in

22 Jenis Tanaman Dalam Ruangan / Tanaman Indoor

Tanaman Dalam Ruangan – Tak hanya untuk mempercantik sebuah ruangan dalam rumah, tanaman pada ruangan juga bisa melahirkan kesan terasa sejuk. Namun, perlu pastikan untuk mengetahui jenis tanaman apa yang akan kita gunakan pada dalam sebuah ruangan.

Karena dalam semua tanaman akan bisa terlihat cocok apabila dalam sebuah ruangan. Ada beberapa tanaman yang diperlukan untuk membutuhkan asupan dari sinar matahari yang akan untuk dapat tumbuh.

 

15 Tanaman dalam ruangan / Tanaman Indoor

Ada 14 pilihan tanaman rekomendasi yang cocok untuk berada di dalam ruangan, apakah saja itu? Berikut rangkumannya.

Tanaman Indoor Anti Polutan, Rumah Cantik Dan Sehat Dengan Tanaman Indoor

tombol beli bukuTanaman Dolar

Banyak orang menyebut sebuah tanaman ini dengan nama tanaman zamio atau ZZ plant.

Sementara, dari kalangan pecinta tanaman hias yang ada di Indonesia, tanaman ini keran disebut dengan nama tanaman ‘dolar’. Tanaman yang sudah disebut sebut dengan dolar ini telah dikenal memiliki daun yang tebal serta memiliki ukuran yang simetris.

Daun tersebutlah yang kerap digunakan sebagai menyimpan cadangan air. Maka dari itu, pada perawatannya pun itu mudah karena tak perlu membutuhkan banyak asupan air.

Selain itu pun, tanaman hias untuk indoor ini juga bisa hidup dalam ruangan yang sinar matahari yang sedikit. walaupun seperti itu, kita perlu sesekali untuk mengeluarkan tanaman ke luar ruangan sebanyak 2-3 hari selama beberapa jam.

Sehingga beberapa kelebihan itulah yang dapat membuat tanaman dolar ini di cari cari oleh para pecinta tanaman hias.

Monstera Deliciosa

Monstera DelicosaTanaman kekinian Monstera atau dikenal sebagai nama tanaman janda bolong menjadi tanaman hias unik yang berasal dari  daerah tropis Amerika yang menjadikan banyak peminat di tahun ini.

Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang
Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang

tombol beli buku

 

Merawat Monstera
Merawat Monstera

tombol beli buku

Tanaman Kopi

Apakah anda pecinta aroma sebuah kopi? Cobalah untuk menggunakan tanaman kopi sebagai pengharum dalam ruangan yang alami di rumahmu.

Kita dapat menggunakan tanaman kopi arabika yang kecil dengan memiliki visual yang cantik serta mudah dirawat. Tak kembali berbeda jauh dengan tanaman dolar, tanaman kopi ini juga terkenal dengan perawatannya yang cukup mudah.

Kita hanya perlu beberapa kali memberikan asupan air di pagi serta pada sore hari.

 

Aglaonema Merah

Tak hanya dengan penampilannya yang cantik, aglaonema merah juga sangat mudah untuk dirawat. Tanaman hias yang satu ini disebut bisa bertumbuh dengan baik pada cahaya yang rendah, sedang, serta tinggi.

Kita hanya perlu untuk menyiramnya beberapa kali supaya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Dikenal dengan memiliki warna yang cerah, tanaman yang satu ini tentu akan cocok sebagai penyeimbang dalam interior yang bergaya minimalis.

 

Tanaman Karet Merah/Kebo

Seperti halnya dengan tanaman-tanaman dalam ruangan lainnya, tanaman karet ini juga memerlukan pencahayaan yang terang serta tidak langsung.

Tanaman yang satu ini memiliki daya hidup yang cukup kuat. Kita hanya perlu menyiramnya sesekali apa bila tanah nya mulai kering. Dan tidak hanya itu, tanaman dalam ini juga sudah dikenal dengan salah satu penyerap debu pada udara yang alami.

Sehingga, hal itu dapat membuat masuk dalam sebagai jajaran tanaman dalam ruangan yang memiliki kesehatan yang baik. Kita juga bisa dengan meletakkan pada tanaman ini yang berada di dekat area bagian tempat duduk favorit sambil dengan menikmati udara segar.

 

Tanaman Pilea

Dengan pencahayaan yang cerah serta sinar matahari yang tidak langsung, dianggap ideal untuk jenis tanaman yang satu ini.

Namun, kita tetap perlu berhati-hati dalam melakukan penyiraman. Karena, pilea terkenal dengan tidak menyukai asupan air yang berlebihan.

Dengan penyiraman yang cukup dilakukan dalam beberapa hari sekali saja, maupun ketika media tanam sudah terlihat kering.

Dalam soal pencahayaan, akan terlihat lebih baik apabila kita meletakkan di dekat jendela yang terkena sinar matahari.

 

Tanaman Anthurium

Sudah dikenal dengan bentuknya yang cantik, anthurium ini juga memiliki bunga yang berbentuk hati dengan benang sari yang berada pada tengah daun.

Untuk perawatan nya sendiri tanaman anthurium ini juga dikenal minim perawatan. Kita hanya harus menyiramnya setiap satu hingga dua kali, serta pemupukannya yang sesekali.

Tidak hanya itu saja, jenis tanaman dalam rumah ini juga telah dikenal karena dengan harganya yang lebih mahal di antara tanaman hias yang lainnya.

Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal
Daun – Bunga Anthurium Mewah & Fenomenal

tombol beli buku

 

Anthurium 175 Jenis Eksklusif
Anthurium 175 Jenis Eksklusif

tombol beli buku

 

Tanaman Begonia

Tanaman begonia merupakan salah satu tanaman yang sudah banyak di kejar oleh banyak orang. Selain karena dapat menambah estetik dalam sebuah ruangan, tanaman ini juga sangat mudah ditanam serta dirawat.

Dengan salah satu kepercayaan yang menyebutkan bahwa siapapun yang menanam begonia dalam rumah dapat memberikan keberuntungan untuk para penghuninya.

Jenis tanaman hias dalam ruangan ini sangat cocok diletakkan dalam berbagai sudut area hunian. Untuk perawatannya sendiri, kita hanya perlu membutuhkan penyiraman sesekali apabila tanah yang mulai mengering.

Tanaman jenis satu ini bisa beradaptasi dengan baik pada area dengan kelembaban yang rendah. Dikenal yang mudah dirawat, bunga kalanchoe ini bahkan bisa bermekaran di musim dingin.

Kita hanya perlu dengan menyiramnya serta membiarkan hingga tanahnya mengering. Namun, jangan sampai kita menyiramnya dengan berlebihan. Karena bunga kalanchoe ini bisa saja tidak akan tumbuh dengan baik.

Bawalah tanaman ini untuk mengenai matahari pagi sesekali agar bunga dapat bertumbuh dengan lebat.

 

Peace Lilies

Selain untuk mempercantik sudut pada ruangan di dalam rumah, tanaman yang satu ini juga sudah dikenal banyak orang karena dalam kemampuannya membersihkan udara di dalam sebuah ruangan.

Dengan meletakkan tanamannya di dalam ruangan, serta peace lily ini pun dapat  menyerap udara yang kotor, bahan kimia, serta racun yang sangat berbahaya untuk tubuh.

Udara yang berada dalam ruangan ini akan menjadi segar serta sejuk. Peace lily ini mampu bertahan hidup dalam ruangan yang terbilang cukup lama.

Dalam perawatannya sendiri, kita hanya perlu membawa tanaman ini ke luar ruangan setiap 2 hingga 3 hari dalam beberapa jam untuk bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tanaman yang ini memerlukan jenis tanah yang lembab. Untuk itu, kita dapat menyiram tanaman ini di bagian atas tanah yang kering.

 

Kaktus /Cacti

Siapa disini yang tak kenal dengan pohon kaktus? Tanaman hias indoor yang satu ini sudah tumbuh subur di dalam cahaya yang alami.

Dan kita pun hanya perlu untuk menyiramnya sebanyak seminggu sekali. Untuk menjadi sebuah dekorasi, cobalah untuk menanam kaktus dalam berbagai ukuran di terarium yang berwarna-warni. Tanaman ini cocok juga untuk pemula dalam merawat sebuah tanaman.

 

Pakis Buaya

Pakis buaya yang memiliki nama latin Microsorum musifolium ini merupakan salah satu jenis tanaman pakis.

Tanaman ini disebut sebut dengan pakis buaya karena memiliki bentuk serta karakteristik daun dengan memiliki tekstur yang tebal serta kasar seperti sebuah kulit buaya.

Untuk sebuah tanaman hias yang sedang populer, Crocodile Fern ini sudah banyak disukai karena bersifat mudah dalam beradaptasi dengan cuaca.

Perawatannya pun juga tergolong tidak sulit. Kita hanya perlu dengan menyiramnya secara rutin.

 

Tanaman Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sering kali disebut aloe vera, yang tergolong cukup populer. Dengan memiliki bentuknya yang unik, lidah buaya ini sering digunakan dalam menghiasi sebuah sudut dalam ruangan.

Tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan air yang sangat banyak. Kita hanya perlu menyiramnya sebanyak seminggu sekali. Selain itu pun juga, kita dapat menggunakan tanaman ini sebagai sebuah pereda luka bakar maupun pelembab kulit.

 

Tanaman Hebras

Tanaman Hebras atau Gerber Daisy ini sudah dikenal berasal dari daerah Afrika Selatan. Ia jadi sebuah tanaman dalam ruangan untuk yang bagus untuk kesehatan para penghuni rumah. Karena, tanaman hias indoor satu ini adalah sebuah penyerap racun ruangan yang baik namun tetap terlihat cantik tentunya dari warna-warnanya yang variatif.

Ia memiliki sebuah kemampuan dalam menyerap racun seperti trichloroethylene yang pada umumnya muncul dari sebuah produk sabun cuci. Tak asing bila banyak yang meletakkan tanaman hias ini di sekitar dapur maupun pada kamar mandi.

 

Tanaman Sirih Gading

Tanaman Sirih gading kerap disebut dengan devil’s ivy maupun bernama Latin Epipremnum aureum. Tak hanya dengan harganya yang murah, Sirih gading pun juga mudah didapatkan dalam berbagai pusat penjualan tanaman hias. Tanaman ini dalam ruangan sebuah untuk kesehatan ini juga baik menjadi sebuah penyerap racun. Sebab, Sirih Gading ini bisa menyerap formaldehida maupun sebuah formalin dari udara yang ada di sekitar rumah.

 

Bunga Krisan

Bunga Krisan yang sering disebut dengan bunga Seruni, bunga wangi serta cantik. Sebab ia hadir dengan berbagai jenis warna seperti ungu, merah, kuning, putih, dan juga oranye. Tanaman di dalam rumah ini akan nampak cantik bila diletakkan berada di ruang makan maupun ruang tamu. Bunga Krisan ini memiliki kemampuan yang menyerap berbagai zat yang berbahaya seperti amonia, formalin, benzena, serta xylene.

 

Manfaat tanaman Dalam Rumah

Banyak orang yang memilih untuk mencoba memelihara sebuah tanaman dalam ruangan sebagai sebuah hobi baru saat pandemi seperti saat ini. Selain indah dilihat dan dapat mempercantik ruangan, tanaman hijau juga bisa meningkatkan kesehatan, baik secara fisik maupun mental, yang mungkin bahkan tidak kamu sadari.

Kamu mungkin juga pernah bertanya-tanya mengapa belakangan ini kita dapat bernapas lebih mudah, fokus jadi meningkat, serta mood yang menjadi lebih senang di saat berada pada ruang tamu? Ya, karena itu semua berkat tanaman yang kita sudah pelihara selama ini di dalam ruangan tersebut.

 

1.Udara Menjadi Lebih Segar

Ada sebuah penelitian yang sudah menunjukkan bahwa dalam tanaman yang berada di dalam ruangan bisa membantu mengurangi racun umum serta polutan yang bisa ditemukan di dalam sebuah udara ruangan, seperti benzena, dan formaldehid. Faktanya, dalam sebuah penelitian telah menemukan bahwa tanaman bromelia ini bisa membuang lebih dari 80 persen dari enam senyawa organik yang sudah menguap pada waktu 12 jam, sedangkan yang ada tanaman dracaena menghilangkan 94 persen lebih aseton atau sebuah senyawa yang ada menyengat pada banyak dalam cat kuku).

Namun, menurut Gary L. Altman, CRC, HTR, seorang direktur asosiasi dari Program Terapi Hortikultura Rutgers, kemampuan dalam tanaman untuk bisa membersihkan udara juga tergantung dalam faktor-faktor, seperti sebuah ukuran tanaman, ukuran ruangan tempat dari tanamannya berada, serta jumlah racun yang ada di udara. Namun, 6–8 tanaman yang berukuran sedang hingga besar yang telah diletakkan dari  seluruh ruangan yang besar seharusnya sangat cukup untuk membuat perubahan pada sebuah kualitas udara.

 

2.Membuat Ruangan Menjadi Lebih Nyaman

Tanaman indoor tidak hanya menjadi sebuah alat mempercantik sebuah ruangan, akan tetapi mereka juga bisa memberikan sebuah perubahan dalam ruangan dari segi lingkungan, maka dengan membuat suasana dalam ruangan tersebut bisa menjadi lebih nyaman.

Berbagai dalam perubahan yang bisa dibuat tanaman pada dalam ruangan, antara lain bisa meningkatkan kelembaban udara pada sebuah ruangan, menutupi area yang tidak menarik, mengurangi kebisingan, serta membuat suhu yang ada pada ruangan menjadi sebuah teduh dengan menghalangi sinar matahari yang terlalu terik saat menembus jendela.

 

3.Meningkatkan Kesehatan Mental

Tanaman hias yang telah ditempatkan yang berada dalam ruangan ini juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mental seseorang penghuninya. Dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa ketika 28 jenis tanaman baru diletakkan di area umum pusat rehabilitasi jantung serta paru-paru di negara Norwegia, pasien yang berada di sana melaporkan ketika mengalami peningkatan kesejahteraan mental yang ada lebih besar sebanyak empat minggu kemudian dibandingkan pasien yang tidak mendapatkan penghijauan.

 

4.Memberikan Perasaan Pencapaian

Pada penelitian lain, dengan memelihara sebuah tanaman yang ada berada di dalam ruangan juga bisa meningkatkan sebuah kualitas hidup dari pemiliknya. Manfaat itu dapat terjadi karena disaat kita memelihara sebuah tanaman serta merawatnya sendiri dari awal, kita akan merasakan sebuah suatu pencapaian maupun kebanggaan tersendiri apabila tanaman tersebut dapat bertumbuh dengan baik. Perasaan itulah yang bisa memberikan kebahagiaan.

Selain itu pun, sama seperti sebuah pemilik hewan peliharaan, kita juga dapat memperlakukan tanaman sebagai sebuah teman. Begitupun ada beberapa orang juga yang mengajak berbicara maupun bernyanyi untuk tanaman mereka.

 

5.Mencegah Stres

Dengan memelihara sebuah tanaman serta merawatnya rutin juga bisa membantu untuk bisa melupakan sejenak dari segala kesulitan serta tekanan hidup yang bisa membuatmu menjadi stres. Manfaat ini bisa menjadi sangat penting untuk beberapa orang.

Maka dari itu, cobalah untuk memelihara tanaman untuk menjadi sebuah cara untuk dapat menghilangkan stres. Tanaman pun bisa merasakan manfaat dari sebuah perawatan yang kita berikan serta bertumbuh dengan baik dan juga siap untuk memberi kita manfaat fisik.

 

Pilihan Tanaman dalam Ruangan Lainnya

Dibawah ini adalah beberapa pilihan koleksi tanaman yang cocok berada dalam sebuah ruangan, tentunya pilihan tanaman yang baik untuk kesehatan.

  1. Tanaman Karet Kebo

Tanaman yang dikenal dengan sebutan banyak nama, mulai dari rubber plant sampai rubber bush, tanaman yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk sebagai pembersih udara yang alami.

Ciri khas dari sebuah tanaman ini adalah dari permukaan daun yang mengkilap, teksturnya yang lembut, dan juga tahan akan kering.

Tanaman yang satu ini juga tidak memerlukan banyak cahaya, perawatannya juga yang sangat mudah karena kita hanya perlu menyiramnya apabila tanahnya yang terlihat kering.

 

  1. Tanaman Lidah Buaya

Tanaman berikut ini sudah sangat dikenal dalam dunia perawatan kulit ini, diketahui memiliki banyak sekali manfaat. Tanaman yang ada berada dalam ruangan untuk kesehatan ini sangat berguna untuk menjadi sebuah pembersih udara ruangan.

Bahkan, dalam sebuah penelitian mengatakan, 1 tanaman lidah buaya ini setara dengan 9 pembersih udara biologis. Tanaman hias yang satu ini juga bisa dengan mudah menyerap karbon dioksida, formaldehida monoksida, serta karbon monoksida yang berada di dalam ruangan.

 

  1. Tanaman English Ivy

Tanaman yang ada dalam ruangan untuk kesehatan ini melakukan penyaringan sebanyak 90% jamur yang ada di udara yang bisa memicu alergi.

Selain itu pun, English ivy ini dapat membantu kita yang menderita asma bernapas lebih baik di malam hari maka mereka akan bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Yang perlu dicatat jauhkanlah dari anak kecil serta hewan peliharaan karena pada tanaman hias ini beracun apabila kita makan.

 

  1. Tanaman Rosemary

Tanaman yang terkenal ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya untuk meningkatkan konsentrasi dan juga daya ingat.

Selain itu juga rosemary juga memiliki sebuah khasiat yang baik pada meredakan nyeri otot dan juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Terlebih juga, kita dapat memanfaatkan daun dari tanaman ini sebagai bumbu dapur.

 

  1. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua ini akan sangat cocok untuk disimpan di kamar tidur karena sangat bermanfaat untuk bisa meningkatkan kualitas udara yang ada berada di dalam ruangan.

Beberapa racun yang diserap oleh tanaman ini, yaitu seperti berikut:

  • trichloroethylene,
  • formaldehyde,
  • toluene,
  • benzene, dan
  • Xylene.

 

Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kita perlu lebih dari 1 tanaman lidah mertua di dalam kamar tidur. Selain itu juga, tanaman ini sangat mudah untuk dirawat karena tidak memerlukan sebuah sinar matahari secara langsung.

Sansevieria Oleh Redaksi Trubus
Sansevieria Oleh Redaksi Trubus

tombol beli buku

 

Sansevieria Wonderful Collection Oleh Tim Flona
Sansevieria Wonderful Collection Oleh Tim Flona

tombol beli buku

  1. Tanaman Lili Paris

Lili Paris atau yang seringkali disebut chlorophytum ini merupakan sebuah tanaman hias yang dapat berfotosintesis di bawah cahaya matahari yang lemah dan juga menyerap udara dengan zat yang berbahaya.

Menurut dari penelitian, dari satu pot lili Paris ini bisa menyerap formalin dan juga stirena, bisa melepaskan oksigen di dalam kamar seluas 200 kaki persegi.

Terlebih lagi, pada tanaman ini juga dapat mengurai benzena dan juga nikotin yang ada terkandung pada tembakau.

 

  1. Tanaman Bromeliad

Dengan diberkati dengan warna merah yang berpadu cantik bersamaan dengan warna hijau, tanaman ini juga sangat cocok digunakan saat menghias bagian dalam sebuah rumah.

Tanaman bromeliad ini bisa menyerap 90% dari zat berbahaya yang ada di udara seperti benzene salah satunya. Tanaman ini juga membutuhkan cahaya serta sebuah area yang terang supaya bisa berkembang dengan sehat.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi