yang sedang menangis. Apapun alasannya, mulai dari hal-hal sepele hingga sesuatu yang rumit, sebagai sosok pacar yang baik, Grameds tentunya harus berusaha menenangkan pacar kalian jika mereka sedang menangis.

Jika Grameds merasa bingung untuk menenangkan pacar kalian, kalian bisa mencoba menggunakan pantun di atas. Siapa tahu, pacar kalian akhirnya bisa lebih tenang, dan mau bercerita mengenai apa yang membuatnya menangis. Atau lebih baik, pacar kalian bisa merasa lebih baik dan lega karena tahu Grameds berusaha yang terbaik untuk menenangkan dia.

Pantun Keempat

Kota pontianak banyak pesonanya
Bikin bahagia ku pasti yakin
Terima kasih banyak atas kadonya
Akan ku jaga sebaik mungkin

Pasti ada momen ketika Grameds menerima kado dari pacar masing-masing. Apapun itu alasannya, mulai dari hadiah ulang tahun, hadiah anniversary, atau hanya sekedar bentuk apresiasi, Grameds sudah pasti perlu menunjukan rasa terima kasih kalian karena sudah diberikan kado oleh pacar.

Pantun di atas bisa menjadi bentuk ucapan rasa terima kasih yang cocok untuk pacar kalian. Pantun tersebut menunjukan bahwa Grameds menerima kado tersebut dengan perasaan tulus, dan berjanji untuk menjaganya sebaik mungkin. Pacar mana yang tidak senang mendengar rasa terima kasih tulus dari dalam hati?

Pantun Kelima

Orangnya ramah tuturnya elok
Membuat paman terperdaya
Jangan marah cuma bercanda kok
Nanti aku belikan makanan ya?

Grameds mempunyai pacar yang suka ngambek atau baper ketika sedang bercanda? Apakah pacar kalian merupakan sosok yang baru akan tenang setelah dibelikan makanan? Jika iya, pantun di atas bisa menjadi senjata rahasia Grameds jika pacar sudah menunjukan rasa kesal terhadap kalian.

Dengan menyampaikan pantun di atas terhadap pacar Grameds, bisa saja rasa kesal yang dimiliki pacar kalian akan berkurang. Terlebih, mereka mendengar kalimat yang amat mereka suka: dibelikan makanan. Alhasil Grameds bisa terhindar dari amarah sang pacar yang bisa saja semakin menjadi jika sedang lapar.

Pantun Keenam

Berjualan kayu di ibukota
Demi biaya mencari ilmu
Bersyukur aku punya mata
Karena aku bisa melihat kamu

Bukannya munafik, tapi faktor fisik bisa menjadi salah satu faktor pendukung mengapa Grameds menyukai pacar kalian. Dan tidak ada yang salah jika sesekali kalian ingin mengucapkan rasa syukur karena memiliki pacar yang cantik atau ganteng.

Meskipun terdengar seperti gombalan, pantun di atas bisa lho, menjadi sarana bagi Grameds untuk menunjukan rasa syukur kalian terhadap paras pacar. Apalagi, karena berbentuk pantun, ini bisa saja menghindari kalian dari perasaan malu atau kikuk yang mungkin dapat terjadi jika diucapkan dengan terlalu serius.

Pantun Ketujuh

Masak bebek di atas tungku
Bebek khas solo porsinya kerdil
Jangan ngambek dong sayangku
Malu lho dilihat anak kecil

Pacar yang sedang ngambek adalah pacar yang menyebalkan, bukankah begitu, Grameds? Terlepas dari alasan mengapa pacar kalian sedang ngambek, tentunya kalian akan berusaha semaksimal mungkin agar pacar kalian berhenti ngambek, dan kembali ke sifat biasanya sebelum dia ngambek.

Jika Grameds kehabisan akal untuk menenangkan pacar yang sedang ngambek, kalian bisa coba menggunakan pantun di atas. Siapa tahu, pacar kalian akan sadar bahwa ngambek di depan umum dapat membuat dia terlihat oleh anak kecil, yang bisa saja menganggap itu hal aneh.

Pantun Kedelapan

Liburan asik dengan berkemah
Jauh dari rumah, jalannya berliku
Sifatnya baik dan juga ramah
Kenalkan, itulah pacar aku

Ada pepatah yang mengatakan bahwa percuma fisik orang tampan atau cantik, jika hatinya buruk rupa. Oleh karena itu, Grameds juga pasti mempertimbangkan sifat seseorang sebelum orang tersebut menjadi pacar kalian. Sifat pacar yang jelek hanya akan membawa kesulitan bagi kalian sendiri, bukankah begitu?

Sifat baik seseorang memang bukan sesuatu yang perlu sering-sering dipamerkan. Tetapi, pasti ada kalanya Grameds merasa senang dan bersyukur karena sifat pacar kalian ini. Pantun di atas bisa Grameds ucapkan sebagai rasa senang kalian karena memiliki pacar dengan sifat baik dan ramahnya.

Pantun Kesembilan

Ke toko kelontong beli bangku
Kata teman, pemiliknya lagi pergi
Sayang, tolong maafkan aku
Aku tidak akan ulangi lagi

Pertikaian dalam berpacaran memang wajar kok, Grameds. Mau karena alasan sepele atau alasan besar, asalkan kedua belah pihak mau mengakui kesalahan mereka masing-masing ketika bertikai, mau meminta maaf ketika semua sudah usai, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi, pertikaian tersebut bisa memperkuat hubungan kalian.

Pantun di atas, jika diucapkan dengan sepenuh hati, bisa menjadi sarana minta maaf kalian dengan pacar. Pantun ini digunakan karena terkadang, meminta maaf bisa menjadi amat sulit dan canggung, sehingga perlu suatu metode yang bisa mengurangi rasa canggung tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan pantun.

Pantun Kesepuluh

Baru bertemu sudah berselisih
Masalah tidak beres bikin cemas
Kok kamu lucu banget sih?
Makin lama jadinya makin gemas

Siapa di sini yang amat menyukai pacar masing-masing karena gemas dengan mereka? Baik itu karena wajah atau karena tingkah laku, apapun alasannya itu bisa menjadi salah satu hal yang bisa meningkatkan hari-hari kalian. Pantun di atas cocok untuk mendeskripsikan perasaan kalian ini.

Grameds bisa saja merasa malu atau canggung jika menyebutkan kalau pacar kalian itu menggemaskan. Itulah alasan kenapa kalian bisa menggunakan pantun untuk mengatakan kalau kalian suka dengan pacar kalian yang menggemaskan itu.

Pantun buat Pacar
Istockphoto

Jenis-Jenis Pantun

Bagaimana Grameds, apakah sekarang kalian siap beradu pantun dengan pacar kalian? Tentunya, selain pantun-pantun di atas, kalian bisa menulis atau mengucapkan pantun buat pacar lain sesuai dengan situasi yang kalian hadapi saat itu.

Seperti yang tadi sudah dikatakan sebelumnya, kita juga akan membahas mengenai jenis-jenis pantun yang biasa dipakai masyarakat. Karena, pantun tidak selalu hanya digunakan sebagai bahasa cinta saja, Grameds. Terdapat beberapa hal lain yang bisa disampaikan melalui pantun.

Setidaknya, terdapat 5 jenis pantun yang kerap digunakan untuk keperluan berbeda. Semoga saja wawasan kalian mengenai pantun bisa bertambah dengan membaca penjelasan di bawah ya, Grameds!

Pantun Kiasan

Yang pertama, pantun dapat digunakan untuk menyampaikan sesuatu secara tersirat, melalui sebuah perumpamaan atau kiasan. Pantun jenis ini disebut sebagai pantun kiasan. Umumnya, seseorang menggunakan pantun kiasan untuk menyindir, menasihati, atau bermain teka-teki, tetapi menggunakan perumpamaan, membuat penyampaiannya tidak secara gamblang.

Contoh Pantun Kiasan:

Sembahyang untuk memohon
Berharap kepada Roh Kudus
Semakin tinggi sebuah pohon
Semakin kencang angin berhembus

Pantun Nasehat

Serupa dengan pantun kiasan, pantun nasehat adalah pantun yang dipakai ketika seseorang ingin menasehati orang lain. Bedanya, pantun ini tidak memakai bahasa kiasan, dan disampaikan secara langsung apa adanya. Seseorang bisa menasehati orang lain secara halus, keras, atau memakai sindiran melalui pantun jenis ini.

Contoh Pantun Nasehat:

Ke laut dia bermuara
Dijamah menggunakan sampan
Kalau makan jangan bersuara
Itu tandanya tidak sopan

Pantun Teka-teki

Seperti yang Grameds ketahui, teka-teki adalah sebuah permainan untuk menebak suatu hal. Permainan teka-teki ini juga bisa disampaikan melalui pantun, dan bertujuan untuk menghibur orang-orang yang ada di sekitar kita. Pertanyaannya bisa dibuat dari tingkat kesulitan rendah hingga tingkat kesulitan tinggi.

Contoh Pantun Teka-teki:

Jual kue berharap laku
Muka berkeringat dan penuh debu
Coba tebak siapa diriku?
Si karnivora pemakan bambu

Pantun Agama

Pantun jenis ini sesuai dengan namanya mengandung pesan-pesan keagamaan, mulai dari perintah, kewajiban, sunnah, hingga larangan dari agama Islam. Dahulu, pantun menjadi salah satu metode yang digunakan untuk berdakwah agar orang-orang mau mengikuti ajaran agama Islam.

Contoh Pantun Agama:

Ada nyamuk ada lalat
Berdua membuat sarang
Jangan lalai dengan shalat
Nanti pahalanya akan berkurang

Pantun Cinta

Terakhir, pantun jenis ini sudah Grameds baca berkali-kali di atas, sehingga kalian seharusnya sudah mengetahui apa itu pantun cinta. Ya, pantun cinta adalah pantun yang digunakan seseorang untuk menyampaikan rasa sayang miliknya terhadap orang lain.

Demikian pembahasan mengenai pantun buat pacar serta jenis-jenis pantun yang bisa dipakai dalam keseharian. Semoga saja ini semua dapat menambah wawasan Grameds mengenai budaya pantun.

Rekomendasi Buku Terkait

Berikut adalah beberapa buku yang kami rekomendasikan kepada kalian jika ingin mempelajari pantun lebih dalam, di antaranya:

1. Super Lengkap Peribahasa Indonesia Plus Puisi & Pantun

Pantun buat Pacar

 

2. Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara

Pantun buat Pacar

 

3. Hutan Pantun Mencari Korban Kebakaran

Pantun buat Pacar

 

Itulah beberapa pantun buat pacar yang dijamin bikin dia klepek-klepek. Buku-buku terkait pantun dapat Grameds temukan dan beli di situs www.gramedia.com. Gramedia, #SahabatTanpaBatas, senantiasa mengajak Grameds untuk selalu membaca, karena kalian akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Buku & Quotes Yang Lainnya

1. Buku 2. Quotes dan Kata Bijak Lainnya

Penulis: M. Adrianto S.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.