in

Tanaman Pembawa Sial, Apa Saja?

Tanaman pembawa sial – Dalam mempercantik dekorasi rumah, kita dapat menambahkan tanaman. Selain itu, tanaman juga dapat membuat udara ruangan rumah menjadi segar. Dengan tatanan yang rapi  sesuai dengan bentuk dan model tatanan ruangan tentu akan menjadi rumah yang cantik dan menyejukkan. Meski begitu, beberapa  tanaman terkadang tidak cocok diletakkan di dalam rumah.

Hal tersebut dapat terjadi  karena ada beberapa tanaman pembawa sial menurut feng shui yang sebaiknya anda hindari. Namun, bagi sebagian orang masih ada juga yang masih percaya bahwa beberapa tanaman bisa membawa sial.

Lalu, apa saja daftar tanaman pembawa sial? Untuk mengetahui akan hal itu, kamu bisa simak ulasan lengkapnya pada artikel ini, Grameds.

Tanaman Pembawa Sial

Anda perlu mengetahui bahwa ada sebagian tanaman yang tidak cocok untuk ditanam di rumah karena ada tanaman pembawa sial yang sebaiknya dihindari. Berikut ini penjelasan tentang tanaman pembawa sial.

1. Kaktus

Pexels/Pixabay

Kaktus adalah tanaman yang cantik untuk ditanam di dalam pot. Kaktus merupakan tumbuhan yang cantik, masa pertumbuhannya lambat dan kebanyakan berukuran kecil dan tidak mencapai ukuran sangat besar.

Penanamannya gampang dan tidak membutuhkan perawatan yang khusus. Penyiraman air tidak harus setiap hari karena kaktus memang tumbuh di tempat yang kekurangan air. Artinya dapat tumbuh subur selama musim panas, meski permukaan tanahnya kurang lembap.

Tanaman berduri tajam ini yang bernama kaktus dipercaya sebagai tanaman  pembawa sial di dalam rumah karena menyebabkan pertengkaran.

2. Tanaman Asam Jawa

Asam Jawa sering digunakan untuk memasak makanan sebagai pelengkap rasa. Contohnya sayur asem menggunakan asam Jawa sebagai rasa asemnya di sayur itu.

Jadi, terkadang ada orang yang menanam pohon asem Jawa yang ditaruh di dalam pot. Anda mungkin memiliki tanaman ini dirumah untuk menghemat pengeluaran dan penggunaan pribadi. Bahkan, kita sering melihat tanaman asam Jawa di pinggir jalan raya.

Namun, sebaiknya jangan ditanam di dalam rumah dan anda jangan membangun rumah di lahan yang terdapat pohon asam di dekatnya. Ahli astrologi juga merekomendasikan untuk mencabutnya jika pohon asam tumbuh di dekat rumah Anda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

3. Myrtle/Murad

Tanaman murad ini biasa digunakan untuk dibuat henna/pacar atau bubuk mehandi. Myrtle atau juga disebut dengan pohon murad adalah jenis tanaman pembawa sial yang sebaiknya anda hindari. Karena hal tersebut menurut feng shui merupakan pohon dapat menarik roh jahat.

Pohon ini sangat populer di India. Ada beberapa pendapat mengatakan bahwa rumah juga tidak boleh dibangun di lokasi yang terdapat pohon murad sebab terdapat roh jahat yang mungkin dapat mengganggu ketenangan rumah.

4. Babul

Pohon ini memiliki bunga yang cantik berwarna kuning, pohonnya berduri dan sebagai pohon penyembuh. Pohon babul / Vachellia Nilotica termasuk tanaman pembawa sial berikutnya yang sebaiknya tidak anda tanam di rumah karena menyebabkan terjadinya perselisihan di dalam rumah. Oleh sebab itu, pohon ini pantang untuk menanamnya di dalam rumah dan membangun rumah di daerah yang memiliki pohon babul.

5. Tanaman Kapas

Tanaman kapas biasanya kapasnya digunakan untuk alat kosmetik sebagai alat pembersih muka, isi dari bantal dan lain sebagainya.

Tanaman kapas dipercaya dapat menjadi pembawa sial bila ditanam di dalam rumah. Disebabkan karena tanaman kapas menarik debu dan kotoran dengan mudah. Debu dan kotoran dipercaya menjadi sumber kemalangan dan kemiskinan di rumah bila dibiarkan tumbuh.

6. Bunga Anyelir

Tanaman yang memiliki nama botani tillandsia aeranthos adalah tanaman yang sangat mudah tumbuh dan biasanya disimpan di dalam ruangan di rumah.

Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk menanamnya di dalam rumah karena bunga anyelir udara dipercaya dapat menyerap energi yang baik. Dengan kata lain, bunga anyelir ini diyakini bisa menjadi pembawa sial apabila ditanam di dalam rumah.

7. Sirih Gading

Tanaman sirih gading adalah tanaman pembawa sial berikutnya sehingga tidak diperbolehkan untuk ditanam di dalam rumah. Hal ini disebabkan karena sirih gading dapat menyerap energi positif dan negatif sekaligus maka bisa saja menyebabkan ketidakseimbangan energi di dalam rumah.

Seandainya anda tetap ingin menambahkan tanaman hias sirih gading di rumah maka pilihlah jenis sirih gading emas. Karena tanaman sirih gading emas ini efektif untuk membersihkan udara dalam ruangan. Perawatan tanaman jenis ini sangat mudah hidup dan mudah diperbanyak.

8. Tanaman beracun

Tanaman berikutnya yang membawa sial adalah tanaman yang beracun sehingga tidak disarankan ditanam di dalam rumah dengan cara apapun. Kalau seandainya Anda terpaksa sudah menanamnya, maka jangan ditaruh di dalam rumah, tetapi disamping rumah, jangan ditaruh di depan pintu.

9. Tanaman Philodendron

ignartonosbg/Pixabay.com

Tanaman Philodendron Philodendron termasuk salah satu tanaman hias rumah yang cukup populer. Tanaman ini termasuk tanaman yang punya potensi berbahaya jika diletakkan di dalam rumah Anda.

Tanaman ini mengandung kalsium oksalat atau raphites yang merupakan elemen beracun. Walaupun kadarnya tidak tinggi dan tidak berbahaya secara langsung, ada beberapa orang atau hewan peliharaan yang cukup sensitif terhadapnya.

Jika kulit anda terkena getahnya maka akan ada potensi iritasi, bengkak, dan juga sensasi terbakar di kulit. Jadi, jangan ditaruh tanaman ini di dalam rumah karena takut anggota keluarga, hewan peliharaan akan terjadi iritasi jika terkena getah dari tanaman ini. Maka dari itu, wajar jika tanaman ini masuk ke kategori pembawa sial.

10. Tanaman Lidah Mertua/Snake Plant

Tanaman lidah mertua atau snake plant adalah tanaman yang mempunyai daya proteksi dan penyaringan energi yang baik. Tanaman ini sebenarnya bisa mendatangkan feng shui rumah yang baik.

Namun, tanaman lidah mertua ini bisa menjadi tanaman pembawa sial jika ditempatkan di titik- titik yang ramai.

11. Tanaman Bonsai

IlonaBurschl/Pixabay.com

Tanaman yang dibonsai adalah semakin indah dan cantik bila dilihat dan Anda menaruhnya bisa  di dalam rumah maupun di luar rumah anda. Namun, beberapa orang yang beranggapan bahwa tanaman bonsai termasuk ke dalam kategori tanaman “abu- abu”, yang artinya bisa menjadi elemen baik, tetapi juga bisa menjadi tanaman pembawa sial.

12. Pohon Pepaya

Pepaya adalah buah yang banyak disukai karena buahnya yang manis serta membuat perut menjadi dingin dan pencernaan menjadi lancar. Dengan menanam pepaya di pekarangan rumah membuat anda mengirit pengeluaran untuk membeli buah.

Sayur daun pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk memasak. Otomatis hal ini bisa menyebabkan keuangan menjadi ngirit pengeluaran. Namun, sejak zaman dahulu pepaya dianggap sebagai tanaman pembawa sial karena pohon pepaya tidak hanya dipercaya membawa energi buruk ke rumah tetapi juga dianggap sebagai salah satu tempat kesukaan makhluk gaib.

Konon, apabila pohon pepaya ditanam di depan rumah, maka akan mengundang malapetaka bagi seisi rumah berupa sakit serta kerugian usaha.

13. Bunga Bougenville

Bunga bougenville adalah bunga yang cantik dari warna bunga yang terang. Menurut Feng shui, bunga ini termasuk dalam tanaman pembawa sial karena dapat menyebabkan kesialan terutama dalam hubungan romansa, bisa menyebabkan konflik dalam hubungan.

Meski begitu, secara logika, ada durinya yang bisa membahayakan jika terkena manusia atau hewan peliharaan. Maka dari itu, ketika ingin menanam bunga bougenville, sebaiknya jangan diletakkan secara sembarangan.

14. Pohon Anggur

Anggur merupakan buah yang lezat dan manis. Tetapi banyak kepercayaan dan filosofi yang menganggap menanam pohon ini di rumah bisa membawa sial. Pohon anggur dianggap dapat membawa kebangkrutan dan membawa energi negatif bagi sang pemilik menurut orang jawa.

Demikian pembahasan kita tentang tanaman pembawa sial. Meski begitu, sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Untuk Grameds yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang tanaman dan juga perawatannya, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rujukan:

  • https://bangka.sonora.id/read/503510235/5-jenis-tanaman-pembawa-sial-dan-energi-negatif-pada-rumah-apa-saja?page=all
  • https://blog.tribunjualbeli.com/50236/bisa-bawa-sial-jangan-letakkan-5-jenis-tanaman-ini-di-rumah/
  • https://www.orami.co.id/magazine/tanaman-pembawa-sial
  • https://www.bing.com/ck/a?!&&p=96edc20312696765JmltdHM9MTY3MTIzNTIwMCZpZ3VpZD0zODM2YjBhOS1iMTVjLTZkNDUtMmNmZi1hMmQ0YjA4YTZjOGYmaW5zaWQ9NTEyOQ&ptn=3&hsh=3&fclid=3836b0a9-b15c-6d45-2cff-a2d4b08a6c8f&u=a1aHR0cHM6Ly93d3cub3JhbWkuY28uaWQvbWFnYXppbmUvdGFuYW1hbi1wZW1iYXdhLXNpYWw&ntb=1
  • https://bangka.sonora.id/read/503510235/5-jenis-tanaman-pembawa-sial-dan-energi-negatif-pada-rumah-apa-saja?page=all
  • https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/09/204700276/5-tanaman-yang-membawa-energi-buruk-di-dalam-rumah-menurut-feng-shui?page=all
  • https://www.dekoruma.com/artikel/69450/tanaman-pembawa-sial
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20211130192320-76-260583/7-tanaman-yang-dipercaya-bawa-sial-awas-salah-satunya-ada-di-rumah-bunda/2
  • https://kumparan.com/dekoruma/6-tanaman-yang-dipercaya-jadi-tanaman-pembawa-sial/
  • https://www.haibunda.com/moms-life/20211130192320-76-260583/7-tanaman-yang-dipercaya-bawa-sial-awas-salah-satunya-ada-di-rumah-bunda/2
  • https://www.jakartainsider.id/gaya-hidup/7317998762/dipercaya-pembawa-sial-hindari-10-tanaman-ini-di-rumah-anda-jangan-pernah-tanam?page=2

Rekomendasi Buku Terkait 

Buku Ajar Kultur Jaringan Tumbuhan 

Buku Ajar Kultur Jaringan Tumbuhan ini disusun dengan tujuan membantu mahasiswa Jurusan Biologi Program Studi Biologi maupun Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Buku ajar ini berisi materi kultur jaringan tumbuhan yang lengkap disertai gambar yang memberikan pemahaman yang lebih jelas mengenai kultur jaringan tumbuhan.

Buku ajar ini berisi 7 bab, yang membahas tentang pengertian kultur jaringan tumbuhan, teori yang mendasarinya, laboratorium dan bahan bahan yang digunakan untuk teknik kultur jaringan, dan aplikasi dari kultur jaringan tumbuhan yaitu perbanyakan tanaman secara in vitro, pemuliaan tanaman secara in vitro, konservasi tanaman secara in vitro, dan produksi metabolit sekunder melalui kultur jaringan tumbuhan.

 

Masa kanak-kanak selain bermain juga adalah masa di mana anak belajar banyak hal. Tidak harus selalu di bangku sekolah, mereka bisa banyak belajar dan mendapat ilmu dari kegiatan yang dilakukan di rumah. Salah satu kegiatan yang bisa dikenalkan kepada anak sejak kecil adalah bertanam atau berkebun.

Tanaman adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan. Kita sebagai pendidik mengenalkan anak tentang tanaman,sehingga tumbuh rasa menyayangi untuk merawatnya. Dengan merawat tanaman akan memberikan berbagai manfaat bagi perkembangan anak, dengan merawat tanaman akan dapat melatih kemampuan motorik, menumbuhkan karakter jiwa kasih sayang, menumbuhkan tanggung jawab, mengajarkan untuk lebih menghargai makanan.

Untuk para orang tua yang ingin mengajarkan anaknya dalam menanam, maka buku Yuk, Lebih Dekat Mengenal Tumbuh-Tumbuhan bisa dijadikan sebagai panduan. Di dalam buku ini, pembaca akan mengetahui pentingnya merawat suatu tanaman.

Yuk, Lebih Dekat Mengenal Tumbuh-Tumbuhan

 

Bunga – Bonggol Adenium Gaya Bonsai

Pesona adenium seolah tidak pernah luntur. Bunganya kaya varian bentuk dan warna. Bonggolnya menggembung. Perpaduan keindahan bunga dan keunikan bonggol semakin menambah sempurna pesona desert rose alias mawar gurun. Ia tampil bergaya bonsai.

Buku ini dilengkapi informasi perbanyakan, penyilangan, pengendalian hama penyakit, serta kontes dan pedoman penjurian. Juga ada galeri foto adenium 70 bunga & 70 adenium bonsai.

Jadi, bagi kamu yang ingin menanam bonsai, bisa mencari tahu infonya pada buku ini yang bisa didapatkan di gramedia.com.

 

Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara

 

Di kota-kota besar, lingkungan publik maupun perumahan, semakin tercemar. Berbagai polutan gentayangan di udara dan mudah terhirup hidung. Masyarakat pun terancam menderita gangguan pernafasan, yang baru disadari setelah menjalar ke radang tenggorokan dan paru-paru.

Selain itu, sebagian kawasan pemukiman pun tidak sehat. Sanitasi yang jelek, sampah yang menumpuk, saluran air mampet, banjir yang tak kunjung henti, memungkinkan nyamuk berkembang biak, memunculkan penyakit seperti malaria, demam berdarah, dan sebagainya. Buku Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara ini melengkapi Anda akan kegunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi polusi dan gangguan nyamuk.

Buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari referensi dalam merawat tanaman anti nyamuk. Jadi, jangan ragu untuk mendapatkan buku ini, Grameds.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.