in

Jenis Tanaman Dalam Vas Air yang Indah

 

Tanaman dalam vas air – Bagi pecinta tanaman, kemungkinan besar kalian sudah mengoleksi ya tanaman-tanaman cantik di area yang ingin kalian hias. Berbeda dengan tanaman yang berukuran sangat besar dan tertanam di tanah, tanaman hias umumnya berukuran lebih kecil dan ditanam untuk dijadikan penambah nilai estetika dan kecantikan pada rumah ataupun kantor, alias sebagai dekorasi.

Tanaman hias umumnya terdiri dari jenis tumbuhan yang merambat, seperti semak-semak atau bahkan pohon, tetapi dalam ukuran yang jauh lebih kecil.

Mungkin tanaman dengan media tanah sudah umum ya, Grameds. Namun, kamu bisa banget loh menanam tanaman dalam vas air. Ada beberapa jenis tanaman yang termasuk dalam varietas tumbuhan air, tidak hanya itu saja ada juga bunga lain yang bahkan bisa menghasilkan bunga cantik dengan aroma yang wangi dan sangat cocok menjadi dekorasi ruangan indoor ataupun outdoor.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai jenis tanaman yang dapat tumbuh sebagai tanaman dalam vas air, kita harus bisa memahami dulu apa itu vas air dan bagaimana cara kerjanya.

Jadi, tetap simak ulasan ini sampai selesai, Grameds.

Apa Itu Vas Air?

Vas air sendiri merupakan sebuah wadah atau pot yang terbuat dari bahan plastik, tanah liat maupun keramik, atau dari kaca. dengan sisi yang tertutup total sehingga dapat menampung air dengan sempurna.

Vas ini nantinya akan diisi dengan air serta tanaman hias yang dapat hidup di air atau tanpa media tanah, tanaman tersebut diletakan di atasnya. Tanaman dalam vas air ini akan menggunakan akar untuk menyerap nutrisi serta oksigen langsung dari air tersebut, bukan dari media tanah.

Jenis tanaman yang bisa tumbuh dalam vas air adalah tanaman air. Tanaman air sendiri adalah tanaman yang dapat tumbuh di air contohnya seperti di tepi sungai, dan danau.

Tanaman air ini memiliki kegunaan untuk memberikan sentuhan warna hijau yang menyegarkan sekaligus menenangkan untuk dipandang ketika diletakkan pada suatu ruangan.

Selain itu, tanaman ini juga bisa membantu menyaring air dan menurunkan tingkat kelembaban dari suatu ruangan. Apakah kamu sudah tahu tentang jenis-jenis tanaman dalam vas air?

Jenis-Jenis Tanaman Dalam Vas Air

Hans/Pixabay.com

 

Berikut ini beberapa jenis tanaman dalam vas air, yang bisa kamu tanam di rumah.

1. Tanaman Teratai Mini

Berikutnya, bunga teratai mini juga termasuk tanaman yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan hiasan dekorasi ruangan. Bunga teratai mini memiliki warna merah muda yang cantik dan bentuk kelopaknya juga sangat indah.

Batang yang dimiliki teratai mini ini tergolong panjang, sehingga kami menyarankan anda untuk menggunakan wadah yang lebih tinggi agar seimbang dengan tanamannya. Kalian juga bisa meletakkan tanaman teratai ini di atas akuarium beserta daun-daunnya yang selalu mengelilingi teratai mini.

 

2. Tanaman Peace Lily

Bagi kalian yang lebih menyukai bunga daripada dedaunan, kami merekomendasikan bunga Peace Lily sebagai dekorasi ruangan kamu. Sesuai namanya, Peace Lily memiliki keindahan yang akan memberikan rasa tenang ketika kita melihatnya. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung untuk tetap hidup dengan baik, maka pastikan kita letakkan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari langsung, ya.

Bunga Peace Lily dapat mekar dengan kelopak putih yang memberi kesan cantik, bersama daun hijau yang ukurannya cukup besar. Tidak hanya keindahannya saja, bunga ini juga dipercaya membawa keberuntungan lho, bunga ini juga mampu menyerap racun dan zat kimia yang ada dalam ruangan seperti cat dinding rumah, maupun perabotan rumah tangga.

Beberapa tanaman hias, bisa dijadikan sebagai obat herbal. Untuk kamu yang penasaran dengan tanaman obat herbal, maka bisa mencari tahunya pada buku Tumbuhan Obat Berpotensi Hias 2.

3. Tanaman Lucky Bamboo (Bambu Keberuntungan)

Tanaman ini memiliki nama ilmiah yaitu Dracaena Sanderiana, namun banyak dikenal sebagai lucky bamboo atau bambu keberuntungan. Tanaman ini merupakan tanaman hias yang dapat tumbuh di atas air dan dipercaya membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Selain membawa keberuntungan, tanaman ini memiliki tampilan dan bentuk yang cantik dan menarik, sehingga sangat cocok untuk dijadikan hiasan di rumah ataupun kantor. Cara merawatnya juga mudah, kita hanya perlu memberikan kerikil atau batuan kecil untuk menopang bambu supaya berdiri dengan kokoh.

 

4. Tanaman Monstera

Sumber: mirkostoedter/Pixabay.com

Tanaman yang satu ini menjadi tren dan banyak dikoleksi masyarakat terutama pada masa karantina di era covid-19 lalu, karena orang-orang terpaksa untuk berdiam diri di rumah, mereka mencari kegiatan yang menarik seperti bertanam agar tidak stress dan mumet di rumah.

Salah satu tanaman yang hits pada saat itu adalah Monstera. Tanaman ini cocok untuk ditanam menggunakan media air, karena tumbuhan ini berupa daun saja. Meski hanya berupa daun, tetapi tanaman monstera ini memiliki keindahan dan keunikan yang membuat orang-orang jatuh cinta padanya dan menjadikan mereka aksen yang mempercantik ruangan.

 

5. Tanaman Marigold

Marigold merupakan bunga dengan warna kuning cenderung keemasan, sehingga nama bunga ini pun mengandung unsur emas atau “gold”. Bagi kalian yang penggemar warna kuning apalagi kuning keemasan, bunga ini sangat kami rekomendasikan untuk kalian jadikan hiasan di ruangan mana pun, karena warnanya sangat cantik dan cerah.

Bunga ini juga membuat kita yang mengoleksi tanaman bisa memberikan warna-warni pada hiasan ruangan kita, sehingga warnanya tidak monoton hanya putih atau hijau saja. Bunga ini sebetulnya berasal dari hutan basah atau rawa-rawa, sehingga tanaman ini bisa kita tanam di pot yang kita isi dengan air.

 

6. Tanaman Aglaonema

Sumber: ignartonosbg/Pixabay.com

Tanaman aglaonema juga sempat menjadi tanaman yang sangat populer di masa pandemi ini. Daun yang dimiliki cukup unik, karena dia memiliki warna hijau kemerahan dan batang aglaonema ini tidak berkambium, sehingga cocok banget nih untuk dijadikan tanaman hias.

Tanaman ini juga tetap bisa tumbuh dan berkembang walaupun intensitas sinar matahari yang diterima rendah, jadi kita tidak perlu terlalu khawatir jika ingin meletakkan tanaman ini di area yang tidak terkena matahari.

 

7. Tanaman Money Plant (Pachira)

Money plant atau pachira merupakan tanaman yang digemari banyak masyarakat pecinta tanaman karena tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias, sekaligus dipercaya membawa keberuntungan dan fengshui yang baik untuk rumah, kantor, atau dimanapun tanaman ini diletakkan.

Keberuntungan yang ditarik lebih tertuju kepada peruntungan finansial, sehingga oleh karena itu tanaman ini disebut sebagai Money Plant. Selain itu, tanaman ini juga akan memproduksi oksigen ketika malam hari, sehingga rumah akan terasa lebih segar dan juga sejuk.

Tanaman ini mudah untuk dirawat, kita hanya perlu menyiramnya setiap minggu agar tetap terhidrasi dan tumbuh dengan baik. Tanaman ini bertumbuh ke arah yang cenderung miring, dan memiliki warna hijau terang.

Untuk mempercantik tanaman ini, kita bisa gunakan wadah seperti vas yang berbotol kecil, kontainer bekas, maupun mason jar yang akan membuat tanaman ini terlihat semakin cantik dan menarik di suatu ruangan.

 

8. Tanaman Tulip

Tulis juga bisa dijadikan tanaman hias yang kita letakkan di atas vas berisi air. Tanaman tulip ini memiliki pesona dan kecantikan yang akan membuat ruangan kita menjadi lebih indah.

Kita bisa menanam tanaman tulip sebagai tanaman hias di ruang tamu atau dimanapun yang kita mau. Tentunya keindahannya akan terus terjaga jika kita memperhatikan dan merawat tanaman ini dengan baik ya, Grameds.

 

9. Tanaman Kala Lili

Bunga kala lili memiliki bentuk yang unik karena menyerupai terompet sehingga bunga ini akan menambah aksen menarik dalam ruangan kalian. Di dalam kelopak putihnya, bunga kala lili memiliki putik dengan warna kuning cerah, sehingga kecantikannya semakin bertambah. Bunga yang berwarna putih akan menciptakan kesan dan nuansa yang menenangkan, sehingga setiap kali kita melihatnya kita bisa merasa lebih tenang.

 

10. Tanaman Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang jenisnya merambat dan sering dijadikan hiasan untuk luar maupun dalam ruangan. Sirih gading tidak hanya bisa menjadi tanaman hias, ia juga memiliki keunggulan yaitu dapat membersihkan udara dalam ruangan dan menyerap racun tidak baik yang ada di atmosfer.

Cara menanam tanaman ini cukup sederhana, yaitu dengan memotong batangnya dan diletakkan di atas air, seiring berjalannya waktu akarnya akan bertumbuh. Tanaman ini cocok untuk menjadi hiasan pada meja kerja dengan menggunakan wadah dari gelas kaca.

 

11. Tanaman Water Canna

Sumber: uroburos/Pixabay.com

Tanaman yang satu ini digemari oleh hewan seperti kupu-kupu, lho. Kebun yang banyak ditanami tanaman ini akan sering kedatangan kupu-kupu karena mereka senang hinggap di tanaman ini. Tanaman ini merupakan tanaman bunga yang memiliki kelopak cukup tipis dan daun yang cukup tebal serta berukuran lebar.

Kabar baiknya, kita bisa menanam tanaman ini di botol kaca maupun vas air nih, Grameds! Tanaman ini berasal dari kolam dan rawa-rawa, dan memang biasa hidup di lahan yang basah. Tanaman ini mudah dirawat, kita hanya perlu meletakkannya di air sedalam 30 cm dan sesekali terkena sinar matahari.

Apakah kamu termasuk orang yang percaya dengan tanaman hias pembawa hoki? Jika iya, maka bisa mencari tahu beberapa tanaman hias yang diyakini dapat memberikan hoki melalui buku Tanaman Hias Favorit Pembawa Hoki. Buku ini juga menyajikan pengetahuan ihwal tanaman pembawa hoki. Siapa tahu tanaman hias Anda pun bisa mendatangkan keberuntungan dan rezeki.

12. Tanaman Pegagan Air

Nah, tanaman yang satu ini sih pastinya sudah sangat populer di kalangan skincare enthusiast. Dalam dunia kecantikan kulit, pegagan air ramah dikenal sebagai Centella Asiatica. Tahukah kamu, ternyata tanaman ini juga banyak diminati sebagai tanaman hias loh!

Karena bentuknya yang cantik, kita bisa menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi ruangan yang bisa kita letakan di meja, lemari, dan lain-lain. Ornamen pemanis ruangan yang satu ini bisa kita letakan di atas wadah yang berisi air.

Supaya lebih cantik lagi, kita bisa gunakan wadah dari gelas kaca yang akan memperlihatkan tanaman ini secara jelas. Jangan lupa letakan tanaman ini di area yang terkena sinar matahari, ya. Dengan itu tanaman pegagan air bisa tumbuh dengan sehat.

 

Tanaman Spider Plant

Wah, terdengar agak ngeri ya nama tanaman ini. Eitss… tapi tidak perlu takut, Grameds! Tanaman ini justru memiliki juntaian helai-helai daun yang sangat cantik dan indah untuk dipandang, lho! Selain itu, Spider Plant juga termasuk tanaman yang tumbuhnya cepat dan bisa mencapai tinggi hingga 80 cm.

Tanaman ini memiliki peran yang cukup spesial ketika diletakkan di suatu ruangan, yakni mereka bisa menyaring racun-racun yang ada di udara dan memberi kesan alami. Tidak hanya itu, spider plant juga bisa menyerap kandungan zat kimia yang diproduksi dari kulit maupun karet. Tanaman ini juga bisa hidup di media air sehingga kita bisa meletakkannya di pot berisi air dan penyinaran matahari yang cukup akan membuat tumbuhan ini bertumbuh dengan baik.

Pastinya rumah yang bebas nyamuk akan jadi lebih nyaman. Untuk mengurangi nyamuk di rumah, bisa dilakukan dengan cara menanam tanaman hias anti nyamuk. Nah, buku Herba dan Tanaman Hias Penangkal Nyamuk dan Polusi Udara ini bisa kamu jadikan sebagai panduan agar bisa menanam sekaligus merawat tanaman hias anti nyamuk di rumah.

Cara Menanam Tanaman Dalam Vas Air

Cara menanam tanaman dalam vas air cukup mudah dan sederhana, berikut cara yang dapat kamu gunakan untuk memulai menanam tanaman dalam vas air :

  • Pertama-tama, kalian bisa memilih vas air dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman yang akan kalian tanam.
  • Kedua, pastikan vas air yang akan kalian gunakan ini bersih dari kotoran sebelum kalian menuangkan air ke dalamnya.
  • Ketiga, letakkan tanaman air di atas air yang sudah kita tuangkan ke dalam vas dan pastikan akar tanaman tersebut terendam sempurna dalam air.
  • Keempat, pastikan air dalam vas air tersebut kalian ganti setiap bulan ya, supaya kualitas air serta nutrisi yang dibutuhkan tanaman kalian bisa terpenuhi.
  • Kelima, Jauhkan tanaman vas air dari area yang rentan menyenggol vas tersebut hingga terjatuh.

Cara Merawat Tanaman Dalam Vas Air

Untuk merawatnya, hal yang paling harus kita perhatikan adalah pastikan tanaman kita ini terkena sinar matahari yang cukup agar pertumbuhannya sehat dan sempurna. Meskipun membutuhkan paparan sinar matahari, bukan berarti kita meletakkan tanaman kita di bawah terik matahari yang terlalu menyengat, cahaya matahari yang dibutuhkan secukupnya saja dan pastikan tanaman kita tidak dalam suhu yang terlalu dingin juga.

Kemudian, tanaman kita berikan pupuk secara teratur agar memastikan nutrisi mereka tidak hanya diperoleh dari air saja, namun dari makanan yang kita berikan juga. Setelah itu, pastikan kita selalu membersihkan vas air secara berkala dari kotoran maupun alga yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman kita.

Terakhir, kita juga dapat melakukan perawatannya dengan memastikan air dalam vas kita ganti secara teratur ya, Grameds!

Itu dia pembahasan mengenai tanaman dalam vas air yang bisa kamu tanam di rumah maupun kantor. Dalam artikel ini kita sudah membahas mengenai jenis-jenis tanaman dalam vas air, cara menanam tanaman dalam vas air dan cara merawat tanaman dalam vas air.

Tumbuhan ini selain bisa menambah nilai keindahan, namun juga memiliki manfaat untuk menyerap kelembaban udara. Cara menanamnya juga sederhana dan perawatannya mudah. Hmm, menarik yaa Grameds.. Bagaimana? Apakah kalian tertarik untuk menanam tanaman dalam vas air? Yuk, langsung tanam tanaman ini pada tempat manapun yang ingin kamu buat semakin kece dan aesthetic!

Jika ingin mencari buku tentang tanaman hias, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Alicia

Rujukan:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210120093829-277-596008/rekomendasi-tanaman-hias-bunga-yang-hidup-di-air
  • https://www.dekoruma.com/artikel/72166/jenis-tanaman-dalam-ruangan
  • https://bobo.grid.id/read/082893308/jenis-tanaman-air-dalam-ruangan-cantik-dan-mudah-dirawat?page=all
  • https://www.suara.com/lifestyle/2021/10/29/151849/rekomendasi-10-tanaman-dalam-vas-air-terpopuler-mulai-dari-monstera-hingga-anthurium
  • https://pexio.co.id/blog/tanaman-air-hias-meja/


Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    89% 89% 105 / 117
  • Tidak
    10% 10% 12 / 117


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti M

Bagi saya, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan karena selain bisa berbagai informasi, saya juga bisa menambah wawasan. Tema yang sangat suka dalam menulis adalah seputar ilmu pengetahuan serta pemerintahan.