in

20 Jenis Bunga Keladi, Nama, dan Harganya

20 Jenis Bunga Keladi, Nama, dan Harganya – Semenjak pandemi, tren akan tanaman hias mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Hal itu karena, adanya pembatasan aktivitas luar rumah. Dengan terbatas kegiatan itu menjadikan sebagian besar orang memutuskan untuk mencari kesibukan di sekitar rumah. Salah satu pilihan yang dapat anda lakukan dengan menyenangkan yaitu berkebun. Tumbuhan yang menjadi pilihan untuk ditanam adalah tanaman hias. Jenisnya yang sangat beragam membuat tanaman hias sangat digemari oleh banyak orang. Salah satu tanaman hias favoritnya yakni keladi.

Keladi merupakan jenis tanaman yang tergolong kedalam suku talas-talasan atau genus caladium. Tumbuhan ini banyak digemari oleh masyarakat sebagai tanaman hias, sebab tanaman ini mempunyai motif, dan warna yang sangat cantik. Terdapat berbagai jenis tumbuhan keladi yang telah dibudidayakan. Berikut adalah macam-macam bunga keladi beserta gambarnya.

Jenis Bunga Keladi Hias Lengkap Dengan Nama dan Harga

Bunga keladi memiliki keindahan dan keunikan yang menarik perhatian, tampilannya yang eksotis membuat bunga keladi sangat cocok digunakan sebagai hiasan. bunga keladi memiliki beragam jenis corak yang berbeda-beda, jadi sebelum membeli cari tahu dulu mana bunga keladi yang paling Anda sukai, karena setiap jenis bunga keladi memiliki harga yang berbeda-beda. Berikut 20 jenis bunga keladi beserta harganya agar dapat menjadi gambaran untuk Anda.

1. Bunga Keladi Gingerland

Bunga keladi jenis ini memiliki daun berbentuk hati berukuran kecil hingga sedang, daunnya berwarna putih lembut dengan pinggiran hijau tua dilengkapi dengan corak bintik yang berwarna merah.

Keladi jenis ini termasuk dalam salah satu tanaman keladi yang paling indah, tidak heran jika tanaman ini sangat cocok digunakan sebagai pelengkap dekorasi interior. Gingerland dibandrol dengan harga Rp 40.000 – 125.500.

2. Bunga Keladi White Queen

Selanjutnya ada White Queen yang memiliki ciri khas daun yang berwarna putih dan tepi daun yang berwarna hijau. Dipadukan dengan urat-urat halus berwarna hijau dengan tulang daun yang berwarna merah pekat membuat kontras dengan daunnya. White Queen dijual mulai dari harga Rp 150.000 – 500.000.

3. Bunga Keladi Freckles

Jenis berikutnya adalah Caladium Freckles yang memiliki daun seperti bentuk hati. Warna daunnya yang didominasi warna hijau dengan batang daun yang memiliki corak berwarna merah jambu serta corak berwarna putih yang membuatnya makin eksotik dan indah. Untuk bisa memiliki Freckles Anda perlu mengeluarkan budget sekitar Rp 250.000.

4. Bunga Keladi Thai Beauty

Selain disebut sebagai Thai Beauty, bunga keladi jenis ini juga disebut sebagai Keladi Wayang atau Keladi Batik. Tanaman ini sangat disukai banyak orang karena daunnya yang berbentuk hati dengan warna yang didominasi warna merah mudah dan tepi daunnya berwarna hijau. Harga tanaman ini sekitar Rp 50.000 – 150.000.

5. Bunga Keladi Candidum

Bunga keladi jenis Candidum ini hanya terdiri dari dua warna yaitu putih dan hijau. Daun yang didominasi warna seputih salju dipadukan dengan tulang daun berwarna hijau pekat, menciptakan kesan yang elegan dan menawan. Tak heran jika tanaman ini sangat digandrungi banyak orang untuk dijadikan hiasan rumah. cukup dengan Rp 150.000 Anda dapat memiliki keladi jenis ini.

6. Bunga Keladi Spring Fling

Spring Fling memiliki daun yang didominasi warna merah muda dengan tulang dan pinggiran daun bercorak hijau, membuat Spring Fling sangat indah dan menawan. Tak hanya itu, Spring Fling menjadi salah satu jenis keladi termahal di Indonesia. Meski begitu, tanaman ini tetap diminati banyak orang sebagai dekorasi interior. Untuk bisa memiliki Spring Fling perlu mengeluarkan budget lebih besar sekitar Rp 1.200.000.

7. Bunga Keladi Carolyn Whorton

Berikutnya ada Carolyn Whorton, daun tanaman ini menyerupai hati dengan warna pink yang dipadukan dengan tulang daun yang berwarna merah cerah dan tepi daun yang berwarna hijau. Membuat Carolyn Whorton digandrungi karena warnanya yang indah dan mempesona. Carolyn Whorton dijual dengan harga sekitar Rp 100.000.

8. Bunga Keladi Moonlight

Moonlight didominasi warna putih bersih seperti cahaya rembulan yang dipadukan dengan aksen urat-urat halus dan tepi daun yang berwarna hijau muda, membuat moonlight sangat cantik dan elegan. Moonlight dijual dengan harga sekitar Rp 200.000 – 350.000.

9. Bunga Keladi White Christmas

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Seperti namanya, White Christmas memiliki daun dengan warna yang didominasi putih seperti salju ditambah tulang dan tepi daunnya berwarna hijau pekat. Membuat warna hijau pekat lebih kontras dibandingkan warna putih pada daun. Biasanya tanaman ini dijual seharga Rp 95.000.

10. Bunga Keladi Miss Muffet

Sedikit berbeda dari yang lain, Keladi Miss Muffet ini daunnya relative berwarna hijau muda seperti lime yang ditambah dengan corak bintik dan batang daun yang berwarna merah cerah. Jika dibandingkan dengan jenis keladi yang lain, Miss Muffet ini lebih cocok untuk menghias pekarangan rumah. Siapkan uang sekitar Rp 175.000 – 300.000 untuk memiliki Miss Muffet.

11. Keladi Tengkorak

Meskipun memiliki nama keladi tengkorak, sebenarnya tanaman ini menjadi tanaman yang cukup dinikmati oleh para pecinta tanaman hias. Penyebab tanaman ini dinamakan keladi tengkorak karena bentuk dari tulang daun tanaman ini seperti bentuk tulang rusuk manusia.

Keladi tengkorak memiliki bentuk daun yang indah dikombinasikan dengan warna hijau tua yang memikat. Tulang daunnya pun lebih tebal dibandingkan dengan keladi yang lain. Harga keladi tengkorak pun cukup tinggi, seharga Rp80.000.

12. Keladi Amazon

Keladi amazon (Caladium Amazon) memiliki kemiripan dengan keladi tengkorak yang sama-sama memiliki daun yang berwarna hijau hingga hitam serta memiliki tulang daun yang relatif tebal.

Namun, ada hal yang membedakan antara keladi amazon dengan keladi tengkorak. Keladi amazon memiliki batang, tak seperti keladi tengkorak yang daunnya menyambung dengan akarnya. Keladi amazon juga memiliki daun yang tipis serta warna tulang daun yang cerah. Meskipun begitu, banyak orang yang masih saja menyamakan keladi amazon dengan keladi tengkorak. Keladi amazon dianggap sebagai keladi tengkorak versi murah. Anda dapat membeli keladi amazon dengan harga Rp55.000.

13. Keladi blackjack

Keladi blackjack menjadi jenis keladi unik selanjutnya. Keladi blackjack memiliki keunikan di bagian warnanya. Seperti namanya, jelas keladi blackjack memiliki warna yang gelap. Biasanya, keladi blackjack didominasi dengan warna hijau tua hingga hitam.

Keladi blackjack dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya. Tulang daun keladi blackjack tidak berwarna atau menyatu dengan warna daun, tapi ada pula keladi blackjack yang memiliki warna tulang daun merah. Keladi ini menjadi salah satu keladi yang mahal, Anda bisa mendapatkan keladi blackjack dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp200.000-Rp500.000.

14. Keladi Hitam

Keladi hitam (Alocasia Plumbea) atau yang bisa disebut dengan senthe. Sama seperti jenis keladi lainnya, keladi hitam juga memiliki bentuk daun yang besar dan lebar serta tekstur kerutan di atas daunnya.

Berbeda dengan keladi blackjack, keladi hitam memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan keladi blackjack. Warna hitam mendominasi keladi jenis ini, tak hanya di daunnya saja namun juga dengan batangnya. Anda bisa mendapatkan keladi hitam hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp50.000 hingga Rp80.000.

15. Keladi Army Look

Keladi army look atau yang memiliki nama Alocasia Hilo Beauty ini menjadi keladi yang dianggap paling unik. Mengapa demikian? Sebab keladi ini memiliki warna yang indah merah dan hijau. Keunikannya juga berasal dari pembagian warna merah hijau pada daunnya. Biasanya pembagian warna akan seperti setengah warna hijau dan setengahnya lagi warna merah. Unik bukan?

Keladi army look juga kerap disamakan dengan keladi green ice, bedanya keladi army look tidak memiliki bintik hitam serta memiliki permukaan daun yang bergelombang. Keladi army look dibanderol dengan harga Rp30.000-Rp75.000.

16. Keladi Polka Green

Sama seperti keladi army look, keladi satu ini juga menjadi salah satu keladi yang dianggap unik. Pasalnya keladi ini memiliki daun yang terdiri dari kombinasi dua warna, yaitu merah dan putih.

Warna yang mengkombinasi tanaman itu adalah warna hijau dilengkapi dengan sentuhan bercak merah putih. Sejatinya tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman liar. Namun, tidak jadi masalah karena tanaman ini sangat cocok untuk mewarnai halaman rumah. Harga yang dibanderol untuk tanaman ini sebesar Rp80.000.

17. Keladi Bicolor

Biasa disebut dengan keladi merah. Jenis keladi ini dinilai memiliki bentuk seperti hati yang dilengkapi dengan warna cerah. Keladi bicolor memiliki dominasi dari dua warna, yaitu merah dan hijau. Warna merahnya berada pada tulang daun dan warna hijau mendominasi seluruh bagian dari tanaman ini. Jika Anda tertarik dengan keladi bicolor, Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp30.000-Rp70.000.

18. Keladi Semangka

Tanaman ini dinamai keladi semangka bukan karena tanpa sebab. Keladi ini memang nyata memiliki kemiripan dengan buah semangka. Kemiripan itu berada pada motif dari daun keladi semangka. Pada bagian tulang daun terdapat motif hijau yang menghiasinya. Tak hanya itu saja, terdapat pula warna putih keabu-abuan pada yang membentuk corak khas buah semangka.

Sangat unik dan indah bukan? Anda bisa mendapatkan keladi semangka cukup dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp50.000.

19. Keladi Radiance

Dikatakan bahwa keladi radiance memiliki kemiripan dengan White Queen. Kemiripan itu terletak pada warna tulang daun yang merah pekat. Kemiripannya hanya sampai situ saja, daun yang keduanya pun berbeda. Keladi radiance memiliki warna daun putih dilengkapi dengan bercak merah muda dan pinggiran daun tersebut dikelilingi oleh warna hijau.
Anda bisa mendapatkan keladi radiance dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp60.000.

20. Keladi Freida Hempel

Jenis keladi terakhir ini disebut dengan keladi freida hempel. Keladi ini sangat unik dan indah, memiliki warna daun merah cerah di bagian tengahnya yang dikelilingi oleh warna hijau ditepiannya. Dari kombinasi kedua warna tersebut menciptakan gradasi warna orange kecoklatan yang membuat keladi freida hempel jadi tambah indah.

Anda bisa mendapatkan keladi freida hempel dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp30.000-Rp50.000.

Di Indonesia, merawat tanaman hias merupakan salah satu hobi yang banyak diminati pada masa pandemi. Jenis tanaman hias kini mulai meningkat, terdiri dari Monstera, Sukulen, Aglaonema, sampai dengan keladi atau caladium. Hobi ini dipercaya dapat mengatasi kesehatan mental selama melakukan aktivitas di rumah. Merawat tanaman hias, contohnya bunga keladi bisa membantu anda dalam mengurangi rasa cemas, dan stres. Tak hanya itu saja, tanaman ini juga dapat meningkatkan konsentrasi, dan bisa membuatmu menjadi produktif.

Cara Merawat Bunga Keladi

Tak dapat dipungkiri bahwa, bunga keladi ini mempunyai macamnya yang sangat beragam, dan cocok digunakan sebagai hiasan di rumah. Meskipun macam tumbuhan ini cukup banyak, namun cara merawatnya hampir serupa.

Keistimewaan tanaman keladi ini tak hanya ada pada ukuran daunnya saja yang begitu besar, akan tetapi juga pada bentuk, warna, dan juga coraknya yang cantik, serta unik.

Tanaman ini mempunyai daun dengan bentuk panak tipis serupa bentuk hati dengan beraneka macam corak, dan juga warna yang jernih. Kamu bisa menjumpai tumbuhan keladi dengan bermacam-macam warna, contohnya hijau, putih, merah, sampai dengan merah muda.

Apabila kamu ingin mempertahankan kesegaran, dan keindahan dari bunga keladi maka kamu perlu merawat tanaman ini secara rutin. Adapun cara yang perlu kamu lakukan guna merawat bunga keladi, diantaranya yaitu:

1. Pahami Intensitas Kebutuhan Cahaya Matahari

Bunga keladi mempunyai dua jenis genus, diantaranya yakni Alocasia, dan Caladium. Meskipun keduanya merupakan tanaman keladi, akan tetapi kedua jenis tersebut mempunyai kebutuhan pencahayaan yang berbeda di setiap jenisnya.

Tanaman keladi dengan genus Caladium akan memerlukan intensitas cahaya matahari yang cukup banyak. Sehingga kamu bisa meletakkan tumbuhan pada tempat terbuka agar mampu menerima cahaya matahari.

Meskipun begitu, kamu juga perlu selalu memperhatikan intensitas cahaya matahari yang diterima tanaman keladi tersebut. Cahaya matahari yang sangat banyak, dan terlalu terik akan mampu membuat tanaman kamu menjadi kering, hangus, serta layu.

Sementara itu, tumbuhan keladi dengan genus alocasia tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak. Sehingga kamu bisa meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh, dan sejuk misalnya di bagian teras depan rumah.

Semakin sempit daun yang dimiliki tanaman keladi, maka akan semakin besar cahaya matahari yang dapat diterimanya.

2. Perhatikan Kelembaban Tanaman

Bagi kamu, para penggemar bunga keladi terdapat salah satu cara yang dapat kamu lakukan ketika merawat tanaman ini yaitu perlunya menciptakan habitat yang serupa dengan keadaan pada habitat alami tumbuhan tersebut. Hal itu dikarenakan supaya bunga keladi kamu bisa tumbuh secara baik.

Habitat asli bunga keladi sendiri, berasal dari hutan tropis yang berada di negara Amerika Selatan. Secara alami, bunga keladi ini bisa berkembang dan tumbuh pada lingkungan dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

Jika kamu bertempat tinggal di wilayah yang mempunyai cuaca yang sangat panas, maka kamu bisa menjaga kelembaban bunga keladi ini dengan cara meletakkan wadah yang berisi kerikil dan juga air pada bagian bawah pot tanaman. Penguapan pada air dalam wadah itu berguna untuk melembabkan udara yang berada disekitar tumbuhan tersebut.

3. Perhatikan Waktu dan Intensitas Penyiraman

Sebagai salah satu tanaman yang membutuhkan kelembaban, keladi perlu untuk disiram selalu supaya tanah pada tumbuhan ini tetap subur. Meskipun begitu, waktu dan intensitas penyiraman wajib untuk selalu diperhatikan, hal ini bertujuan agar tidak memberikan efek buruk pada bunga keladi itu sendiri.

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan yaitu dengan menyiram bunga keladi ketika tanahnya mulai mengering. Hal itu agar dapat membantu proses penyerapan dengan lebih maksimal lagi.

Selain itu, kamu juga perlu untuk memperhatikan keseimbangan pada saat melakukan penyiraman. Kamu bisa melakukan dengan cara memastikan tidak menyiram bunga keladi dengan air yang cukup banyak, sebab cara itu dapat menimbulkan efek buruk. Misalnya daun menguning, dan akar pun membusuk.

Pada musim kemarau kamu bisa menyiram bunga keladi satu kali untuk setiap harinya. Sedangkan pada waktu penghujan kamu dapat menyiram tanaman setiap dua hari satu kali.

4. Sterilkan Media Tanam

Tak hanya waktu, dan intensitas penyiraman saja, kamu juga perlu memperhatikan media tanam yang kamu kenakan untuk bunga keladi.

Daun bambu dengan diiris secara halus, sekam, dan juga sekam bakar merupakan media tanam yang biasanya bisa kamu gunakan supaya tanaman dapat tumbuh secara baik.

Sebelum kamu menggunakan bahan-bahan itu, kamu perlu memastikan sudah mengukus calon media tanam terlebih dahulu. Proses ini sangat penting dilakukan guna mematikan bakteri-bakteri hidup yang berada pada bahan-bahan tersebut. Setelah kamu mengukus, kamu dapat mencampurkan ketiga bahan itu dengan menggunakan perbandingan 1:1:1.

Namun, jika kamu mengalami kesulitan dalam mengumpulkan ketiga bahan diatas kamu bisa memakai satu bahan saja.

Selain itu, bunga keladi akan tumbuh secara baik pada campuran tanah dan juga gambut yang memiliki kelembaban. PH tanah yang ideal bagi bunga keladi ini berkisar 5,5 hingga 6,2.

5. Jaga Nutrisi Tanaman Dengan Pupuk

Setelah kamu memastikan media tanam yang digunakan telah mendukung pertumbuhan pada bunga keladi, kamu tidak lupa untuk memberikan nutrisi pada tanaman dengan cara memberikan pupuk.

Pada langkah ini, kamu perlu untuk memastikan bahwa pupuk yang telah kamu tentukan tersebut merupakan pupuk berkualitas. Kamu bisa menentukan dengan cara memilih pupuk organik yang mempunyai kadar zat N tidak lebih banyak dari zat yang lainnya.

Hal tersebut dikarenakan zat N merupakan zat yang bisa memancing klorofil pada tanaman. Sehingga tidak cocok bagi bunga keladi yang memiliki warna selain hijau.

Bunga keladi bisa mulai diberikan pupuk ketika tanaman ini berumur 5 minggu.

6. Pastikan Tanaman Terbebas Dari Hama

Langkah terakhir yang sangat penting yaitu memastikan bunga keladi kamu tidak terserang oleh hama.

Hama atau disebut juga serangga yang kerap kali menyerang bunga keladi ini yaitu ulat daun, dan juga belalang. Keduanya merupakan hewan hewan yang senang memakan daun tumbuhan ini.

Oleh karenanya, kamu perlu untuk melakukan langkah pencegahan supaya hama tidak merusak tanaman. Kamu bisa melakukannya dengan cara memakai perangkap, atau menanam tanaman yang dapat menangkal hama, atau memakai pestisida secara alami.

Nah itu dia 20 jenis keladi beserta harganya yang dapat kami sajikan untuk Anda. Bagaimana? Indah dan unik bukan? Dari ke-20 jenis keladi di atas, jenis keladi mana yang sangat Anda sukai? Semoga artikel ini berguna untuk Anda!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah