in

Mengenal Jenis Philodendron dan Harganya

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk membuat suasana rumah menjadi semakin sejuk dan juga alami. Salah satunya yaitu dengan cara meletakkan tanaman hias di beberapa sudut rumah sebagai hiasan. Tak hanya bisa membuat nuansa rumah menjadi lebih cantik.

Tanaman juga bisa membuat kualitas udara yang ada di rumah menjadi lebih sejuk. Salah satu tanaman hias yang kini cukup populer adalah jenis philodendron. Tanaman jenis ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias dan properti untuk dekorasi ruangan.

Tanaman yang satu ini terkenal karena memiliki banyak jenisnya. Masing-masing jenis philodendron mempunyai ciri khas di bagian fisiknya yang berbeda-beda. Baik itu bentuk daunnya, ukuran tanaman, atau warna daunnya.

Keunggulan lain dari philodendron yaitu tanaman ini sangat mudah dirawat. Terlebih lagi, tanaman philodendron sangat mudah beradaptasi dengan semua kondisi lingkungan. Jadi, hampir semua orang di berbagai daerah bisa menanam tanaman ini di rumah.

Mengenal Jenis Philodendron

Tanaman philodendron merupakan salah satu tanaman hias daun yang berasal dari Suku Araceae. Tanaman ini memiliki banyak jenis spesies yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis tanaman philodendron yang bisa kamu temukan, karena tanaman ini banyak tersebar di hutan dan negara yang beriklim tropis seperti Indonesia.

Tanaman ini sangat menyukai tempat yang lembab seperti hutan tropis, tepi sungai, rawa bahkan di pinggir jalan , hidup dengan cara merambat pada pohon lain dengan akarnya. Daun hijau cantik dari tanaman philodendron memiliki bentuk yang unik serta tampak mengkilap bak bola mata.

Tanaman hias ini tersedia dalam berbagai ukuran dari ukuran kecil hingga ke ukuran besar, yang pasti akan sangat cocok untuk mengisi kekosongan dalam rumah kamu.

Tanaman ini mempunyai jenis yang sangat beragam. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai tanaman hias di rumah, maka kamu perlu mengetahui jenis-jenis terlebih dulu. Berikut ini adalah beberapa jenis philodendron dan juga cara merawatnya.

1. Philodendron Epipremnum Aureum

Jenis philodendron yang pertama adalah philodendron epipremnum aureum. Jenis tanaman ini biasanya dikenal dengan sebutan “sirih-sirihan” dan juga “sirih gading kuning gantung”. Mengapa jenis tanaman ini disebut demikian?

Karena tanaman ini tumbuh menjuntai seperti menggantung. Jenis philodendron juga sering digunakan sebagai tanaman hias yang menggantung. Jadi, bisa kamu letakkan di area depan rumah, supaya halaman rumah terlihat lebih hijau.

Jenis tanaman yang satu ini tergolong ke dalam jenis philodendron rambat. Jenis philodendron ini memang sangat cocok dijadikan tanaman gantung di depan teras rumah atau untuk menghias interior rumah.

Di Indonesia sendiri, banyak orang yang masih menyebutnya sebagai sirih gading kuning. Ciri khas atau karakteristik dari tanaman ini yaitu daun bagian ujung yang berwarna lebih cerah sedangkan daun yang mendekati akar berwarna hijau. Untuk harganya, jenis tanaman ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu senilai di bawah 400 ribu.

2. Philodendron Imperial Red Cardinal

Sesuai dengan nama jenisnya, tanaman yang satu ini mempunyai fisik yang berwarna hijau kemerahan. Bagi kamu yang sudah lama gemar mengoleksi tanaman hias, tentunya sudah tahu masa-masa tanaman ini terkenal pada tahun 2007.

Dimana pada tahun itu philodendron imperial red cardinal pernah menjadi salah satu tanaman hias yang menempati posisi tertinggi sebagai tanaman yang sangat populer di Indonesia. Kepopulerannya tersebut membuat harga tanaman ini melejit tinggi. Pada masa itu, per lembar dari daun tanaman ini dihargai 500 ribu.

Meskipun sekarang sudah tidak sepopuler dulu, tapi masih ada banyak orang yang mengoleksi tanaman ini. Selain memiliki tampilan yang indah, jenis philodendron ini juga mempunyai kemampuan beradaptasi pada suhu yang dingin.

Warna merah yang ada pada daunnya membuat tanaman ini terkesan sangat mewah. Oleh karena itu, tidak heran jika masih banyak orang yang tetap ingin mengoleksi tanaman ini. Selain bisa memperindah ruangan, tanaman ini juga enak dipandang.

3. Philodendron Selloum

Jenis philodendron yang ketiga adalah tanaman philodendron selloum. Tanaman ini juga sering disebut dengan philodendron jari. Unik bukan? Sebutan tersebut muncul karena bentuk daunnya yang menyerupai jari-jari manusia.

Umumnya, tanaman jenis ini dijadikan sebagai dekorasi di acara pernikahan. Sama seperti tanaman philodendron lainnya, perawatan jenis tanaman ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiramnya secara rutin.

Jenis philodendron yang paling populer akhir-akhir ini adalah philodendron selloum. Sebab, jenis tanaman ini mempunyai daun yang unik dan membuatnya semakin menarik jika dijadikan sebagai dekorasi. Untuk harganya sendiri, jenis tanaman ini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Yaitu sebesar 400 ribu per tanaman. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

tombol beli buku

4. Philodendron Moonlight

Juga dikenal dengan nama philodendron lemon orange juice karena tanaman ini memiliki warna daun seperti warna kulit lemon. Jenis ini kerap digunakan untuk menghiasi taman atau akan diletakkan di pot.

Sama seperti jenis lainnya, jenis ini juga tahan dingin. Jenis ini memiliki ciri khusus, yaitu warna daunnya hijau cerah yang sangat menyenangkan di mata. Anda dapat mendapatkan Philodendron Moonlight dengan harga kurang dari Rp200.000.

5. Philodendron Red Congo

Juga dikenal dengan nama Philodendron congo rojo, tanaman hias ini biasanya digantung atau juga bisa ditanam didalam pot. Perawatan tanaman ini cukup sederhana dan tidak memerlukan perawatan lebih.

6. Philodendron Scandens Medio Pictum

Philodendron Scandens Medio PictumSering disebut dengan sirih Belanda variegata (flame leaved heart plan) karena memiliki bentuk seperti hati. Biasa digunakan sebagai tanaman hias gantung. Jenis ini dinilai mirip dengan epipremnum aureum. Namun, jika dilihat lebih seksama, jelas keduanya memiliki perbedaan baik perbedaan warna maupun corak garis.

7. Philodendron Monstera Deliciosa

Philodendron Monstera DeliciosaJenis ini akan sangat cocok untuk kamu yang baru berkecimpung di dunia tanaman hias. Mengapa? Karena tanaman ini memiliki daun yang sangat mudah tumbuh. Selain itu, jenis ini memiliki harga yang ramah serta klop untuk diletakkan di luar maupun dalam ruangan

8. Philodendron Monstera Obliqua

Philodendron Monstera ObliquaNah siapa yang asing dengan tanaman ini? Tanaman ini kerap disebut dengan janda bolong. Cocok diletakkan didalam ruangan, perawatannya pun cukup sederhana dan mudah. Anda tinggal rutin melakukan penyiraman serta rutin mengganti tanah.

 

9. Philodendron Crocodile

Philodendron CrocodileDinamakan Philodendron Crocodile karena memiliki daun yang memiliki bentuk seperti ekor buaya. Seperti jenis lainnya, perawatan untuk jenis ini pun juga mudah dan sederhana, yaitu cukup melakukan penyiraman serta mengganti tanah secara teratur.

10. Philodendron Prince of Orange

Philodendron Prince of OrangeJenis ini menjadi kasta tertinggi dalam jenis tanaman philodendron. Bagaimana tidak? Tanaman ini memiliki keunikan, yaitu mampu mengubah atau memanipulasi warna. Saat tanaman itu masih muda, memiliki daun yang berwarna yellow-brown. Setelah umurnya cukup tua, daunnya akan menjadi hijau.

11. Philodendron Baumfreund

Philodendron BaumfreundJuga dikenal dengan nama sirih-sirihan hijau. Tanaman ini termasuk tanaman yang diminati, biasanya tanaman ini akan diletakkan didalam pot lalu digantung.

12. Philodendron Minima Variegata

Philodendron Minima VariegataMenjadi jenis philodendron termahal yang pernah ada. Tanaman ini dapat dibanderol dengan harga yang mahalnya minta ampun, yaitu seharga Rp 114 juta. Wah harga yang sangat mahal bukan? Jenis ini memiliki warna daun yang terdiri dari perpaduan warna cantik nan unik, hal itulah yang membuat jenis ini memiliki harga yang mahalnya luar biasa.

tombol beli buku

13. Half Moon Philodendron Pink Princess

Half Moon Philodendron Pink PrincessHalf Moon Philodendron Pink Princess ini termasuk tanaman jenis sultan dan termasuk kedalam jenis philodendron yang paling mahal. Half Moon Philodendron Pink Princess dijual dengan harga Rp 22,5 juta.

Philodendron ini memiliki warna daun yang menarik, yaitu merah muda yang cantik. Daunnya dapat berwarna keseluruhan merah muda dana dan ada yang merah muda bercampur dengan hijau. Salah satu tanaman pilihan untuk menghias kamar feminim.

14. Philodendron Florida Beauty

Philodendron Florida BeautyPhilodendron Florida Beauty termasuk tanaman sultan yang langka. Philodendron Florida Beauty masuk ke dalam jenis philodendron yang paling mahal. Untuk menentukan harganya dihitung satu-satu dari daunnya.

Harga satu daunnya dibanderol dengan harga Rp 2 juta, maka jika di dalam satu pot terdapat 6 daun maka harganya mencapai Rp 12 juta. daun yang dimiliki Philodendron Florida Beauty dibilang cukup unik yaitu perpaduan antara hijau terang dan hijau gelap abstrak

15. Philodendron Baumfreund

Philodendron BaumfreundPhilodendron Baum Freund termasuk kedalam spesies merambat. Harga tanaman ini berkisar Rp 80.000,- hingga Rp 250.000,-. Tanaman ini dibilang mirip dengan daun sirih yaitu dominan warna hijau.

Tanaman ini dapat diletakkan pada sudut ruangan atau bisa digantung di taman rumah anda. Perawatan yang diperlukan cukup mudah, sehingga anda yang baru terjun ke dunia tanaman hias tak perlu khawatir tanaman cepat layu atau mati.

 

16. Philodendron Scandens

Philodendron ScandensJenis philodendron scandens merambat ini sangat unik jika ditempatkan serta dihias se menarik mungkin di pojok hunian. Philodendron scandens mempunyai daun dengan warna hijau tua pekat dan masuk ke dalam salah satu kategori tanaman merambat.

Tanaman philodendron scandens ini dibanderol dengan harga Rp85.000 – Rp360.000 per tanamannya. Tetapi philodendron scandens ini memang bukan masuk dalam jenis philodendron yang paling mahal. Namun juga tanaman jenis yang satu ini sudah layak untuk dijadikan sebagai salah satu jenis tanaman penghias hunian yang nyaman.

17. Philodendron Black Cardinal harga berkisar dari Rp70.000 sampai Rp 900.000

Philodendron Black CardinalHal ini dikarenakan tanaman yang mempunyai warna dominan daun merah ini mempunyai tingkat daya tahan yang cukup tinggi pada suhu ruangan yang dingin.

Dengan seperti itu maka tentunya tanaman dengan genre daun ini cocok sekali untuk ditempatkan pada ruangan yang dingin.

Tanaman jenis Philodendron pertama ada di imperial red cardinal. Tanaman ini juga mempunyai daun yang dominasi warna merah. Maka dari itu mempunyai tingkat daya tahan yang cukup tinggi jika di suhu ruangan yang dingin. Philodendron juga cocok sekali jika diletakkan pada ruangan rumah Anda.

Black cardinal yaitu tanaman hias dengan daun yang berjenis philodendron dan lumayan unik. Serta juga mempunyai daun cantik yang sedikit mengkilap dan mempunyai warna kehitaman yang terkesan elegan. Selain itu philodendron black cardinal ini mempunyai kisaran harga mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 900.000.

18. Philodendron Billietiae harga berkisar Rp300.000 sampai Rp6.500.000.

Philodendron BillietiaePhilodendron Billietiae Merupakan sebuah tanaman yang sangat menarik. Tanaman ini membutuhkan pancaran sinar matahari tidak langsung dengan penggunaan tanah yang kering. Sebaiknya Anda menyiram tanaman ini jika kondisi tanah benar-benar mengering dan tandus.
Merawat Philodendron billietiae sangat mudah dan sederhana. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik. Tanaman ini berasal dari negara-negara besar yaitu Brasil, Kosta Rika, dan Guyana Prancis.

Daunnya seperti raksasa yang berbentuk panah atau hati yang mengkilap. Batangnya berwarna merah jingga yang elegan dan memiliki panjang yang dapat menambah keunikan tersendiri bagi tanaman ini.

19. Philodendron Bipinnatifidum Harga berkisar Rp 45.000 sampai Rp200.000.

Philodendron BipinnatifidumBanyak orang yang menyebut tanaman ini dengan sebutan Philodendron selloum atau lacy tree philodendron. Masyarakat Indonesia sering menyebutnya dengan philo jari. Tanaman ini asli dari Amerika Selatan terutama Negara Brazil, Argentina, Bolivia, dan Paraguay.

Namun tanaman ini sudah diakulturasikan secara global sebagai tanaman lanskap (landscape plant) pada daerah tropis, subtropis, dan daerah dengan temperatur yang panas. Daunnya bertekstur bergerigi, membentuk seperti jari manusia, dengan mempunyai daun yang banyak dan lebat (rimbun).

Tanaman ini dapat hidup mulai umur 15 sampai 20 tahun, philodendron akan berbunga jika memiliki cukup cahaya dan nutrisi yang cukup. Warna bunganya yang cantik, sehingga penampilannya tidak berbeda dengan bunga peace lily. Tetapi tanaman ini bunganya tidak mekar dengan sempurna, minat botani yang sebenarnya terletak pada daunnya yang berbentuk unik.

Cara merawat tanaman hias philodendron

Tanaman sangat populer karena dipilih dengan tampilannya yang cantik saja, tetapi juga cara perawatannya yang sangat mudah. Sama seperti merawat tanaman hias lainnya. Philodendron juga membutuhkan beberapa macam hal, seperti:

1. Sinar matahari yang cukup

Anda bisa meletakkan tanaman ini di area yang terang namun tidak terpapar sinar matahari langsung. Jika terdapat beberapa daun yang menguning pada saat bersamaan, hal ini menandakan bahwa tanaman tersebut terlalu banyak mendapatkan cahaya matahari. Sebaliknya, jika batangnya yang berkerut dan tumbuh panjang, maka itu tandanya kurang mendapat cahaya matahari.

2. Rutin menyiram

Seperti tanaman lainnya, tanaman ini pun memerlukan penyiraman yang rutin. Apabila Anda menaruhnya di dalam ruangan, maka siramlah 2 atau 3 kali dalam seminggu. Sebaliknya, apabila Anda menaruhnya di luar ruangan, maka Anda perlu menyiramnya 1 kali dalam sehari.

3. Berikan Pupuk

Tak hanya cukup dengan disiram, tanaman hias philodendron ini juga memerlukan perawatan lanjutan. Untuk itu, Anda bisa memberinya pupuk secara teratur dan sesuai prosedur. Jika Anda rutin memberinya pupuk, maka tanaman hias itu akan terlihat selalu segar dan enak dipandang.

4. Perkembangbiakan

Tanaman ini dapat dikembangbiakkan dengan 3 cara, yaitu, stek benggol, stek batang, dan juga pemisahan akar.

Pada perkembangbiakan stek batang dapat dilakukan dengan cara pemotongan/pemangkasan daun yang kemudian dengan harapan daun itu dapat membentuk tanaman baru.

Setelah sesi pemotongan daun selesai, simpan potongan daun tersebut di dalam wadah toples yang berisi air. Tempatkan di tempat yang hangat agar akar cepat tumbuh. Apabila Anda menanamnya di tanah, maka perlu pengolesan fungisida.

Itulah pembahasan mengenai jenis philodendron dan cara merawatnya. Dengan memiliki tanaman hias di dalam rumah, tentu udara di sekitar ruangan akan menjadi semakin sejuk. Sebab, tanaman sendiri dapat memproduksi Oksigen dengan baik.

Namun, kamu juga harus merawatnya dengan baik dan memberikan ruang terbuka. Supaya tanaman yang ada di dalam ruangan bisa tetap menerima cahaya matahari dengan baik. Kira-kira kamu tertarik untuk mengoleksi jenis philodendron yang mana?



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah