in ,

50+ Pantun Gombal Yang Bikin Baper Kekasih

Pantun gombal yang menjadi bagian dari pantun. Pantun sendiri tergolong sebagai salah satu bentuk dari puisi lama yang memiliki struktur 4 baris. Menurut aturannya, baris pertama dan kedua pada pantun merupakan sampiran. Sementara, untuk baris ketiga dan keempat merupakan isi, atau bisa dikatakan sebagai maksud utama dari sebuah pantun.

Pantun kerap kali ditemui pada acara pertunjukkan yaitu seperti pentas seni, acara, hiburan hingga kesenian adat. Dalam budaya Indonesia, pantun merupakan salah satu warisan dari nenek moyang yang sampai sekarang masih dilestarikan.

Misalnya saja, pada masyarakat betawi, pantun sering digunakan pada acara pernikahan dan acara adat lainnya. Selain itu, terdapat pula pantun gombal yang dapat digunakan kepada pasangan.

Pantun sendiri sebagai puisi lama memiliki berbagai jenis, seperti pantun nasihat, pantun komedi, pantun persahabatan, pantun agama, pantun teka teki, pantun jenaka, hingga pantun sedih.

Salah satu pantun yang sedang populer dan dicari banyak orang saat ini adalah pantun gombal yang lucu untuk kekasihnya sehingga memberikan efek baper.

Nah, berikut ini adalah contoh pantun gombal yang bisa bikin baper pasangan, dari yang dapat disampaikan secara singkat hingga yang bisa bikin baper dan tertawa bahagia.

A. Pantun Gombal Bikin Baper

1. Suara bocah terdengar riuh
Bermain bekel dengan semangat
Meski raga terpisah jauh
Hati ini terikat erat

2. Kerlap kerlip cahaya lampu
Lampu indah berkilauan
Kalau diri ini mampu
Kuberikan kalung bertahtakan berlian

3. Anak-anak berwajah ceria
Mereka senang diberi sepatu
Inginku kau selalu bahagia
Temaniku hingga ujung waktu

4. Bunga mawar harum baunya
Apa lagi bunga melati
Hati tak sabar menunggu kedatangannya
Eh ternyata dia malah pergi

5. Jumat pagi beli makaroni
Siangnya makan ayam rica-rica
Hai nona cantik selamat pagi
Iya kamu, kamu yang aku cinta

6. Ikan koi di dalam kolam
Rindu berenang di kebebasan alam
Dari lubuk hati yang paling dalam
Hai cantik, ku ucapkan selamat malam

7. Makan nasi kucing sambil di pangku
Tambah telur puyuh pasti lebih nikmat
Untuk si cantik yang ada di hatiku
Rasa kasihku tak akan pernah tamat

8. Ibu-ibu keliling jualan jamu
Beli jamu rasa mengkudu
Walau aku kamu jarang ketemu
Namun cintaku tetap untuk dirimu

9. Bunga mawar boleh dipetik
Bunga melati juga kamboja
Ada banyak wanita cantik
Tapi cuma kamu yang aku cinta

10. Rajin olahraga tubuh pasti sehat
Rajin membaca pikiran jarang buntu
Bangun pagi sungguh penuh semangat
Kala terbayang senyum manismu

11. Ambil paku dipukul palu
Angkat bata membuat tungku
Cinta suciku cukuplah satu
Untuk dirimu hingga ujung waktu

12. Minum jamu rasanya manis
Banyak manis sedikit asam
Hai kamu si cantik manis
Selamat tidur, selamat malam

13. Pagi-pagi makan lontong
Ditambah tauge juga tahu
Buat apa aku berbohong
Hatiku tulus mencintaimu

14. Ke pasar beli celana
Celana ga ada, dapatnya duku
Wahai kamu yang disana
Kapan nikahin aku?

15. Melukis dinding membuat mural
Tersirat makna suara rakyat
Inginnya, sih, langsung halal
Pacaran bukanlah waktu yang tepat

B. Pantun Gombal

1. Pergi berkemah membawa tenda
Tenda dibeli dari Pak Tutus
Wahai Adinda dengarkan Kanda
Cintaku tulus takkan pernah putus

2. Meja kuat terbuat dari jati
Jati bagus dari tanah Jawa
Kucinta Engkau sepenuh hati
Wahai adinda penentram jiwa

3. Murid-murid membeli buku
Buku bagus mereknya merpati
Hadirmu di sini duhai istriku
Bak bidadari penyejuk hati

4. Ikan cupang ikan pari
Dimasak enak oleh Bu Ida
Rekah senyummu di pagi hari
Bak mentari penghangat raga

5. Toko pakaian menjual celana
Celana bagus dibeli Pak Dani
Cintaku ini memang sederhana
Namun datang dari lubuk nurani

tombol beli buku

6. Bermain gitar dengan lagu-lagu jawa
Bersama sahabat di pinggir rawa
Hati gemetar oleh datangnya cinta
Dengan senyumannya aku tergila-gila

7. Pergi ke Setu bareng Bang Opi
Duduk di bangku, bangkunya mundur
Kamu itu ibarat kopi
Bikin aku gak bisa tidur

8. Kejar pencuri pakai belati
Pencurinya takut langsung lari
Kututup mata tampak di hati
Cantik dirimu bak bidadari

12. Sebelum makan harus potong kuku
Makan nasi goreng ditambah acar
Jangan engkau berpaling dari cintaku
Kamu lari tetap ku kejar

13. Menangkap ikan pakai jaring jala
Dapat banyak dibagi kepada warga
Senyummu manis semanis gula
Buat diriku terpaku terpana

14. Hujan di genting berbunyi tik tik
Dingin hembus angin sejuk terasa
Cantik tak sekadar cantik
Akal cerdasmu buatku jatuh cinta

15. Ibu kasih uang saku sepuluh ribu
Ayah beri semangat untuk diriku
Tidakkah engkau melihat binar mataku?
Seribu cinta sedang menunggu

*Jalan jalan ke Suramadu
Jangan lupa beli madu
Wahai kamu yang aku rindu,
Kapan kita bisa bertemu?

C. Pantun Cinta Gombal

1. Pahit-pahit rasa jamu
Harum-harum bunga melati
Jangan ragukan setiaku padamu
Engkau permaisuri selalu di hati

2. Menjerang air pakai panci
Panci ditaruh di atas tungku
Setia adalah janji suci
Bagi ratu menghiasi hariku

3. Pagi-pagi bereskan bangku
Bangku bagus untuk disewa
Cantik pelakor takkan silapanku
Hanya kamu permata jiwa

4. Pergi ke sungai memancing ikan
Ikan gurame enak rasanya
Secangkir teh yang kau sajikan
Manis rasanya tersebab cinta

5. Berjuta-juta pohon kangkung
Hanya satu pohon beringin
Begitu banyak gadis sekampung
Hanya kamu yang kuingin

6. Kue martabak ditambah keju
Roti bakar memakai pisang
Diriku terjebak cinta terasa malu
Ternyata pacar sudah diambil orang

7. Kelapa muda buah duku
Dimakan kura-kura jadi mati
Belahlah dada dan lihat jantungku
Panah asmara bersarang di hati

8. Pohon durian pohon duku
Di sampingnya pohon waru
Memandang wajahmu setiap waktu
Tak sedikit pun terasa jemu

9. Air mawar di dalam cangkir
Disimpan kendi di bawah parang
Dari awal hingga akhir
Kasihku hanya untukmu seorang

10. Dalam wayang ada sengkuni
Sengkuni jahat banyak dibenci
Untukmu aku rangkai pantun ini
Tuk ungkapkan cinta dalam hati

11. Dagang baju tak kunjung laku
Banting setir jualan jamu
Menikahlah hanya denganku
Izinkan aku jadi imam hidupmu

12. Buah semangka rasanya segar
Tambah sehat dengan pisang
Rasa cintaku tak akan pernah pudar
Hanya untuk dirimu seorang

13. Kejar pencuri pakai belati
Orang yang takut langsung lari
Kututup mata nampak di hati
Cantik dirimu bagai bidadari

14. Sebelum makan potong kuku
Nasi dimakan bukan dicakar
Jangan berpaling dari cintaku
Kamu lari tetap ku kejar

15. Menangkap ikan pakai jala
Dapat banyak bagi untuk janda
Senyum mu manis seperti gula
Banyak lelaki menjadi tergoda

D. Pantun Gombal Lucu

1. Mengikat kardus pakai rafia
Kardus besar isinya sepatu
Kakanda berjanji untuk setia
Jadikan Engkau ratu nomor satu

2. Beli semen beli bata
Beli perak dan perunggu
Puluhan orang nyatakan cinta
Hanya kamu yang aku tunggu

3. Menghabiskan malam bersama-sama
Menatap bulan dan gemintang
Bukan paras hal utama
Melainkan sayang tak terbilang

4. Pohon mahoni pohon randu
Terkena longsor jadinya tumbang
Bukan rindu sembarang rindu
Ini sayang tiada terbilang

5. Jalan-jalan ke kota baru
Jangan lupa beli kain warna biru
Kalau cinta padaku
Katakan saja I love you

6. Beli cincin di Tanah Abang
Tidak lupa membeli kacamata
Diriku bucin sama seseorang
Eh ternyata pada mantan yang lama

7. Jangan jatuh makanya jalan dipandu
Bawa alpukat jual ke pasar
Kalau jauh hati sangat rindu
Begitu dekat jantung berdebar

8. Burung gelatik burung nuri
Burung gagak terbangnya tinggi
Kamu cantik menawan hati
Meski bapakmu galak, tetap kudekati

9. Odong-odong ngebut di Jalan Baru
Ugal-ugalan nabrak tukang jamu
Sudah lama aku ingin bilang sesuatu
Mau dong, jadi pacar kamu

10. Mengumpat di meja sementara
Buru buru kejedot pintu
Sungguh indah terasa dunia
Di guncang gempa gelora cintamu

11. Makan daging banyak tulang
Sungguh enak minum fanta
Serius dah, cuma kamu doang
Orang spesial yang aku cinta

12. Jalan-jalan sampai ke Kenya
Sekalian aja olahraga
Aku cinta kamu selamanya
Menikahlah denganku hari ini juga

13. Beli sosis ada dua
Eh baliknya kehujanan
Tuntutan dari orang tua
Tahun ini harus naik pelaminan

14. Aku hobi makan keju
Sama hobi makan sekuteng
Kalau orang tua tidak setuju
Mendingan kita makan bareng

15. Rindu sekali dengan bung Hatta
Walaupun belum pernah bertemu
Aku punya cita-cita
Akan selalu mencintaimu

tombol beli buku

D. Pantun Gombal Singkat 4 Baris

1. Latihan pramuka membuat tandu
Tandu dibuatnya dengan kokohnya
Bila jarak ciptakan rindu
Biarkan cinta merekatkannya

2. Minum jamu minum madu
Makan bayam makan seledri
Tatapan matamu begitu sendu
Mengikat hati jadi terpatri

3. Film romantis berbalut laga
Artis utama Veggie Melati
Meski jarak pisahkan raga
Rasa ini dekat di hati Hari

4. Jumat memotong kuku
Kuku dipotong agar tak panjang
Aku kangen wahai kasihku
Kapan pulang rekatkan sayang

5. Bunga mawar jangan di bungkus
Kalau dibungkus hilang sarinya
Punya pacar jangan diputus
Kalau diputus sakit hatinya

6. Malam Minggu malam yang indah
Bagi anak para remaja
Aduhai kamu sungguh mempesona
Membuat diriku bisa jatuh cinta

7. Jemur batik di atas papan
Ambil benang di dalam peti
Kamu cantik aku tampan
Kayak Anang sama Ashanty

8. Merpati terbang jauh melayang
Bersih kandang banyak kotoran
Lama kunanti abang pulang
Hati rindu ingin bermesraan

9. Nasi penyet tempe tahu
Minumnya es susu
Janganlah adek jauh dariku
Aku selalu sayang kepadamu

10. Lagu Raisa kali kedua
Pengen duet sama lady gaga
Aku dan kamu hidup bersama
Sekarang, esok dan selamanya

11. Ibu Rina jualan jamu
Jualannya pakai sepeda
Aku ingin sekali bertemu
Walau hanya sedetik saja

12. Jangan pernah main di selokan
Bajunya kotor ditertawakan
Jangan pernah engkau ragukan
Janji setia yang aku ikrarkan

13. Ambillah bambu buat sembilu
Terbanglah debu dari cerutu
Nama indahmu ku sebut selalu
Di dalam doa setiap waktu

14. Sayup-sayup mata sendu
Sedang menangis butuh tisu
Sungguh berat rasanya rindu
Waktu sehari rasa sewindu

15. Orang islam harus sabar
Supaya hidup selalu berkah
Aku bukan cari pacar
Tapi cari yang mau diajak nikah

E. Pantun Gombal Singkat 2 Baris

1. Jalan mundur nabrak tukang jamu
Aku nggak bisa tidur gara-gara ingat kamu

2. Ikan hiu makan babi
I love you bertubi-tubi

3. Bikin atap dari lontar
Mata menatap hati bergetar

4. Tuan raja masuk ke kamar
Aku bekerja untuk melamar

5. Naik ke atap benerin genting
You are my everything

6. Kripik singkong kripik ubi
Can I call you baby?

7. Ikan hiu makan tomat
I love you so much

8. Makan babat pake acar
Dari sahabat jadi pacar

9. Makan teri campur bihun
Gak ketemu sehari rasanya setahun

10. Telur puyuh dicampur ebi
I love you my baby

11. Pak Wahyu diseruduk badak
I love you meledak-ledak

12. Makan nasi dicampur mie
Will you marry me?

13. Si udin beli mainan
Kapan kita ke pelaminan?

14. Cuaca dingin nikmat minum jahe,
Saranghaeeee!!!

15. Malam-malam mati lampu
Aku tak bisa hidup tanpamu

16. Ambil tongkat pukul maling
Cintaku padamu tak akan pernah berpaling

17. Bakar ikan di atas arang
Cintaku hanya untukmu seorang

18. Makan usus pake kangkung
Gas terus sebelum janur kuning melengkung

19. Ngelap iler pake tisu
Girl, I miss you!

20. Pake masker jadi mulus
Cintaku padamu dijamin tulus

F. Karakteristik Pantun

Setelah membaca 50 lebih contoh pantun di atas, pasti Kamu sudah mulai mengerti dan memahami pola-pola untuk membuat sebuah pantun. Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri atau karakteristik dari sebuah pantung, di antaranya yaitu:

1. Terdiri dari Empat Baris

Sebagai salah satu jenis karya sastra dengan jenis prosa lama, pantun sendiri memiliki struktur yang terdiri dari rangkaian kalimat yang memiliki kesatuan oleh sebuah gagasan utama yang utuh. Sama halnya dengan ciri khas yang ada dalam puisi, gagasan utama dalam satu karya puisi biasa disebut dengan bait.

Setiap bait pada pantun normalnya memiliki bentuk yang berisi dari serangkaian kata yang mempunyai satu gagasan. Uniknya, setiap gagasan utama pantun memiliki ciri khasnya yang sangat beragam. Pantun sendiri juga terdiri dari empat baris dan pada setiap barisnya umumnya disebut dengan sebutan larik.

2. Terdiri dari 8-12 Suku Kata

Pantun merupakan salah satu cara penyair di zaman kerajaan untuk menunjukkan sikap cendekia nya. Hal itulah yang membuat pantun sangat kuat untuk bisa disampaikan secara lisan maupun tidak dituliskan. Nah, penyair yang berhasil membuat pantun dengan baris yang singkat dengan isi yang sangat padat merupakan pemenangnya. Selain itu, pantun juga memiliki peraturan khas di mana setiap baris pada pantun hanya boleh terdiri dari 8 sampai 12 suku kata.

3. Ada Sampiran dan Isi

Salah satu karakteristik atau ciri khas pada pantun adalah kemudahan untuk dipahami dan membekas. Hal itu dikarenakan pantun menggunakan bahasa yang sangat kuat sehingga sangat mudah diingat dan kata-katanya padat berisi.

Misalnya saja, pantun jenaka memiliki kekuatan pada baris satu dan dua yang sangat unik dan lucu. Baris satu dan dua pada pantun biasa disebut dengan sampiran atau pengantar. Sementara, pada baris ketiga dan keempat merupakan isi atau maksud sebenarnya. Oleh karena itu, sampiran tidak harus memiliki kesinambungan dengan isi, tetapi bisa menggunakan peristiwa dan kebiasaan yang terjadi di masyarakat sekitarnya.

4. Berirama a-b-a-b

Walaupun baris satu dan dua dengan baris tiga dan empat tidak diharuskan untuk berhubungan atau bersambung. Namun, keempat baris pantun harus sesuai dengan rima atau sajak. Rima atau sajak dalam pantun harus mempunyai kesamaan dengan bunyi, misalnya dengan pola irama a-b-a-b. Irama merupakan salah satu kekuatan utama dalam puisi lama yang membuat masyarakat sangat menghargai pantun.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Pantun Gombal



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam