in

10 Jenis Tanaman Begonia yang Cocok Dijadikan Penghias Ruangan

pixabay

Jenis Tanaman Begonia  – Apakah di rumah kamu ada tanaman hias yang sedang ditanam dan dirawat? Memelihara dan merawat tanaman memang bisa dibilang menjadi hobi baru bagi sebagian orang karena untuk mengisi waktu luang dan ada juga yang menjualnya kembali.

Tanaman hias yang ada di Indonesia sangat banyak, sehingga setiap orang akan memilih jenis tanaman hias yang disukainya dan pas jika diletakkan di dalam rumah atau pekarangan rumah. Bahkan, tak sedikit orang yang hanya mengoleksi satu jenis tanaman hias.

Apabila kamu sudah memutuskan untuk menanam dan merawat tanaman hias di rumah, sebaiknya jangan lupa untuk dilakukan perawatan dengan baik agar tanaman hiasnya tidak mudah layu dan tidak cepat mati. Pada umumnya, perawatan yang dilakukan terhadap tanaman hias dilakukan pada pagi dan sore hari, tetapi ada juga yang melakukannya pada malam hari karena sore masih memiliki kesibukan.

Akan tetapi, ada beberapa jenis tanaman yang sebaiknya dhanya dilakukan pada pagi hari karena tidak membutuhkan air terlalu banyak, seperti tanaman sukulen. Maka dari itu, ketika menanam dan merawat tanaman hias harus dilihat dahulu jenis dari tanaman hias itu sendiri.

Hampir semua jenis tanaman hias bisa ditanam di pot atau di pekarangan rumah tergantung dari jenis tanaman hias yang akan ditanam dan dirawat, apakah lebih cocok untuk ditanam di pot atau di pekarangan rumah. Tanaman hias juga ada yang dikenal dengan corak daunnya yang indah, ada yang bentuk dan warna bunganya cantik, dan ada yang memiliki daun dan bunga yang indah dalam satu tanaman hias.

Memang tanaman hias di Indonesia sangat banyak, sehingga tak aneh jika banyak orang yang bingung harus memilih tanaman hias yang cocok ditanam dan dirawat di rumah. Kamu masih bingung dengan tanaman hias yang cocok untuk ditanam dan dirawat di rumah?

Salah satu jenis tanaman hias yang perawatannya tidak begitu sulit serta daun dan bunganya juga adalah tanaman hias begonia serta bisa dirawat di dalam rumah atau pekarangan rumah.

Tanaman hias begonia ini termasuk ke dalam keluarga dari tanaman Begoniaceae. Tanaman hias begonia memiliki banyak sekali jenisnya, sehingga bisa memilihnya sesuai dengan yang kamu suka. Supaya kamu lebih mudah untuk memilih tanaman hias begonia, maka di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang jenis-jenis tanaman hias begonia tersebut.

Grameds, bisa menyimak artikel ini sampai habis agar bisa menemukan tanaman hias begonia yang cocok.

Tanaman Hias Begonia

Sebelum membahas tentang jenis-jenis tanaman hias begonia, kini yang akan dibahas terlebih dahulu adalah apa itu tanaman hias begonia. Begonia yang saat ini mulai dikenal sebagai tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ruangan atau di luar ruangan ternyata pertama kali ditemukan di wilayah yang memiliki iklim subtropis.

Iklim subtropis ini bisa kamu temukan di beberapa benua, seperti Amerika, Afrika, dan Asia. Maka dari itu, tanaman hias begonia yang ada di Indonesia bisa dikatakan hasil dari budidaya.

Tanaman begonia ini dikenal dengan dengan bunga dan daun yang dimilikinya sangat indah. Ada yang daunnya lebih indah daripada bunganya, ada yang bunganya lebih indah daripada daunnya, dan ada juga yang daun dan bunganya sama indah.

Terlebih lagi warna dari daun atau bunga begonia ini bisa membuat mata pencinta tanaman hias tertarik untuk melihatnya lebih lama, biasanya warna dari bunganya, seperti kuning, putih, merah muda, atau merah. Sedangkan warna daun begonia  biasanya berwarna ungu, merah, hijau, abu-abu, atau terkadang ada jenis yang terdiri dari perpaduan warna.

Namun, di Indonesia daun yang indah pada begonia lebih banyak ditemukan di toko-toko tanaman hias, mulai dari bentuk yang menjari, seperti terompet, oval, dan lain-lain yang sangat bergantung terhadap jenisnya. Apapun bentuk daunnya tak akan mengurangi keindahan dari tanaman hias begonia.

banner-promo-gramedia

Tanaman begonia ini sangat suka dengan suhu udara yang sedikit lebih lembap agar dapat tumbuh dengan maksimal. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering membiarkan tanaman hias begonia terkena sinar cahaya matahari. Namun, pada beberapa jenis tanaman hias begonia, ada yang membutuhkan sinar cahaya lebih banyak dibandingkan dengan begonia lainnya. Untuk penyiraman kamu bisa melakukannya pada pagi atau sore hari serta perlu memperhatikan kondisi cuaca.

Sementra itu, untuk menambahkan nutrisi pada tanaman hias begonia, kamu bisa melakukannya dengan memberikan pupuk secara teratur. Alangkah baiknya, pemberian pupuk ini dilakukan selama 3 bulan sekali agar tanaman begonia tidak kekurangan nutrisi dan tidak kelebihan nutrisi.

tombol beli buku

Jenis-Jenis Tanaman Begonia

Grameds, kamu bisa menyimak jenis-jenis tanaman hias begonia sebagai berikut:

1. Cane Begonia 

Jenis tanaman begonia
pixabay

Tanaman hias yang pertama adalah cane begonia yang sangat dikenal dengan bentuknya yang hampir mirip dengan  pohon bambu. Namun, jika pohon bambu batangnya sangat besar dan kuat, maka berbeda dengan tanaman hias begonia jenis ini yang ukurannya lebih kecil dan lebih tipis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah.

Begonia jenis ini bisa dibilang sebagai tanaman hias begonia yang tidak memiliki bunga, tetapi masih memiliki corak daun yang cukup indah. Corak daun dari begonia cane begonia merupakan perpaduan antara warna hijau dengan warna abu-abu. Perpaduan warna tersebut membentuk seperti lingkaran, sehingga tak jarang ada orang yang menyebutnya sebagai begonia polkadot.

2. Rex Begonia 

Jenis tanaman begonia
pixabay

Tanaman hias begonia yang kedua adalah rex begonia. Tanaman hias begonia jenis ini termasuk ke dalam jenis yang tidak memiliki bunga. Meskipun tidak terdapat bunga pada begonia jenis ini, tetapi sangat terkenal dengan keindahan dari daunnya yang memiliki perpaduan warna antara warna ungu dengan warna silver. Maka dari itu, tak sedikit orang yang menyukai rex begonia. Begonia jenis ini semakin indah karena warna batangnya memiliki warna sedikit kemerahan.

Apabila kamu ingin menanam dan merawat begonia jenis ini caranya cukup mudah karena tidak membutuhkan sinar cahaya matahari terlalu banyak, sehingga bisa ditanam di dalam ruangan atau rumah. Cahaya yang dibutuhkan oleh rex begonia bisa didapatkan melalui lampu neon, sehingga kamu bisa melihatnya saat di malam hari.

Begonia jenis rex begonia sering disebut dengan nama painted leaf begonia. Perpaduan warna pada daun yang indah, pencahayaan yang tidak begitu sulit, sehingga begonia jenis ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghias ruangan atau rumah.

3. Wax Begonia

Jenis tanaman begonia

Jenis tanaman hias begonia berikutnya adalah wax begonia yang sangat dikenal dengan daunnya yang terlihat seperti diberi lapisan lilin, sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan begonia lilin. Ternyata tanaman begonia jenis ini memiliki nama lain, yaitu semperflorens. Meskipun warna daun dari begonia jenis ini biasanya berwarna gelap, tetapi tak mengurangi keindahannya, maka tanaman wax begonia sangat cocok untuk kamu yang suka dengan warna gelap.

Daun dari wax begonia bentuknya bulat atau lingkaran dan bisa tumbuh sangat banyak hingga mengelilingi bunga dari begonia jenis ini. Bagi kamu yang menanam dan merawat tanaman hias begonia jenis ini, maka bisa dibilang sangat beruntung karena selain dapat melihat daunnya yang indah, kamu juga bisa dapat melihat bung-bunganya yang indah. Bunga dari wax begonia memang terbilang tidak terlalu besar, tetapi justru disitulah keindahannya.

Pada umumnya, bunga pada wax begonia berwarna merah muda. Perpaduan daun yang gelap dan warna bunga yang cerah membuat begonia  jenis ini digemari oleh banyak orang, mungkin saja kamu juga menyukai begonia wax begonia.

4. Double Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Jika kamu senang melihat tanaman hias begonia dengan bunga yang mirip dengan bunga mawar dan ingin merawatnya, maka tanaman hias begonia jenis double begonia sangat cocok untuk kamu. Kelopak bunga dari double begonia sangat lebat dan besar, sehingga dari kejauhan akan tampak keindahannya. Kelopak bunga yang lebat dan besar itulah yang membuat begonia jenis double begonia menyerupai bunga mawar.

Double begonia sangat cocok untuk ditanam dan dirawat di pekarangan rumah apalagi jika ditanam dengan jumlah yang banyak, pekarangan rumah kamu akan terlihat lebih indah lagi. Di kalangan pecinta tanaman hias, begonia jenis ini sudah cukup populer, sehingga ketika kamu mencarinya tidak begitu sulit. Pertumbuhan dari double begonia bisa dibilang dapat tumbuh dengan tegak, sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk menanam dan merawatnya di halaman rumah.

Keunikan dari begonia jenis ini bukan hanya terletak pada bunganya saja, tetapi pada bagian daunnya juga. Daun pada double begonia tak kalah menarik dengan bunganya, mengelilingi bunga yang warna hijau yang sedikit muda.

5. Rhizomatous Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tanaman hias begonia ada yang dikenal dengan daunnya yang indah dan ada juga yang dikenal dengan bunganya yang indah. Untuk tanaman hias begonia dengan jeni rhizomatous begonia ini lebih dikenal dengan daunnya yang indah. Bukan hanya ada warnanya saja, tetapi bentuk dari begonia jenis ini juga indah, sehingga banyak orang yang menyukai begonia jenis ini, bisa jadi kamu sudah memilikinya.

Rhizomatous begonia memiliki sebutan lain yaitu begonia non rex. Daun dari begonia jenis ini bentuknya cukup lebar, bahkan seluruh badannya bisa tertutup dengan daun. Begonia jenis ini semakin menarik untuk dilihat karena terdapat bunga yang cukup besar. Adanya daun daun dan bunga yang indah pada satu tanaman menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta tanaman hias.

banner-promo-gramedia

tombol beli buku

6. Rieger Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Apabila kamu menyukai tanaman hias yang memiliki warna cerah, maka tanaman hias begonia jenis rieger begonia. Warna-warna pada bunga dari rieger begonia warnanya sangat cerah, seperti merah, orange, putih, kuning, dan merah muda. Begonia jenis ini semakin indah karena daunnya yang berwarna hijau cerah dan bentuknya seperti hati.

Perawatan pada begonia jenis rieger begonia bisa dibilang tidak begitu sulit dan bisa diletakkan di dalam ruangan. Sinar matahari yang dibutuhkan oleh begonia jenis ini tidak begitu banyak, sehingga apabila kamu meletakkannya di luar ruangan, sebaiknya jangan membiarkannya terkena sinar cahaya matahari secara langsung karena bisa membuat daun cepat layu dan pertumbuhan menjadi tidak maksimal.

7. Solenia Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Jenis tanaman hias begonia berikutnya adalah solenia begonia yang sekilas mirip dengan begonia jenis double. Kemiripan itu terlihat pada bagian bunganya yang berwarna merah dengan ukuran cukup besar, sehingga serupa dengan bunga mawar. Bunga yang indah ini, sangat pas apabila dijadikan sebagai penghias ruangan.

Apabila kamu menanam dan merawat begonia jenis ini, sebaiknya memperhatikan kondisi pencahayaannya agar daunnya bisa dapat tumbuh dengan maksimal, sehingga menghasilkan warna hijau yang dapat menambah keindahan dari solenia begonia.

8. Hardy Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Tanaman hias begonia ternyata ada yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman gantung. Jenis dari tanaman hias begonia adalah hardy begonia. Begonia jenis ini akan sangat terlihat indah ketika bunganya sudah muncul. Uniknya lagi dari begonia jenis ini adalah bunganya lebih sering muncul ketika masuk musim kemarau. Bunga yang muncul pada musim kemarau itu biasanya berwarna merah muda.

Sementara itu, pada bagian daun dari begonia jenis ini juga tak kalah indah karena bentuknya yang menyerupai hati atau love dan daunnya berwarna hijau. Apabila kamu menanam dan merawat begonia jenis ini, maka harus sabar untuk melihat bunganya karena kemunculannya lebih sering pada musim kemarau.

9. Shrubs Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Jenis tanaman hias begonia yang terakhir adalah shrubs. Begonia jenis ini memiliki bunga yang berkilau dan bukan hanya satu warna saja, terkadang di dalam satu tanaman hias begonia jenis ini terdapat dua warna pada bunganya, seperti warna merah dan putih. Varietas pada begonia jenis ini tergolong cukup banyak karena terdiri dari 4 varietas, mulai dari varietas kecil hingga varietas besar.

Ketika kamu memegang bagian daunnya akan terasa seperti ada bulu-bulu halus yang menyerupai kain beludru. Bunga dan daun yang memiliki keunikan ini akan membuat kamu tertarik untuk merawatnya karena bisa diletakkan di dalam ruangan atau di luar ruangan.

10. Dragon Wing Begonia

Jenis tanaman begonia
pixabay

Setelah ada begonia jenis hardy yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung, begitu juga dengan begonia jenis dragon wing juga cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Hampir sama dengan jenis hardy, begonia jenis dragon wing  memiliki bunga yang tumbuh secara menggantung.

Apabila bunga pada hardy begonia lebih sering tumbuh pada musim kemarau, maka lain halnya dengan jenis dragon wing begonia yang bunganya lebih sering muncul pada musim semi ke musim gugur. Warna bunga pada begonia jenis ini bisa dikatakan berwarna cerah, seperti putih, merah dan merah muda.

tombol beli buku

Manfaat Tanaman Hias Begonia

Tanaman hias begonia bukan hanya terkenal dengan keindahannya tetapi, juga terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat tanaman hias begonia.

1. Pertolongan Pertama Pada Luka Baru

banner-promo-gramedia

Ketika ada anggota tubuh kamu yang terluka, maka bisa diberikan pertolongan pertama dengan tanaman begonia. Kamu bisa mengambil kurang lebih 15 gram daun begonia, kemudian dicuci hingga bersih, setelah dicuci, kamu haluskan dan tempelkan pada luka tersebut.

2. Ramuan Penurun Panas

Ambil daun begonia sekitar 30 gram dan dicuci dengan bersih, kemudian rebus dengan air mendidih dengan takaran air sekitar 200 ml. Tunggu air mendidih hingga berkurang menjadi setengah, baru kemudian kamu saring dan setelah dingin dapat diminum.

tombol beli buku

3. Mengurangi Rasa Sakit Haid

Ambil tanaman begonia seberat 50 gram, cuci dan direbus dengan takaran air 400 ml. Ketika air sudah berkurang setengah, kemudian disaring dan baru bisa diminum. Alangkah baiknya diminum sebanyak dua kali sehari.

Kesimpulan

Dalam melakukan perawatan tanaman hias memang terbilang cukup mudah selama kita mengetahui jenis-jenis dari tanaman hias tersebut. Begitu pun dengan perawatan terhadap tanaman hias begonia yang bisa dibilang tidak begitu sulit karena sebagian besar dari tanaman hias ini tidak perlu membutuhkan terlalu banyak sinar matahari dan pemberian air dapat dilakukan pada pagi dan sore hari. Untuk memilih tanaman hias begonia, sebaiknya kamu pilih dengan yang kamu suka agar ketika merawatnya dengan senang hati.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Retu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu