in

Kenali Tips Belajar Setir Mobil Hingga Biaya Belajar Stir Mobil

Sumber: Kompas Otomotif

Biaya belajar stir mobil – Berbeda dengan belajar menyetir motor yang membutuhkan keseimbangan. Belajar mobil justru sangat kompleks sebab mobil memiliki sistem operasi berbeda. Belajar menyetir mobil dengan orang terdekat yang sudah berpengalaman memang bikin irit. Namun, terlalu banyak risiko yang mengancam keselamatan jiwamu.

Oleh karena itu, disarankan untuk belajar mobil pada ahlinya. Lalu, jika ingin kursus berapa biayanya? Simak berikut penjelasannya.

Belajar Mobil

biaya belajar stir mobil
Sumber: otomotif.kompas.com

Bagi kamu yang belum bisa menyetir mobil, maka tidak perlu khawatir. Sekarang ini, sudah banyak tempat kursus mengemudi mobil yang tersebar di beberapa kota, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota-kota lainnya.

Banyak dari masyarakat Indonesia memilih untuk mengendarai mobil ketimbang sepeda motor sebagai kendaraan pribadi. Hal ini karena selain lebih nyaman, mobil memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap. Selain itu, mobil juga bisa digunakan untuk bepergian jauh dengan muatan barang banyak.

Bahkan jika dibandingkan dengan transportasi umum, seperti bus atau kereta api, maka dengan menggunakan mobil pribadi akan menjadi lebih efektif. Lalu, di dalam perjalanan tidak kesulitan saat ingin mengunjungi beberapa tempat di daerah tujuan.

Namun, bagi sebagian orang mungkin belum mahir dalam mengendarai mobil. Oleh karena itu, mereka akan berusaha untuk belajar, salah satunya caranya dengan ikut kursus belajar stir mobil.

Pada umumnya, mobil yang digunakan di tempat kursus mobil merupakan mobil yang sudah dimodifikasi dengan penambahan fitur keselamatan yang lebih terjamin. Adapun keamanan yang dimaksud adalah adanya rem dan kopling tambahan, instruktur bisa langsung menekan rem terpisah saat kamu mengalami situasi yang membahayakan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi jika murid menabrak sesuatu, instruktur bisa langsung menekan rem.

Bahkan, hingga saat ini, tempat untuk kursus mobil semakin banyak. Jika dibandingkan dengan belajar secara otodidak, maka kursus mobil memiliki berbagai layanan yang menarik. Dari sekian banyak layanannya, salah satunya adalah layanan pengurusan SIM A pada murid mereka yang dinyatakan lulus mengemudi. Sudah banyak tempat kursus mobil yang memiliki paket dengan pembuatan SIM A.

Selain itu, keunggulan lainnya dari tempat kursus mobil adalah menggunakan mobil yang memang khusus untuk latihan mengemudi. Dengan begitu, murid juga akan lebih tenang dalam belajar mengemudi mobil karena ditemani oleh instruktur yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam menyetir selama bertahun-tahun.

https://www.gramedia.com/products/mengenal-alat-transportasi-bersama-mike-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/mengenal-alat-transportasi-bersama-mike-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tips Belajar Setir Mobil

biaya belajar stir mobil
Sumber: Kompas Otomotif

Di setiap daerah, biaya belajar stir mobil sangatlah beragam, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Selain dari harganya yang harus diperhatikan, ketika kamu ingin mengikuti kursus mobil, maka perlu memerhatikan beberapa tips di bawah ini. Dengan begitu, latihan stir mobil menjadi lebih aman dan tenang. Berikut ini beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat mengikuti kursus mobil.

1. Mempersiapkan Biaya Kursus

Tips pertama adalah kamu mempersiapkan biaya kursus. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengeluarkan biaya latihan secara berlebihan. Pada umumnya, harga kursus stir mobil ini sangatlah beragam. Adapun perkiraan harganya sekitar 700 ribu rupiah hingga 1,2 juta rupiah.

Pada umumnya, tempat kursus yang sudah memiliki nama populer membanderol harga yang jauh lebih mahal. Alangkah baiknya, pilih tempat kursus stir mobil dengan biaya terjangkau namun pelayanannya memuaskan.

2. Mencari Info tentang Benefit yang Didapatkan

Selain mencari tahu biaya kursus mengemudi mobil di tempat kursus, kamu juga harus mencari informasi tentang benefit apa yang akan kamu peroleh ketika memilih suatu kursus stir mobil. Misalnya, kamu hanya memilih untuk latihan stir mobil atau memilih untuk latihan stir mobil sekaligus pembuatan SIM A.

Jika Anda ingin memilih paket pembuatan SIM A sekaligus, sebaiknya tanyakan berapa biayanya. Kemudian, lakukan perincian dan jika ternyata biaya pembuatan SIM lebih murah dibandingkan dengan mengurus sendiri, maka sebaiknya kamu memilih paket ini.

3. Pilih Jam Kursus Stir Mobil

Jam kursus untuk stir mobil ini umumnya dimulai dibagi menjadi beberapa pertemuan. Selain itu, jam latihan biasanya mulai dari jam 8 hingga jam 5 sore (bisa disesuaikan dengan keadaan). Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih waktu yang tepat agar latihan menjadi lebih fokus.

4. Datang Latihan Tepat Waktu

Ketika sudah melakukan beberapa tips di atas, maka tips selanjutnya adalah datanglah latihan tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan agar waktu latihan kamu tidak dikurangi.

5. Melakukan Latihan Secara Rutin

Meskipun dalam satu atau dua latihan kamu belum bisa mahir dalam menyetir mobil, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya beberapa kali. Maka dari itu, kamu juga perlu untuk melakukan latihan secara rutin agar kamu cepat mahir dalam menyetir mobil. Dengan kata lain, kamu juga perlu latihan kembali dengan mobil pribadi di rumah.

6. Tanyakan Hal-Hal yang Masih Belum Dimengerti

Ketika kamu sedang kursus latihan mobil, sebaiknya jangan ragu untuk menanyakan beberapa hal yang belum dimengerti kepada instruktur. Hal ini perlu dilakukan agar wawasan kamu dalam menyetir mobil meningkat. Kamu bisa menanyakan beberapa hal diantaranya cara menjaga keamanan atau keselamatan, atau hal lainnya.

7. Selalu Merasa Berani

Tips terakhir dari kursus stir mobil adalah kamu harus memiliki keberanian yang sangat tinggi. Benar sekali, kalau pertama kali menyetir mobil pastinya akan muncul rasa takut, tetapi jika rasa takut itu dibiarkan, maka kamu menjadi sulit untuk bisa menyetir mobil karena sulit untuk fokus. Jadi, cobalah untuk buat diri menjadi lebih rileks.

https://www.gramedia.com/products/teknik-air-conditioning-mobil-untuk-smk-teknikmahasiswaumu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-air-conditioning-mobil-untuk-smk-teknikmahasiswaumu?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tempat Belajar dan Biaya Belajar Stir Mobil

biaya belajar stir mobil
Sumber: Grid.Id

Pada dasarnya, ada banyak sekali tempat belajar dan biaya belajar stir mobil. Berikut ini beberapa tempat serta rincian biaya untuk belajar stir mobil yang dikutip dari carmudi.com:

1. Biaya Kursus Mengemudi Mobil di Persemija

Persemija merupakan tempat kursus mengemudi mobil yang cukup terkenal di Jakarta. Tempat kursus mobil ini membuka beberapa cabang, seperti di Benhil, Gandaria, Radio Dalam, dan lainnya. Biaya kursus nyetir mobil paling murah seharga 530 ribu rupiah dan biaya paling mahal seharga 1,450 juta rupiah.

Alamat Cabang kursus mobil Persemija, antara lain:

  • Benhil: Jl. Bendungan Hilir Raya No. 4 (Depan RS. Mintohardjo TNI-AL)
  • Radio Dalam: Jl. Radio Dalam No. 37 (Depan Supermarket Grand Lucky)
  • Gandaria: Jl. Gandaria I (Samping POM Bensin Pertamina)
  • Percetakan Negara: Jl. Percetakan Negara Raya No. 46 D (Depan Mitra 10)
  • Kramat Sentiong: Jl. Kramat Sentiong No. 27 (Belakang Nasgor Reagan)
  • Johar Baru: Jl. Pangkalan Asem Raya No. 6E (Depan Rajawali Elektronik)

Biaya Kursus

Senin – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB Sabtu : 08.00 – 16.00 WIB
Minggu : 08.00 – 15.00 WIB

  • Paket Kursus 12 Jam Manual: Mulai dari 1,340 juta rupiah
  • Paket Kursus 12 Jam Manual (Minggu/Hari Libur): Mulai dari 1,540 juta rupiah
  • Paket Kursus 12 Jam Matic: Mulai dari 1,520 juta rupiah
  • Paket Kursus 12 Jam Matic (Minggu/Hari Libur): Mulai dari 1,720 juta rupiah
  • Jasa Pembuatan SIM A: 640 ribu rupiah

2. Biaya Kursus Mengemudi di Ulisa

Sekolah Mengemudi PT. Usaha Lima Saudara (Ulisa) merupakan tempat kursus mengemudi yang pertama didirikan di Jakarta. Awalnya, Ulisa bernama ‘Oemoem’ di tahun 1951.

Pada tahun 1972, sekolah ini bekerja sama dengan empat sekolah mengemudi lainnya dan berganti nama menjadi ‘Ulisa’ yang merupakan singkatan dari usaha lima saudara. Ulisa membuka beberapa cabang di daerah Fatmawati, Menteng, PIK & Pluit, dan lainnya.

Alamat Cabang

  • Menteng: Jl. Haji Agus Salim no. 60 (Belakang Sarinah)
  • Fatmawati: Kawasan Ruko Fatmawati -Festival blok D6 (seberang RS Fatmawati)
  • PIK & Pluit
  • Kelapa Gading: Jl. Kelapa Kopyor Timur III
  • Grogol: Jl. Muwardi 2 no. 1 (seberang Grogol Jaya)
  • Gunung Sahari: Jl. Gunung Sahari no. 42D

Biaya Kursus

  • Biaya kursus mengemudi mobil manual berkisar 775 ribu rupiah.
  • Biaya kursus mengemudi mobil matik berkisar 875 ribu rupiah. Bagi kamu yang ingin mendapatkan SIM A, dikenakan biaya berkisar 750 ribu rupiah.
  • Lalu, kursus mengemudi mobil di hari Sabtu dikenakan biaya lebih mahal, yaitu berkisar 900 ribu rupiah untuk manual.

3. Biaya Kursus Mengemudi di Pesona Jaya

Kursus mengemudi Pesona Jaya ini sudah berdiri sejak tahun 1997. Kursus mobil ini berada di jalan Lenteng Agung, Pasar Minggu, Cilandak KKO, dan Lapangan Tembak Cibubur.

Biaya Kursus

  • Paket 6 x 1 jam Rp490.000
  • Paket 8 x 1 jam Rp660.000
  • Paket 10 x 1 jam Rp800.000

Kemudian, latihan mengemudi dimulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Selain itu, biaya kursus mobil matic dan manual di kursus Pesona Jaya dikenai biaya sama. Selain itu, jika kamu ingin mengambil kursus di hari libur, maka akan dikenakan biaya tambahan 100 ribu rupiah per paket. Lalu, bagi kamu yang ingin mendapatkan SIM A, dikenakan biaya berkisar 750 ribu rupiah.

4. Biaya Kursus Mengemudi di Satria Jayanti

Satria Jayanti merupakan salah satu sekolah mengemudi di Jakarta yang tergabung dalam Persatuan Sekolah Mengemudi Kendaraan Bermotor (PSMKB). Selain itu, keunggulan dari tempat kursus mengemudi mobil ini adalah bisa mendaftar secara online di website mereka, serta pembayaran via transfer.

Alamat Cabang

  • Pondok Kelapa: Jl. Pondok Kelapa Raya Blok GI No.2D Lampiri
  • Perumnas Klender: Jl. Delima Raya No.2 RT.13 R1.03, Malaka Sari
  • Jatiwaringin: Jl. Raya Jatiwaringin No.7, Cipinang Melayu, Makasar
  • Pondok Bambu: Jl. Pahlawan Revolusi (Depan SDN 02) Jakarta Timur
  • Cawang: Jl. Dewi Sartika No.74 Cawang, Kramat Jati, Jaktim (Depan BNI Syariah)
  • Cibubur: Jl. Lap. Tembak Komp. Indokisar (Ramayana) Jakarta Timur

Biaya Kursus

Biaya kursus mengemudi mobil ini dibagi menjadi dua, yaitu harga kursus untuk mobil matic dan manual. Selain itu, pada tempat kursus ini juga dibagi lagi berdasarkan jam latihannya.

Jika pada Senin-Jumat pukul 8 pagi-4 sore, maka harganya, sebagai berikut:

Manual

  • 7 kali pertemuan: Rp690.000
  • 8 kali pertemuan: Rp740.000
  • 9 kali pertemuan: Rp780.000
  • 10 kali pertemuan: Rp810.000

Matic

  • 7 kali pertemuan: Rp795.000
  • 8 kali pertemuan: Rp860.000
  • 9 kali pertemuan: Rp915.000
  • 10 kali pertemuan: Rp960.000

Kemudian, biaya kursus pada Senin-Jumat pukul 4 sore hingga pukul 8 malam dan hari Sabtu-Minggu pukul 8 pagi-5 sore, yaitu:

Manual

  • 7 kali pertemuan: Rp795.000
  • 8 kali pertemuan: Rp860.000
  • 9 kali pertemuan: Rp915.000
  • 10 kali pertemuan: Rp960.000

Matic

  • 7 kali pertemuan: Rp905.000
  • 8 kali pertemuan: Rp980.000
  • 9 kali pertemuan: Rp1.050.000
  • 10 kali pertemuan: Rp1.110.000

Keuntungan Kursus Mobil di Tempat Yang Profesional

biaya belajar stir mobil
Sumber: carmudi.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya stir mobil di tempat kursus profesional pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih mahal bila dibandingkan latihan sendiri. Meski begitu, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh ketika kursus dengan profesional. Berikut ini beberapa keuntungan kursus mobil di tempat kursus.

1. Pengajarnya Profesional

Ketika belajar mobil di tempat kursus mobil, maka para pengajarnya sudah sangat terlatih, sehingga sudah sangat profesional. Bahkan, pengajar sudah mahir dalam mengendarai beberapa jenis mobil. Oleh karena itu, ketika kamu mengajukan pertanyaan, maka akan mudah dijawab oleh pengajar.

2. Ada Pengamanan Khusus

Selain pengemudi mobil yang sudah mahir, ternyata mobil kursus ini sudah dilengkapi dengan pengamanan khusus. Pada umumnya mobil kursus ini sudah dimodifikasi pada bagian rem dan kopling atau gas dan rem. Dengan begitu, ketika kamu salah injak pedal, maka mobil bisa dalam kendali pengajar.

3. Ada Suatu Jaminan Bisa Menyetir Mobil dalam Waktu Dekat

Dengan pengajar profesional dan materi yang lengkap, kamu jadi lebih mudah memahami bagaimana cara mengemudi yang baik dan benar.

Selain itu, di beberapa tempat kursus profesional juga memberikan jaminan pada muridnya akan mahir hanya dalam beberapa kali pertemuan.

4. Lokasi untuk Belajar Aman dan Sesuai

Pengajar kursus mobil sudah mengetahui tempat-tempat belajar mobil yang sesuai dan juga aman. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung untuk mencari tempat latihan.

5. Jadwal yang Fleksibel

Keuntungan terakhir yang bisa kamu peroleh ketika latihan mobil di tempat kursus adalah jadwal yang fleksibel.

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-junior-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-junior-mobil?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tips Cepat Bisa Bawa Mobil Setelah Kursus

biaya belajar stir mobil
Sumber: Hipwee

Sudah keluar uang dan menguras waktu untuk belajar mengemudi, jangan sampai hasilnya sia-sia, apalagi sampai di jadwal terakhir pertemuan. Oleh karena itu, kamu perlu simak beberapa tips agar bisa mengendarai mobil dengan cepat.

1. Terus Latih Kemampuan Menyetir

Selain di tempat kursus, kamu juga perlu melatih kemampuan mengemudi di luar jadwal kursus. Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk latihannya, karena bisa melakukannya di sekitaran rumah saja.

2. Hilangkan Rasa Takut

Kedua, kamu harus melawan rasa takut ketika mengendarai mobil. Dalam hal ini, baik itu ketika masih latihan atau ketika sudah ada di jalan raya sungguhan.

https://www.gramedia.com/products/dasar2-teknik-mobil-ed-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dasar2-teknik-mobil-ed-revisi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Pada dasarnya, untuk bisa mahir dalam menyetir mobil tidak bisa dilakukan satu dua hari saja, tetapi dibutuhkan beberapa hari atau bahkan beberapa bulan. Oleh karena itu, ketika kamu sedang latihan belajar mobil jangan pernah patah semangat.

Demikian pembahasan tentang belajar stir mobil hingga biaya belajar stir mobil. Setelah membaca artikel ini sampai habis, apakah kamu tertarik untuk belajar mobil?

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi