in

Cara Merawat Bunga Peace lily

cara merawat bunga peace lily – Sepertinya sudah banyak orang yang tahu bahwa banyak sekali tanaman bunga yang cocok untuk ditanam dan dirawat di rumah, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar. Setiap tanaman bunga pasti bernilai keindahan dan dari keindahan itu rumah kita akan terlihat lebih asri dan nyaman. Apakah kamu salah satu orang yang menanam dan merawat tanaman bunga di rumah?

Pencinta tanaman bunga ini memang tidak ada habisnya walaupun sudah berganti-ganti generasi. Maka dari itu, tak jarang orang yang beranggapan bahwa tanaman bunga ini digemari oleh kalangan anak-anak, anak muda, hingga para orang tua. Kecintaan mereka pada tanaman bunga disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari rasa bosan, terlalu banyak waktu luang, mencari peluang bisnis, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang menjadikan kegiatan menanam dan merawat tanaman hias ini sebagai hobi untuk menghilangkan rasa bosan dan mengisi waktu luang. Bahkan, ada juga yang menjadikan tanaman bunga ini sebagai sumber bisnis sekaligus sumber pemasukan. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menikmati tanaman bunga.

Bagaimana pun cara menikmati tanaman bunga selama dilakukan perawatan yang baik, kamu akan dapat melihat keindahan dan manfaatnya lebih lama. Hal ini akan berbeda, jika kamu kurang memerhatikan perawatan tanaman bunga yang kamu tanam, kemungkinan besar tanaman bunga tersebut akan layu lebih cepat atau mati.

Selain warna yang indah yang dapat membuat rumah menjadi lebih asri, ternyata ada beberapa tanaman bunga yang mempunyai banyak sekali manfaat, baik itu untuk diri sendiri atau untuk lingkungan. Salah satu tanaman bunga itu adalah peace lily.

Tanaman bunga peace lily memiliki banyak sekali manfaat dan memiliki nilai keindahan yang cukup tinggi karena ada perpaduan bunga dan daun pada satu tanaman. Akan tetapi, bagi sebagian orang bingung bagaimana cara merawat tanaman bunga ini. Grameds, simak artikel tentang cara merawat tanaman bunga peace lily sampai habis ya.

Rekomendasi Buku: Serial Galeri Eksotika: Tanaman Hias Bernuansa Varigata

Serial Galeri Eksotika: Tanaman Hias Bernuansa Varigata

tombol beli buku

Tanaman Peace lily

peace lilyTanaman bunga peace lily atau dalam bahasa Indonesia berarti tanaman bunga perdamaian atau lili perdamaian. Tanaman bunga ini memiliki nama ilmiah, yaitu Spathiphyllum sp dan berasal dari family Araceae. Bunga yang ada pada tanaman peace lily merupakan bunga dengan jenis evergreen perennial. Evergreen perenial  adalah tanaman yang di mana semua daun-daunnya tidak akan digugurkan secara bersamaan pada musim-musim tertentu.

Tidak hanya itu, tanaman yang terkenal dengan bunganya yang indah ini dapat melanjutkan hidupnya setelah melakukan reproduksi. Dengan kata lain, dalam siklus hidupnya, tanaman bunga ini mampu menyelesaikan hidupnya kurang lebih selama dua tahun. Tanaman bunga ini juga dikenal dengan manfaatnya yang dapat menyerap polusi udara. Oleh sebab itu, terkadang kita dapat melihat tanaman ini di tepi-tepi jalan perkotaan.

Meskipun tanaman bunga peace lily termasuk ke dalam tanaman bunga, tetapi pada tanaman bunga ini terdapat daun yang berwarna hijau dan cukup banyak. Sedangkan warna dari tanaman bunga ini adalah putih. Jadi, perpaduan warna putih dan warna hijau dalam satu bunga menambah keindahan dari tanaman bunga ini.

Daun-daun yang ada pada tanaman bunga peace lily panjangnya kurang lebih 12-65 cm dan lebar daun-daunnya sekitar 3-25 cm. sedangkan bunga pada tanaman bunga ini mempunyai keunikan berupa warna putih kekuningan yang terletak pada bagian tengah bunga. Untuk bunga itu sendiri dalam satu bulan dapat tumbuh beberapa kali. Bahkan, pada bagian bunga juga terdapat daun yang tipis dan bergelombang.

Bunga ini hidup berkelompok dan uniknya lagi tanaman bunga ini tidak begitu membutuhkan sinar cahaya matahari. Oleh sebab itu, tanaman bunga ini bisa ditanam di dalam ruangan sekaligus dapat mempercantik ruangan. Akan tetapi, jika dibiarkan tanpa terkena sinar cahaya matahari, bunga ini hanya mampu bertahan hidup selama 14 hari saja.

Jika ditanya tentang keharuman pada bunga peace lily tak perlu diragukan lagi. Bunga ini memiliki keharuman yang khas, sehingga membuat orang terpikat. Bunga pada tanaman ini ternyata memiliki pelindung dan pelindung bunga itu mampu bertahan selama 6 bulan. Dalam satu bulan akan berwarna putih dan bulan-bulan berikutnya akan berubah menjadi warna hijau.

Serial Galeri Eksotika: Pesona 500 Jenis Tanaman Hias Bunga

Serial Galeri Eksotika: Pesona 500 Jenis Tanaman Hias Bunga

tombol beli buku

Deskripsi Buku

Buku yang membahas pesona tanaman hias bunga yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Berisi penjelasan yang mudah dipahami tentang cara merawat hingga memperbanyaknya. Buku yang patut untuk dimiliki dan dibaca oleh para pecinta tanaman hias. Membahas lebih dari 500 tanaman hias bunga

Cara Merawat Peace lily

bunga peace lilySupaya kamu dapat melihat keindahan dan kesejukan dari tanaman bunga peace lily lebih lama, maka kamu harus melakukan perawatan dengan tepat dan secara rutin. Cara merawat tanaman bunga peace lily sebagai berikut.

1. Penyiraman Secara Rutin

Tanaman bunga peace lily dikenal dengan tanaman yang mampu bertahan hidup di suhu yang tidak begitu panas. Oleh sebab itu, ketika menanam dan merawat tanaman bunga ini diperlukan kondisi tanah yang lembap. Hal ini dikarenak tanaman bunga ini akan tumbuh dengan maksimal jika media tanamnya dalam kondisi lembap.

Bagi kamu yang baru memiliki  tanaman bunga peace lily, sebaiknya sebisa mungkin memerhatikan kelembaan tanah daru tanaman bunga ini. Meskipun, tanaman bunga suka dengan kelembapan, tetapi kamu tidak boleh memberikan air terlalu banyak atau terlalu sering karena tanaman bunga ini bisa mengalami pembusukan.

Jika kamu menanam dan merawat tanaman ini bunga di luar ruangan, sebaiknya diberikan pelindung agar tidak terkena air hujan secara langsung. Hal ini perlu dilakukan karena air hujan ini bisa menyebabkan tanaman bunga peace lily terkena penyakit atau hama.

2. Penggunaan Media Tanam 

Tanaman bunga peace lily ini sangat suka dengan kondisi tanah yang memiliki kandungan organik yang cukup banyak. Kondisi tanah seperti ini sangat disukai oleh tanaman bunga ini, sehingga jika kamu ingin menanam dan merawat tanaman bunga ini, kamu bisa menggunakan komposisi tanah, pupuk kompos, dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:3:3.

Komposisi perbandingan di atas bukan hanya digunakan pada tanaman bunga peace lily yang ditanam di pot, tetapi dapat digunakan pada tanaman bunga peace lily yang ditanam di luar ruang seperti pekarangan rumah. Dengan komposisi tersebut, tanaman bunga ini akan merasa seperti hidup di habitat aslinya.

Rekomendasi Buku: 600 Jenis Tanaman Hias Daun

600 Jenis Tanaman Hias Daun/200087801

tombol beli buku

3. Penggantian Pot

Salah satu tanda bahwa tanaman bunga peace lily tumbuh subur adalah pertumbuhannya yang semakin besar, hingga tidak bisa muat lagi dalam satu pot. Maka dari itu, dalam menanam tanaman bunga ini biasanya diletakkan di pot yang berukuran cukup besar. Akan tetapi, jika pot sudah mulai terlihat tidak cukup, kamu bisa memindahkan ke pot lain agar tanaman bunga ini bisa tumbuh maksimal kembali.

Ketika memindahkan ke pot lain, sebaiknya kamu menggantinya dengan pot dengan diameter yang lebih besar sekitar 2 inci. Biasanya penggantian pot ini dilakukan selama satu atau dua tahun, tetapi jika dirasa sudah tidak muat lagi, kamu bisa memindahkannya sesegera mungkin. Selain itu, pergantian pot ini juga sering dilakukan pada musim panas karena pada musim ini pertumbuhan dari tanaman bunga ini akan semakin cepat.

4. Pencahayaan

Tanaman bunga peace lily jika dibiarkan tidak terkena matahari selama beberapa hari masih bisa bertahan hidup. Namun, bukan berarti tanaman bunga yang dikenal dengan keindahan bunganya ini dibiarkan begitu saja agar tidak terkena matahari. Waktu paling lama tanaman bunga ini dapat bertahan hidup tanpa matahari selama 14 hari atau 2 minggu. Oleh karena, kamu bisa meletakkan tanaman bunga ini di dekat jendela selama 3 hari sekali supaya tanaman yang kamu tanam dan kamu awat ini mendapatkan asupan sinar cahaya matahari.

Jika kamu menanam dan merawat tanaman bunga peace lily di luar ruangan, sebaiknya jangan membiarkan tanaman bunga ini terkena sinar cahaya matahari secara langsung. Kamu bisa memberikan pelindung atau penghalang cahaya masuk, seperti kerai yang terbuat dari bambu atau rotan.

5. Perhatikan Suhu Udara

Ternyata ketika merawat tanaman bunga peace lily, kamu perlu memerhatikan suhu lingkungan atau suhu ruangan. Suhu lingkungan atau suhu ruangan sangat memengaruhi pertumbuhan dari tanaman bunga dengan warna putih yang indah. Tanaman bunga ini dapat tumbuh dan bertahan hidup pada suhu 26 celcius hingga 28 celcius.

Jika sudah memasuki musim kemarau pastinya suhu ruangan atau suhu lingkungan pasti meningkat, sehingga tanaman bunga peace lily bisa kekurangan air atau kekeringan. Oleh karena itu, agar tanaman bunga peace lily ini dapat tumbuh dengan baik ketika musim kemarau, kamu bisa menyeka daun dari peace lily dengan air bersih. Proses menyeka sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali selama musim kemarau.

tombol beli buku

Penyebab Peace lily Layu

Setelah membahas tentang cara perawatan terhadap tanaman bunga peace lily dan sebelum membahas tentang, sebaiknya kita mengetahui tentan penyebab tanaman bunga ini sering layu. Pada umumnya, tanaman bunga peace lily sangat mudah untuk ditanam dan dirawat karena tidak membutuhkan sinar cahaya matahari terlalu sering atau terlalu banyak.

Akan tetapi, tanah dari tanaman bunga ini harus dalam keadaan lembap agar mampu tumbuh dengan maksimal. Dari sinilah biasanya kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan tanaman bunga ini layu. Ketika menyiram tanaman bunga ini feeling-nya kurang, sehingga air yang disiram terlalu banyak, sehingga kelembapan tanah menjadi berlebihan.

Manfaat Peace lily

Tanaman bunga peace lily memiliki manfaat selain mengurangi polusi udara. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari tanaman bunga peace lily.

1. Dapat Meningkatkan Kualitas Udara

Dalam suatu ruangan, terkadang masih terdapat udara-udara kotornya yang kurang baik bagi kesehatan. Manfaat pertama yang bisa dirasakan tanaman bunga peace lily adalah dapat meningkatkan kualitas udara pada suatu ruangan. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa tanaman bunga ini bisa membuat lingkungan yang sedang kamu tempati menjadi bersih.

Jika udara sebuah ruangan menjadi bersih, maka udara yang kamu hirup adalah udara yang sehat. Kualitas udara yang dapat ditingkatkan oleh tanaman bunga peace lily sebesar 60 persen. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menanam dan merawat tanaman bunga ini. Jadi, kamu jangan ragu untuk menanam dan merawat tanaman bunga yang sangat indah ini.

2. Dapat Mengurangi Spora Jamur di Udara

Jamur-jamur yang ada pada suatu ruangan tidak baik bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan beberapa penyakit. Biasanya spora jamur yang ada di suatu ruangan terbawa oleh udara yang kurang bersih. Spora jamur ini bisa mengganggu seseorang dalam beraktivitas terutama orang-orang yang sangat sensitif dengan spora jamur. Selain itu, spora jamu ini bisa menyebabkan gangguan pada pernapasan, iritasi kulit, dan iritasi mata.

Untuk mengatasi atau mengurangi spora jamur di dalam ruangan, kamu bisa menanam dan merawat tanaman bunga peace lily. Oleh karena itu, manfaat kedua ini bisa dibilang dapat mengurangi spora jamur. Hal ini senada dengan yang dinyatakan oleh laman Balcony Garden Web bahwa tanaman bunga ini bisa dapat menyerap spora jamur.

3. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur menjadi salah faktor yang dapat membuat manusia menjadi lebih produktif dalam beraktivitas. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tanaman bunga peace lily dapat membuat udara suatu ruangan menjadi bersih. Dengan udara yang bersih itu pernapasan akan menjadi lebih sehat. Selain itu, dengan menanam tanaman bunga ini kualitas tidur kamu akan meningkat, sehingga dalam menjalani aktivitas sehari-hari akan lebih semangat.

Bukan hanya melalui udara yang sehat saja kualitas tidur menjadi meningkat. Tanaman bunga peace lily bisa mempercantik ruang tidur kamu, sehingga kenyamanan pada ruangan itu akan meningkat. Rasa nyaman sebelum tidur ini perlu dimiliki oleh setiap orang agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

 

Rekomendasi Buku: Tanaman Indoor Anti Polutan

tombol beli buku

Buku ini mengetengahkan semuanya, termasuk di dalamnya berbagai daftar polutan, jenis tanaman, peralatan, media, perawatan dan pemeliharaan tanaman, ornamen dan desain yang dapat digunakan sebagai blue print dan acuan dalam memelihara tanaman indoor. Buku ini sangat berguna bagi semua pihak, terutama para pecinta tanaman hias dan desainer interior yang menggunakan tanaman sebagai objek dengan nilai tambah karena tanaman adalah kehidupan.

 

4. Dapat Menghirup Uap Aseton

Suatu ruangan yang kamu tempati ternyata belum tentu memiliki udara yang baik dan sehat. Hal ini dikarenakan pada suatu ruangan terdapat bahan-bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan, seperti pernis, cat, cat kuku, penghapus, alkohol gosok yang didalamnya terkandung aseton.

Barang-barang kimia itu sulit untuk dihilangkan, terutama alkohol gosok yang memiliki kandungan aseton. Kandungan aseton ketika sudah menguap ke udara akan sangat berbahaya terutama ketika kamu menghirupnya. Oleh karena itu, kamu bisa menanam dan merawat tanaman bunga peace lily di ruangan tersebut. Mengapa harus tanaman bunga peace lily? Karena tanaman bunga ini memiliki kemampuan untuk menyerap kandungan aseton yang sudah berada di udara.

5. Dapat Menetralkan Racun

Manfaat terkahir yang terdapat pada tanaman bunga peace lily adalah dapat menetralkan racun-racun yang biasanya terdapat di udara. Hal ini senada dengan penelitian yang telah dilakukan oleh NASA, dalam penelitian itu NASA menyimpulkan bahwa tanaman bunga  peace lily ini dapat digunakan untuk menyerap racun, seperti benzena, formaldehyde, karbon monoksida, dan lain-lain.

Zat-zat yang ada di udara dan dapat membahayakan tubuh, seperti benzena, formaldehid, trichloroethylene, dan lain-lain. Zat benzena ini biasanya terdapat pada produk-produk yang berbahan plastik, karet, lubrikan, pestisida, dan serat fiber. Zat formaldehid umumnya berasal dari perekat, cat, karpet, dan sejenisnya. Zat trichloroethylene biasanya berasal dari benda-benda adesif atau benda-benda yang sudah terkena cat.

Kesimpulan

Kalau berbicara tanaman bunga memang tidak ada habisnya akan selalu ada yang dibahas termasuk tanaman bunga Peace lily yang terkenal dengan keindahan dan manfaat-manfaatnya. Tanaman bunga ini memiliki banyak sekali manfaat, seperti dapat dijadikan obat, mengurangi polusi, dan lain-lain. Dari keindahan dan manfaat-manfaat itulah banyak sekali yang gemar menanam dan merawat tanaman bunga ini. Akan tetapi, tanaman bunga itu tidak akan tumbuh dengan baik, jika tak dapat perawatan yang baik rutin dari pemiliknya.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu