in

Mengenal 4 Member AESPA dan Perjalanan Karier Mereka!

Member AESPA – Bagi Grameds pecinta musik K-Pop, apakah mengenal si bungsu dari SM Entertainment yakni girlband AESPA ini? Yap, AESPA termasuk pada girlband K-Pop generasi keempat yang didebutkan oleh SM Entertainment pada November 2020 lalu. Atas kemampuan bermusiknya yang hebat, girlband AESPA menjadi salah satu girlband populer dalam sepanjang sejarah K-Pop baik itu di mata negaranya sendiri hingga di seluruh dunia.

Terdapat suatu hal berbeda yang menjadikan AESPA disebut-sebut sebagai girlband unik sebab mengusung konsep Metaverse. Hingga Juli 2022 ini, AESPA akhirnya melakukan comeback ketiganya dengan mini album bertajuk “GIRLS”. Lalu, siapa saja sih member dari AESPA ini? Bagaimana pula perjalanan debut dari si bungsu SM Entertainment ini? Nah, supaya Grameds tidak penasaran akan hal tersebut, yuk simak ulasan berikut ini! Siapa tahu Grameds nantinya akan menjadi bagian dari fandom “MY”.

https://id.pinterest.com/

Pembentukan Grup AESPA

AESPA adalah sebuah girlband yang dibentuk oleh SM Entertainment, yang mana juga agensi bagi berbagai boyband dan girlband populer dalam sepanjang sejarah K-Pop. Sebagai “anak bungsu” dari SM Entertainment, AESPA juga berhasil mendongkrak industri musik K-Pop sama seperti para seniornya, sebut saja ada S.E.S, Girl’s Generation, Super Junior, EXO, dan NCT. Setelah melalui sistem trainee selama bertahun-tahun, akhirnya girlband ini resmi debut, tepatnya pada 17 November 2020 dengan merilis single bertajuk Black Mamba.

Sama seperti girlband lain yang hendak didebutkan, pihak agensi SM Entertainment juga merilis sebuah video intro di sosial media mengenai identitas grup, yakni berupa nama dan logo dari AESPA. Pada tanggal 27 Oktober 2020, anggota pertama yang diperkenalkan kepada publik adalah Winter. Kemudian disusul dengan Karina, Ningning, dan Giselle.

Uniknya, girlband AESPA ini mengusung tema yang tidak biasa, yakni berupa konsep Metaverse. Bahkan nama AESPA ini adalah bentuk penggabungan ‘æ’ yang berasal dari ‘Avatar X Experience’ dan ‘aspek’. Makna dari nama tersebut adalah adanya berbagai kegiatan inovasi yang akan hadir dengan tema ‘mendapatkan pengalaman dunia baru melalui pertemuan ‘avatar’ dan ‘dirimu sendiri’. Berhubung konsep AESPA adalah tentang Metaverse, maka pihak agensi juga turut merilis ‘Avatar’ dari masing-masing member. Wow keren ya!

Bahkan dalam Music Video milik AESPA ini, selalu mengusung konsep adanya ‘Avatar’ dan tampilannya yang menarik, terutama dalam penggunaan CGI alias Computer Graphics Images. Perlu diketahui bahwa CGI ini adalah teknologi grafis komputer yang digunakan untuk membuat efek visual pada video.

Jika Grameds merasa sangat ingin tahu update berita terbaru dari girlband AESPA ini, dapat juga melalui sosial media milik mereka terutama Instagram dan Twitter. Untuk Instagram, dapat diakses melalui akun resmi AESPA: @aespa_official. Sementara untuk Twitter, dapat diakses melalui akun resmi AESPA dengan username: @aespa_official

Sama halnya dengan girlband dan boyband K-Pop lainnya, AESPA juga telah memiliki nama untuk fandom mereka lho… Nama dari fandom resmi AESPA adalah MY ((??). Nama MY ini memiliki arti sebagai “My Precious Friend”, terutama di KWANGYA. KWANGYA adalah sebutan tempat tinggal dari para ‘Avatar’ AESPA.

Mengenal 4 Member AESPA

1. Winter

https://dbkpop.com/

Winter adalah member pertama yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk grup AESPA ini. Nama asli dari Winter adalah Kim Minjeong yang lahir di Busan, 1 Januari 2001. Di dalam grup AESPA, Winter memiliki posisi sebagai vocalist dan dancer. Sebelum akhirnya debut di bawah nama AESPA, Winter menjadi trainee selama 4 tahun terlebih dahulu.

Winter memilih nama tersebut sebagai nama panggungnya adalah karena ketika dirinya lahir yakni pada 1 Januari 2001, tengah dalam musim dingin. Banyak penggemar K-Pop menyebut bahwa wajah Winter sangat mirip dengan Taeyeon dari Girls Generation. Apakah Grameds juga setuju akan hal tersebut?

Meskipun masih disebut sebagai rookie idol, tetapi Winter berhasil membuktikan kemampuan vokalnya dengan berkolaborasi bersama Raiden saat SMTOWN LIVE: Culture Humanity Online Concert pada tahun 1 Januari 2021 dengan mengusung lagu Yours. Lagu Yours ini sebelumnya dinyanyikan oleh Chanyeol, Lee Hi, dan Raiden. Kemudian pada 14 Juli 2021 lalu, Winter juga tampil dalam MB Single remake dari penyanyi Kangta dengan lagu berjudul Free To Fly 2021.

2. Karina

https://dbkpop.com/

Karina menjadi member kedua dari AESPA yang diperkenalkan oleh pihak SM Entertainment pada 28 Oktober 2020. Nama aslinya adalah Yoo Jimin, yang lahir pada di Gyeonggi-do pada 11 April 2000. Di grup AESPA, Karina memiliki posisi sebagai vocalist, rapper, dancer, dan leader. Sebelum akhirnya debut di bawah grup AESPA, Karina menjalani sistem trainee terlebih dahulu selama 4 tahun.

Eksistensi dari Karina di mata penggemar K-Pop bukan menjadi hal baru, sebab dirinya sudah muncul di music video berjudul “Want” milik seniornya, Taemin. Dalam music video tersebut, Karina menjadi penari latar. Kemudian setelah diperkenalkan sebagai anggota kedua AESPA, Karina juga muncul bersama Kai EXO sebagai bentuk kolaborasi showcase virtual antara Hyundai Motor Company dan SM Entertainment. Jika melihat dalam video perkenalan AESPA ‘MY KARINA’, dirinya menjadi tokoh utama dan menjelaskan bahwa selanjutnya member AESPA akan memiliki member virtual.

Sebelum menjadi trainee di SM Entertainment, Karina pernah menjadi seorang ulzzang yakni sebutan untuk seseorang yang memiliki wajah menawan. Maka dari itu, Karina dianggap sebagai Face of The Group untuk AESPA ini.

Pada 1 Januari 2022 lalu, Karina menjadi bagian dari member girlband besutan SM Entertainment yang bernama Girls On Top dan turut menampilkan lagu perdana mereka bertajuk “Step Back”. Girls On Top adalah grup lintas generasi dan disebut-sebut sebagai SuperM versi perempuan. Member lain dalam grup Girls On Top ini ada BoA, Taeyeon dan Hyoyeon Girls Generation, Wendy dan Seulgi Red Velvet, serta Karina dan Winter AESPA.

3. Ningning

https://dbkpop.com/

Ningning adalah member ketiga yang diperkenalkan untuk grup AESPA oleh pihak SM Entertainment. Nama aslinya adalah Ning Yizhuo, yang lahir di Harbin, China, pada 23 Oktober 2002. Berhubung dirinya adalah idol berkebangsaan China dan debut di Korea Selatan, tentu saja Ningning memiliki nama Korea yaitu Jeo Ye Tak. Di grup AESPA, Ningning memiliki posisi sebagai vocalist dan maknae (sebutan untuk member yang paling muda di grup). Sebelum akhirnya dapat debut bersama AESPA, Ningning telah menjalani sistem trainee selama 4-5 tahun.

Sebelum mengejar impiannya di Korea, Ningning pernah menjadi salah satu kontestan untuk ajang pencarian bakat di China yaitu China’s We Got Talent pada tahun 2011 dan Let’s Sing Kids pada tahun 2015 bersama dengan Chenle NCT. Berbeda dengan ketiga member AESPA lainnya, eksistensi Ningning justru sudah terungkap sebagai trainee SM Entertainment untuk proyek SM Rookies pada September 2016. Kemudian pada tahun 2017-2018, Ningning bersama sesama trainee SM Rookies lain juga tampil dalam menyanyikan beberapa OST untuk animasi di channel MBC bertajuk Shining Star.

4. Giselle

https://dbkpop.com/

Giselle adalah member keempat yang diperkenalkan oleh SM Entertainment untuk girlband AESPA, yakni pada 28 Oktober 2020. Giselle terungkap sebagai anggota keempat AESPA melalui video yang ditampilkan selama acara konferensi pers dengan pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man. Nama aslinya adalah Aeri Uchinaga, yang lahir di Jepang pada 30 Oktober 2000. Di grup AESPA, Giselle memiliki posisi sebagai rapper. Sebelum akhirnya debut di bawah grup AESPA, Giselle telah menjalani sistem trainee selama 11 bulan. Wow hebat bukan?!

Ibu Giselle adalah orang Korea, sementara Ayahnya adalah orang Jepang. Sebelum mengejar impiannya di Korea Selatan, Giselle telah bersekolah di Sekolah International Tokyo dan Sekolah Sacred Heart di Jepang, bersamaan dengan Rima dari grup NiziU. Selama bersekolah, Giselle telah tergabung dalam paduan suara sekolahnya dan berperan sebagai alto. Selama sejarah industri musik K-Pop, Giselle menjadi idola wanita Jepang kedua yang berhasil debut di bawah agensi SM Entertainment.

Pada tahun 2021 lalu tepatnya pada 2021 Winter SMTown: SMCU Express, Giselle menampilkan lagu Zoo bersama empat member NCT, yakni Taeyong, Jeno, Hendery, dan YangYang. Penampilan dari Giselle tersebut dipuji banyak penggemar karena kemampuan rap-nya.

Perjalanan Karier AESPA

https://id.pinterest.com/

2020

Pada tahun 2020 ini adalah tahun dimana AESPA debut sebagai girlband baru bentukan SM Entertainment. Mulai tanggal 27 Oktober 2020, pihak SM Entertainment telah mengumumkan member pertama mereka secara resmi yakni Winter. Setelah itu, satu-persatu member AESPA diperkenalkan secara berurutan. Tepat pada 17 November 2020, AESPA resmi debut dengan single digital bertajuk Black Mamba. Bahkan saking antusiasnya penggemar K-Pop untuk menunggu debutnya AESPA ini, music video Black Mamba berhasil mencetak rekor dengan 21 juta kali ditonton di platform Youtube.

Pada 17 November tersebut juga diumumkan bahwa nama fandom mereka adalah MY ((??). Nama MY ini memiliki arti sebagai “My Precious Friend”, terutama di KWANGYA. KWANGYA adalah sebutan tempat tinggal dari para ‘Avatar’ AESPA.

2021

Pada tanggal 8 Januari, music video Black Mamba akhirnya mencapai 100 juta penayangan yang mana hanya membutuhkan waktu 51 hari dan 12 jam saja! Wow, hal itu tentu menjadi rekor baru dalam sejarah industri musik K-Pop sebagai music video debut dengan 100 juta tampilan dengan periode waktu tersingkat!

Kemudian pada 14 Januari, terbitlah artikel dari Forbes yang menyebutkan bahwa girlband AESPA ini akan mengeluarkan musik baru pada awal tahun 2021 dan beragam kegiatan internasional lainnya. Tiga hari setelah itu, AESPA berhasil memenangkan penghargaan musik dengan lagunya Black Mamba di acara musik Inkigayo pada channel SBS. Masih dalam bulan Januari, akun resmi Twitter milik AESPA mempromosikan sebuah tagar #?_?_??_?_???? (#I_will_always_stand_by_your_side). Atas adanya tagar itulah, ahirnya terungkap bahwa AESPA tengah merilis single bertajuk Forever, yang merupakan remake dari lagu milik Yoo Young Jin.

Kemudian pada 4 Mei, SM Entertainment mengonfirmasi bahwa AESPA tengah dalam persiapan comeback. Dua hari setelah konfirmasi tersebut, sebuah teaser diposting melalui media sosial mereka yang mengumumkan comeback-nya Aespa dengan judul Next Level. Disinyalir, lagu Next Level ini adalah remake dari soundtrack asli film berjudul Fast & Furious: Hobbs e Shaw.

Lalu pada 15 Mei, akun resmi AESPA merilis video pertamanya yang menampilan bagaimana kisah pandangan dunia dari grup tersebut yang tetap mengusung konsep Metaverse. Barulah pada 17 Mei, lagu Next Level dirilis dan menjadi bentuk comeback mereka. Masih di tahun yang sama, pada tanggal 14 Juli, Winter muncul di music video berjudul Free to Fly 2021 milik Kangta. Pada hari yang sama pula, diumumkanlah bahwa AESPA akan berkolaborasi dengan game Eternal Return oleh Kakao Games, sebagai bentuk kemitraan dengan perusahaan.

Selanjutnya, pada tanggal 14 September, AESPA melakukan comeback kedua dengan bertajuk Savage yang mana lagu tersebut berhasil mencapai puncak untuk semua tanggal lagu digital. Bahkan pada 17 Oktober, Billboard mengumumkan bahwa lagu AESPA bertajuk Savage ini berada di urutan ke-20 dan menjadi peringkat tertinggi yang pernah ada untuk debut girlband K-Pop. Tidak hanya berkarya dalam industri musik saja, salah satu member AESPA yaitu Karina juga turut hadir sebagai salah satu pemandu wisata kota Seoul dalam rangka kegiatan Travel Diary-Soul: Seoul.

Kemudian pada 4 November, pihak SM Entertainment mengumumkan bahwa AESPA akan ikut berpartisipasi dalam proyek remastering dari agensi dan turut merilis lagu versi mereka yang bertajuk Dream Come True. Lagu tersebut sebelumnya adalah lagu milik seniornya, S.E.S yang rilis pada tahun 2001. Lalu pada akhir tahun, tepatnya pada 10 Desember, AESPA diumumkan akan turut andil dalam bagian dari album musim dingin yang bertajuk 2021 Winter SMTOWN: SMCU Express.

Pada proyek 2021 Winter SMTOWN: SMCU Express ini, Giselle tampil dengan kolaborasinya bersama Taeyong, Jeno, Hendery, dan Yang Yang NCT untuk lagu Zoo. Kemudian, Ningning tampil dengan kolaborasinya bersama Yeri Red Velvet, Haechan, Chenle dan Jisung NCT untuk lagu Snowy Dream 2021.

2022

Pada 25 Maret, Winter dan Ningning turut dalam menyanyikan OST untuk drama berjudul Our Blues yang tayang di channel tvN. Kemudian pada 19 April, pihak SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa AESPA akan tampil di festival musik dunia, yakni 2022 Coachella Valley Music and Arts Festival. Festival musik tersebut diadakan pada 23 April yang menjadi bagian dari Showcase Head in The Clouds Forever 88rising. AESPA menjadi girlband K-Pop ketiga yang tampil pada festival musik Coachella bersama dengan 2NE1 dan BLACKPINK. Selama Coachella berlangsung, AESPA menampilkan lagu-lagu hitsnya, sebut saja ada Black Mamba, Next Level, Savage, aenergy, dan Life’s Too Short.

Kabar terkini dari AESPA adalah pada 5 Juli lalu, grup ini dilaporkan tengah menghadiri acara UN ‘Forum Politik Tingkat Tinggi untuk pembangunan berkelanjutan’. Tentu saja AESPA akan berpidato untuk forum politik tersebut.

Diskografi AESPA

Korea

Mini Album

Single Digital

Single Remix

  • iScreaM Vol.10: Next Level Remixes (2021

Inggris

Single Digital

Nah, itulah ulasan mengenai siapa saja member dari AESPA dan bagaimana perjalanan karier dari AESPA. Apakah Grameds sudah mendengarkan lagu-lagu hits dari AESPA? Atau bahkan Grameds sudah mulai tertarik untuk menjadi bagian dari fandom MY?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Sumber:

https://kpop.fandom.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum