in

Manfaat Bunga Telang Lengkap dengan Resep Teh Telang

Pixabay

Manfaat bunga telang – Bunga telang merupakan salah satu bunga yang tengah naik daun, karena memiliki warna yang cantik ketika diseduh. Bunga telah banyak digunakan sebagai pewarna alami makanan dan mempercantik minuman. Meski memiliki warna yang cantik, bunga telang rupanya memiliki rasa yang pahit lho, Grameds. Sehingga, untuk menikmati bunga telang perlu diracik dengan tepat dan dengan bahan pemanis yang alami.

Tak hanya cantik untuk diminum, bunga telang pun memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah sebagai antioksidan hingga anti inflamasi. Selain dua manfaat tersebut, bunga telang juga menyimpan manfaat lain, lalu apa saja manfaat bunga telang tersebut? Simak hingga akhir artikel ya!

Manfaat Bunga Telang

Bunga telang memiliki warna yang khas berupa warna biru sedikit ungu dan apabila diseduh, maka bunga telang akan menjadi ungu, ketika diberi perasan jeruk nipis, warna bunga telah yang telah diseduh pun dapat berubah menjadi biru. Perubahan warna dari bunga telang tersebut, membuat bunga telah menjadi bahan utama dari pembuatan minuman magic drink.

Selain perubahan warna serta warna bunga yang cantik, bunga telang juga memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat bunga telang tersebut dipengaruhi oleh sifat yang dibawa oleh bunga telang, yaitu sebagai antioksidan, anti kanker, hingga anti inflamasi. Selain itu, bunga telang pun memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga telang untuk kesehatan tubuh.

1. Antioksidan

Salah satu manfaat dari bunga telang adalah sebagai antioksidan. Antioksidan pada bunga telang dapat bermanfaat untuk mengelola stres yang sifatnya oksidatif pada sistem biologis manusia. Selain itu, antioksidan juga berperan sebagai penangkal radikal bebas, menghambat enzim oksidatif, berperan sebagai pengelat dari ion logam, hingga sebagai kofaktor enzim antioksidan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada 15 jenis bunga, bunga telang memiliki aktivitas antioksidan yang lebih tinggi dari jenis bunga lainnya. Sementara itu, penelitian lainnya menyebutkan, bahwa bunga telang memiliki kandungan untuk dapat melindungi eritrosit anjing dari hemolisis serta kerusakan yang sifatnya oksidatif, hal tersebutlah yang membuat ekstrak dari bunga telang dapat efektif untuk melindungi sel kulit dari hal-hal yang bersifat tekanan oksidatif.

2. Mengatasi masalah diabetes

Selain memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari jenis bunga lainnya, bunga telang juga memiliki kandungan untuk dapat mengatasi masalah diabetes. Bunga telang memiliki efek berupa hipoglikemia yang dapat menurunkan kadar glukosa serum serta kadar glikosilasi hemoglobin. Dengan begitu, bunga telang dapat meningkatkan kandungan insulin serum pada glikogen, tulang serta otot hati.

Selain itu, ekstrak bunga telang memiliki kandungan dari anti diabetes yang aktif untuk melakukan penghambatan pada pembentukan produk akhir dari glikasi lanjut. Apabila mengonsumsi bunga telah dengan konsentrasi sebanyak 0,25 hingga 1,00 mg maka dapat menghambat pembentukan AGE dan mampu mengurangi kadar dari fruktosamin serta oksidasi dari protein.

3. Mengontrol obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat menjadi pemicu untuk penyakit lainnya. Penyakit obesitas ini dipengaruhi oleh indeks massa dari tubuh yang berlebihan dan tidak seimbang. Oleh karena itu, indeks massa tubuh perlu dikontrol salah satunya adalah dengan mengonsumsi bunga telang.

Penyakit obesitas ini berkaitan dengan pembentukan dari jaringan lemak yang ada pada tubuh, proses pencegahannya adalah dengan rutin mengonsumsi ekstrak dari bunga yang memiliki kandungan untuk menghambat pembentukan jaringan lemak atau adipogenesis.

4. Anti kanker

Selain sebagai antioksidan, bunga telang memiliki manfaat sebagai anti kanker. Menurut penelitian, anti kanker dari bunga telang ini berasal dari aktivitas anti proliferasi pada bunga telang yang dapat aktif pada enam jenis sel kanker.

Manfaat anti kanker pada bunga telang ini pun berasal dari sebuah penelitian dalam International Food Research Journal. Salah satu jenis sel kanker yang dapat diatasi atau dihambat oleh bunga telang adalah kanker payudara.

Selain sel kanker payudara, bunga telang pun dapat menjadi anti kanker untuk sel kanker ovarium, kanker serviks, kanker hati hingga sel line kanker kelamin pria. Tak hanya itu, bunga telang juga memiliki ekstrak mentol yang dapat menekan angiogenesis. Angiogenesis adalah proses dari pembentukan pembuluh darah baru yang dapat dilakukan sel kanker.

5. Anti inflamasi

Bunga telang memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi serta analgesik. Sehingga, bunga telang dapat bermanfaat untuk dapat menghilangkan rangsangan berbahaya bagi tubuh, rangsangan berbahaya tersebut termasuk pada sel tubuh tubuh yang mengalami kerusakan, adanya patogen, terjadi iritasi hingga dapat membantu memulai proses penyembuhan pada tubuh.

Anti inflamasi adalah sebuah komponen yang mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh, selain itu anti inflamasi juga memiliki peran untuk bekerja sebagai analgesik yang memengaruhi sistem saraf untuk menghambat tersampaikannya sinyal nyeri ke otak.

Menurut penelitian, anti inflamasi pada bunga telang dapat bekerja seperti aspirin. Selain itu, anti inflamasi yang ada pada bunga telang pun dapat mencegah serta melindungi tubuh dari peradangan yang sifatnya kronis. Terutama untuk dapat menekan produksi dari mediator pro inflamasi yang berlebihan pada sel makrofag.

6. Mengatasi masalah asma

Manfaat keenam dari bunga telang adalah mampu mengatasi masalah asma. Bahkan pengobatan asma menggunakan bunga telang telah dilakukan di negara India untuk mengatasi masalah asma serta batuk.

Bunga telang dengan jumlah tertentu dapat mengatasi masalah asma akut hingga meredakan batuk dengan induksi dari sulfur dioksida serta asam sitrat. Menurut penelitian, bunga telang yang telah diekstrak dengan standar serta ditambahkan beberapa kandungan di dalamnya dapat menjadi salah satu alternatif terapi asma yang ampuh, terutama untuk menangani asma yang kambuh karena disebabkan oleh alergi.

7. Anti mikroorganisme

Selain sebagai anti inflamasi, bunga telang pun dapat bermanfaat sebagai anti mikroorganisme yang sifatnya luas. Sebagai anti mikroorganisme, bunga telang dapat menghambat terjadinya pertumbuhan pada tiga bakteri patogen.

Di antara ketiga bakteri tersebut, ialah bakteri Bacillus subtilis, Escherichia coli seta Staphylococcus aureus. Sehingga, bunga telang dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.

 

beli sekarang

8. Membantu mengatasi kerusakan hati

Ada berbagai penyakit yang dapat muncul akibat dari kerusakan hati. Apabila hati rusak, maka tubuh tidak bisa membuang racun-racun yang masuk dan justru akan terserap ke dalam tubuh.

Bunga telang memiliki manfaat salah satunya adalah untuk membantu mengatasi kerusakan hati. Kandungan dalam bunga telang yang dapat membantu mengatasi kerusakan adalah efek dari hepatoprotektif.

Melalui sebuah jurnal, manfaat bunga telang untuk membantu mengatasi kerusakan hati pun telah terbukti ketika dicoba pada tikus yang mengalami kerusakan hati. Sehingga, manfaat bunga telang satu ini tidak perlu diragukan lagi.

9. Menjaga kekebalan tubuh

Di masa pandemi akibat Covid-19 ini, menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang penting. Berbagai cara dilakukan mulai rajin mengonsumsi vitamin C hingga berjemur di pagi hari. Namun, ada cara mudah untuk menjaga kekebalan tubuh yaitu dengan mengonsumsi ekstrak dari bunga telang yang didapatkan dengan cara mudah.

Bunga telang efektif untuk dapat menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh pun akan terhindar dari penyakit-penyakit musiman seperti flu, pilek, batuk hingga infeksi lainnya. Kandungan bunga telang untuk menjaga kekebalan tubuh pun sudah terbukti lho Grameds jadi tidak perlu diragukan lagi.

Selain menjaga kekebalan tubuh, bunga telang juga memiliki manfaat untuk dapat melancarkan metabolisme tubuh. Terutama dalam hal mengontrol berat badan. Nah, bunga telang ini memiliki manfaat yang mampu mendorong terjadinya pembakaran kalori serta meningkatkan hormon pembakaran lemak! Dari manfaatnya saja, Grameds tentu mengetahui bukan bahwa bunga telang baik dikonsumsi ketika sedang diet, sehingga membantu menurunkan berat badan.

10. Mengontrol tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Rupanya, bunga telang memiliki manfaat salah satunya dalah untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Bunga telang dapat membantu tubuh untuk menghindari tekanan darah tinggi.

Cara untuk mendapatkan manfaat bunga telah pun cukup mudah, yaitu dengan menyeduh bunga telang sebagai teh, sehingga Grameds dapat mengonsumsi ekstrak dari bunga telang tersebut. Apabila rutin diminum, tekanan darah tinggi pun akan lebih terkontrol.

11. Meningkatkan kesehatan otak

Selain mampu menjaga imun tubuh serta menjaga tubuh dari infeksi karena patogen-patogen berbahaya, bunga telang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak.

Kesehatan otak seseorang bergantung pada tingkat dari komunikasi otak seseorang. Dengan mengonsumsi bunga telang, maka dapat meningkatkan kesehatan otak. Hal ini dikarenakan bunga telang memiliki kandungan berupa asetilkolin yang mampu meningkatkan kadar asetilkolin pada otak.

Ketika kadar dari asetilkolin menurun karena bertambahnya usia, maka dapat menyebabkan hilangnya ingatan atau memori yang terkikis secara perlahan. Dengan mengonsumsi bunga telang, maka akan memberikan efek untuk memperbaiki kinerja otak yang telah menurun tadi, sehingga memori yang hilang karena usia pun tidak akan terkikis terlalu banyak.

12. Memperlancar siklus menstruasi bagi wanita

Manfaat selanjutnya adalah sebagai pelancar dari siklus menstruasi untuk wanita. Bagi Grameds yang merasa siklus menstruasi tidak teratur atau tidak lancar, bisa nih mengonsumsi bunga telah untuk memperlancar siklus menstruasi.

Menurut penelitian, bunga telah dapat membantu mengatasi masalah reproduksi pada wanita, selain membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur, bunga telang juga mampu membantu masalah lain untuk wanita seperti keputihan dengan bau, warna maupun konsistensi yang tidak normal.

Bunga telang sendiri memang terkenal dengan khasiatnya untuk membantu memperlancar siklus menstruasi. Sehingga, manfaat bunga telang satu ini sudah tidak diragukan lagi.

13. Meningkatkan sistem saraf

Sistem saraf memiliki peranan yang penting untuk metabolisme dalam seluruh tubuh. Ketika sistem saraf terganggu, maka akan menimbulkan komplikasi-komplikasi berupa penyakit turunan yang disebabkan oleh rusaknya sistem saraf tersebut.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan sistem saraf sangat penting. Siapa sangka, bunga telang ternyata memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sistem saraf. Menurut sebuah penelitian, pada bunga telah ditemukan beberapa aktivitas seperti ansiolitik, nootropik, anti konvulsan, anti stres, hingga antidepresan, nah seluruh kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan sistem saraf otak.

beli sekarang

Nah, selain bunga telang ada pula beberapa tumbuh herbal serta buah-buahan yang tentu memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti bunga telang. Grameds dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai khasiat dari bahan-bahan herbal dan buah dengan membaca buku berjudul “Tumbuhan Herbal dan Buah yang Berkhasiat untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Edisi Bahasa Indonesia” buku ini menyajikan beragam informasi yang lengkap mengenai tumbuhan herbal serta buah yang memiliki khasiat untuk tubuh, layaknya bunga telang. Tunggu apa lagi? Segera beli dan baca bukunya sekarang juga untuk mengetahui khasiat dari tumbuhan herbal lainnya.

14. Membantu menjaga kesehatan mata

Kaya akan antioksidan, bunga telang juga memiliki manfaat untuk membantu menjaga kesehatan mata. Di Asia sendiri, khususnya Asia Tenggara, akar dari bunga telang kerap digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit mata.

Bunga telang juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada mata, seperti mata yang berwarna merah muda atau mata yang mengalami konjungtivitis. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Procedia Chemistry, bunga telah juga membantu mata untuk menjaga dari penyakit konjungtivitis, sehingga tidak ada bakteri yang dapat merusak mata.

Cara kerja dari bunga telang ini adalah dengan mensterilkan mata atau membersihkan mata dari bakteri maupun patogen yang dapat membuat mata mengalami infeksi.

15. Baik untuk sistem pencernaan

Selain baik untuk kesehatan mata, otak hingga menjadi salah satu bahan anti kanker, bunga telang juga bermanfaat untuk sistem pencernaan. Memiliki sifat anti bakteri, bunga telang bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sehingga, dapat membantu beberapa maslah pencernaan yang disebabkan oleh keracunan makanan atau masalah pencernaan lain seperti sembelit. Manfaat bunga telang untuk sistem pencernaan pun telah diteliti melalui sebuah studi dari Multidisciplinary Digital Publishing Institute.

 

beli sekarang

Resep Bunga Telang Sebagai Ramuan Herbal

Demi mendapatkan beberapa manfaat dan khasiat dari bunga telang, maka ekstrak dari bunga telang ini perlu dikonsumsi dengan cara yang tepat. Memiliki rasa yang pahit, bunga telang dapat dikonsumsi menjadi minuman yang manis dan berkhasiat. Berikut resep membuat minuman dari bunga telang sebagai ramuan herbal.

Bahan:

  • 200 ml air panas
  • 10 bunga telang yang telah kering atau bunga telang untuk teh
  • Serai secukupnya
  • Madu atau pemanis lainnya

Cara Membuat: 

  • Seduh bunga telang kering dengan 200 ml air panas.
  • Iris kecil-kecil serai atau seukuran buku jari dan tumbuk sedikit.
  • Masukan serai bersama dengan teh bunga telang yang telah diseduh dan mengeluarkan warna.
  • Beri pemanis sebagai tambahan seperti madu secukupnya.
  • Aduk hingga ramuan herbal rata dan konsumsi secara rutin.

Grameds bisa menambahkan beberapa iris dari jeruk nipis atau lemon apabila ingin mendapatkan rasa yang segar. Selain itu, resep minuman ini pun bisa ditambahkan es apabila ingin minuman. Jika ingin mengonsumsinya dalam keadaan hangat, Grameds juga bisa menambahkan jahe yang telah direbus dan ditumbuk bersamaan dengan air panas.

Itulah lima belas manfaat dari  bunga telang yang dapat Grameds dapatkan apabila mengonsumsinya dengan rutin dan mengolahnya dengan cara yang tepat. Ketika mengonsumsi bunga telang, disarankan untuk menggunakan pemanis alami sehingga, manfaat dalam minuman bunga telang tersebut tidak hilang maupun berkurang.

Nah, Grameds bisa mengetahui tanaman, bunga herbal lainnya yang dapat bermanfaat untuk tubuh selain bunga telang dengan membaca buku. Tentu saja, buku-buku mengenai manfaat tumbuhan herbal dapat diperoleh di Gramedia karena sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku bermanfaat untuk Grameds. Tunggu apa lagi? Segera beli dan baca bukunya sekarang juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq