in

Kenali Penyebab dan Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan

health.kompas.com

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan – Mabuk perjalanan adalah kondisi saat seseorang mengalami pusing serta mual saat perjalanan darat, laut maupun udara dalam jarak jauh. Bahkan bisa dibilang tak sedikit orang yang mengaku mengalami mabuk perjalanan, apakah kamu salah satunya?

Mabuk perjalanan sendiri umum dialami oleh orang-orang ketika melakukan perjalanan darat, biasanya yang menggunakan bus atau mobil. Meski tak berbahaya, tetapi mabuk dalam perjalanan akan sangat mengganggu aktivitas serta membuatmu merasa tidak nyaman.

Oleh sebab itu, bagi seseorang yang sering mabuk perjalanan, sebaiknya segera mengatasinya. Dengan begitu, perjalanan pun menjadi lebih nyaman untuk dilalui.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Berikut beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan yang dapat kamu coba. Check these out!

1. Istirahat Sebelum Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya siapkan dulu tubuh agar berada dalam kondisi fit dan prima dengan beristirahat secara cukup dari sehari sebelumnya. Lebih baik lagi, pastikan juga kamu sudah mengonsumsi makanan sehat serta mendapatkan tidur yang berkualitas. Dengan istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan, maka bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Bahkan istirahat yang cukup bisa mengurangi rasa mual.

2. Memilih Posisi Duduk

Bagi kamu yang sering kali merasakan mual, ada baiknya memilih posisi duduk yang nyaman di depan atau di sisi pengemudi sebagai salah satu cara agar tidak mabuk melakukan perjalanan dengan mobil. Posisi ini sendiri bisa membuat kamu lebih fokus mengarahkan pandangan ke depan, sehingga dapat meminimalisir rasa mual. Hindari memilih duduk di paling belakang karena guncangannya bisa menyebabkan rasa mual atau rasa tidak enak di perut.

3. Makan Permen

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
pexels.com

Cara mengurangi mabuk saat perjalanan lainnya adalah dengan makan permen. Alangkah baiknya, untuk makan permen rasa jahe atau mint karena bisa memberikan kesegaran di mulut serta bagian perut. Dengan begitu, rasa mual pun akan turut terobati dengan kesegaran mint serta jahe. Selain itu, kamu juga bisa makan permen karet karena dapat mengurangi gejala mabuk perjalanan.

4. Hindari Membaca Buku serta Bermain Handphone

Membaca buku serta bermain handphone memang dapat membunuh waktu dalam perjalanan. Namun, bagi kamu yang sering mengalami mabuk di perjalanan darat, sebaiknya tidak melakukan aktivitas ini. Hal ini karena dua aktivitas tersebut akan memicu munculnya rasa mual serta pusing. Untuk mengatasi kebosanan sendiri kamu dapat mendengarkan musik atau mengobrol dengan orang di sampingmu.

5. Kendalikan Situasi

Terjebak dalam kemacetan dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Berbeda dengan penumpang, pengemudi mobil kemudian kurang rentan terhadap mabuk perjalanan. Hal ini bisa saja disebabkan karena otak pengemudi sendiri menggunakan perintah motoriknya dalam mengendarai mobil serta dapat memprediksi gerakan mobil. Selain itu, duduk di kursi belakang juga kemudian akan membuat rasa mual bertahan lama.

Jika kamu duduk di kursi penumpang bagian belakang, sebaiknya cobalah duduk secara bergantian dengan di depan dekat pengemudi. Setelah itu, cobalah melihat pemandangan yang ada di depan mata. Hal ini kemudian bisa memberikan kontrol yang lebih besar jika dibandingkan saat duduk di bagian belakang.

Namun, jika keadaan sedang tidak memungkinkan untuk berpindah posisi, sebaiknya cobalah untuk mengobrol dan mengalihkan perhatian pada sesuatu yang lain. Kegiatan ini kemudian dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa cemas yang disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengendalikan situasi. Tidak hanya itu, kamu juga dapat membuka ventilasi atau mencari sumber udara jika memungkinkan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

6. Tidurlah Selama Perjalanan

Hal termudah untuk menghindari mabuk perjalanan ialah dengan tertidur. Saat tidur, gerakan mata pun menjadi berkurang, sehingga akan mengurangi potensi mabuk di perjalanan. Lebih baik lagi, posisikan tempat duduk senyaman mungkin saat kamu ingin tidur di dalam mobil. Untuk menghindari pegal-pegal serta nyeri otot, maka kamu bisa atur posisi jok terbaik dan ternyaman untukmu sesuai dengan tinggi rendahnya sandaran jok mobil.

Selain itu, gunakan juga bantal leher sebagai tambahan agar kamu dapat tidur nyenyak saat perjalanan jauh. Bentuk U pada bantal leher sendiri dirancang untuk melindungi leher dan kepala saat tidur di kursi. Selain itu, bantal leher juga didesain untuk dapat bantu menopang leher dengan sempurna sehingga mencegah leher nyeri saat bangun tidur.

Bahkan, kamu juga bisa gunakan penutup mata untuk menghindari silau sinar lampu, cahaya matahari ataupun sorotan dari lampu kendaraan yang mungkin sangat mengganggu tidur sebagian orang.

7. Menghirup Udara Luar atau Oksigen dengan Sebanyak-Banyaknya

Mabuk perjalanan juga akan membuat pusing hingga keringat dingin. Dibanding diam di bawah AC, maka kamu dapat membuka jendela untuk kemudian menghirup udara segar. Oksigen juga akan mengurangi stres, sakit kepala, sekaligus meningkatkan energi serta rasa nyaman.

8. Menghirup Minyak Angin atau Minyak Aromaterapi

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
pexels.com

Selain menghisap ataupun mengunyah permen dengan rasa mint yang segar, kamu juga dapat menghirup minyak angin ataupun minyak aromaterapi untuk mengurangi mual saat di dalam perjalanan. Selain itu, agar membuat mood bagus selama perjalanan, maka kamu juga dapat memilih aroma yang menawarkan kesegaran seperti diantaranya lemon, lavender, rempah-rempah, serta kapulaga.

9. Makan Sebelum Berkendara

Selalu ingat pesan orangtua untuk dapat menyempatkan sarapan sebelum bepergian. Pergi dengan perut kosong kemudian akan memicu rasa pusing dan mual. Disarankan makan di 45-60 menit sebelum perjalanan.

Hindari juga berbagai makanan pedas serta berlebihan supaya kamu tak merasa sakit perut di perjalanan. Hal ini perlu dilakukan karena dapat mengurangi risiko munculnya rasa mual saat adanya guncangan dalam perjalanan. untuk mengurangi

10. Konsumsi Makanan Ringan

Lalu, bagaimana jika perut kamu merasa lapar saat perjalanan? Tenang, meskipun sebaiknya menghindari makan terlalu banyak, tetapi kamu tetap masih bisa mengonsumsi makanan ringan sebagai cara agar tidak mabuk di perjalanan saat naik mobil berikutnya. Dengan mengonsumsi makanan ringan, maka bisa mengisi perut kita untuk sementara waktu serta tak terasa seperti makan terlalu kenyang.

11. Usahakan Duduk di Sisi Jendela

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
pexels.com

Selain duduk di depan agar pandangan menjadi lebih luas, salah satu tips agar tak mabuk perjalanan adalah dengan duduk di dekat jendela. Udara segar dari luar mobil kemudian akan membantu mengurangi rasa mual serta mengalihkan perhatianmu sehingga tak terpusat pada rasa takut mabuk saat di perjalanan.

12. Konsumsi Obat Anti Mabuk Perjalanan

Cara paling ampuh untuk mengatasi mabuk kendaraan diantaranya dengan meminum obat mabuk perjalanan. Konsumsilah obat mabuk perjalanan dalam 1-2 jam sebelum perjalanan. Dengan meminum obat mabuk perjalanan, rasa mual kemudian akan tergantikan dengan rasa kantuk yang akan membuatmu tidur di mobil selama perjalanan.

Konsumsi obat-obatan yang mengandung Antihistamin, Hyoscine ataupun Scopolamine. Obat mabuk perjalanan ini bisa kamu dapatkan di apotek. Namun, perlu diingat bahwa hampir semua obat anti mabuk perjalanan akan menyebabkan kantuk. Oleh sebab itu, obat ini tidak dianjurkan untuk diminum oleh pengemudi.

13. Mengubah Posisi Tubuh

Mabuk perjalanan bisa saja semakin parah saat kamu duduk membelakangi laju mobil atau menghadap ke arah samping. Oleh karena itu, cobalah untuk mengubah posisi dengan menghadap ke depan untuk kemudian mengurangi gejala mabuk perjalanan.

14. Mengubah Pola Pikir

Mengatur pikiran saat memutuskan untuk melakukan perjalanan jarak jauh, salah satu cara agar tak mabuk perjalanan saat naik mobil di perjalanan jarak jauh adalah dengan mensugesti pikiran. Jadi, kamu harus mengubah pola pikir bahwa kamu tak akan mengalami mabuk di perjalanan. Dengan begitu, setidaknya akan membantu mengurangi rasa mual serta mabuk.

15. Konsultasi ke Dokter

Kamu juga dapat mengkonsultasikan dengan dokter umum terkait kondisi mabuk yang kemudian dialami saat melakukan perjalanan dengan mobil. Terlebih lagi, saat mabuk yang dirasakan sangat parah. Dokter juga akan memberikan resep yang turut membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan
kompasiana.com

Setelah mengetahui tips agar tidak mabuk di perjalanan naik mobil, maka kamu juga perlu mengetahui beberapa penyebab dari mabuk perjalanan. Pada dasarnya, ada banyak faktor yang kemudian menyebabkan seseorang mengalami mabuk di perjalanan. Umumnya, mabuk sendiri dirasakan bagi mereka yang jarang atau tak pernah melakukan perjalanan jarak jauh.

Ada beberapa faktor yang kemudian meningkatkan risiko seseorang mengalami mabuk di jalan, seperti diantaranya:

  1. Memiliki gangguan pada area telinga bagian dalam
  2. Sedang mengalami menstruasi, hamil, atau berbagai masalah hormonal dikarenakan penggunaan pil KB kemudian menjadi penyebab seseorang mabuk dalam perjalanan
  3. Hati-hati jika kamu memiliki riwayat vertigo yang akan menjadi pemicu rasa mual serta mabuk di jalan.
  4. Migrain juga ditengarai sebagai penyebab mabuk perjalanan.
  5. Membaca buku dan bermain gadget kendaraan melaju.
  6. Usia 2-12 tahun kemudian sering menjadi penyebab seseorang mengalami mabuk di perjalanan
  7. Riwayat mabuk perjalanan pada keluarga

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mabuk perjalanan merupakan hal yang wajar saja terjadi. Akan tetapi, jika mabuk perjalanan dibiarkan begitu saja bisa mengganggu perjalanan. Oleh sebab itu, sudah semestinya seseorang yang mudah mabuk perjalanan untuk mengikuti tips agar tidak mabuk perjalanan yang sudah dijelaskan di atas.

Cara paling mudah agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan minum obat anti mabuk perjalanan. Dengan minum obat ini, maka rasa mual dalam perjalanan bisa berkurang. Namun, untuk obat anti mabuk perjalanan ini hanya boleh dikonsumsi oleh penumpang saja karena bisa menyebabkan kantuk.

Demikian pembahasan tentang tips agar tidak mabuk perjalanan. Semoga semua pembahasan di atas bisa kamu praktikkan, sehingga kamu tidak lagi mabuk perjalanan.

Buku-Buku Terkait

1. Kompas Traveller, Travellog: dari Iberia ke La Bombonera

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Ketika pada akhir abad ke-15 Columbus dan awak kapalnya mencapai pulau-pulau yang kini disebut Bahamas, mereka sesungguhnya telah membangun sebuah jembatan tak kasatmata yang menghubungkan Dunia Lama (Benua Eropa) dengan Dunia Baru (Benua Amerika). Jembatan maya itu lebih tepatnya menghubungkan Semenanjung Iberia dan daratan Amerika Selatan.

Buku ini berisi kisah pengelanaan wartawan senior Diah Marsidi ke berbagai tempat di Eropa dan Amerika, ke negeri-negeri yang namanya pernah muncul dalam tulisan-tulisan lama dari masa awal penemuan Benua Amerika oleh para pelaut Spanyol dan Portugal, dua bangsa Eropa yang mewariskan pengaruh kebudayaan yang luar biasa besar pada bangsa-bangsa asli dan pendatang lain di sana.

Namun, kisah-kisah pelancongan ke Spanyol, Portugal, hingga ke Brasil dan Venezuela ini bukanlah cerita perjalanan sejarah. Tulisan-tulisan dalam buku ini lebih merupakan sebuah mosaik kisah-kisah perjumpaan penulis dengan aneka bangsa, tempat, dan kebudayaan yang diharapkan dapat menambah pemahaman kita tentang dua lokasi geografis berbeda di muka bumi, yakni Semenanjung Iberia di Eropa bagian selatan dan Amerika Latin, serta jembatan maya yang menghubungkan keduanya.

2. Soul Travellers

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

“Pendidikan dan perjalanan adalah value tertinggi yang saya junjung. Buku ini mengusung keduanya: perjalanan ke berbagai destinasi yang tidak biasa yang ditulis oleh para pejalan yang berpendidikan tinggi. Buku perjalanan yang menarik untuk dibaca dengan ‘kacamata’ baru!” Trinity Penulis buku travelling terlaris seri The Naked Traveler “Bergerak mengiringi jejak-jejak, inspirasi adalah perjalanan yang tak kenal kata berhenti, seperti halnya buku ini.

Setiap tempat selalu punya cerita, bagaimana sebuah perjalanan mengajarkan tentang hidup itu sendiri.” Penulis, pegiat buku, produser film “Perjalanan bisa dimaknai dari berbagai hal, mulai dari melepas kepenatan, mendapatkan pengalaman dan teman baru, hingga sebagai suatu proses yang dapat mendewasakan kita. Buku ini spesial karena cerita-cerita perjalanan yang penuh inspirasi ditulis langsung oleh 39 orang penulis muda Indonesia. Alangkah beruntungnya kita dapat ikut merasakan proses itu dan memetik pelajaran dari buku ini.” Muhammad Assad Pengusaha, penulis trilogi buku Notes From Qatar, pembicara.

3. 69 Cara Traveling Gratis

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Siapa yang suka traveling? Banyak! Siapa yang mau traveling GRATIS? Mau! Emang bisa? Bisa! Kamu baca, nih, caranya di buku ini! Trinity—penulis buku travel terlaris seri “The Naked Traveler”—dan sahabatnya Yasmin, yang udah sering traveling keliling dunia tanpa pusing kantong bakal bolong, membagi 69 cara untuk traveling gratis.

Dari profesi apa saja yang bisa kamu jalani, hingga siapa yang wajib kamu dekati! Jangan khawatir, buku ini nggak akan menjerumuskanmu untuk ikut hal yang aneh-aneh. Satu yang pasti, buku ini akan menjerumuskanmu untuk semakin cinta traveling, sesering mungkin secara gratis! Berangkat!

4. Traveling Hemat Keliling India dan Nepal

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan

Kalau mendengar kata India, mungkin yang langsung terbayang di benak kita adalah film, lagu, sari, dan Taj Mahal. Sedangkan kalau mendengar kata Nepal, mungkin yang langsung terbayang adalah Himalaya. Di buku ini, penulis menunjukkan bahwa India dan Nepal lebih dari itu.

Buku ini membahas secara tuntas: Itinerary untuk menjelajah India dari ujung ke ujung, informasi transportasi dan akomodasi di India dan Nepal, tips dan trik traveling secara aman, serta destinasi wisata dan festival yang akan memikat kita untuk menjelajahi indahnya India dan Nepal. Buku ini semakin membuat kami, Ranian Indonesia, terinspirasi untuk mengunjungi India.

Kami bisa belajar banyak dan mendapat berbagai informasi dari buku ini. Kami mencintai keindahan dan kebudayaan India. Buku ini sangat direkomendasikan karena sarat informasi dan cerita pengalaman di negara lain;—Elly Mustika, RMBFI-RANI BHARA, Fans Club Rani Mukherjee, Artis Terkenal Bollywood.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang travelling, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda