in

Yamaha RX King 155 Dengan Spesifikasi Unggulan!

Yamaha RX King 155 – Bicara tentang motor kopling pabrikan Yamaha, tentunya Yamaha RX King menjadi salah satu motor yang banyak diminati masyarakat. Bahkan saking ramainya peminat, Yamaha RX King memiliki julukan sebagai si raja jalanan.

Ya, julukan si raja jalanan mungkin bukan hal asing bagi motor Yamaha RX King. Meski sudah rilis cukup lama, namun  keberadaan dari Yamaha RX King masih terus diminati lho sampai saat ini. Banyak pengendara yang rela merogoh kocek cukup dalam guna mendapatkan Yamaha RX King dengan kondisi baik.

Di sisi lain, kabarnya Yamaha RX King akan kembali rilis dengan tampilan lebih fresh. Dimana motor kopling  ini akan diberikan nama sebagai Yamaha RX King 155. Bagi pecinta motor kopling lama namun dengan tampilan lebih gahar dan cc besar, tentunya Yamaha RX King 155 bisa jadi pilihan.

Agar kalian semakin tahu apa saja kelebihan spesifikasi yang dibawa oleh  Yamaha RX King 155, yuk baca dulu penjelasan akan Yamaha RX King 155 melalui ulasan dalam artikel ini selengkapnya.

 

Sekilas Tentang Yamaha RX King 155

Meski belum resmi resmi rilis, namun kabar akan Yamaha RX King 155 sampai saat ini masih terus jadi perbincangan hangat lho. Bahkan sudah ada sebuah render gambar yang diduga sebagai calon Yamaha RX King 155 sudah mulai banyak beredar di internet.

Ada beberapa youtuber yang membahas mengenai Yamaha RX King 155. Tentunya informasi yang akan kita kulik lebih dalam kali ini adalah tentang Yamaha RX King 155 yang  dikutip dari berbagai sumber.

Yamaha RX King 155 tak hanya akan hadir di Indonesia saja. Namun Yamaha RX series juga sudah begitu populer di negara lain, salah satunya India seperti Yamaha RXZ, RXZ RX 13 dan tipe lain sebagainya.

Bahkan, Yamaha RX King mampu menarik minat pembeli di negara India hingga mencapai 80 persen angka penjualan lho. Itu artinya motor kopling besutan Yamaha tersebut memang sangat cocok bagi masyarakat, baik itu dari segi spesifikasi tinggi harga yang ditawarkannya.

Perlu diketahui juga jika Yamaha India juga sudah berhasil merilis motor baru dengan adanya tambahan fitur terbarunya yaitu Y Connect pada sepeda motor Yamaha FZ150i. Karena hal tersebutlah, kemungkinan Yamaha akan memberikan dua kemungkinan.

Mulai dari hadirnya Yamaha RX King 155 dengan spesifikasi mesin terbarunya. Lalu ada juga versi terbaru dari Yamaha FZ150i dengan nama yaitu Yamaha RX King 150. Dimana fitur modern kemungkinan akan diadopsi oleh Yamaha RX King 155 seperti speedometer digital lengkap dengan fitur Y Connect yang menjadikannya semakin menarik untuk dimiliki.

Pada bagian kaki-kaki motor Yamaha RX King 155 sendiri kemungkinan akan menggunakan suspense dengan jenis telescopic biasa serta suspensi belakang dengan jenis monoshock. Saat ini memang sudah banyak jenis suspensi monoshock yang ditanamkan pada jenis motor kopling rilisan terbaru.

Sedangkan untuk mesin yang diadopsi oleh Yamaha FZ150i diperkirakan juga akan menjadi mesin milik Yamaha RX King 155 dengan dukungan kubikasi 149cc dan 5 percepatan. Kemungkinan harga dari Yamaha RX King 155 dan Yamaha FZ150i adalah sekitar Rp 20 jutaan.

 

Penampilan Baru Yamaha RX King 155

Menjadi salah satu motor yang kabarnya akan rilis, tentunya Yamaha RX King 155 akan hadir dengan penampilan yang lebih keren dan sangat modern. Dari segi desain tampak Yamaha RX King 155 terlihat lebih segar dan modern, namun tetap pertahankan ciri khas lama dari Yamaha RX King.

Headlamp Yamaha RX King 155 diperkirakan akan tetap menggunakan  versi sebelumnya yaitu membulat namun dengan lampu depan serta belakang yang sudah lebih canggih karena dibekali dengan full LED serta sudah dilengkapi dengan DRL atau Daytime Running Light.

Lalu pada bagian speedometer, Yamaha RX King 155 juga sudah mengusung teknologi full digital yang sudah dilengkapi dengan USB charger dan tentunya hal tersebut akan begitu berguna bagi para pengendara.

Pada bagian kaki-kaki, Yamaha RX King 155 menawarkan suspensi bagian depan dengan model teleskopik yang dipadukan dengan velg roda berukuran 17 inch sekaligus ban depan memiliki ukuran 100/80. Tentunya Yamaha RX King 155 sudah memiliki sistem pengereman cakram ABS.

Sedangkan untuk bagian belakang dari Yamaha RX King 155 sendiri sudah menggunakan suspensi monoshock dengan ukuran velg roda 14 inch dan untuk ukuran ban yang digunakan adalah 140/60 lengkap dengan sistem pengereman cakram.

Dengan segudang kelebihan pada desain yang ditawarkan oleh Yamaha RX King 155. Tentunya Yamaha RX King 155 akan menjadi salah satu sepeda motor yang banyak dinantikan para pengendara.

 

RX King 155 adalah salah satu jenis motor kopling  yang banyak diminati. Tentunya ketika kalian memiliki sepeda motor tersebut, kalian juga harus tahu kemungkinan kerusakan yang akan terjadi. Bisa jadi adanya kerusakan pada bagian kopling sepeda motor tersebut.

Ketika sudah tahu apa saja kerusakan yang ada pada bagian komping, setidaknya kita juga harus tahu bagaimana servis kopling pada sepeda motor seperti yang telah dijelasn dalam buku Panduan Servis Sistem Kopling Pada Sepeda Motor.

 

Performa Mesin Yamaha RX King 155

Setelah mengetahui bagaimana kemungkinan penampilan milik Yamaha RX King 155. Selanjutnya kita akan membahas mengenai performa mesin yang kemungkinan akan diadopsi oleh Yamaha RX King 155.

Pada bagian dapur pacu, Yamaha RX King 155 akan dibekali dengan mesin single cylinder 149cc 149 klep SOHC. Dimana mesin tersebut juga sudah mengadopsi teknologi blue core. Kemungkinan mesin pada Yamaha RX King 155 masih akan mengalami peningkatan hingga 155 cc.

Dengan spesifikasi mesin tersebut, Yamaha RX King 155 diperkirakan akan mampu menghasilkan 12,2 DK pada 7250 RPM dan torsi besar 13,3 Newton meter pada 5500 RPM. Tentunya, mesin yang bertenaga akan menjadikan Yamaha RX King 155 lebih baik soal performa dibandingkan dengan versi lama.

 

Harga Yamaha RX King 155

Lalu untuk harga, kemungkinan Yamaha RX King 155 hanya dibandrol pada harga Rp20 jutaan saja. Dengan harga yang cukup terjangkau, diharapkan Yamaha RX King 155 mampu bersaing dengan motor sekelasnya di pasaran.

Meski begitu sampai saat ini belum diketahui apakah sepeda motor Yamaha RX King 155 akan dipasarkan secara resmi di Indonesia atau tidak. Tentunya hadirnya Yamaha RX King 155 akan menjadi kabar gembira bagi para pecinta sepeda motor Yamaha RX King.

Bukan hanya harganya yang terjangkau, namun Yamaha RX King 155 juga memiliki penampilan keren serta modern yang tetap mempertahankan ciri khas Yamaha RX King versi lama. Dari segi mesin juga terlihat lebih baik dibandingkan dengan Yamaha RX King versi lama.

Kerangka motor adalah salah satu hal penting yang  wajib diperhatikan, ketika membeli ataupun ketika sudah memilikinya. Dimana ada beberapa kemungkinan terjadinya kerusakan pada bagian kerangka motor. Tentunya kita juga tahu bagaimana cara servis praktis kerangka  motor seperti penjelasan dalam buku  Panduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor.

 

Tips Membeli Sepeda Motor Bekas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Yamaha RX King 155 memang menjadi salah satu motor yang kemungkinan akan hadir, meski belum pasti secara resminya. Namun saat ini jika dilihat dari kondisi pasar, ternyata peminat akan Yamaha RX King versi lama juga makin meningkat lho untuk saat ini.

Tentunya Yamaha RX King versi lama akan dapat dibeli dengan kondisi bekas. Nah untuk membeli sepeda motor bekas, tentunya kalian juga harus lebih teliti. Kenapa harus teliti? Hal ini karena tak semua kondisi motor bekas dalam keadaan prima.

Itu artinya bisa saja sepeda motor bekas yang kalian beli memiliki kondisi rusak pada beberapa bagian. Tentunya kerusakan tersebut juga akan mempengaruhi kenyamanan, keselamatan hingga harga jual.

Namun tak semua orang tahu bagaimana tips dalam membeli sepeda motor bekas. Karena hal tersebutlah tak jarang para pembeli sepeda motor bekas akan merasa dirugikan setelah deal pembelian namun baru tahu kondisi lengkap dari sepeda motor yang dibelinya.

Oleh karena itu, tips membeli sepeda motor bekas yang ada di bawah ini diharapkan mampu membantu kalian.

  • Cek Harga di Pasaran

Hal pertama yang bisa kalian lakukan sebelum membeli sepeda motor bekas adalah cek harga sepeda motor di pasaran terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak informasi mengenai harga sepeda motor bekas yang dapat ditemukan, salah satunya dengan cara melihat di market place online.

  • Cek Nomor Rangka dan Mesin Motor

Selanjutnya lakukan pengecekan nomor rangka dan mesin motor yang bisa disesuaikan dengan nomor rangka dan mesin yang ada di STNK ataupun di BPKB. Jika sama dengan yang ada di surat, belum tentu nomor rangka dan mesin itu asli. Biasanya yang asli bukanlah ketokan kasar.

  • Cek Kondisi Fisik

Melakukan pengecekan kondisi fisik seperti body, spion, baut dan lain sebagainya adalah kewajiban kalian ketika membeli sepeda motor. Kondisi retak ataupun pecah hingga adanya goresan selalu diperhatikan dengan baik. Akan lebih baik jika semua jenis part yang menempel pada sepeda motor adalah orisinil besutan pabrik.

  • Cek Kondisi Oli Sepeda Motor

Lakukan pengecekan oli pada sepeda motor juga bisa dilakukan. Buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin dan pastikan ukuran oli tersebut tidak berlebihan. Hal ini karena ketika oli dalam kondisi berlebih akan menjadikan suara motor lebih halus hingga dapat menyembunyikan suara asli sepeda motor tersebut, seperti kasar atau berisik.

  • Cek Speedometer

Pastikan pada bagian speedometer sepeda motor tidak ada keretakan atau bekas bongkaran. Lihat jumlah total km sepeda motor tersebut yang sudah ditempuh. Jika total laju sudah mencapai di atas 20.000 km, maka bisa dipastikan akan banyak komponen yang harus segera diganti. Hal ini akan menjadikan kalian mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

  • Coba Hidupkan Mesin Sepeda Motor

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah mencoba menghidupkan mesin sepeda motor tersebut. Apakah bisa melalui stationer atau langsam. Hal ini karena ketika kondisi mesin  tidak bermasalah alam mampu langsam pada putaran kurang lebih sekitar 1.500 rpm. Pastikan juga tidak ada bunyi kasar yang dikeluarkan oleh sepeda motor.

  • Cek Perpindahan Gigi Sepeda Motor

Ketahui kondisi mesin dengan mencoba menjalankan sepeda motor, perhatikan bagaimana perpindahan gigi yang dimiliki oleh sepeda motor tersebut, apakah terlalu sulit atau tidak. Jika memang  terasa sulit, itu artinya kampas kopling sepeda motor akan segera habis. Perhatikan juga jika memang ada suara mendesir pada sepeda motor ketika dikendarai. Kemungkinan besar gigi primer dari sepeda motor tersebut akan segera habis.

  • Cek Rangka

Cek kondisi kelurusan roda sepeda motor pada bagian depan dan belakang. Pastika jika rangka atau sasis sepeda motor tersebut tidak mengalami kebengkokan. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk bisa memastikan sepeda motor tersebut tidak sulit untuk dikendalikan. Hal ini sangat berguna untuk bisa mendeteksi kelurusan sasis dan poros stang.

  • Cek Kebocoran

Selalu usahakan untuk bisa menjalankan sepeda motor lebih lama. Setelah dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter, perhatikan kembali apakah ada bagian oli yang mengalami kebocoran melalui sela mesin atau adanya kebocoran air radiator bagi sepeda motor yang memang menggunakan komponen radiator.

  • Cek Kondisi Kelistrikan

Lakukan pemeriksaan bagian kelistrikan termasuk lampu, mulai dari lampu depan, sein, rem belakang, klakson, lampu speedometer atau starter motor elektrik. Jika semua berfungsi sebagaimana mestinya, maka tidak ada kerusakan pada komponen serta pada bagian aki motor tidak ada permasalahan.

  • Cek Bagian Roda

Melakukan pengecekan kondisi roda sepeda motor juga perlu dilakukan. Bagaimana kelurusan antara roda bagian depan dan belakang juga perlu dilakukan. Hal ini agar lebih meyakinkan jika rangka tidak mengalami pembengkokan, adanya kondisi jatuh atau benturan keras yang bisa menyebabkan kebengkokan pada rangka sepeda motor.

  • Lakukan Test Ride

Tak ada salahnya jika kalian mau melakukan test ride terlebih dahulu, tentunya dengan adanya persetujuan dari pihak penjual. Dengan melakukan test ride, kalian akan lebih tahu apakah mot ir tersebut memiliki kelainan atau tidak pada handling atau pada bagian akselerasinya dan lain sebagainya.

 

Cara Merawat Sepeda Motor Secara Praktis di Kesehatian

Selain memperhatikan  beberapa hal penting ketika membeli sepeda motor bekas. Tentunya ketika kita sudah  memiliki sepeda motor tersebut juga harus melakukan proses perawatan. Selain perawatan rutin pada beberapa bulan sekali.

Perawatan sehari-hari juga perlu dilakukan. Kebanyakan orang-yang tidak terlalu memperhatikan bagaimana cara melakukan perawatan sepeda motor sehari-hari. Nah di bawah ini adalah beberapa cara merawat sepeda motor secara mudah dalam keseharian.

  • Panaskan Mesin Setiap Akan Digunakan

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk merawat sepeda motor adalah dengan memanaskan mesin sesaat sebelum digunakan. Cara ini dinilai mampu menjaga performa mesin sepeda motor tetap baik. Kebanyakan memanaskan sepeda motor akan dilakukan pada pagi hari.

Sebaiknya memanaskan sepeda motor tidak lebih dari lima menit. Hal ini karena ketika dilakukan lebih lama hanya akan membuang bahan bakar secara berlebihan.

  • Gunakan Bahan Bakar Minyak Tinggi Oktan

Tahukah kalian jika beberapa produk sepeda motor keluaran terbaru sudah dirancang sedemikian rupa dengan memanfaatkan teknologi injeksi yang diklaim mampu menghemat bahan bakar. Agar sistem tersebut bisa bekerja dengan baik, tentunya sangat disarankan untuk menggunakan BBM dengan oktan diatas 90, khususnya untuk sepeda motor jenis sport.

Saat ini memang sudah  banyak jenis BBM dengan oktan tinggi yang dijual. Tentunya kalian bisa menggunakan BBM jenis tersebut agar bisa mendapatkan performa terbaik dari sepeda motor yang  dikendarai.

  • Bersihkan Sepeda Motor Secara Berkala

Cara merawat sepeda motor yang berikutnya adalah dengan membersihkannya secara berkala, baik itu dicuci dengan air atau hanya sekedar di lap dengan kain basah. Tentunya membersihkan  sepeda motor secara berkala tak hanya akan menghilangkan kotoran yang menempel, namun juga akan menjadikan sepeda motor lebih enak dipandang.

  • Usahakan Sepeda Motor Tidak Terpapar Sinar Matahari Secara Langsung

Tahukah kalian  jika paparan sinar matahari secara terus-menerus akan bisa menjadi pemicu terjadinya retakan pada bagian kaca speedometer sepeda motor. Tak hanya itu saja, pasalnya sinar matahari yang terpapar secara langsung juga akan menyebabkan warna body sepeda motor akan lebih cepat pudar dan kusam Jadi, ketika mencari lahan parkir, sebaiknya cari area teduh atau tertutup agar sepeda motor kalian bisa terlindungi dari paparan sinar matahari.

Nah, itulah ulasan mengenai cara mudah menjaga sepeda motor terbaik kalian. Lakukan cara di atas agar bisa mendapatkan kondisi terbaik dari sepeda motor yang dikendarai. Buku dengan judul Buku Pintar Sepeda Motor akan memberikan informasi seputar sepeda motor, mulai dari bagian penting hingga cara mudah mengetahui permasalahan dalam speda motor.

 

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah Grameds tertarik untuk membeli Yamaha RX King 155? Jika kalian ingin mencari buku tentang perawatan motor, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Hendrik

 

Sumber:

  • Https://www.wonosobozone.com/otomotif/4678203971/yamaha-rx-king-155-2023-mulai-dibahas-intip-spesifikasi-dan-fitur-nya?Page=2
  • Https://www.pronusantara.com/otomotif/4058400394/garang-banget-yamaha-rx-king-reborn-dengan-mesin-155-cc-harga-cuma-20-jutaan?Page=2
  • Https://mypertamina.id/apa-pun-jenis-motornya-berikut-tips-dasar-merawat-motor-yang-harus-anda-lakukan
  • Https://oto.detik.com/tips-and-tricks-motor/d-2264414/12-cara-jitu-membeli-motor-bekas-ala-polisi

 

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gilang Putra

Bagi saya, menulis itu seperti membicarakan sesuatu kepada orang lain.
saya lebih suka menulis hal-hal yang berhubungan dengan bahasa, pendidikan, anime, manga, dan pop culture.

Kontak media sosial Twitter saya Gilang Oktaviana