in

Kenali Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

KManfaat bunga telang ungu – Bunga telang ungu atau nama ilmiahnya adalah Clitoria ternatea merupakan salah satu bunga yang memiliki warna cantik ungu dan seringkali digunakan sebagai pewarna alami untuk makanan maupun minuman. Karena warnanya yang cantik, bunga telang dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di depan rumah.

Namun, selain sebagai tanaman hias, bunga telang juga memiliki manfaat lain yang bagus bagi kesehatan tubuh. Bunga telang kaya akan nutrisi yang tentu saja sangat bermanfaat. Apa saja manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

Sumber: Kompas.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Budiasih yang berjudul Kajian Potensi Farmakologis Bunga Telang (Clitoria ternatea), ditemukan bahwa bunga telang memiliki potensi sebagai antioksidan, anti bakteri, anti inflamasi, analgesik, anti parasit, antasida, anti kanker, anti diabetes, antihistamin, imunomodulator dan berpotensi untuk berperan dalam susunan saraf pusat tubuh.

Kandungan yang ada pada bunga telang tersebut, dapat diserap oleh tubuh dengan mengonsumsi bunga telang dalam berbagai bentuk. Cara mengonsumsi bunga telang yang cukup populer dan mudah saat ini adalah dengan menyeduhnya menjadi teh. Teh bunga telang disebut juga sebagai blue tea.

Teh bunga telah dapat dibuat dengan cara menyeduh bunga telang yang telah dikeringkan atau dalam keadaan segar dengan air panas ataupun air dingin. Teh bunga telang ini dapat dinikmati dengan ataupun tambahan pemanis seperti madu.

Karena terkenal memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, manfaat bunga telang ungu sangat banyak. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan memori otak

Manfaat bunga telang ungu yang pertama adalah memori otak. Menurut sebuah studi yang berjudul Pharmaceutical Biology di tahun 2000, ditemukan bahwa mekanisme untuk meningkatkan memori otak adalah dengan kadar asetilkolin dalam otak yang akan bertambah usai mengonsumsi bunga telang atau ekstrak bunga telang.

Asetilkolin merupakan neurotransmiter yang memiliki peran penting dalam fungsi normal otak serta tubuh. Asetilkolin ini memiliki fungsi untuk memberitahu hipokampus agar dapat menyimpan memori.

Senyawa ini memiliki peran penting dalam kewaspadaan, pembelajaran, perhatian serta memori otak.

2. Mengurangi stres

Bunga telah memiliki efek untuk mengurangi stres, manfaat dari bunga telang yang satu ini dijelaskan dalam sebuah penelitian berjudul Pharmacology Biochemistry and Behavior. Ekstrak dari bunga telang telah diteliti dan mendapatkan hasil yang menunjukan kemampuan bunga telang sebagai obat anti depresan.

Bunga telang dapat membuat otot pembuluh darah halus lebih rileks, sehingga akan membantu aliran darah mengalir dengan baik dan meredakan rasa stres.

3. Meningkatkan suasana hati

Jika Grameds memiliki suasana hati yang buruk atau sering berubah-ubah, maka Grameds bisa meningkatkannya dengan mengonsumsi bunga telang. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa bunga telang dapat membantu meringankan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Selain itu, bunga telang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Bunga telang dikenal pula bermanfaat untuk dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi serta stamina. Bunga telang juga mampu mempengaruhi emosi positif, sehingga dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Teh dari bunga telang juga bermanfaat untuk menghilangkan stres serta mengurangi gejala kecemasan serta depresi yang dialami oleh seseorang.

4. Membantu meningkatkan kesehatan mata

Bunga telang memiliki kandungan proanthocyanidin yang bermanfaat sebagai antioksidan. Senyawa tersebut, telah diteliti oleh Social Science Research Network atau SSRN.

Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa bunga telang dapat membantu kesehatan mata dengan cara meningkatkan aliran darah pada kapiler mata. Peningkatan aliran darah tersebut, akan memungkinkan mata untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan caya serta meningkatkan kualitas penglihatan.

Bunga telang juga dinilai efektif untuk mencegah mata katarak dan glaukoma, memperbaiki penglihatan yang kabur, mengobati kerusakan pada retina mata dan menenangkan mata yang meradang serta berair.

5. Membantu meredakan penyakit asma

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam sebuah jurnal berjudul Journal of Ethnopharmacology pada tahun 2011, ditemukan bahwa bunga telang memiliki efek untuk membantu meredakan asma.

Sifat bunga telang yang anti inflamasi bekerja untuk mengurangi peradangan, pembengkakan dan produksi lendir pada saluran udara para penderita asma. Maka akibatnya, peradangan pada saluran pernapasan pun berkurang dan cenderung tidak bereaksi, sehingga penyakit asma pun dapat dihindari.

Mengonsumsi bunga telang akan memingkinkan penderita asma untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas kondisi yang mereka derita.

6. Memiliki potensi sebagai anti kanker

Bunga telang juga berpotensi sebagai anti kanker, dikarenakan bunga telang memiliki kandungan flavonoid dengan kandungan kaempferol. Dari sebuah penelitian, teruji bahwa bunga telang dapat mematikan sel kanker hingga 63,8% dikarenakan kandungan flavonoid yang ada pada bunga telang, seperti delphinin, quercetin dan kaempferol.

7. Membantu mengatasi diabetes

Ekstrak dari bunga telang telah diuji dan menunjukan bahwa bunga telang bermanfaat sebagai anti diabetes, karena bunga telang secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa serum.

Menurut sebuah penelitian, bunga telang akan membuat sel penghasil insulin berfungsi dan terjadi stimulasi pelepasan insulin, sehingga dapat membantu mengatasi penyakit diabetes.

8. Melindungi tubuh dari mikroorganisme yang menyebabkan penyakit

Bunga telang adalah tanaman herbal yang menjadi agen anti mikroba dan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari segala mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit.

Dalam jurnal Journal of Ethnopharmacology dijelaskan bahwa bunga telang menunjukan sifat sebagai anti mikroba yang bekerja pada tingkat sel untuk terus mengganggu serta mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, bakteri dan lainnya.

Dengan pencegahan tersebut, maka tubuh pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

9. Menurunkan berat badan

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders, disebutkan bahwa bunga telang memiliki manfaat untuk mencegah dan membantu melawan obesitas serta penyakit hati berlemak.

Teh bunga telang memiliki kandungan katekin yang memiliki peran penting dalam membakar lemak perut serta membantu menurunkan berat badan. Mengonsumsi teh bunga telang, menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh pun akan membakar lebih banyak kalori.

10. Menjaga kesehatan jantung

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang tidak hanya melindungi tubuh dari infeksi saja, tetapi juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Ketika diteliti, ternyata bunga telang dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi yang menjadi faktor dan risiko utama untuk penyakit jantung. Teh bunga telang juga terbukti melindungi jantung dari penyakit dengan cara membatasi hiperlipidemia, yaitu konsentrasi lipid ataupun lemak yang abnormal dan tinggi pada darah.

Dengan mengonsumsi bunga telang, maka dapat mengatasi beberapa penyakit jantung, termasuk penyumbatan, pembekuan darah serta serangan jantung.

11. Mengontrol gula darah

Manfaat bunga telang ungu selanjutnya adalah mampu mengontrol gula darah. Jika Grameds mengonsumsi bunga telang secara rutin dan tidak berlebihan, maka kandungan yang ada pada bunga telang dapat menurunkan gula darah serta menjaga gula darah tetap stabil.

Tidak hanya itu saja, bunga telang juga mampu mencegah terjadinya resistensi insulin yang mampu memicu penyakit diabetes, karena kandungan antioksidan di dalamnya. Jika ingin mengontrol gula darah, maka sebaiknya tidak mengonsumsi bunga telang dengan tambahan pemanis apapun.

12. Meredakan peradangan

Menurut beberapa penelitian, disebutkan bahwa bunga telang memiliki efek anti radang. Tidak hanya itu saja, bunga telang juga memiliki kandungan asam oleat yang menyehatkan tubuh. Menurut beberapa studi, disebutkan bahwa asam oleat dapat meredakan perdagangan.

13. Meringankan reaksi alergi

Sebelum dikenal saat ini, bunga telang telah menjadi salah satu obat-obatan tradisional yang digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah reaksi alergi.

Selain itu, menurut sebuah penelitian ditemukan bahwa ekstrak bunga telang juga mampu mengurangi zat histamin pada tubuh. Zat ini adalah zat yang dapat menimbulkan peradangan, ketika tubuh mengalami reaksi alergi. Namun, belum ada penelitian yang dapat memastikan tingkat efektivitas bunga telang untuk meringankan reaksi alergi.

14. Menyumbuhkan luka

Manfaat lainnya dari bunga telah adalah bermanfaat sebagai obat yang mampu menyembuhkan luka. Hal ini karena ekstrak dari biji bunga telang memiliki kandungan flavonoid glikosida serta ekstrak tumbuhannya memiliki kandungan fenolik. Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak biji serta tumbuhan dari bunga telah mampu menyembuhkan luka yang diderita oleh hewan.

15. Menjaga fungsi otak

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan, seperti antosianin dan flavonoid yang baik untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Dalam sebuah penelitian, ditunjukan bahwa asupan antioksidan dapat meningkatkan  konsentrasi serta daya ingat. Selain itu, bunga telang dapat meningkatkan produksi asetilkolin atau zat kimia yang ada pada otak.

16. Mengeluarkan dahak pada penderita bronkitis kronis

Akar dari bunga telang memiliki sifat laksatif atau pencahar. Hal ini yang membuat bunga telang dipercayai mampu mengeluarkan dahak yang ada pada penderita penyakit bronkitis kronis.

Untuk mendapatkan manfaat akar bunga telang yang satu ini, Grameds bisa menjadikannya teh dengan cara merebus akar bunga telang hingga mendidih setelah dicuci bersih.

Akan tetapi, Grameds perlu berhati-hati ketika mengonsumsi akar bunga telang, karena akar bunga tulang memiliki sifat beracun dan memberikan efek samping berupa sakit perut.

17. Mengobati bisul

Bunga telang bermanfaat untuk mengobati bisul. Untuk mengobati bisul, Grameds bisa mengonsumsi bunga telang dengan cara membuat ramuan dari bunga telang. Caranya adalah dengan menumbuk bunga telang, kemudian membubuhkan bunga telang pada bagian yang terkena bisul.

18. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang dapat membuat saluran darah menjadi lebih rileks, selain itu kandungan antioksidan ini juga membantu otot saluran pencernaan menjadi lebih rileks. Efek dari anti helmintik yang ada pada bunga telang dapat mencegah pertumbuhan parasit cacing pada saluran pencernaan.

19. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Bunga telang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut. Saat ini, banyak produk perawatan kulit dan rambut yang menggunakan bunga telang.

Menurut sebuah studi, ditemukan bahwa ekstrak dari bunga telang mampu menghidrasi kulit sebanyak 70% terutama setelah satu jam pemakaian. Kandungan flavonoid yang ada pada bunga telang juga dapat merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit, meratakan warna kulit dan mencerahkan kulit kusam.

Ekstrak bunga telang juga disebut efektif untuk mendorong pertumbuhan rambut dibandingkan minoxidil yang biasanya digunakan pada produk untuk dapat mengatasi kerontokan.

20. Menjaga kesehatan organ reproduksi

Di India, bunga telang telah lama digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada pada organ reproduksi seperti keputihan, menstruasi dan meningkatkan sperma.

Selain itu, bunga telang juga mampu menjadi afrodisiak alami atau sebagai peningkat gairah seksual yang dinilai cukup manjur. Mengonsumsi bunga telang menjelang kelahiran dapat membantu proses melahirkan berjalan dengan aman serta lancar.

Resep Olahan Bunga Telang Ungu

Sumber: Kompas.com

Setelah mengetahui 20 manfaat bunga telang yang baik bagi tubuh, Grameds perlu mengetahui cara mengonsumsi bunga telang yang benar. Jadi, Grameds akan mendapatkan manfaatnya serta  dapat menikmati bunga telang dengan enak.

1. Teh bunga telang

Cara paling mudah untuk menikmati bunga telang adalah dengan membuat teh bunga telang. Membuat teh bunga telang terbilang cukup mudah, karena hanya membutuhkan dua bahan saja. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

100 ml air panas

1 genggam bunga telang segar atau 10 kelopak bunga telang kering

Pemanis jika perlu

Cara membuat:

Tuang air panas ke dalam gelas atau sebuah cangkir.

Kemudian masukkan bunga telang dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah dibiarkan, warna biru pada bunga telang lama kelamaan akan luntur dan air panas akan berubah menjadi ungur kebiruan.

Jika seduhan bunga telang sudah tidak mengeluarkan warna, maka saring air dari kelopak bunga yang tersisa dan teh bunga telang siap untuk dinikmati.

2. Limun bunga telang

Selain teh, Grameds juga bisa menikmati bunga telang dengan tambahan perasan buah lemon. Dengan tambahan perasan lemon, maka bunga telang pun akan terasa lebih segar. Selain itu, tambahan bunga telang juga menambah kandungan pada minuman. Berikut cara membuat limun teh bunga telang.

Bahan:

  • 1 liter air matang
  • 100 gr gula pasir
  • 10 gr bunga telang kering
  • Perasaan buah lemon sebanyak 8-10 buah
  • Es batu jika diperlukan

Cara membuat:

  1. Masukkan 600 ml air da gula atau pemanis lainnya dan aduk hingga rata. Masukkan bunga telang kering ke dalam pancing untuk membuat sirup bunga telang, aduk dan angkat rebusan sebelum air mendidih.
  2. Tutup panci rebusan bunga telang, lalu biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Setelah dibiarkan selama 10 menit, saring sirup bunga telang, kemudian pindahkan pada wadah lainnya. Biarkan hingga dingin.
  4. Siapkan gelas, kemudian masukkan sebagian perasan lemon, sisa air dan es batu jika ingin.
  5. Tuangkan sirup bunga telang hingga memenuhi setengah gelas saji.
  6. Tuangkan sisa perasan lemon pada bagian atas minuman. Limun bunga telang telah siap disajikan.

Limun bunga telang tidak hanya dapat dinikmati secara dingin saja, tetapi juga bisa dinikmati dalam keadaan hangat. Perasan air lemon dapat membantu menyegarkan napas, memelihara kesehatan kulit dan melancarkan pencernaan.

Dari dua resep kreasi bunga telang, Grameds bisa menambahkan bahan lainnya seperti jahe, serai untuk menambah khasiat dan mengambil manfaat bunga telang.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan tubuh dan juga 2 resep bunga telang ungu. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Jika Grameds tertarik dengan resep herbal atau manfaat dari tanaman herbal lainnya, maka Grameds dapat mendapatkan informasinya dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai buku informatif dan bermanfaat seperti buku tentang tanaman herbal. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Jangan ragu untuk membeli buku di Gramedia karena dijamin berkualitas!

Penulis: Khansa



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy