in

14 Jenis Tanaman Lidah Mertua Terlengkap

Apakah Grameds salah satu pecinta tanaman hias? Jika iya, maka sudah tidak asing lagi dengan tanaman lidah mertua yang juga tidak kalah popular dengan tanaman hias lainnya yang sekarang sedang banyak diburu orang. Beberapa jenis tanaman lidah mertua banyak menghiasi sudut ruangan rumah, baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Tanaman lidah mertua jadi rekomendasi tanaman hias yang bagus untuk membuat halaman dan ruangan menjadi memiliki suasana yang natural dan nyaman. Jika Grameds ingin mencoba menanam lidah mertua, maka wajib menyimak penjelasan tentang jenis lidah mertua, manfaat, dan cara merawatnya berikut ini: 

Jenis Tanaman Lidah Mertua Atau Sensevieria

Tanaman lidah mertua memiliki beberapa jenis, mulai dari ukurannya yang kecil sampai jenis yang bisa tumbuh tinggi. Setiap jenis memiliki ciri khas dan karakternya masing- masing yang akan menambah nilai dan penampilan lidah mertua jika dijadikan tanaman hias. Sebelum Grameds memutuskan untuk merawat lidah mertua, wajib tahu jenis-jenisnya seperti berikut ini: 

1. Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Trifasciata Laurentii

Jenis Tanaman Lidah Mertua Trifaciata Laurentii

Jenis tanaman lidah mertua ini mungkin yang paling sering Grameds jumpai karena banyak dipelihara orang. Sansevieria Trifasciata Laurenti biasanya ditanam pada halaman rumah dengan tanaman pakis dan bunga- bunga hias lainnya. Tanaman lidah mertua jenis ini memiliki ciri khas pada bentuk daunnya yang keras dan memanjang. 

Ciri khas lainnya adalah warnanya yang hijau kombinasi dengan warna kuning di bagian sisi daunnya. Ciri- ciri tersebut membuat lidah mertua ini tampak tegas dan menawan jika dijadikan sebagai tanaman hias. 

Sekilas mungkin tanaman lidah mertua ini tampak liar karena warna hijaunya yang natural, namun penampilan tersebut mampu membuat hunian Grameds menjadi lebih baik.  Jadi tidak hanya tanaman biasa, namun bisa memberikan kesan yang menarik untuk sudut rumah Grameds. 

2. Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Trifasciata

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Trifasciata

Penampilan Sansevieria Trifasciata sekilas mirip jenis Sansevieria Trifasciata Laurentii. Ciri khas bentuk daunnya keras dan memanjang, namun kombinasi warnanya adalah hijau tua dan hijau muda tanpa ada warna kuning di sisi pinggirnya.  Ciri khas lainnya adalah memiliki yang tegas dan jelas di sepanjang daunnya yang memanjang.  

Grameds juga bisa meletakan jenis lidah mertua ini di dalam ruangan yang lebih teduh dan gelap.  Sama halnya dengan jenis Sansevieria Trifasciata Laurentii, lidah mertua ini juga masih mudah kita temukan di halaman-halaman rumah atau di pasaran. 

Sansevieria Trifasciata adalah jenis lidah mertua yang berasal dari Afrika Barat. Grameds bisa pilih jenis tanaman lidah mertua ini jika ingin tampilan tanaman hias yang simple namun tetap elegan dan indah. 

3. Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Cylindrica

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Cylindrica

Tanaman Lidah mertua jenis Sansevieria Cylindrica memiliki ciri khas yang berbeda dengan jenis lidah mertua lainnya. Bentuknya seperti tabung alias lebih berisi dari daun lidah mertua biasanya yang pipih dan ujung bagian atasnya lebih runcing. Jadi lebih terlihat seperti batang dibandingkan daun. 

Kombinasi warna pada Sansevieria Cylindrica adalah hijau tua dan hijau muda yang membuat tampilannya sangat menawan. Karena bentuknya yang seperti batang yang kaku dank eras, sehingga mudah patah jika ditekuk. Hal itu tentu berbeda dengan jenis lidah mertua lainnya yang lebih pipih sehingga mudah dilengkungkan tanpa takut patah. 

Jika Grameds memilih menanam tanaman ini maka perlu lebih sabar karena pertumbuhannya yang lumayan lambat dibandingkan jenis lainnya. Jika dilihat sekilan, tampilan Sansevieria Cylindrica mirip dengan jenis Sansevieria Stuckyi , namun bedanya jenis ini memiliki aroma dan pertumbuhannya mengikuti arah mata angin. 

4. Sansevieria Hahnii

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Hahnii

Sansevieria Hahnii adalah jenis lidah mertua yang memiliki bentuk menggemaskan karena ukurannya yang mungil dan pendek. Sebenarnya jenis ini memiliki daun yang hampir sama dengan tanaman lidah mertua jenis lainnya, namun ukurannya lebih kecil. Sehingga bentuknya lebih lebar dibandingkan meninggi ke atas. 

Meskipun ukurannya kecil, namun Sansevieria Hahnii tetap bisa membuat ruangan Grameds terlihat indah dan anggun. Grameds bisa meletakkannya di dalam pot dan menatanya di atas meja. Tanaman hias ini juga memiliki kesan minimalis karena ukuranya yang mungil sehingga ruangan Grameds tetap terlihat luas dan nyaman.  

5. Sansevieria Stuckyi

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Stuckyi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Sansevieria Stuckyi hampir mirip dengan jenis Sansevieria Cylindrica. Yakni sama-sama bentuk daunnya seperti tabung atau batang yang lebih berisi dibanding jenis lidah mertua lainnya. 

Perbedaannya dengan jenis Sansevieria Cylindrica adalah Sansevieria Stuckyi memiliki ukuran yang lebih ramping dan tegak ke atas. Perlu Grameds ketahui bahwa Sansevieria Stuckyi bisa tumbuh hingga dua meter. Itulah sebabnya tanaman lidah mertua ini cocok jadi tanaman hias di ruangan karena keindahannya. 

Sansevieria Stuckyi juga memiliki aroma yang wangi sehingga cocok diletakan di dalam ruangan untuk membuat Suasana lebih nyaman dan natural.Warnanya yang hijau dengan guratan hijau tua membuat tampilannya terlihat simple namun kuat seperti batang yang menjulang. 

6. Sansevieria Pinguicula

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Pinguicula

Jenis Sansevieria Pinguicula memiliki ciri khas bagian pinggir daunnya yang berwarna terang, seperti coklat atau orange, merah kekuning-kuningan dengan kombinasi- kombinasi warna biru dan hijau pada daunnya. Berbeda dengan jenis lidah mertua lainnya, Sansevieria Pinguicula lebih cepat tumbuh meskipun memiliki ukuran maksimal yang lebih kecil. 

Grameds perlu mengganti potnya ke tempat yang lebih besar agar daun Sansevieria Pinguicula tidak bertumpuk. Jadi bisa tumbuh melebar menjadi lebih indah. Grameds bisa merawatnya di dalam ruangan dengan kelembaban yang lebih tinggi.  

Selain itu bentuk daunnya juga lebih tebal dari jenis lainnya, meskipun tidak menyerupai batang seperti jenis Sansevieria Stuckyi dan Sansevieria Cylindrica. Yakni masih sedikit melebar dan sedikit melengkung, hanya saja lebih berisi. 

7. Sansevieria Kirkii

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Kirki

Sansevieria Kirkii adalah tanaman lidah mertua yang memiliki ukuran yang kecil. Jenis lidah mertua ini memiliki ciri khas dengan bentuknya yang menyerupai bintang dengan bagian daunnya yang berwarna hijau tua pekat. Hampir sama dengan jenis tanaman lidah mertua lainnya, ada guratan di bagian daunnya berwarna hijau muda.

Beberapa bentuk tanaman lainnya, pada bagian pinggir daun sedikit melengkung atau keriting dengan warna yang lebih terang. Seperti kuning kemerah-merahan, keabu-abuan dan sebagainya. 

Pada bagian  Sansevieria Kirkii juga memiliki aroma yang wangi sehingga cocok diletakan di dalam ruangan.  Grameds bisa menaruhnya dalam pot yang sesuai agar Sansevieria Kirkii bisa tumbuh dengan baik. 

8. Sansevieria Ehrenbergii

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Ehrenbergii

Jenis Sansevieria Ehrenbergii memiliki ciri khas dengan bentuknya yang kecil dan daunnya pipih namun kaku. Karena ukurannya yang mungil cocok diletakan di dalam ruangan di atas meja dengan pot yang estetik. Sansevieria Ehrenbergii dapat jadi tanaman hias yang dapat mempercantik sudut ruangan. 

Karakter jenis Sansevieria Ehrenbergii memiliki warna hijau tua pekat dan tidak memiliki guratan atau corak seperti jenis lidah mertua lainnya. Jadi jenis Sansevieria Ehrenbergii tampak mulus dengan bagian pinggir daunnya yang memiliki warna yang lebih terang seperti kemerah-merahan, kecoklatan atau keabu-abuan. 

Banyak orang pula yang menganggap jenis lidah mertua Sansevieria Ehrenbergii ini seperti tanaman palsu karena tampilannya yang mengkilap dan kaku. Meskipun demikian Grameds tetap perlu menyiramnya secara rutin agar tanaman hias ini tetap bisa tumbuh. 

9. Sansevieria Moonshine

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Moonshine

Jenis Sansevieria Moonshine memiliki ciri khas daunnya yang lebar dan pipih. Ukuran jenis lidah mertua ini juga tumbuh pendek tidak memanjang seperti jenis lainnya. Selain itu ciri khas Sansevieria Moonshine adalah memiliki warna yang lebih terang, yakni hijau muda yang tampak lebih segara. 

Sedangkan bentuk guratan pada daunnya berwarna hijau lebih tua. Grameds bisa menjadikan Sansevieria Moonshine sebagai tanaman hias di atas meja kerja atau meletakkannya di dalam ruangan agar terlihat lebih nyaman.  

10. Sansevieria Gold Flame

Jenis Sansevieria Gold Flame adalah tanaman lidah mertua yang memiliki ciri khas bentuknya yang menyerupai kobaran api. Keunikan tersebut dapat membuat penampilan ruangan Grameds menjadi lebih menarik. Tanaman ini sangat cocok jadi tanaman has di dalam ruangan karena ukurannya yang tidak terlalu besar. 

Karakteristik Sansevieria Gold Flame adalah kombinasi warnanya yang cerah pada bagian tepi daun berwarna kuning yang tebal. Warna hijau tua ada di bagian tengah daun yang tidak memiliki guratan lagi. Jenis Sansevieria Gold Flame bisa tumbuh dengan daun yang padat namun tidak terlalu tinggi. 

11. Sansevieria Black Dragon

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Black Dragon

Jenis Sansevieria Black Dragon memiliki ciri khas warnanya yang cenderung gelap dibandingkan dengan jenis tanaman lidah mertua lainnya. Selain itu bentuk daunnya yang pendek dan melebar membuat tampilan Sansevieria Black Dragon terlihat elegan saat dijadikan tanaman hias di dalam ruangan atau teras rumah. 

Sansevieria Black Dragon dapat membuat suasana ruangan Grameds menjadi lebih sejuk dan nyaman karena warnanya yang lebih kalem. Secara tidak langsung jenis Sansevieria Black Dragon bisa membuat suasana ruangan lebih nyaman. 

12. Sansevieria Black Gold

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Black Gold

Jenis Sansevieria Black Gold sekilas hampir serupa dengan Sansevieria Trifasciata, Sansevieria Gold Flame dan Sansevieria Golden Hahnii . Perbedaan yang mencolok dari kedua jenis lidah mertua tersebut adalah warna daunnya yang di bagian pinggir berwarna kuning tidak terlalu tebal seperti  Sansevieria Gold Flame. 

Selain itu pada bagian tengah daun berwarna hijau tua yang pekat.Ukurannya juga tidak terlalu tinggi seperti jenis Sansevieria Trifasciata, melainkan lebih melebar dan bertumpuk. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, Grameds bisa meletakkannya di atas meja sebagai tanaman hias. 

Dipadukan dengan pot yang sesuai, jenis Sansevieria Black Gold akan terlihat mekar jika umurnya sudah lumayan tua. Jadi Grameds juga bisa rutin mengganti pot ke yang lebih besar jika ukuran Sansevieria Black Gold mulai bertambah, agar tumpukan daunnya tidak mengganggu. 

13. Sansevieria Futura Robusta

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Futura Robusta

Jenis Sansevieria Futura Robusta sekilas hampir serupa dengan jenis Sansevieria Trifasciata, namun bentuknya lebih lebar dan tidak tumpung terlalu tinggi. Sansevieria Futura Robusta memiliki ciri khas gradasi warnanya dari abu-abu hingga hijau yang lebih gelap.  Jenis lidah mertua Sansevieria Futura Robusta bisa tumbuh hingga 60 cm. 

Ukurannya yang lebih pendek dari jenis Sansevieria Trifasciata cocok dijadikan tanaman hias di dalam ruangan. Grameds bisa merawat Sansevieria Futura Robusta dengan menyiramnya dua minggu sekali agar tidak mudah mati. Jika terlalu sering disiram, tanaman lidah mertua ini bisa cepat membusuk. 

14. Sansevieria Golden Hahnii 

Jenis Tanaman Lidah Mertua Sansevieria Golden Hannii

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jenis Sansevieria Golden Hahnii hampir serupa dengan Sansevieria Black Gold dan Sansevieria Gold Flame. Bedanya terletak pada kombinasi warna yang menjadi ciri khas jenis Sansevieria Golden Hahnii, yakni bagian pinggir daun justru berwarna hijau dan bagian tengahnya berwarna kuning yang lebih banyak. 

Bagian pinggir yang berwarna hijau juga memiliki sedikit gurauan hijau muda. Ukurannya tidak tinggi, melainkan tumbuh lebih lebar dan bertumpuk daunnya. Karena ukurannya yang tidak terlalu besar, Sansevieria Golden Hahnii cocok jadi tanaman hias di atas meja. Karena tumbuh bertumpuk, Grameds juga bisa rutin mengganti ke pot yang lebih besar agar tanaman Sansevieria Golden Hahnii bisa tumbuh lebih baik. 

Rekomendasi Buku Terkait Tanaman Lidah Mertua

 

Buku jenis tanaman lidah mertua

 

tombol beli buku

 

tombol beli buku

 

tombol beli buku

 

tombol beli buku

Manfaat Menanam Lidah Mertua

Setelah mengetahui jenis- jenis tanaman lidah mertua di atas, Grameds perlu mengetahui manfaat apa saja jika memilih menanam lidah mertua di sekeliling rumah. Berikut ini manfaat yang bisa Grameds peroleh jika menanam lidah mertua di lingkungan sekitar, baik dalam atau luar ruangan: 

1. Jenis Tanaman Lidah Mertua Sebagai Tanaman Hias

  • Tanaman lidah mertua dapat menjadi penyerap radiasi barang-barang elektronik jika dijadikan tanaman hias di dalam ruangan
  • Dapat memasik banyak oksigen
  • Dapat menyerap polutan racun di udara dan dapat mencegah resiko penyakit kanker
  • Dapat menyerap karbondioksida yang berlebihan di udara
  • Dapat menyerap aroma atau bau yang tidak sedap. 

2. Jenis Tanaman Lidah Mertua Sebagai Tanaman Obat

Selain sebagai tanaman hias, lidah mertua juga popular dijadikan sebagai tanaman obat. Berikut ini manfaat tanaman lidah mertua sebagai tanaman obat:

  • Dapat mengatasi wasir
  • Dapat menurunkan resiko diabetes yakni dengan cara diolah menjadi air rebusan tanaman lidah mertua
  • Dapat meredakan sakit kepala dengan cara dibakar terlebih dahulu sebelum lidah mertua dikonsumsi
  • Dapat menjadi Antiseptik
  • Dapat menghaluskan Rambut dengan cara diambil gel daunnya lalu dioleskan ke rambut

Cara Merawat Lidah Mertua

Dari semua jenis tanaman lidah mertua hampir sama cara merawatnya karena memiliki karakteristik yang hampir sama dalam pertumbuhannya. Berikut ini cara merawat tanaman lidah mertua:

  1. Pastikan Grameds memberikan cahaya matahari yang cukup untuk lidah mertua. Artinya juga tidak berlebihan, seperti menjemurnya terlalu lama dibawah sinar matahari secara langsung
  2. Siram tanaman lidah mertua secukupnya dengan cara menyemprotkan permukaan tanah satu minggu sekali setiap pagi hari
  3. Jangan letakan tanaman lidah mertua di dalam ruangan yang suhunya terlalu rendah
  4. Gunakan media tanam yang tepat agar mudah menyerap air sehingga lidah mertua bisa tumbuh lebih baik dan bertahan hidup lebih lama
  5. Gunakan kompos cacing atau pupuk slow release  secukupnya untuk pertumbuhan lidah mertua lebih maksimal
  6. Rutinlah menyemprotkan anti hama dua minggu sekali agar lidah mertua tidak mudah mati karena gangguan hama, seperti serangga atau semak-semak liar
  7. Grameds bisa meletakan lidah mertua di ruangan yang memiliki ventilasi udara yang baik agar tanaman hias ini tetap bisa tumbuh dengan baik

Nah, itulah penjelasan tentang tanaman lidah mertua, dari jenis-jenisnya, manfaat, sampai bagaimana cara merawatnya yang benar. Apakah Grameds tertarik menanam salah satu jenis tanaman lidah mertua di atas? Jika Grameds adalah salah satu pecinta tanaman hias, lidah mertua bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghiasi sudut ruangan Gramedia.

Grameds bisa akses koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com untuk memperoleh referensi tentang tanaman hias, seperti berikut ini: Selamat Belajar. #SahabatTanpabatas



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti