in

12 Boyband K-Pop dengan Fans Terbanyak

Boyband dengan Fans Terbanyak – Saat ini, perkembangan musik K-Pop telah melesat hingga berhasil dikenal oleh seluruh masyarakat di seluruh dunia. Popularitas tersebut tentu saja dapat terjadi dengan adanya dukungan dari fans mereka. Yap, fans sangat berperan penting sekaligus besar dalam keberhasilan idolanya. Bahkan setiap harinya, fans K-Pop bertambah secara terus-menerus.

Maka dari itu, fans musik K-Pop, terutama pada boyband, tidak hanya berasal dari asal negaranya yaitu Korea Selatan saja, tetapi dari seluruh dunia. Fans ini biasanya tergabung dalam fandom khusus yang dibentuk untuk memberi dukungan kepada idolanya tersebut dan tentu saja setiap boyband memiliki fandom yang berbeda-beda. Lalu, apa saja ya boyband dengan fans terbanyak?

Perlu diketahui bahwa urutan dalam ulasan ini berdasarkan tahun debut boyband tersebut ya… Nah, jadi tunggu apa lagi, yuk simak ulasan berikut ini!

https://id.pinterest.com/

1. TVXQ

https://id.pinterest.com/

TVXQ sebenarnya adalah nama lain dari boyband DBSK (Dong Bang Shin Ki) yang saat ini tersisa dua anggota saja, yakni U-Know Yunho dan Max Changmin. Boyband ini berada di bawah naungan agensi S.M Entertainment sejak tahun 2003. Awalnya, TVXQ debut dengan lima anggota, yakni U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun, dan Xia Junsu yang kemudian sukses dengan lagu debutnya bertajuk “Hug”.

Pada tahun sekitar tahun 2000-an, TVXQ meraih kesuksesan besar, terutama pada lagu berjudul Mirotic  (2008) yang bahkan mendapatkan pujian dari para kritikus musik internasional sebagai salah satu lagu K-Pop terbaik! Namun sayangnya, masalah internal menimpa grup ini hingga menyebabkan tiga anggotanya keluar, yakni Jaejoon, Yoochun, dan Junsu.

Meskipun begitu, fandom dari TVXQ yakni Cassiopeia, termasuk dalam fandom terbesar yang bahkan telah terdaftar dalam Guinness Book of Records sebagai Klub Penggemar Resmi Terbesar dengan anggota lebih dari 800.000 orang pada tahun 2008. Jumlah fans mereka tetap bertambah seiring perkembangan K-Pop di lintas dunia. TVXQ sering menjadi panutan oleh para juniornya dan dapat dibilang bahwa TVXQ ini adalah boyband paling berjaya pada K-Pop generasi 2 yang nantinya diikuti oleh boyband lain.

 

2. Super Junior

https://id.pinterest.com/

Siapa sih yang tidak kenal dengan booming-nya lagu Sorry Sorry dan ketampanan dari Siwon yang saat ini sering berseliweran di iklan televisi? Yap, Siwon adalah salah satu anggota dari boyband Super Junior yang merupakan junior dari TVXQ di bawah naungan agensi S.M. Entertainment.

Super Junior dibentuk oleh pihak agensi pada tahun 2005. Puncak popularitasnya tidak main-main, sebab Super Junior sering mendapatkan Penghargaan Musik Korea sebagai “King of Hallyu Wave”. Penghargaan tersebut ditujukan karena kontribusi mereka terhadap penyebaran budaya K-Pop di seluruh negara di dunia.

Super Junior mulanya debut dengan 12 anggota, yakni Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum. Kemudian, setahun setelahnya, Kyuhyun bergabung menjadi anggota baru Super Junior sehingga total anggotanya adalah 13 orang.

Fandom Super Junior juga sama besarnya dengan Cassiopeia, yakni dengan nama ELF yang merupakan singkatan dari Ever Lasting Friends. Meskipun kebanyakan anggota dari fandom ELF ini adalah orang-orang dewasa, justru mereka sangat loyal kepada Super Junior dalam hal apapun, termasuk mendukung idolanya hingga dapat sebesar ini.

Super Junior menjadi artis K-Pop yang meraih 16 kali penghargaan Golden Disk Award, dan belasan penghargaan musik lainnya. Super Junior juga kerap memenangkan penghargaan dengan kategori “Best Fandom”. Hingga saat ini, Super Junior masih aktif dalam industri musik K-Pop dan para fansnya yang tergabung dalam fandom ELF juga masih setia mendukung mereka.

 

3. Big Bang

https://id.pinterest.com/

Big Bang adalah boyband yang sama dengan TVXQ dan Super Junior, yakni sama-sama berasal dari generasi dua dalam industri musik K-Pop. Big Bang resmi debut pada tahun 2006 di bawah naungan YG Entertainment dengan lima anggota, yakni G-Dragon, TOP, Taeyang, Daesung, dan Seungri. Boyband ini memiliki genre musik hip hop dan langsung menuai kesuksesan pada debut mereka.

Atas kesuksesannya tersebut, Big Bang juga melakukan promosi di Jepang dan masing-masing anggota melakukan kegiatan solo dan sub unit, yakni G-Dragon dan TOP. Big Bang kerap kali memenangkan penghargaan musik, mulai dari Mnet Asian Music Awards, Seoul Music Awards, hingga MTV EMA.

Para fans Big Bang tergabung dalam fandom yang diberi nama V.I.P dengan lightstick berbentuk mahkota warna kuning. Para V.I.P ini sering menyumbangkan beras (fan-rice tower) kepada Big Bang terutama ketika mereka tengah meluncurkan album, konser, hingga konferensi pers. Fandom Big Bang tidak main-main dengan jumlahnya, bahkan pada tahun 2012, Big Bang menerima 12,7 ton beras dari 50 fandom V.I.P yang tersebar di seluruh dunia.

Lagu-lagu Big Bang kerap merajai tangga musik di Korea maupun mancanegara. Bahkan, pada bulan April 2022 lalu, Big Bang melakukan comeback setelah sekian empat tahun hiatus, dengan lagu berjudul Still Life dan berhasil trending di seluruh sosial media.

tombol beli buku

4. SHINee

https://id.pinterest.com/

SHINee adalah boyband yang berada di bawah naungan S.M. Entertainment yang debut pada tahun 2008 alias junior dari Super Junior. Boyband ini awalnya memiliki lima anggota, yakni Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin. Sayangnya, pada tahun 2017, Jonghyun meninggal dunia.

SHINee resmi debut dengan lagu berjudul Replay yang hingga saat ini masih populer dan sering di-cover oleh boyband junior lainnya. Selama perjalanan karir, Shinee kerap merilis lagu dalam versi bahasa Jepang dan single mereka berhasil terjual lebih dari 100.000 kopi.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Para fans SHINee tergabung dalam fandom Shawol yang merupakan singkatan dari “The SHINee World” dengan warna pearl aqua. Meskipun anggota SHINee saat ini tengah sibuk menjalani jadwal masing-masing, tetapi para Shawol masih tetap loyal dengan mereka. Terbukti, tiap SHINee melakukan comeback pasti selalu berada di puncak tangga musik dunia. Tidak hanya itu saja, setiap tahun tagar #Jonghyun selalu trending di sosial media yang berisikan kerinduan para Shawol terhadap mendiang Jonghyun.

 

5. BTOB

https://id.pinterest.com/

BTOB adalah singkatan dari Born to Beat yang merupakan boyband yang debut pada tahun 2012 di bawah naungan Cube Entertainment, dengan tujuh anggota yakni Eunkwang, Minhyuk, Changsub, Hyunsik, Peniel, Ilhoon, dan Sungjae. Sejak debutnya tersebut, BTOB berhasil meraih penghargaan terutama atas kecakapan vokal mereka, terutama dalam kategori Best Vocal Group Award pada 30th Golden Disc Awards dan masih banyak lagi lainnya.

Para fans BTOB tergabung dalam fandom bernama Melody yang tersebar di seluruh dunia. Dalam perhelatan K-Pop, fandom Melody ini bahkan dikenal sebagai fandom yang tenang dan damai. Hal tersebut karena para fans BTOB ini jarang terlibat pada fanwar dengan fandom lain.

Pada tahun 2021 lalu, BTOB mengikuti survival show bertajuk Kingdom: Legendary War sekaligus menjadi obat kerinduan kepada Melody. Meskipun BTOB tidak menjadi juara pertama dalam survival show tersebut, tetapi BTOB berhasil menampilkan lagu-lagu mereka dengan apik sekaligus mendapatkan pujian hebat dari berbagai fandom terutama pada vokal mereka.

 

6. EXO

https://id.pinterest.com/

EXO adalah boyband besutan agensi S.M. Entertainment yang debut pada tahun 2012 dengan 12 anggota, yakni Suho, Baekhyun, Chanyeol, Kyungsoo (D.O), Kai, Sehun, Xiumin, Lay, Chen, Kris, Luhan, dan Tao. Boyband ini dibagi menjadi dua sub unit grup, yakni EXO-K dan EXO-M. EXO-K adalah unit yang berbasis di Korea dengan anggota Suho, Baekhyun, Chanyeol, D.O, Kai, dan Sehun. Sementara itu, EXO-M adalah unit yang berbasis di China dengan anggota Xiumin, Lay, Chen, Kris, Luhan, dan Tao.

Sejak debut, EXO telah mendapatkan banyak sorotan publik dan selalu menempati posisi lima besar sebagai selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes selama empat tahun. Tidak hanya itu saja, boyband EXO yang juga sebagai junior dari TVXQ, Super Junior, dan SHINee ini dijuluki sebagai “King of K-Pop” oleh berbagai media.

Para fans EXO tergabung dalam fandom bernama EXO-L, yang mana alfabet “L” berarti “Love”. Nama fandom EXO-L ini juga dipilih karena alfabet “L” terletak di antara huruf “K” dan “M”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan EXO-L akan selalu dikelilingi dan berada di antara dua sub unit grup ini, yakni EXO-K dan EXO-M.

tombol beli buku

7. BTS

https://id.pinterest.com/

BTS atau kerap dikenal sebagai Bangtan Boys ini debut pada tahun 2013 di bawah naungan agensi Big Hit Entertainment dengan tujuh anggota, yakni Namjoon (RM), Jin, Hoseok (J-Hope), Suga, Jimin, Taehyung (V), dan Jungkook.

Pada awal debut, fandom BTS yang dijuluki sebagai ARMY belum terlalu banyak pengikutnya. Nah, pada tahun 2015 tepatnya ketika mereka merilis album yang bertajuk The Most Beautiful Moment in Life, BTS akhirnya memenangkan kemenangan pertamanya di acara musik The Show dengan lagu berjudul “I Need You”. Mulai dari situlah, BTS perlahan dikenal oleh banyak orang hingga menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Saat ini, banyak orang percaya bahwa fandom terbesar adalah ARMY yang tersebar tidak hanya di Korea Selatan saja, tetapi juga di seluruh mancanegara, yakni sekitar 18 juta orang. Fandom ARMY ini memiliki warna tersendiri yakni ungu. Pemilihan warna tersebut terinspirasi dari penggalan kalimat yang diucapkan oleh Taehyung sebelum menutup konser, yang berkata “I purple you…

 

8. GOT7

https://id.pinterest.com/

GOT7 adalah boyband di bawah naungan agensi JYP Entertainment yang debut pada tahun 2014 dengan tujuh anggota sesuai dengan namanya, yakni Jaebum (JB), Mark, Jinyoung, Jackson, Youngjae, Bambam, dan Yugyeom. Sebenarnya, sebelum GOT7 debut, Jaebum bersama Jinyoung telah melakukan debut sebagai duo di bawah naungan agensi yang sama dengan nama grup JJ Projects.

GOT7 termasuk boyband populer terbukti dengan setiap comeback selalu meraih pencapaian berupa lagunya berada di puncak tangga musik, penjualan album yang tinggi, hingga meraih jutaan tampilan di Youtube.

Para fans GOT7 tergabung dalam fandom IGOT7 atau dikenal dengan AhGaSe. Disebut demikian karena AhGaSe dalam bahasa Korea berarti bayi burung yang mana mirip dengan bentuk lightstick dari GOT7. Sayangnya, pada tahun 2021 lalu, kontrak GOT7 di agensi JYP Entertainment telah berakhir dan seluruh anggota memutuskan untuk keluar dari agensi dengan membawa nama GOT7 turut bersama mereka. Jadi, meskipun kini para member telah berada di agensi yang berbeda-beda, tetapi tetap ada kemungkinan mereka melakukan comeback bertujuh dalam nama GOT7. Hal ini tentu saja membuat bahagia para AhGaSe yang tersebar di seluruh dunia.

 

9. WINNER

https://id.pinterest.com/

WINNER adalah boyband di bawah naungan YG Entertainment yang debut pada tahun 2014, dengan lima anggota yakni Jinwoo, Seunghoon, Mino, Seungyoon, dan Taehyun. Sayangnya, pada tahun 2016, Taehyun memutuskan untuk keluar dari WINNER atas alasan kesehatan.

Sebenarnya, WINNER ini adalah grup yang berasal dari survival show bertajuk WIN: Who is Next dengan lawannya adalah Ikon. Selama debut, WINNER berhasil meraih berbagai penghargaan termasuk sebagai “Monster Rookies” karena sukses sebagai grup baru. Setiap kali WINNER melakukan comeback, lagu-lagu mereka selalu berada di puncak tangga lagu Gaon, Billboard, dan lainnya.

Para fans WINNER tergabung dalam fandom bernama Inner Circle. Arti dari nama fandom ini adalah bagi WINNER, para fans menjadi sosok paling penting dan berharga, sehingga WINNER berusaha untuk berada pada lingkaran terdekat dengan orang-orang yang mendukung mereka tersebut.

tombol beli buku

10. Monsta X

https://id.pinterest.com/

Monsta X adalah boyband yang debut pada tahun 2015 di bawah naungan agensi Starship Entertainment dengan tujuh anggota yakni Shownu, Wonho, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, Jooheon, dan Changkyun (I.M). Sayangnya, pada tahun 2019 lalu, Wonho keluar dari Monsta X setelah adanya laporan berita bahwa Wonho mengkonsumsi rokok marijuana. Wonho yang enggan grupnya terseret dalam kasusnya, akhirnya memutuskan untuk hengkang dari Monsta X dan melakukan solo karir. Padahal sebenarnya, Wonho bebas dari kasus tersebut karena terbukti tidak bersalah atas tuduhan itu.

Sebenarnya, Monsta X ini adalah grup yang berasal dari survival show bertajuk No Mercy dan berhasil mendebutkan enam anggota saja, kemudian I.M adalah anggota tambahan di akhir episode. Selama debut, lagu-lagu Monsta X selalu berada di puncak tangga lagu, terutama pada lagunya yang dalam versi bahasa Jepang.

Para fans Monsta X tergabung dalam fandom bernama Monbebe, yang dalam bahasa Perancis berarti “bayiku”.

 

11. iKON

https://id.pinterest.com/

iKon adalah boyband bentukan YG Entertainment pada tahun 2015 yang beranggotakan tujuh orang, yakni Hanbin (B.I), Bobby, Jay, Ju-ne, Song, Donghyuk (DK), dan Chan. Sebenarnya, iKON ini adalah “Tim B” dari acara survival WIN: Who is Next yang menjadi “lawan” dari boyband WINNER. Namun, iKON selaku Tim B harus menerima kekalahan dan kemudian muncul kembali dalam survival show bertajuk Mix & Match, yang akhirnya berhasil debut dengan tujuh anggota tersebut.

iKON selalu berhasil berada di puncak untuk lagu-lagunya. Bahkan pada tahun 2015, tiga lagunya sekaligus menduduki posisi 10 teratas dalam tanggal lagu dunia. Tidak hanya itu, penjualan albumnya selalu mencapai 4,8 juta kopi yang pada akhirnya berhasil mengantarkannya sebagai Artis Pendatang Baru dalam acara penghargaan musik.

Fans iKON tergabung dalam fandom dengan julukan iKONIC, yang memiliki artian bahwa iKON dan iKONIC menjadi satu kesatuan yang sama.

 

12. SEVENTEEN

https://id.pinterest.com/

Seventeen atau kerap disingkat sebagai SVT ini adalah boyband di bawah naungan Pledis Entertainment yang debut pada tahun 2015. Meskipun nama grupnya adalah Seventeen, tetapi anggotanya berjumlah 13 anggota, yakni S.Coups, Wonwoo, Mingyu, Vernon, Woozi, Jeonghan, Joshua, Dokyeom, Seungkwan, Hoshi, Jun, The8, dan Dino.

Boyband ini memiliki keunikan yakni para anggotanya dibagi menjadi 3 subunit berdasarkan keahlian masing-masing, yakni unit hip-hop, unit vokal, dan unit dance (performance). Seventeen dikenal sebagai self-producing idol, yakni seluruh anggota terlibat dalam proses penyusunan dan pembuatan lagu, beserta dengan koreografi dance-nya.

Untuk unit hip-hop ada S.Coups, Wonwoo, Mingyu, Vernon. Lalu, untuk unit vokal ada Woozi, Jeonghan, Joshua, Dokyeom, Seungkwan. Kemudian, untuk unit dance (performance) ada Hoshi, Jun, The8, dan Dino.

Para fans Seventeen tergabung dengan fandom bernama Carat. Arti nama “Carat” adalah penyebutan untuk orang-orang yang membuat Seventeen menjadi berjaya seperti saat ini. Hal itu semakin didukung dengan lagu milik Seventeen yang berjudul Shining Diamond ketika tengah persiapan debut pada tahun 2015.

tombol beli buku

Nah, itulah beberapa boyband yang memiliki fans terbanyak sekaligus menjadi boyband terpopuler yang masih berjaya hingga saat ini. Meskipun beberapa anggota dari boyband tersebut ada yang hengkang, tetapi tidak lantas membuat popularitas mereka padam begitu saja. Apakah Grameds termasuk dalam fandom-fandom tersebut?

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum