in

Review Komik Atuy Galon Karya Cynthia

Istilah alternate universe (AU) sedang naik daun saat ini. Dunia alternate universe bukan hanya populer di media sosial saja, melainkan sudah merambah ke dunia nyata, karena kini banyak kisah alternate universe yang diterbitkan menjadi sebuah novel. Tidak hanya dalam bentuk novel, sekarang anda juga bisa menemukan kisah alternate universe yang diterbitkan ke dalam bentuk komik. Salah satu contoh alternate universe yang sudah diterbitkan dalam bentuk komik adalah kisah Atuy Galon.

Komik Atuy Galon pertama kali dipublikasi di media sosial Twitter, di akun penulisnya sendiri, Cynthia yang bernama @tq3illl. Cerita berjudul Atuy Galon ini menggunakan visual seorang anggota boy group asal Korea Selatan yang sangat populer, yakni Yuta NCT. Alternate universe ini tentunya berhasil menarik perhatian para penggemar NCT maupun penggemar K-Pop secara umum. Kisah ini sempat viral di media sosial Twitter pada bulan April hingga Mei 2021.

Kisah Atuy Galon ini dikemas menjadi sebuah cerita komedi yang menarik. Tokoh utama kisah ini bernama Atuy. Atuy merupakan penjual galon dengan ciri khas typing yang lucu dan sering menawarkan galon kepada para pelanggannya yang tidak kalah kocak dengan dirinya.

Atuy selalu mengendarai motor bebek miliknya ketika mengantarkan galon ke para pembeli. Pelanggan pertama Atuy, yaitu seorang mahasiswi kos putri yang diberi panggilan ‘cewek kagak jelas’ oleh Atuy. Dari ‘cewek kagak jelas’ itu, Atuy mendapatkan pelanggan lainnya, yakni para mahasiswa di kos putra.

Beberapa pelanggan dari kos putra, yaitu Teguh yang kerap kali lupa membawa uang dan malah minta tolong kepada Atuy untuk mengantarnya ke ATM. Kemudian ada Luki yang sangat narsis, dan Hendra yang memesan galon seperti memesan ojol, karena dia suka memberi tahu Atuy warna baju apa yang serang dia pakai hari itu.

Atuy juga memiliki pelanggan lain, seperti Mino sang pemilik warkop yang juga menjadi tempat langganan Atuy untuk nongkrong. Ada Renjun juga sang pemilik kafe. Mereka berdua sering memesan galon untuk keperluan toko mereka. Komik Atuy Galon ini akan mengisahkan keseharian Atuy dan interaksi lucu antara Atuy dengan para pelanggannya itu.

Profil Cynthia – Penulis Komik Atuy Galon

Cynthia merupakan penulis muda yang baru berusia 25 tahun. Dia adalah wanita kelahiran 20 September 1996. Nama Cynthia mulai dikenal sebagai seorang penulis dari akun Twitternya yang bernama @tq3illl. Di akun Twitternya tersebut, Cyn pernah menuliskan kisah alternate universe berjudul Atuy Galon yang berhasil membuka gerbang baginya menjadi seorang penulis.

Kisah Atuy Galon ini sangat viral dan akhirnya diterbitkan menjadi sebuah komik. Cynthia mengemukakan bahwa latar belakang dirinya membuat kisah Atuy Galon hanya karena sedang iseng sajaNamun, ternyata banyak yang suka dan juga menjadi viral.

Wanita yang bekerja di salah satu perusahaan BUMN itu mengaku bahwa dirinya tidak pernah bertemu tukang galon, meskipun kisah yang ditulisnya itu mengenai tukang galon. Ide kisah yang ditulis Cyn itu ia dapatkan dari suka mendengarkan cerita teman-temannya. Untuk alasan mengapa ia menggunakan sosok Yuta NCT, tidak lain dan tidak bukan karena dia memang sangat menggemari lelaki tampan itu.

Sejumlah cerita yang didapatkan oleh Cyn itu kemudian dia kumpulkan menjadi satu, dan akhirnya menjadi inspirasi baginya untuk menulis sebuah kisah alternate universe. Cyn memilih nama Atuy sebagai tokoh utama, filosofinya adalah dari nama Yuta yang dibalik posisi susunan suku katanya, sehingga menjadi Atuy. Cyn membuat Yuta dalam kemasan lokal, yang mampu membuat banyak orang yang merasa relate dengan kisah tukang galon itu.

Kisah Atuy yang ditulis Cynthia tidak hanya berhasil menghibur para netizen dan menjadi viral saja, tetapi juga berlanjut menjadi awal karir kepenulisannya. Alternate universe ini kemudian dicetak menjadi sebuah komik oleh Penerbit Bukune. Cyn menyatakan bahwa dari awal, dia memang sudah memiliki niat untuk membuat kisah ini menjadi komik, karena ia ingin menggambar persona dan visual masing-masing tokohnya. Hal ini dilakukan supaya bisa membuat pembaca merasa lebih dekat dengan tokoh tersebut.

Dari awal bertemu dengan pihak penerbit yang menawarkan untuk menerbitkan bukunya juga ternyata ditawari untuk dijadikan komik. Hal ini sesuai dengan keinginan Cynthia. Maka itu, pada akhirnya dibuatlah komik Atuy Galon ini dengan bantuan ilustrator bernama Nunu yang sangat mahir membuat karakter tokoh menjadi hidup.

Dalam proses pembuatan komik Atuy Galon, Cyn menceritakan bahwa ia sempat menemukan hambatan. Cyn sempat merasa down dan kemudian memilih untuk vakum dari media sosial. Sampai akhirnya, Cyn bisa kembali lagi seperti semula dan menjalin komunikasi lebih lanjut dengan pihak penerbit.

Cyn mengatakan bahwa terdapat sejumlah pro dan kontra tentang kisah Atuy Galon ini. Saat itu juga ada beberapa pihak penerbit lain yang mengirimkan pesan kepada Cyn dan menawarkannya untuk menerbitkan buku, tetapi belum ada juga yang Cynthia tanggapi. Cyn juga sempat bertanya kepada orang tuanya mengenai solusi dari masalah itu. Ternyata, orang tua Cyn tidak setuju, karena masalah yang waktu itu sempat ramai bisa membuat putrinya sampai merasa down, ditambah lagi situasi saat itu juga belum kondusif.

Sampai pada akhirnya, penerbit Bukune yang kebetulan familiar di benak Cynthia mengatakan bahwa mereka menyukai karya Cynthia. Beberapa teman Cyn juga meyakinkan Cyn bahwa itu adalah sebuah kesempatan langka yang belum tentu akan datang dua kali. Maka itu tidak ada salahnya untuk dicoba. Pada akhirnya pun, Cyn menerima tawaran dari penerbit Bukune.

Dalam proses menulis, Cyn mengaku jarang memikirkan konsep dan ide. Ia menulis dengan spontan saja, karena ia merasa lebih nyaman menulis seperti itu. Ketika menulis kisah Atuy Galon ini pun, Cyn mengatakan bahwa inspirasi dibalik para karakter tokoh yang kocak berasal dari dirinya sendiri. Cyn memang merupakan sosok yang kerap disebut humoris oleh teman-temannya.

Cyn mengatakan bahwa dirinya ingin terus berkembang sebagai seorang penulis. Atuy Galon juga akan hadir dalam season 2. Cyn juga ingin menyampaikan pesan kepada sesama penulis dan pembaca yang sudah menikmati karya tulisnya. Bagi Cyn, menulis itu merupakan sebuah proses yang harus benar-benar dinikmati, supaya nantinya tidak akan merasa terpaksa atau merasa tertekan untuk melanjutkan cerita.

Sinopsis Komik Atuy Galon

Komik Atuy Galon ini mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari sosok tukang galon yang bernama Atuy. Dalam menjalani pekerjaannya itu, Atuy tentunya tidak hanya menemui satu pelanggan saja, tetapi banyak pelanggan. Seluruh pelanggannya itu memiliki sifat yang beraneka ragam. Mulai dari pelanggan yang biasa saja, sampai pelanggan yang tingkahnya bikin geleng-geleng kepala, sudah pernah Atuy hadapi.

Meskipun begitu, Atuy tetap menikmati pekerjaannya itu. Sebab, Atuy sendiri merupakan sosok yang memiliki karakter kocak, kadang ia juga bisa galak, dan ia sering sekali menggunakan typing jamet ketika membalas chat dari pelanggannya. Beberapa pelanggan Atuy yang nantinya akan sering anda temukan dalam komik ini, di antaranya adalah ada sosok cwk kgk jls (cewek kagak jelas), yang merupakan salah satu pelanggan kesayangan Atuy.

Cewek kagak jelas ini merupakan warga kos putri yang tidak pernah absen untuk pesan galon di Atuy. Maka itu, hubungan keduanya sangat dekat bagaikan dua orang yang bersahabat. Tidak lagi seperti hubungan antara pelanggan dan penjual.

Sesuai dengan nama panggilan dari Atuy, sosok cwk kgk jls ini awalnya tidak disukai oleh Atuy. Alasannya tidak lain dan tidak bukan, yakni karena tingkahnya yang memang sama sekali tidak jelas. Namun, lama kelamaan Atuy menyimpan perasaan spesial kepada cewek tersebut, tetapi sayangnya cewek tersebut malah suka dengan sosok Kuncoro.

Pelanggan Atuy yang lain, yaitu Teguh Handoko, yang entah mengapa nama panggilannya adalah Iman. Padahal dari nama panjangnya sama sekali tidak ada yang memiliki unsur Iman. Sosok Iman ini sangat sabar, sehingga dia kerap dijadikan teman curhat oleh Atuy.

Saking sabarnya, Iman tidak pernah marah sama sekali ketika Atuy terlambat mengirimkan galon yang ia pesan. Jika sosok Atuy ini digambarkan cukup galak, maka hal ini berbanding seratus delapan puluh derajat dengan sosok saingan yang merebut cewek spesialnya, yaitu Kuncoro. Kuncoro digambarkan sebagai sosok lelaki penyabar, auranya selalu positif, dan selalu bersikap ramah. Kuncoro juga tidak pernah suudzon dengan Atuy yang sering bersikap judes kepadanya.

Lalu, Atuy juga memiliki pelanggan kaya raya yaitu Sahrul Atmaja. Sosok Sahrul Atmaja ini dinilai oleh Atuy tingkah lakunya sangat aneh. Jika pelanggan Atuy yang lainnya memesan galon untuk tujuan dikonsumsi, maka hal ini berbanding terbalik dengan Sahrul. Sahrul membeli galon di toko Atuy untuk mengisi kolam bagi ikan-ikan cupangnya.

Sahrul ini juga merupakan pelanggan Atuy yang cukup berani dan sikapnya begitu menyebalkan bagi Atuy, tetapi walaupun begitu Atuy tetap melayaninya dengan sabar tiap kali Sahrul memesan galon padanya.

Selain cwk kgk jls, Iman, Kuncoro, dan Sahrul, masih ada sejumlah pelanggan lainnya yang membuat Atuy suka heran dengan tingkah yang mereka lakukan. Contohnya, ada Mindro si pemilik warkop yang sering Atuy kunjungi, sekaligus menjadi sobat Atuy. Lukito atau yang dipanggil Luki, adik Mindro sekaligus sahabat dari Anton.

Ada juga adik Anton yang sifatnya sebelas dua belas dengan Atuy. Kemudian ada Rendy Junaedi atau Rwenjun, pelanggan tetap Atuy yang memiliki sebuah kafe di daerah Kebayoran. Lalu, ada Hendra, sosok pemuda yang menurut Atuy mirip dengan kartun Spongebob, karena ia memiliki banyak celotehan aneh.

Kelebihan Komik Atuy Galon

Dalam komik Atuy Galon ini, anda akan disuguhi dengan cerita yang berbeda di setiap bagiannya. Maka itu, anda dijamin tidak akan bosan dengan kisah keseharian Atuy bersama dengan para pelanggannya yang unik. Ide cerita yang dituliskan Cyn dinilai sangat kreatif dan mampu membuat pembaca dijamin tertawa.

Oleh karena dalam komik ini, Atuy digambarkan sebagai sosok yang suka menggunakan typing jamet alias sangat suka menggunakan singkatan dan simbol-simbol aneh saat membalas pesan, Cyn memberikan sebuah buku kecil yang berisi kamus bahasa Atuy. Jadi, para pembaca tidak perlu khawatir jika menemukan bahasa Atuy yang sulit dimengerti, karena anda bisa dengan mudah mencari artinya di kamus bahasa Atuy. Bahasa Atuy ini juga dapat menjadi sebuah pengetahuan baru yang bisa diperoleh pembaca.

Dari segi tampilan komik dan illustrasi gambarnya juga dinilai sudah baik. Komik ini menggunakan warna-warna dan ilustrasi yang dinilai sesuai dengan kisah ini, karena dapat membantu menggambarkan karakter para tokoh, juga suasana cerita.

Kekurangan Komik Atuy Galon

Untuk kekurangan komik Atuy Galon ini, beberapa pembaca merasa bahwa komik ini terlalu singkat. Kisahnya terlalu pendek dan percakapan antar tokoh terasa kurang banyak, sehingga pembaca merasa kurang puas.

Namun, kekurangan ini terkait dengan preferensi pembaca. Anda juga tidak perlu khawatir akan kurang puas, karena telah tersedia komik Atuy Galon Season 2. Selain itu, beberapa pembaca merasa cukup kerepotan ketika harus bolak balik membuka kamus bahasa Atuy saat menemukan kata-kata yang tidak bisa dipahami.

Secara keseluruhan, Komik Atuy Galon ini sangat cocok bagi anda yang sedang ingin membaca bacaan yang ringan dan menghibur. Komik Atuy Galon ini dijamin dapat membuat anda terhibur, bahkan hingga tertawa geli. Yuk langsung saja dapatkan Komik Atuy Galon karya Cynthia ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel