in

12 Jenis Tanaman Monstera, Tanaman Hias Yang Estetik

Apakah Grameds menyukai tanaman hias daun untuk menghiasi ruangan rumah? Tepat sekali, Grameds bisa menggunakan berbagai jenis tanaman monster alias tanaman bunga janda bolong yang memiliki bentuk daun yang unik untuk mempercantik hunian.

Tanaman monstera adalah tanaman hias daun tropis yang bisa menjadi hiasan interior yang estetik bergaya Skandinavia atau minimalis. Tanaman hias daun ini bisa membuat ruangan- ruangan rumah Grameds menjadi lebih estetik dan minimalis. 

Keunikan dari jenis tanaman monster adalah daunnya yang mengkilap lebar berwarna hijau segar dan pekat yang biasanya berpola seperti bentuk hati yang sebagian permukaannya berlubang teratur.

Keunikan itulah yang membuat tanaman hias ini memiliki harga yang fantastis untuk tanaman aslinya. Terutama lubang- lubang yang ada dipermukaan daun tersebut yang membuat tanaman mosterna menjadi lebih elegan dan eksotis. 

Apakah Grameds tertarik menggunakan tanaman monstera untuk jadi hiasan di rumah? Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu jenis tanaman monster tersebut, berikut ini penjelasan lengkapnya tentang beberapa jenis tanaman monstera yang bisa dijadikan tanaman hias di rumah: 

 

JENIS- JENIS TANAMAN MONSTERA

Tanaman monster adalah jenis tumbuhan merambat yang akar pada batangnya bisa tumbuh dan menempel di pohon sekitarnya. Setidaknya ada 45 jenis tanaman monster yang sudah ditemukan hingga kini dan dijual belikan di pasaran, namun ada 12 jenis bunga monster yang biasa digunakan untuk hiasan rumah agar ruangan terlihat lebih estetik dan minimalis seperti berikut ini: 

1. Monstera Adansonii

Jenis Tanaman Monstera Adansonii

Tanaman monster jenis Adansonii juga sering disebut dengan istilah topeng monyet yang bisa tumbuh  mencapai panjang enam meter. Jenis tanaman ini memiliki warna hijau yang lebih segar dan mengkilap dan ciri khas lubang di permukaan daun yang dimiliki tanaman ini adalah utuh alias tidak sampai merobek bentuk daunnya.

Jika dibandingkan jenis monster lainnya, monstera adansonii atau topeng monyet ini termasuk tanaman yang berukuran kecil. Grameds juga bisa meletakkannya sebagai tanaman gantung. 

Jika Grameds memilih jenis monster ini maka cara khusus untuk merawatnya adalah menghindari tanaman ini dari kondisi lingkungan yang terlalu berangin dan kering karena monstera Adansonii tidak menyukai paparan sinar matahari langsung. Jika terlalu sering memberinya cahaya matahari secara langsung justru bisa membuat warna hijau segalanya menjadi pudar. 

Grameds bisa menyimpannya di luar ruangan dan tetap tidak terkena sinar matahari secara langsung, misalnya tetap ditutupi kanopi atau atap lainnya. Selain itu semprotkan air secukupnya agar tanaman tetap bisa tumbuh dan berkembang, paling tidak bisa hidup lebih lama.  

 

2. Monstera Borsigiana

Monstera Borsigiana
Monstera Borsigiana, sumber: carousell

Tanaman monstera Borsigiana adalah salah satu jenis monster yang paling banyak dijadikan tanaman hias di ruangan- runagan banyak orang. Itulah sebabnya mungkin Grameds sudah tidak asing dengan jenis tanaman ini karena banyak yang menggunakan tanaman hias ini , baik tanaman asli maupun imitasi plastiknya.

Jenis monster Borsigianan memiliki ciri khas bentuk lubang yang ada permukaan daunnya cenderung lebih sedikit. Selain itu batang tanaman ini berukuran kecil sehingga bisa diletakan di dalam pot tanaman yang minimalis. 

Dari bentuknya, jenis monster Borsigianum sebenarnya hampir serupa dengan jenis monstera deliciosa, namun ukurannya lebih kecil. Lubang daunnya yang jarang dan berjarak membuat tanaman monstera jenis ini terlihat simple dan estetik. Ukurannya yang tidak terlalu besar cocok diletakan di dalam ruangan yang juga tidak berukuran luas yang tumbuh menjuntai dengan batang yang lebih lunak. 

Hampir sama dengan jenis monster lainnya bahwa untuk merawat monster jenis ini untuk menghindari paparan sinar matahari langsung agar tidak membuat tanaman ini cepat layu, kering, atau warna daun yang memudar. 

 

3. Monstera Deliciosa Variegata

Monstera Deliciosa Variegata
Monstera Deliciosa Variegata

Tanaman monster jenis Deliciosa Variegata mungkin jenis yang bisa dengan mudah Grameds jumpai di pasaran. Jenis monstera Deliciosa memang lebih popular dari jenis tanaman monster lainnya.

Jenis ini memiliki ukuran daun yang lebih besar berbentuk hati dengan bentuk lubang di permukaan daun yang lebih banyak. Lubang daunnya berbentuk jari di bagian pinggir ruas daunnya. Jenis monstera Deliciosa bisa hidup di dalam ruangan dengan kelembaban suhu mulai dari 20 sampai 30 derajat celcius. 

Jenis monster Deliciosa pada umumnya berwarna hijau pekat dan segar namun untuk jenis variegatanya memiliki warna daun yang putih pekat dan mencolok atau berkombinasi dengan warna hijau. Tampilan warna inilah yang banyak dianggap orang seperti tanaman palus, padahal memang mereka memiliki pigmen warna putih bersih tersebut. 

Hal tersebut membuat tanaman jenis monster Deliciosa Variegata menjadi sulit menyerap sinar matahari. Itulah sebabnya jika Grameds memilih memelihara jenis tanaman monster ini tidak meletakkannya di ruangan yang gelap atau kekurangan cahaya matahari. Intensitas kebutuhan sinar matahari monstera Deliciosa Variegata mungkin sedikit berbeda dengan jenis tanaman monster lainnya. 

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Karena keunikan warna nya, monstera deliciosa variegata ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan jenis monstera deliciosa lainnya. Warna hijau yang bercampur dengan warna putih yang tidak beraturan antara helai satu dengan lainnya membuat tampilan monstera jenis ini sangat unik dan menarik perhatian.

Itulah sebabnya banyak orang yang mengincar tanaman monstera ini dan rela harus merogoh kocek yang banyak demi bisa mendapatkan jenis tanaman hias ini. 

Selain itu Grameds juga tetap perlu menyiramnya layaknya jenis monster lainnya agar tanaman tidak kering. Beri dukungan atau objek pada tanaman ini agar monstera Deliciosa Variegata ini bisa tumbuh ke atas dengan cantik. 

 

4. Monstera Karstenianum

Monstera Karstenianum
Monstera Karstenianum, sumber: carousell

Tanaman Monstera jenis Karsten Ranum mungkin cocok Grameds jadikan tanaman hias yang diletakan di atas meja. Monstera Karsyenianum juga dikenal dengan Monstera peru yang tampilannya sekilas seperti tanaman daun sirih.

Apakah Grameds tahu bagaimana tanaman daun sirih? Tepat sekali, daunnya pipih kecil dan tidak terlalu lebar. Perlu Grameds ketahui bahwa jenis monster ini termasuk dalam jenis tanaman yang memiliki harga fantastis. 

Berbeda dengan jenis monster lainnya, daun monster karsten hanum tidak memiliki lubang namun berbentuk hati yang lebih menawan. Warnanya biasanya gradasi warna hijau tua dan muda yang mengkilap dan bagus. Dalam satu tangkai tanaman ini bisa memiliki banyak daun karena memang ukurannya yang tidak terlalu besar. Jenis Monstera Karsten Namun bisa bertahan hidup dalam ruangan dengan kelembaban yang tinggi, sehingga Grameds harus rutin menyiramnya dengan air yang disemprot.  

5. Monstera ObliquaJenis Tanaman Monstera Obliqua

Monstera Obliqua adalah salah satu tanaman monster yang masih masuk dalam jenis monstera adansonii. Monstera Obliqua termasuk jenis yang lumayan langka di pasaran jadi Grameds mungkin akan kesulitan untuk menemukannya dan masih jarang digunakan sebagai tanaman hias. Bentuk daunnya hampir serupa dengan monstera adansonii, yakni ukurannya lubangnya lebih besar dan disatukan dengan filament kecil. 

Bentuk daunnya mungkin bisa dikatakan lebih lebar dibandingkan ukuran batang nya yang sangat kecil dan tipis. Itulah sebabnya jenis monstera ini sangat beresiko jika dikirim sebagai paket di dalam perjalan. Jadi mungkin tidak bisa di jual belikan secara online karena sangat beresiko rusak di perjalanan saat pengiriman. 

Tebal daun monstera oblique juga lebih tipis dibandingkan jenis monster lainnya, sehingga bisa terlihat berwarna hijau transparan jika terkena sinar matahari. Karena ukurannya yang mungil, Grameds bisa meletakan tanaman hias jenis ini  di atas meja. Tidak bercabang, jenis tanaman monster ini bisa tumbuh lebat seperti muncul dari permukaan tanah.  Hal yang membuat monstera oblique spesial adalah tanaman jenis ini hanya ada 17 spesimen liar yang pernah ditemukan. 

6. Monstera Acuminata

Monstera Acuminata
Monstera Acuminata, sumber: carousell

Tanaman jenis monstera Acuminata biasanya tumbuh secara horizontal dan muncul seperti kecambah ke permukaan tanah. Monstera Acuminata muda memiliki bentuk daun yang lebih bulat menyerupai hati dan ukurannya lebih kecil namun tebal dan mengkilap. Setelah jenis monstera ini semakin tua maka bentuk tanamannya akan menyerupai monster deliciosa. Tanaman ini tumbuh merambat dengan akar penahan ageostropik  yang batang pohonnya dapat tumbuh sampai 20 meter jika bertahan hidup lebih lama.  

7. Monstera Minima

Jenis Tanaman Monstera Minima

Montera jenis Minima memang terlihat seperti meniatur tanaman monstera yang bentuknua sedikit menerupai namun sebenarnya adalah jenis Rhaphidophora tetrasperma. Di alam liar, tanaman ini bisa tumbuh pesat sampai ketinggian lima meter. Cara merawat tanaman hias ini juga relatif mudah karena bisa lebih tahan dengan berbagai kondisi. Agar Grameds bisa memperoleh tampilan daun yang lebih cantik dari tanaman ini adalah menempatkannya di tempat yang lembab atau di balik jendela rumah agar tidak memberinya cahaya matahari yang berlebihan. 

 

8. Monstera Dubia

Monstera Dubia
Monstera Dubia, sumber: i am the new green

Montera jenis Dubai mungkin menjadi salah satu jenis monster yang langka dijumpai di pasaran. Sekilas bentuk tanaman monster jenis ini adalah menyerupai tanaman Satin photos yang penampilan daunnya lebar yang merambat dan batangnya menempel pada pohon atau media lainnya.

Daunnya yang bundar cenderung mengerujut di bagian ujungnya. Cara tumbuh jenis monstera ini adalah untuk melindungi daunnya dari tiupan angin kencang karena tanaman ini memang cukup mungil dan daunnya lumayan tipis. 

Tanaman monster muda bentuk daunnya masih utuh hanya dengan bercak berwarna abu-abu atau putih. Namun setelah semakin tua, daun tanaman ini akan mulai berkembang besar dan mulai membelah. Meskipun tidak berlubang namun monstera dubai memiliki tulang daun yang unik, yakni tampak jelas di permukaan daun sehingga membuatnya sangat elegan dengan motif di daunnya. 

Karena kelangkaannya tanaman monstera dubai memiliki harga yang lumayan mahal. Cara merawat tanaman monster jenis ini juga lumayan mudah, Grameds bisa letakan di tempat yang lebih lembab agar bisa tumbuh subur.  

 

9. Monstera Standleyana

Monstera Standleyana
Monstera Standleyana, sumber : moon leng nursery

Jika tanaman monstera terkenal karena lubang pada permukaan daunnya maka monstera jenis Standleyana ini  tampak seperti Satin polos tanpa lubang. Hal inilah yang mungkin membuat tanaman hias ini lebih murah dibandingkan jenis monstera lainnya.

Meskipun demikian tampilannya tidak kalah menarik karena bentuk daunnya yang tetap bulat seperti jenis monstera lainnya dan warna hijau pekatnya yang menawan. Warna monstera standleyana juga tampak seperti keperak-perakan yang lumayan mencolok. 

Grameds perlu memperhatikan cara merawat jenis ini karena lebih rentan dengan kutu putih yang bisa membuatnya menjadi mudah mati. Selain itu kutu putih juga dapat merusak tampilan tanaman monstera ini.   

10. Monstera Epipremnoides

Jenis Tanaman Monstera Epipremmnoides

Tanaman monstera Epipremnoides memiliki bentuk daun yang lebih lebar dan tipis dari jenis monstera lainnya dan memiliki ciri khas lubang di permukaan daun yang lebih lebar- lebar.  Karena ciri khas tersebutlah yang membuat tampilan tanaman monstera epipremnoides seperti keju swis sehingga disebut juga dengan Swiss Cheese Plant.

Grameds bisa menemukan jenis tanaman monstera ini di pasaran. Jika usia tanaman ini sudah semakin tua, biasanya lubang pada permukaan daun akan semakin menghilang dan berubah menjadi bentuk yang menyirip. Tanaman ini bisa tumbuh sampai setinggi 13 kaki atau sekitar 3 meteran. 

Bentuknya yang unik bisa membuat ruangan Grameds tampak lebih estetik dan nyaman. Warna Nya yang hijau segar membuat Suasana ruangan menjadi lebih menyenangkan. Grameds perlu merawat tanaman monstera ini dengan baik dengan rajin menyiramnya agar tanaman tidak mudah kering dan layu.   

11. Monstera Punctulata

Jenis Tanaman Monstera Punctulata

Jenis tanaman monstera Punctulata banyak ditemukan di Amerika tengah dan sekitar bagian selatan Meksiko. Monstera jenis ini memiliki batang yang berbentuk pipih dan saat tumbuh dewasa akan semakin berwarna kecoklatan. Tanaman ini bisa tumbuh sampai lima belas meter di alam liar yang membuatnya sangat terlihat kokoh. Grameds bisa merawat tanaman ini dengan rimbun dan hijau sehingga bisa menambah kesan asri di alam ruangan. 

Monstera Punctulata lebih menyukai tempat yang lembab namun dengan media tanaman yang cenderung kering. Saat merawat tanaman ini sebaiknya Grameds menghindari dari sinar matahari secara langsung karena bisa memudarkan warna daun yang hijau pekat dan mengkilat tersebut. Grameds juga harus rajin menyemprotkan air di daunnya agar tampilan tanaman monstera ini semakin menawan. 

Monstera Punctulata ini memiliki harga yang lumayan mahal, jadi pastikan Grameds membeli tanaman dengan kualitas yang bagus dan bisa merawatnya untuk bertahan hidup lebih lama. 

 

12. Monstera Siltepecana

Monstera Siltepecana
Monstera Siltepecana, sumber: etsy

Monstera Siltepecana adalah jenis yang bisa tumbuh merambat dan memiliki bentuk daun yang lebih oval dengan ujung daunnya yang mengerucut.  Monstera Siltepecana juga sering disebut dengan istilah silver monstera karena bagian tengah daunnya seperti muncul bercak atau motif berwarna silver keperak-perakan. Sedangkan bentuk tulang dan bagian pinggirannya tetap berwarna hijau segar. 

Memang berbeda dengan jenis monstera lainnya, monstera ini tidak memiliki lubang, melainkan motif berwarna perak yang menghiasi permukaan daunnya. Hal tersebut tetap membuat penampilan tanaman monstera ini bagus dan unik jika dijadikan tanaman hias di rumah. 

Nah, itulah jenis- jenis tanaman monstera yang popular dijadikan tanaman hias di rumah. Apakah ada jenis monstera yang Grameds sukai? Bagi para pecinta tanaman hias, jenis monstera adalah jenis tanaman hias yang wajib untuk dipertimbangkan untuk di beli.

Akhir-akhir ini sedang populer desain ruangan yang minimalis dan estetik, maka tanaman monstera menjadi interior yang cocok untuk menimbulkan kesan yang lebih kuat dari ruangan menjadi lebih nyaman. Warna hijaunya yang pekat dan mengkilat mampu membuat ruangan Grameds lebih eksotis dan elegan. 

Jika Grameds tertarik ingin mempelajari tentang tanaman monstera maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com. Grameds akan menemukan banyak referensi buku tumbuhan, terutama berbagai macam tanaman hias, mulai dari mengenal jenis dan mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar.

 

Rekomendasi Buku Terkait Monstera

Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca tentang tanaman monstera, mulai dari mengenal jenisnya sampai memahami cara merawat tanaman monstera yang benar agar tanaman hias ini bisa bertahan hidup lebih lama: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas. 

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti