in

Kenali 6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Sumber: unsplash.com/Jannes Glas

Manfaat Olahraga – Olahraga menjadi aktivitas yang sering kita lakukan saat sekolah dulu. Biasanya, olahraga dilakukan pada pagi hari, karena di waktu tersebut udara masih sejuk dan matahari belum terlalu panas menyengat. Sayangnya, kebiasaan berolahraga selama bertahun-tahun, tidak lantas membuat kita jadi menyukai kegiatan yang satu ini.

Kebanyakan orang biasanya jadi jarang melakukan olahraga setelah mereka lulus sekolah. Jangankan olahraga berat atau pergi ke gym, kebanyakan orang bahkan jarang sekali melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Salah satu alasannya apalagi kalau bukan karena kesibukan.

Well, tidak bisa dipungkiri bahwa setelah lulus sekolah kebanyakan dari kita sibuk bekerja dari pagi sampai sore. Namun, kesibukan yang padat seharusnya tidak jadi alasan buat kita untuk berhenti berolahraga. Apalagi sebenarnya, olahraga itu tidak harus dilakukan dalam waktu lama, kamu bisa melakukan olahraga ringan selama beberapa belas menit. Selama dilakukan rutin, pasti akan memberikan efek baik untuk tubuh kita.

Meskipun dapat menyehatkan tubuh, tetapi olahraga tidak boleh dilakukan sembarangan. Agar kegiatan berolahraga yang kamu lakukan memberikan efek yang baik, kamu harus melakukannya dengan benar, nih!

https://www.gramedia.com/products/kepelatihan-olahraga-teori-dan-metodologi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Olahraga

Olahraga itu baik untuk kesehatan tubuh. Kalau kamu mau memiliki tubuh yang sehat, selain menjaga asupan makanan dan minuman, kamu juga wajib melakukan olahraga. Namun, olahraga bukan hanya sekedar bergerak. Sebelum olahraga, pastikan juga kamu melakukan memperhatikan beberapa hal berikut ini!

1. Makanan

Untuk memulai pola hidup yang sehat, kamu bisa memulainya dari hal-hal kecil, salah satunya adalah makanan. Sebelum memulai olahraga, kamu harus lebih dulu memperbaiki pola makan kamu. Bukan hanya asupan makanan yang masuk ke perut, tapi juga jam makan yang teratur.

Kebanyakan orang yang berolahraga, terutama mereka yang sedang diet, biasanya menghindari sarapan atau makan malam agar berat badannya cepat turun. Padahal, sarapan, makan siang, dan makan malam itu penting banget untuk tubuh kamu. Tanpa asupan makanan, maka kamu akan kekurangan energi untuk melakukan berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

Menghindari sarapan atau makan malam dengan alasan agar berat badan cepat turun justru hanya akan membuat kamu semakin kalap saat menemukan makanan. Alhasil berat badan yang harusnya turun justru akan naik.

Alih-alih menghindari makanan, akan jauh lebih baik kalau kamu memilih menu apa yang akan kamu konsumsi. Siapkan menu makanan yang lebih sehat dengan asupan gizi yang seimbang. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keduanya. Tubuh ideal dan sehat!

2. Kondisi Tubuh

Olahraga memang bikin tubuh jadi sehat, tapi sebelum olahraga kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuh kamu. Kebanyakan orang hanya fokus pada berat badannya. Memang sih ini juga penting, tapi kamu juga harus memperhatikan segalanya termasuk penyakit yang sedang kamu miliki.

Jika tubuh kamu lagi tidak sehat, sebaiknya hindari dulu berolahraga. Begitu juga kalau kamu lagi menderita penyakit berat seperti diabetes, jantung, atau pernafasan, sebaiknya kamu berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan olahraga yang cocok dan sesuai untuk kondisi kamu. Selain itu, hindari olahraga yang terlalu berat karena itu akan memberikan dampak buruk pada tubuhmu.

3. Memilih Waktu Olahraga yang Tepat

Olahraga sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Namun, sebaiknya hindari berolahraga di siang hari. Selain sibuk, olahraga di siang hari juga tidak dianjurkan karena suhu udara jauh lebih panas.

Alih-alih berolahraga siang hari, kamu bisa bangun lebih awal dan melakukan kegiatan olahraga di pagi hari. Olahraga pagi jauh lebih baik terutama kalau kamu berolahraga di luar ruangan, salah satu alasannya karena udara masih bersih dan suhunya masih cukup sejuk.

Selain pagi, kamu juga boleh berolahraga di sore atau malam hari. Namun sebaiknya hindari melakukan olahraga di waktu yang terlalu mepet dengan jam tidur kamu. Setidaknya beri jeda 2 hingga 3 jam setelah olahraga.

Selain tidak baik buat kesehatan, tubuh kita juga biasanya akan mengalami kesulitan untuk tidur. Ini karena saat kita olahraga, ada beberapa hormon yang terlepas dari tubuh dan membuat tubuh terasa lebih segar. Alhasil, meski tubuh terasa lelah, kita akan kesulitan untuk tidur.

4. Pelaksanaannya

Salah satu kesalahan banyak orang saat melakukan olahraga adalah tidak melakukan pemanasan dulu. Alhasil, setelah olahraga, beberapa bagian tubuh terutama kaki akan terasa sakit selama beberapa hari. Buat kamu yang baru memulai kegiatan olahraga lagi, pastikan kamu melakukan pemanasan tubuh.

Selain pemanasan, lakukan olahraga secara bertahap, baik itu interval maupun intensitasnya. Misalnya kamu mau olahraga lari, sebelum mencobanya di lintasan lari, kamu bisa memulainya dari lari keliling komplek yang jaraknya lebih dekat. Jika sudah terbiasa, baru jaraknya ditingkatkan.

Begitu juga dengan intensitasnya. Mengingat kamu sudah lama tidak berolahraga, tubuh akan jadi kaget saat kita melakukannya terlalu sering. Pertama-tama, lakukan olahraga setiap seminggu sekali. Jika tubuh sudah terbiasa, baru tingkatkan intensitasnya jadi dua atau tiga kali dalam seminggu.

5. Pakaian yang Digunakan Saat Berolahraga

Banyak orang biasanya hanya memperhatikan jenis olahraga yang akan dilakukannya, tapi abai soal hal-hal kecil, termasuk soal pakaian yang dikenakan. Pakaian yang kita gunakan untuk berolahraga jelas berbeda dengan pakaian yang kita gunakan sehari-hari.

Untuk olahraga, kamu bukan hanya harus memilih pakaian yang nyaman tapi juga pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik. Ini karena saat kamu berolahraga, kamu akan banyak mengeluarkan keringat. Jika baju yang digunakan tidak bisa menyerap keringat, maka tubuh akan terasa gak nyaman dan panas.

Selain baju, perhatikan juga sepatu yang akan digunakan. Sama seperti baju, sepatu olahraga tentu berbeda dengan sepatu yang biasa kita gunakan untuk aktivitas harian.

Gunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan kita lakukan. Misalnya, menggunakan sepatu lari untuk lari, dan sepatu futsal untuk futsal. Sepatu ini penting, bukan hanya sekadar membuat kita terlihat stylish dan nyaman, tapi juga melindungi kaki kita agar tetap aman selama kegiatan olahraga dilakukan.

6 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat olahraga
Sumber: unsplash.com/Braden Collum

Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh, semua orang tahu itu. Namun, kita tidak pernah tahu secara detail apa saja manfaatnya. Berikut 6 manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui!

1. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil

Salah satu masalah yang paling sering muncul saat kita malas berolahraga adalah berat badan yang gak seimbang. Biasanya orang yang jarang olahraga rentan mengalami kenaikan berat badan, bahkan obesitas karena pola makan yang buruk.

Dengan melakukan olahraga teratur, bukan hanya badan yang akan terasa lebih bugar, tapi juga berat badan akan lebih stabil. Tentu saja, hal ini harus dibarengi dengan konsumsi makanan yang sehat ya! Jangan olahraga, tapi kamu masih sering makan junk food. Kalau begitu sih, tidak akan ada gunanya!

2. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit

Berolahraga dengan rutin dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Oleh karena itu, tidak heran kalau orang yang rajin olahraga biasanya jarang terkena flu atau sakit ringan lainnya karena tubuhnya dapat melindungi dia dari serangan virus maupun bakteri yang merugikan.

Selain penyakit ringan seperti flu, berolahraga setidaknya 150 menit dalam seminggu juga dapat menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti jantung, tekanan darah tinggi dan juga meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Buat kamu yang sering bad mood dan marah-marah apalagi setelah bekerja, kayaknya kamu kurang olahraga deh! Meskipun sekilas tidak ada hubungannya, tetapi nyatanya olahraga bisa membantu meningkatkan suasana hati.

Ini karena saat kita aktif bergerak, tubuh kita melepaskan hormon bahagia atau yang lebih dikenal dengan hormon endorfin. Hormon inilah yang membuat suasana hati kita menjadi lebih baik setelah rutin berolahraga.

4. Membuat Tidur Kita Jadi Lebih Berkualitas

Segala hal yang berlebihan itu gak baik, kamu setuju ‘kan? Begitu juga dengan hormon yang kita sebut sebagai hormon kebahagiaan ini. Dalam jumlah banyak, endorfin akan membuat kita gelisah dan kesulitan untuk tidur.

Setelah berolahraga, kadar endorfin dalam tubuh akan berkurang setelah 2 atau 3 jam. Alhasil, kita akan merasa lelah dan bisa tidur nyenyak. Jadi, kalau selama ini kualitas tidur kamu berantakan, coba deh olahraga secara rutin, siapa tahu karena olahraga, maka kualitas tidur kamu jadi membaik.

5. Menjaga Massa Tulang dan Otot Agar Tetap Sehat

Seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan semakin lemah, termasuk massa otot dan juga tulang. Untuk mencegah hal itu, asupan makanan sehat aja tidak akan cukup. Selain makanan sehat, kamu juga perlu olahraga secara teratur.

Olahraga terutama senam aerobik dapat memperkuat otot dan tulang agar tetap kuat. Ditambah lagi, dengan asupan makanan yang sehat dan bergizi, tubuh kita akan tetap kuat bahkan di usia tua.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Lagi-lagi, mungkin kamu berpikir kalau olahraga dan rasa percaya diri gak ada hubungannya sama sekali. Namun sebenarnya, keduanya memiliki hubungan yang cukup erat, lho! Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri kita.

Ditambah lagi dengan berolahraga, biasanya kita akan mematok target tertentu. Olahraga secara rutin akan membuat target kita tercapai dan ini akan membuat kita merasa lebih bangga kepada diri sendiri.

Terakhir, olahraga secara rutin juga akan membuat bentuk tubuh kita berubah menjadi lebih baik, dan hal ini tentu akan membuat kamu merasa jauh lebih percaya diri.

https://www.gramedia.com/products/z1-smamasmkmak-klxi-pendd-jasmani-olahragakese-k13-rev?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/z1-smamasmkmak-klxi-pendd-jasmani-olahragakese-k13-rev?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5 Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Setelah Olahraga

manfaat olahraga
Sumber: unsplash.com/Connor Coyne

Kebanyakan orang berpikir setelah olahraga ya sudah selesai begitu saja. Kita bisa kembali mengonsumsi makanan tidak sehat dan begadang semalaman. Padahal, olahraga juga harus dibarengi dengan gaya hidup yang baik agar hasilnya maksimal. Berikut beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan setelah berolahraga, diingat baik-baik ya!

1. Tidak Melakukan Pendinginan

Sebelum olahraga, kita harus melakukan pemanasan. Setelah olahraga pun, kita tidak boleh lupa melakukan pendinginan. Sayangnya, pendinginan seringkali dilupakan oleh banyak orang setelah mereka berolahraga. Padahal, melakukan gerakan cooling down alias pendinginan setelah berolahraga sangatlah penting.

Buat kamu yang belum tahu, gerakan pendinginan sebenarnya sama dengan gerakan pemanasan. Gerakan ini berfungsi untuk menurunkan denyut jantung yang sempat meningkat selama olahraga dilakukan. Selain itu, gerakan pendinginan juga dapat melindungi kita dari cedera yang gak perlu setelah berolahraga.

2. Tidak Ganti Pakaian

Nah, siapa disini yang kalau olahraga males ganti baju? Memang sih setelah olahraga, kita akan merasa lelah. Saking capeknya, sampai ganti baju aja rasanya tidak punya tenaga. Akan tetapi, saat berolahraga, keringat akan membanjiri tubuh kita dan membuat pakaian yang kita gunakan terasa tidak nyaman. Belum lagi, bau keringat yang muncul setelah olahraga juga dapat mengganggu orang lain disekitar kita.

Jadi, secapek apapun kamu setelah melakukan olahraga, kamu harus tetap ganti baju dengan baju yang bersih. Selain lebih nyaman digunakan, ganti baju juga akan mengurangi bau keringat setelah olahraga dan membantu menghindari infeksi atau jerawat pada bagian tubuh seperti punggung.

3. Kembali pada Pola Makan yang Buruk

Olahraga rutin gak akan ada efeknya kalau kamu gak menjaga pola makan kamu setiap hari. Makanan memang sangat penting bagi tubuh kita, tapi pastikan makanan yang masuk ke tubuh bukan hanya mengenyangkan, tapi juga ada manfaatnya bagi tubuh.

Terlebih lagi, setelah berolahraga biasanya kita akan merasa lebih lapar. Alhasil, kita akan makan lebih banyak setelah olahraga. Padahal, makan banyak setelah olahraga juga akan memberikan efek buruk pada tubuh terutama sistem pencernaan.

Alih-alih kalap saat makan, ada baiknya kalau kamu memberikan jeda selama 30 menit setelah olahraga. Selain itu, makanlah dengan porsi seperti biasa kamu makan agar sistem pencernaan gak mengalami masalah.

4. Tidak Minum Air Putih dengan Jumlah yang Cukup

Saat berolahraga, cairan di dalam tubuh akan banyak keluar sebagai keringat. Oleh karena itu, tidak heran kalau setelah olahraga, kita akan merasa sangat haus, apalagi kalau udara memang sudah terik.

Mirisnya, kebanyakan orang terutama murid sekolah lebih memilih membeli minuman kemasan dingin setelah berolahraga. Padahal, daripada minuman kemasan akan lebih baik kalau kamu minum air putih dalam jumlah cukup.

Air putih dalam jumlah yang sesuai akan membantu mengembalikan cairan tubuh, sehingga kamu terhindar dari dehidrasi. Lagipula, air putih jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan yang aneh-aneh seperti yang ada pada minuman kemasan.

5. Tidak Beristirahat dengan Cukup

Setelah olahraga, kita pasti akan merasa lelah. Terlebih, kalau ini adalah olahraga kamu yang pertama kalinya setelah sekian lama. Setelah berolahraga dan melakukan pendinginan, kamu jangan langsung beraktivitas. Sebaliknya, berikan tubuh waktu untuk beristirahat.

Istirahat gak harus selalu tidur, kok! Kamu bisa duduk santai selama setengah jam untuk memulihkan tenaga yang hilang setelah olahraga. Selain istirahat setelah berolahraga, jangan lupa juga untuk tidur cukup di malam hari selama 6 atau 7 jam.

https://www.gramedia.com/products/sdmi-kelas-1-penjasorkes-1-pendidikan-jasmani-olahraga-kesehatan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sdmi-kelas-1-penjasorkes-1-pendidikan-jasmani-olahraga-kesehatan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Kebanyakan orang malas melakukan olahraga karena gak mau bangun pagi, gak mau berkeringat, gak mau kepanasan, dan gak mau capek. Padahal justru yang capek, panas, bangun pagi, dan keringatan itu yang bagus untuk tubuh kita.

Bayangkan kalau kamu enggak olahraga sama sekali selama bertahun-tahun, dan hanya disibukkan dengan pekerjaan dan makanan yang tidak sehat. Jika hal seperti itu terus dilakukan, maka bisa membuat tubuh kamu rusak. Kalau sudah begitu, penyakit apapun akan lebih mudah menyerang. Pastinya, kamu tidak ingin mudah terkena penyakit ‘kan? Kalau iya, yuk mulai sekarang olahraga dan ubah pola hidup kita jadi lebih sehat!

Untuk Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang olahraga dan kesehatan, kamu bisa mengunjungi Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan produk terbaik dan terbaru untuk Grameds. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi