in

Mengenal Jenis Bunga Mawar dengan Berbagai Warna yang Menawan

Bagi sebagian orang, bunga mawar diartikan sebagai bunga yang meambangkan kasih sayang dan cinta. Dimana beberapa orang juga mengartikan bunga mawar menurut warnanya. Ada beberapa warna yang dikenal oleh sebagian besar orang, yakni bunga mawar merah, kuning, putih, dan lain sebagainya. Padahal pada kenyataannya, ada berbagai jenis bunga mawar yang dibedakan berdasarkan bentuknya. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis bunga mawar yang ada di seluruh dunia.

Apabila Anda belum mengetahui hal tersebut sebelumnya, bunga mawar sebenarnya termasuk ke dalam kategori tumbuhan semak. Hal tersebut ditandai dengan adanya batang yang selalu ditumbuhi duri-duri kecil. Tumbuhan bunga mawar dapat tumbuh hingga 5 meter. Akan tetapi, jika dibiarkan merambat di tanaman lain atau media lain, maka tumbuhan mawar ini bisa sepanjang 25 meter.

Deskripsi Bunga Mawar

Tanaman bunga mawar ini termasuk ke dalam tumbuhan golongan tingkat tinggi, karena mempunyai biji tertutup. Tumbuhan dikotil ini mempunyai batang yang berkayu dan juga berakar tunggal yang mana dapat membesar karena mempunyai kambium. Terdapat lebih dari 100 jenis bunga mawar dan mayoritas berupa semak belukar yang bisa tumbuh hingga setinggi 2 sampai 5 meter. Tapi, ada pula yang tergolong ke dalam jenis tumbuhan merambat yang bisa tumbuh hingga 20 sampai 25 meter. Untuk nama latin dari bunga mawar yaitu Rosa sp dari genus Rosaceae dengan taksonomi sebagai berikut:

– Kingdom : Plantae
– Divisi : Spermatophyta
– Sub Divisi : Angiospermae
– Kelas : Dicotyledoneae
– Ordo : Rosanales
– Famili : Rosaceae
– Genus : Rosa
– Spesies : Rosa hiproida atau Rosa sp.

Ada beberapa jenis bunga mawar yang bisa menghasilkan buah yang dikenal dengan nama rose hips. Karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi, rose hips ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kosmetik atau perawatan kecantikan. Bunga yang satu ini asalnya dari daratan Eropa Timur, Cina, dan Timur Tengah. Walaupun sepanjang batangnya ditumbuhi duri kecil, namun kecantikan bunganya membuat tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias yang sangat cepat menyebar ke seluruh dunia, termasuk juga Indonesia.

Ciri-ciri Bunga Mawar

Setiap jenis bunga mawar mempunyai ciri khas tersendiri, seperti misalnya warna, corak, dan juga pola yang terlihat pada kelopak bunganya. Akan tetapi, terdapat beberapa ciri umum yang ada di semua jenis bunga mawar, antara lain:

1. Akar atau Radix

Bentuk akar dari tumbuhan mawar ini yaitu bulat memanjang ke bawah dan berwarna coklat mudah dan coklat tua. Adapun fungsi dari akar yaitu untuk menyokong tanaman supaya bisa tegak dan menyerap unsur hara dari dalam tanah.

2. Batang atau Caulis

Batang dari bunga mawar biasanya berbentuk bulat memanjang dengan cabang yang tidak beraturan. Diameternya sendiri sangat kecil, sehingga sangat rentan terhadap predator besar. Oleh karena itu, sepanjang batangnya ditumbuhi oleh dui-duri kecil yang cukup tajam sebagai alat pertahanan diri. Dengan adanya lapisan kulit halus di permukaan batangnya, batang bunga mawar ini mempunyai warna kecoklatan, hijau lumut, dan abu-abu. Bunga mawar bisa dikembangbiakkan melalui stek batang dan masing-masing akan menghasilkan buah tunggal.

3. Daun atau Folium

Tumbuhan bunga mawar ini mempunyai daun majemuk, dimana di dalam satu batang ada sekitar 5 hingga 9 daun. Daun mawar berwarna hijau muda dan tua, berbentuk bulat kecil memanjang dengan ukuran lebih 2 hingga 3 cm dan ujungnya meruncing dan bergerigi.

4. Bunga

Bunga tanaman mawar ini tergolong bunga yang majemuk, yakni terdiri dari benang sari dan putik yang tersusun di dasar bunga yang berbentuk guci. Bentuknya sendiri ada yang berupa bunga tunggal dan ada pula yang seperti payung. Bentuk dari bunga mawar relatif bulat, tersusun dari lapisan-lapisan kelopak bunga. Jumlah dari kelopak yaitu 20 hingga 26 helai, bergantung dari besarnya bunga. Untuk warnanya sangat beragam, mulai dari merah, putih, biru, kuning, dan lain sebagainya.

5. Biji dan Buah atau Fuctus

Biji dari bunga mawar bisa dilihat dengan jelas karena ada di bagian bunganya. Ukurannya sendiri relatif kecil dengan bentuk oval memanjang dan dilindungi oleh buah. Warna bijinya kecoklatan sampai kehitaman dan di bagian dalamnya berwarna keputihan dan kecoklatan.

Mengenal Aneka Bunga Sambil Mewarnai

Jenis-jenis Bunga Mawar

Jangan pernah membedakan jenis bunga mawar hanya berdasarkan warnanya saja. Jika diteliti lagi, ada berbagai jenis bunga mawar yang sebenarnya dibedakan berdasarkan bentuknya. Sebagian jenis bunga mawar memang berwarna merah, akan tetapi ada pula yang berwarna merah maroon dengan bentuk yang beragam. Di bawah ini adalah beberapa jenis bunga mawar yang tumbuh di daratan Indonesia dan ciri khasnya.

1. Mawar Eden

Jika harus menyebutkan salah satu jenis bunga mawar yang paling cantik, maka bunga mawar eden adalah juaranya. Bunga yang satu ini dikenalkan pertama kali oleh Marie Luise Meiland kepada publik melalui ajang Meiland International di tahun 1985. Di negara yang memiliki empat musim, mawan eden akan mekar di akhir musim semi sampai penghujung musim panas. Selain terlihat sangat cantik, jenis bunga mawar ini terkenal dengan ukurannya yang besar. Dimana diameter bunganya bisa mencapai 10 cm dengan jumlah kelopak mencapai 70 helai. Kemudian untuk tinggi tanaman secara keseluruhan berkisar antara 100 hingga 365 cm. Warna dari jenis mawar ini cukup khas, yaitu pink di bagian tengah, kemudian semakin keluar akan semakin memudar warnanya sampai menjadi putih bersih.

2. Mawar Kubis

Jenis bunga mawar yang satu ini disebut kubis karena model kelopaknya yang mirip dengan sayuran kubis. Ukuran kelopaknya relatif besar dan bertumpuk rapat sampai membentuk bulatan. Jenis bunga mawar ini diperoleh dari hasil persilangan yang dilakukan oleh seorang pembudidaya mawar di abad ke-17. Tinggi dari tumbuhan mawar ini berkisar antara 30 hingga 40 cm. Dengan begitu, bunga mawar ini akan sangat cantik untuk dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Akan tetapi, kita membutuhkan kesabaran untuk bisa merawat dan memelihara bunga mawar kubis. Sebab, jenis bunga mawar yang satu ini rentan terhadap hama.

3. Mawar Double Delight

Jenis bunga mawar double delight ini merupakan salah satu jenis bunga mawar yang paling banyak diminati para pecinta bunga. Bunga yang satu ini mempunyai perpaduan dua warna yang sangat menarik. Dimana kelopak bagian dalamnya berwarna putih, sementara kelopak bagian paling luar berwarna merah. Jumlah kelopak pada bunga mawar ini mencapai 30 helai. Untuk aromanya sendiri sangat kuat dan juga manis. Daun-daunnya berwarna hijau tua yang terlihat sangat elegan.

Warna merah yang ada pada jenis double delight ini diperoleh dari sinar ultraviolet. Oleh karena itu, bunga warna ini disarankan ditanam di area yang terkena matahari, sehingga kita bisa menikmati keindahan warnanya. Jika diletakkan di area yang tertutup, maka jenis bunga ini hanya akan menampilkan warna putih saja. Mawar double delight ini bisa tumbuh sampai tingginya mencapai 150 cm dan lebar 60 cm. Kamu bisa menjadikannya tanaman hias di pekarangan rumah atau memotongnya untuk menghias sudut ruang tamu.

4. Mawar Musk

Jenis bunga mawar musk atau rosa moschata merupakan salah satu jenis mawar yang banyak dibudidayakan sejak lama, yaitu sejak abad ke-16. Berbeda dengan jenis bunga mawar lainnya, jenis yang satu ini tergolong sebagai tanaman merambat yang panjangnya dapat mencapai 3 hingga 10 meter. Bunga mawar yang satu ini mempunyai kelopak yang agak bergelombang dan jumlahnya sangat banyak. Warna kelopaknya sendiri beragam, mulai dari putih, kuning, sampai warna pink. Jenis mawar yang satu ini mempunyai aroma yang sangat kuat, sehingga sering dipakai sebagai campuran aroma parfum. Kamu pasti sudah pernah menemukan parfum dengan aroma musk bukan?

Cerdas Dengan Mewarnai: Bunga

5. Mawar Sunsprite

Jika kamu sedang mencari bunga yang berwarna kuning untuk mencerahkan taman rumah, maka bunga mawar sunsprite ini bisa menjadi pilihan terbaik. Warna kuningnya yang sangat pekat dan tidak mudah memudar seiring dengan bertambahnya usia mawar. Bunga yang satu ini juga mempunyai aroma manis. Daunnya juga cukup rimbun dan berwarna hijau, sehingga rumah kamu juga akan terlihat lebih asri. Untuk periode mekarnya sendiri biasanya pada Bulan Juni sampai September.

Tinggi dari bunga mawar ini bisa mencapai 75 cm. Kemudian bagian kelopaknya berjumlah 17 sampai 25 helai. Ukurannya yang besar dan bagian tepinya sedikit bergelombang. Mawar sunsprite ini sangat cocok ditanam di dataran tinggi, baik itu langsung di tanah ataupun dengan menggunakan pot tanaman. Untuk urusan serangan hama, jenis bunga mawar ini tergolong cukup kuat.

6. Mawar Talitha

Jenis bunga mawar yang satu ini merupakan salah satu jenis mawar yang tergolong unik karena tidak berwarna merah, melainkan berwarna oranye. Mawar talitha merupakan salah satu jenis bunga potong dengan bunga ganda. Untuk ukuran bunganya tidak berbeda jauh dengan bunga mawar jenis lainnya. Saat mekar, ukuran bunga mawar ini hanya sebesar 8 cm. Sementara untuk tangkainya, tumbuhan mawar ini hanya berukuran sekitar 50 hingga 100 cm. Setelah dipotong dari tangkainya, kesegaran dari bunga mawar ini bisa bertahan antara 7 sampai 9 hari di dalam vas bunga.

7. Mawar Putri

Hampir mirip dengan bunga mawar talitha, jenis bunga mawar putri juga termasuk ke dalam jenis mawar potong dengan jenis bunga ganda. Namun, bedanya yaitu bunga mawar putri mempunyai warna merah tua atau dark red. Bunga mawar putri lebih sering dijadikan sebagai hadiah karena mempunyai aroma yang lebih wangi daripada jenis bunga mawar yang lainnya. Bahkan, aroma bunga mawar ini bisa bertahan sampai 10 hari bila disimpan di dalam vas bunga. Untuk ukuran dari bunga mawar ini tergolong lebih besar dibandingkan dengan bunga mawar talitha. Jika sedang mekar, ukurannya bisa mencapai 10 cm. Sementara untuk panjang batangnya bisa tumbuh mencapai 60 hingga 110 cm.

8. Mawar Mega Putih

Bunga mawar mega putih adalah salah satu jenis bunga mawar yang berukuran cukup besar. Saat kuncup saja, ukuran bunganya bisa mencapai 3 cm. Sementara saat mekar, bunga mawar ini mempunyai diameter yang mencapai 12 cm. Untuk menopang kelopak bunga yang cukup besar ini, bunga mawar mega putih mempunyai jenis batang yang kokoh yakni berukuran 7 hingga 8 cm. Sementara untuk panjang total tangkainya mencapai 90 cm. Bunga mawar ini termasuk ke dalam jenis bunga mawar yang tumbuh di Indonesia dengan aroma yang cukup wangi atau light fragrance.

9. Mawar Liar atau Wild Rose

Sesuai dengan namanya, kelompok bunga mawar yang satu ini biasanya tumbuh liar di alam bebas dan sudah aja sejak zaman dulu. Sebagaimana sifat tanaman liar lain, bunga mawar ini juga sangat tahan terhadap hama dan tidak mudah mati. Jika dilihat dari bentuknya, jenis bunga mawar ini sangat sederhana, namun kecantikannya tidak kalah dengan jenis bunga mawar lainnya. Bahkan, karena kesederhanaannya, mawar liar ini justru menjadi salah satu bunga yang banyak diminati.

10. Bunga Mawar Taman Kuno atau Old Garden Rose

Jenis bunga mawar yang satu ini dikenal sebelum pertengahan abad ke-18 dan dihasilkan dari persilangan. Adapun ciri khas dari mawar yang tergolong ke dalam old golden rose yaitu bentuknya yang rumit dan cantik serta mempunyai wangi yang sangat semerbak.

11. Modern Garden Rose atau Bunga Mawar Taman Modern

Di tahun 1867, dunia tanaman hias mulai mengenal yang namanya bunga mawar taman modern, yakni dari jenis hybrid tea. Ciri khas dari old golden rose ini adalah bunganya berkelopak ganda, ada beberapa jenis yang berbau harum, dan dapat tumbuh di sepanjang tahun. Selama ini, mungkin saja kamu mengenal jenis bunga mawar berdasarkan warnanya saja, seperti bunga mawar merah, putih, kuning, biru, dan lain sebagainya. Padahal, ada banyak sekali jenis mawar yang sangat terkenal karena keindahan dan juga wanginya yang semerbak.

BUNGA Mawar Gunung Single Edition

12. Mawar Pet Austin

Jenis mawar pet austin merupakan jenis bunga mawar Inggris yang direkomendasikan oleh David Austin, yakni seorang pemulia dan penulis mawar Inggris yang tinggal di Shropshire. Bunga mawar ini merupakan bunga ganda yang berukuran 4 hingga 5 inci. Untuk aromanya sendiri seperti teh saat mekar. Bunga yang satu ini tumbuh dengan warna oranye atau tembaga.

13. Mawar Hybrid Tea

Mawar hybrid tea atau yang dikenal dengan istilah hibrida teh merupakan jenis mawar hasil persilangan dari mawar abadi dan mawar teh. Bunganya selalu mekar dengan ukuran yang sangat besar yakni 4 hingga 5 inci dengan jumlah kelopak mencapai 30 hingga 50 kelopak. Saat mekar, bunga yang satu ini mempunyai aroma jeruk dan rempah yang cukup kuat. Mereka biasanya hadir dengan warna merah yang mudah pudah, namun terkadang juga muncul dengan warna putih dan kuning.

14. Mawar Knock Out

Jenis bunga mawar knock out atau yang dikenal dengan nama rainbow knock out ini adalah bunga mawar semak yang mempunyai bunga tunggal klasik. Tak seperti jenis bunga mawar semak lainnya, mawar knock out ini mempunyai siklus mekar yang baik. Bunganya akan muncul dalam kelompok dan berwarna merah muda.

15. Mawar Grandiflora

Mawar grandiflora ini menonjol dengan berbagai jenis mawar, bunganya sangat mencolok di batang yang tinggi dalam kelompok 3 hingga 4 bunga. Mereka akan datang dalam berbagai warna, seperti warna ungu, merah, oranye, merah mudah, dan juga kuning. Untuk aromanya sendiri hampir mirip seperti buah apel.

Demikian penjelasan mengenai berbagai jenis bunga mawar yang ada di seluruh dunia. Dari daftar jenis bunga mawar di atas, jenis manakan yang ingin kamu jadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah?



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah