in

Doa Pengakuan Dosa dan Tata Cara Pengakuan Dosa Katolik dan Kristen

Sumber: Pexels

Doa pengakuan dosa – Pengakuan dosa adalah salah satu bentuk ibadah umat katolik untuk mendapatkan pengampunan dosa dan menyucikan diri. Untuk bisa mendapatkan pengampunan dosa dan bertobat umat Katolik bisa memanjatkan doa tobat dalam Sakramen Tobat.

Sakramen Tobat atau bisa juga disebut sebagai Sakramen Pengakuan Dosa adalah salah satu dari tujuh sakramen dalam Gereja Katolik. Dalam sakramen ini, orang yang melakukan pengakuan dosa akan menerima rahmat pengampunan dari Tuhan yang berbelas kasih.

Sakramen Tobat diterima lewat pengakuan secara pribadi dihadapan seorang imam. Sakramen ini terdiri dari dua elemen utama yaitu “Tindakan Allah” berupa pengampunan dosa dan “tindakan manusia” berupa penyesalan, pengakuan dan pertobatan.

Isi Doa Pengakuan Dosa

Untuk bisa menerima pertobatan dan pengampunan, umat Katolik perlu memanjatkan doa dengan sungguh-sungguh. Selain itu memohon pengampunan dosa harus dilakukan dengan rendah hati.

Doa tobat merupakan doa yang berisi ungkapan pertobatan atas dosa, permohonan belas kasih pengampunan Allah dan menyadari kerahiman Tuhan serta keterbatasan manusia.
Doa tobat juga bisa didoakan pada malam hari khususnya sebelum tidur malam hari. Doa Tobat bisa tertulis dalam Puji Syukur (25-26), doanya sebagai berikut.

Doa Tobat (1)

“Allah yang Maharahim, Aku menyesal atas dosa-dosaku, terlebih bahwa aku telah menghina Engkau yang Maha Pemurah dan Maha Baik bagiku.”

Aku benci akan dosa-dosaku. AKu berjanji dengan pertolongan rahmat Mu, hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi.

Tuhan, ampunilah aku orang yang berdosa ini. Amin”

Doa Tobat (2)

Ya Allahku, Engkaulah yang harus kukasihi lebih dari segala sesuatu. Aku menyesal sungguh atas dosa-dosaku. Dengan sengaja aku berbuat salah dan tidak mau berbuat baik.

Aku telah berdosa terhadap Engkau. Dengan pertolongan rahmat-Mu, aku berniat teguh untuk bertobat,dan untuk tidak berdosa lagi.

Berilah aku kekuatan untuk menghindari apa saja yang menjerumuskan aku ke dalam dosa. Ya Allah, kasihanilah aku, dalam nama Yesus Kristus, Juruselamatku, yang telah menderita sengsara dan wafat bagiku.

Amin.

Doa Tobat Bahasa Inggris

I am heartily sorry for my sins, and I detest them all because of your just punishments.

But most of all, because they offend you, my God, who are all good and deserving of all my love.
I firmly resolve with the help of your grace, to sin no more and to avoid the near occasions of sin.
Amen.

Doa Tobat Bahasa Latin

Deus meus, ex toto corde paenitet me omnium meorum peccatorum, eaque detestor, quia peccando, non solum poenas a te iuste statutas promeritus sum, sed praesertim quia offendi Te, summum bonum, ac dignum qui super omnia diligaris.Ideo firmiter propono,adiuvante gratia Tua, de cetero me non peccaturum peccandique occasiones proximas fugiturum.
Amen.

Doa Limpah Berkat

doa limpak berkat - doa pengakuan dosa

https://www.gramedia.com/products/doa-limpah-berkat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Langkah Pengakuan Dosa

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan sebelum kamu pengakuan dosa, saat melakukan pengakuan dosa dan setelah pengakuan dosa. Berikut adalah langkah yang bisa kamu lakukan sebelum memulai pengakuan dosa.
Sebelum Pengakuan Dosa

1. Mencari Tahu Kapan Pengakuan Dosa Diadakan

Kebanyakan gereja mengadakan pengakuan dosa sebelum hari raya paskah dan natal, hal ini agar kita pantas untuk mengikuti hari raya paskah dan natal dengan lebih baik. Ada juga beberapa gereja yang melayani pengakuan dosa setiap hari atau setiap minggu. Jika jadwal yang ada tidak sesuai dengan jadwal kamu. Kamu bisa secara pribadi menghubungi romo dan menjadwalkan pertemuan sendiri dengan Romo untuk mengaku dosa. Biasanya yang meminta jadwal sendiri kepada Romo jika pengakuan dosa akan berlangsung lama (lebih dari 15 menit) atau kamu melakukan dosa besar atau sudah lama tidak mengaku dosa.

2. Benar-benar Menyesali Dosa

Dasar agar pengakuan dosa mu dapat diterima adalah perasaan benar-benar menyesal. Kamu harus merenungkan dosa yang pernah kamu buat dan benar-benar menyesali dosa yang kamu lakukan dan memiliki keinginan untuk tidak melakukannya lagi. Untuk menunjukkan kepada Tuhan bahwa penyesalan kamu tulus dari hati, lakukan lah pengakuan dosa dengan hati yang rendah hati.

Namun hal ini tidak berarti bahwa kamu tidak akan pernah berdosa lagi ya. Kita sebagai manusia akan melakukan dosa setiap hari. Anda hanya bertekad untuk berusaha menjauhi situasi-situasi yang dapat menjatuhkan kamu dalam dosa. Jika anda mau, Tuhan akan membantu anda menolak godaan, selama anda juga sungguh mau memperbaiki diri Anda.

3. Lakukan Pemeriksaan Batin

Kamu bisa merenungkan dosa yang pernah kamu perbuat dan mengapa perbuatan itu merupakan dosa. Renungkan rasa sakit yang dialami Tuhan karena dosa mu dan karena itu juga Yesus harus menebus dosa dan menderita di kayu salib. Beberapa hal yang bisa kamu renungkan adalah sebagai berikut dengan mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri.

  • Kapan terakhir kali aku mengaku dosa? Apakah aku melakukan pengakuan dosa secara tulus dan lengkap pada waktu itu?
  • Apakah aku membuat janji khusu kepada Tuhan pada waktu itu? dan apakah aku sudah memenuhi janji tersebut apa aku tetap melanggar nya?
  • Apakah aku melakukan dosa besar sejak pengakuan dosa ku yang terakhir?
  • Apakah aku sudah menaati Sepuluh Perintah Allah dengan baik?
  • Apakah aku pernah ragukan imanku dan Yesus?

4. Membaca Alkitab

Ayat yang bagus untuk memulai yaitu 10 Perintah Allah di Keluaran 20 : 1-17 atau Ulangan 5 : 6-21. Berikut ini beberapa ayat untuk mengingatkan bahwa Tuhan menyambut kita dengan penuh kasih:

“Tetapi kalau kita mengakui dosa-dosa kita kepada Allah, Ia akan menepati janji Nya dan melakukan apa yang adil. Ia akan mengampuni dosa-dosa kita dan membersihkan kita dari segala perbuatan kita yang salah” 1Yohanes 1 : 9

Kepada siapa dosa harus diakui dan mengapa?

“Terhadap Engkau, terhadap Engkau saja aku berdosa, dan kulakukan apa yang Kau anggap jahat.” Mazmur 51 : 6.

Bagaimana mungkin dosa-dosa kita diampuni ?

“Tetapi kalau ada yang berbuat dosa, maka kita mempunyai seorang pembela yaitu Yesus Kristus yang adil itu; Ia akan memohon untuk kita di hadapan Bapa. Dengan perantaraan Yesus Kristus itulah dosa-dosa kita diampuni. “1 Yohanes 2 : 1,2”

5. Seringlah Berdoa Sebelum Mengaku Dosa

Berdoalah kepada Roh Kudus untuk membimbing kamu dan membantu kamu mengingat dan merasakan penyesalan yang tulus atas dosa-dosa kamu. Kamu bisa berdoa seperti ini misalnya “Ya Roh Kudus datang lah dan terangilah pikiranku agar aku sungguh mengerti dosa yang telah aku perbuat, sentuhlah hatiku agar aku bisa menyesali segala dosa yang telah kuperbuat dan aku dapat memperbaiki dri Amin.”

Kamu bisa coba untuk mengenali penyebab dosa yang kamu lakukan seperti: Apakah kamu punya kecenderungan yang tidak baik? Apakah itu merupakan kekurangan pribadi kamu?

112 Novena & Doa Seorang Ibu

112 novena & doa seorang ibu - doa pengakuan dosa

https://www.gramedia.com/products/112-novena-doa-seorang-ibu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Saat pengakuan Dosa

1. Tunggu Giliran Kamu Masuk Ruang Pengakuan Dosa

Ketika tiba giliran kamu, kamu bisa masuk dalam bilik pengakuan dosa dan berlutut di tempat yang sudah disediakan dan mulai lah pengakuan dosa sesuai dengan urutannya. Ingatlah bahwa pengakuan dosa sepenuhnya bersifat rahasia. Romo tidak akan pernah bisa menceritakan dosa-dosa kamu kepada orang lain. Romo telah bersumpah untuk tidak pernah menceritakan pengakuan dosa dalam situasi apapun bahkan di bawah ancaman kematian. Jadi kamu hanya perlu fokus meminta pengampunan pada Tuhan dan jangan hal itu mempengaruhi kamu.

2. Memulai Pengakuan Dosa

Setelah kamu berlutut, Rom akan memulai pengakuan dosa dengan membuat tanda salib. Ikuti arahan Romo. Ada beberapa versi pengakuan dosa, tetapi yang paling umum digunakan adalah Ritus Gereja Katolik Roma.

Ritus Gereja Katolik Roma : Buat tanda salib sambil berkata “Berkatilah saya Romo, karena saya telah berdosa” kemudian katakan sudah berapa lama sejak kamu melakukan pengakuan dosa yang terakhir. (Kamu tidak perlu juga mengingat semua dosa yang kamu lakukan, kamu hanya perlu mengingat waktu-waktu ketika kamu melakukan dosa besar.

Ritus Gereja Katolik Byzantium : Berlututlah menghadap Salib Kristus, Romo akan duduk di samping Anda. Romo mungkin akan menaruh epitrachelionnya di atas kepala Anda, atau menunggu untuk melakukannya setelah Doa Absolusi; Yang mana pun itu, Anda tidak perlu bingung.

Gereja-gereja Katolik Timur: Memiliki banyak versi

Apapun versi pengakuan dosa yang kamu lakukan, katakanlah kepada Romo mengenai dosa-dosamu. Kamu bisa menyebutkan dosa yang paling besar hingga yang paling kecil. Kamu juga tidak perlu untuk menjelaskan detail dosa-dosa kamu kecuali Romo merasa perlu untuk mengetahuinya dan ketika Romo tersebut bertanya.

Setelah Pengakuan Dosa

1. Dengarkan Romo

Setelah Romo mendengarkan semua dosa-dosa mu, Romo akan memberikan nasihat bagaimana kamu dapat menghindar dari dosa itu di masa depan nanti. Setelah itu baru Romo akan meminta kamu untuk berdoa Doa Tobat dan kamu mendoakan doa ini secara tulus. Jika kamu tidak hafal dengan doa ini, kamu bisa menuliskan di kertas atau meminta bantuan Romo.

Pada akhir pengakuan dosa, Romo akan memberikan penitensi atau denda dosa yang harus kamu lakukan. Kemudian Romo akan berkata “Dengan Kuasa Gereja, aku mengampuni dosa-dosamu dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus. Jika Romo membuat tanda salib kamu bisa mengikuti dengan membuat tanda salib. Terakhir kamu ucapkan terimakasih kepada Romo.

2. Lakukan Penitensi

Setelah kamu keluar dari bilik pengakuan dosa, kembali lah ke ruang utama gereja dan cari tempat untuk duduk dan melakukan penitensi. Berdoalah kepada Tuhan karena sudah memberikan kamu pengampunan. Doakan lah bersama penitensi yang Romo sudah berikan seperti beberapa doa yang harus kamu doakan, berdoalah dengan sungguh-sungguh. Renungkan lah agar kamu tidak melakukan dosa itu lagi dan berjanji untuk melakukan Pengakuan Dosa lagi di masa depan.

3. Pergilah dengan Perasaan Lega dan Hidup dalam Cahaya Pengampunan Tuhan

Hiduplah dengan sukacita dan percaya diri karena Tuhan sudah dengan murah hati mengampuni dosa kamu. Tetaplah waspada, jangan gunakan pengakuan dosa sebagai alasan kamu melakukan dosa lagi. Hiduplah dengan kehendak Tuhan untuk meminimalkan kebutuhan pengakuan dosa.

Nah itu dia Grameds, Langkah-langkah pengakuan dosa yang bisa kamu jadikan acuan jika kamu ingin mengaku dosa. Kamu bisa simak urutan pengakuan dosa yang akan kamu katakan saat di bilik pengakuan dosa.

Urutan Pengakuan Dosa

Masuk ke bilik pengakuan, kemudian berlutut di hadapan Romo sambil berkata:

“Pastor, berkatilah saya orang berdosa.” (saat Pastor memberkati, buatlah Tanda Salib).
“Ini pengakuan saya yang pertama.” (bagi yang pertama kali menerima sakramen tobat) atau “Ini pengakuan saya yang terakhir… minggu/bulan yang lalu.” (bagi yang pernah menerima sakramen tobat sebelumnya).
“Dosa-dosa saya adalah …….” (sebutkan setiap dosa yang telah diperbuat secara konkret).
Setelah mengakui segala dosa, katakan: “Pastor, saya menyesal atas dosa-dosa saya, dan dengan hormat saya mohon ampun, dan denda atas dosa-dosa saya.”

Dengarkan nasihat dan penitensi (denda dosa) dari Pastor. Kemudian panjatkan doa tobat pengakuan dosa di atas.

Lalu, Pastor memberikan absolusi (pengampunan) di dalam nama Tuhan Yesus, dengan mengatakan: “Saya mengampuni dosa-dosa Saudara dalam Nama + Bapa dan Putera dan Roh Kudus.”
Saat diberkati Pastor, umat membuat tanda salib.
Setelah selesai, ucapkan: “Terima kasih, Pastor.” Kemudian, keluar dari bilik pengakuan.

Nah grameds, itu dia adalah Doa dalam pengakuan dosa yaitu doa Tobat dan Tata cara melakukan pengakuan dosa. Ingat ya Grameds, jangan karena pengakuan dosa kita bebas melakukan dosa.

Doa Pengakuan Dosa Kristen

Jika biasanya umat Katolik mengaku dosa bersama pastor di gereja, umat kristen bisa melakukannya secara pribadi dengan meminta pengampunan kepada Tuhan. Berikut adalah contoh doa pengakuan dosa yang bisa digunakan untuk agama Kristen:

1. Doa Pengakuan Dosa Sederhana

Allah yang ajaib, yang patut kamu sembah dan puji. Terimakasih atas kebaikan yang tidak ada habis-habisnya walaupun kami seringkali mengecewakanmu
.
Bapa, seringkali kami tergoda untuk melakukan hal-hal yang melukai hatiMu maupun sesama kami. Baik yang kami sengaja maupun tidak, baik kecil atau perbuatan besar. Baik melalui perkataan, perbuatan ataupun pikiran kami.

Dengan penuh kerendahan hati dan penyesalan diri, tolong ampuni segala dosa kami. Bantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ke dalam tangan pengasihanMu. Amin

2. Doa Pengampunan Dosa Terhadap Orang Tua

Ya Tuhan Ya Allahku,Aku berterimakasih atas orang tua yang kau berikan kepadaku. Ya Tuhan, aku telah melukai hati mereka melalui perkataan dan perilaku ku yang kurang baik. Tolong ampuni dosa ku ini ya Tuhan, aku menyesal dengan apa yang telah kuperbuat. Pilu hati ku menyadari betapa salahnya perilaku ku ini. Jadikan lah kami sebagai orang tua dan anak yang saling memahami dan menyayangi. Dengarkan lah doa ku ya Tuhan, semua ku serahkan hanya kepada mu. Amin.

3. Doa Pengampunan Dosa dan Pengakuan

Bapa yang Maha Besar dan pengampun. Terimakasih karena engkau aku masih beroleh berkat dan kasih sayang Mu.

Pada hari ini, aku telah bertindak melukai hati seseorang. Aku membuatnya bersedih dan menjadi terpuruk. Aku menyesal ya Bapa, tolong kiranya Engkau mengampuni dosa ku, layakan aku menjadi temannya dan sembuhkan hati teman ku.

Jadikan aku selalu pribadi yang lebih baik lagi yang tidak akan mengecewakan dan melukai hati orang lain lagi terlebih Engkau. Dalam namaMu aku memohon dan berdoa. Amin.

4. Doa Memohon Ampun Dosa Masa Lalu

Tuhan Yesus, terimakasih atas kesempatan yang telah kau berikan kepada ku hingga saat ini aku masih tetap berdoa kepadaMu. Ya Tuhan aku sadar apa yang telah aku perbuat dimasa lalu ku dimana mungkin perkataan, perbuatan atau hatiku tidak berkenan pada Mu. Aku sangat malu dan menyesali kesalahan ku itu, Karena itu ampuni aku Bapa, bantu aku menjadi manusia yang lebih baik lagi terutama kedepannya. Doa ini kuserahkan kepadamu. Amin

Doa Mukjizat kerahiman Allah

doa mukjizat kerahiman allah - doa pengakuan dosa

https://www.gramedia.com/products/doa-mukjizat-kerahiman-allah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika Grameds ingin mencari tahu lebih banyak tentang doa-doa atau buku lainnya, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi