in

26 Wisata Purworejo dan Kuliner Khasnya yang Perlu Kamu Tahu!

Sumber: IDN Times

Wisata Purworejo – Purworejo adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Secara administratif, Purworejo memiliki 14 Kelurahan dan 11 Desa.

Secara Geografis, meskipun berlokasi di Ibu Kota Kabupaten Purworejo, tetapi wilayah Kecamatan Purworejo sebagian wilayah merupakan perbukitan. Purworejo terkenal dengan keindahan alamnya, makanan khasnya serta budayanya yang unik. Yuk simak wisata yang ada di Purworejo.

https://www.gramedia.com/products/12-wisata-pusaka-budaya-nusantara-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Wisata Purworejo

Bagi kamu yang belum mengetahui wisata Purworejo, maka di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang rekomendasi wisata Purworejo yang harus kau kunjungi.

1. Hutan Rimba Pinus

wisata purworejo
Sumber: Katadangu.com

Hutan rimba pinus berlokasi di Kalilo, Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Hutan Rimba Pinus merupakan destinasi wisata yang populer di Purworejo yang wajib kamu kunjungi. Destinasi wisata alam ini dikelola oleh pemerintah setempat, terus dikembangkan dan dirawat dengan baik untuk menarik, sehingga bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak. Selama berada disana, Anda bisa menikmati suasana sejuk dan dingin yang siap membuat siapa saja merasa betah.

Selain itu, bukan hanya keindahan alamnya saja yang bisa dinikmati, tetapi wisatawan bisa juga melakukan beragam aktivitas seru. Mulai dari mencoba berbagai permainan outbond, mengunjungi kebun binatang mini dengan koleksi binatang cukup lengkap, hingga berkemah juga bisa, lho! Bahkan, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi pemotretan pre wedding.

2. Hutan Pinus Kusumo Asri

wisata purworejo
Sumber: Wisata Purworejo

Hutan pinus Kusumo Asri berada di Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo sudah dikenal dengan keindahannya. Selain itu, Hutan Pinus Kusumo Asri menjadi bukti nyata bahwa tanah Purworejo dikaruniai pesona alam yang asri dan juga indah.

Hutan pinus yang dikelola oleh Pemerintah setempat ini telah dilengkapi berbagai aktivitas outbond hingga sederet kegiatan alam lainnya, sehingga bisa membuat hari libur Anda menjadi lebih berwarna.

3. Curug Muncar

wisata purworejo
Sumber: Tripadvisior

Curug muncar berlokasi di Kalibang, Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo. Curug ini diperkirakan memiliki ketinggian 900 m dan menjadi destinasi wisata primadona bagi masyarakat Purworejo. Sebelum menikmati keindahan alamnya, wisatawan harus melewati medan yang cukup sulit dan cenderung menanjak.

Meski begitu, perjuangan kamu untuk menuju ke curug ini akan terbayarkan ketika sudah sampai di curugnya. Di sini Anda akan disajikan dengan pemandangan yang menyejukkan, mulai dari air yang tumpah dari atas ketinggian dan pepohonan rindang di setiap mata memandang. Berenang sambil menikmati kesejukan airnya adalah semua kenikmatan setelah berjuang.

4. Curug Lumbung

wisata purworejo
Sumber: JadwalTravel.com

Curug Lumbung memiliki daya tarik tersendiri, sehingga wisatawan yang datang ke Purworejo, sebaiknya menyempatkan dirinya untuk berkunjung ke curug ini. Di sini pengunjung tidak hanya disajikan dengan keindahan air terjun pada umumnya, tetapi akan melihat sebab dinding-dinding sungainya.

Dinding sungai tersebut membentuk seperti ornamen yang indah dan menyatu dengan derasnya air yang mengalir. Hingga saat ini, masih banyak wisatawan yang membagikan momen berharganya ketika berkunjung kesana. Lokasinya berada di Jl. Krandon, Krandon, Karangsari, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

5. Curug Silangit

wisata purworejo
Sumber: NativelIndonesia.com

Curug Silangit memiliki daya tarik utama yang berasal dari keasrian alamnya yang masih terjaga dengan baik. Lokasi dari curug ini bisa dibilang tersembunyi dibalik perbukitan dan ditumbuhi pepohonan rindang, yaitu di Krajan, Jatirejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Wisata alam ini juga disebut sebagai surga dunia karena kamu akan melihat berbagai keindahan dan kesejukan dari air terjun ini. Namun, wisatawan harus melewati medan yang menantang untuk bisa melihat keindahanya secara langsung. Setelah berhasil melewati semua rintangan yang ada, semua rasa lelah itu akan terbayarkan karena kamu akan melihat keindahan alam yang bisa membuat mata terpesona.

6. Curug Gunung Cenderung

wisata purworejo
Sumber: Java Travel

Curug Gunung Cenderung adalah salah satu wisata alam yang begitu populer dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Air terjun ini sangatlah indah karena dikelilingi tebing pinus rimba, sehingga sudah bisa dibayangkan betapa sejuknya udara di .kawasan wisatanya.

Derasnya debit air semakin membuat pemandangan indah dipandang. Apabila tertarik mengunjunginya, Anda harus melewati rute trekking menantang dan cukup jauh. Lokasinya berada di Singolopo, Cepedak, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo.

Oleh karena itu, wisata alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar petualangan alam dan tantangan memacu adrenalin. Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing untuk melepaskan penat.

7. Kedung Gulo

wisata purworejo
Sumber: KlikIndonesia

Kedung Gulo merupakan tempat wisata yang siap memanjakan hari libur Anda. Lokasinya berada di Meranti, Kalitapas, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo. Dengan akses menuju tempat wisatanya tergolong cukup sulit, tetapi semua rasa lelah selama perjalanan akan hilang ketika Anda sudah sampai tempat tujuan. Pemandangan eksotis sekaligus menyegarkan berhasil membuat siapapun jatuh hati kepadanya.

8. Pantai Jatimalang

wisata purworejo
Sumber: Mytrip123.com

Pantai Jatimalang merupakan destinasi wisata bahari terkenal di Purworejo. Lokasinya berada di Patu, Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo. Panti Jatimalang sudah sangat terkenal akan keindahannya ini mampu menarik perhatian masyarakat maupun luar daerah.

Selama berada di sana, wisatawan akan dimanjakan dengan segudang permainan seru yang bersatu dengan pemandangan alam. Terlebih lagi, kalau kamu menikmati es degan di pantai ini tentu sangat menyegarkan.

9. Pantai Ketawang

wisata purworejo
Sumber: Pantainesia.com

Setiap destinasi wisata bahari selalu menyajikan keunikannya tersendiri, begitu juga dengan Pantai Ketawang. Pantai yang berada di Segoro Wetan, Ketawangrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo ini memiliki pasir yang berwarna hitam legam. Pasir berwarna hitam legam ini justru menjadi daya pikat utamanya. Selain itu, di tempat ini pengunjung bisa melakukan serangkaian aktivitas menarik mulai dari berjalan jalan santa hingga pacuan kuda.

10. Pantai Pasir Puncu

wisata purworejo
Sumber: IhateGreenjelo

Rasanya kurang puas jika bertandang ke Purworejo tanpa mengunjungi Pantai Pasir Puncu. Pantai cantik satu ini masih belum banyak dikunjungi, sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata alternatif bagi Anda yang mencari ketenangan.

Lokasinya yang berada di Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo memiliki kondisi alam yang masih asri dan jarang tersentuh tangan manusia. Ketika berkunjung ke pantai ini, pastinya akan terpesona dengan suara ombak dan juga udara yang sejuk.

11. Gunung Kunir

wisata purworejo
Sumber: Kukau

Bukan hanya pantainya saja yang indah, tetapi Purworejo juga memiliki pegunungan yang wajib dikunjungi, yaitu Gunung Kunir. Gunung Kunir letaknya berada di Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Untuk menyaksikan keindahannya yang begitu menawan, Anda harus bisa melewati trekking menantang dan menguji adrenalin. Sunrise merupakan daya pikat utama dari gunung ini. Oleh karena itu, wisatawan akan berusaha untuk menikmati suasana romantis hanya untuk melihat matahari terbit.

12. Taman Sidandang

wisata purworejo
Sumber: Sikidang

Taman Sidandang juga tidak kalah menarik dan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata favorit saat berkunjung ke Purworejo. Pihak pengelola tidak hanya menyajikan hamparan taman dengan aneka bunga semata, tetapi di tempat ini pula wisatawan bisa berenang santai sambil merasakan kesejukan airnya.

Taman yang berada di Kedungrante, Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo ini mampu menghipnotis pengunjungnya. Di sini, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti mencoba aneka wahana outbound.

13. Geger Menjangan

wisata purworejo
Sumber: IhateGreenJelo

Berlibur ke Geger Menjangan bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda yang rindu akan nuansa alam yang menyejukkan. Sebab, disinilah Anda akan melihat berbagai macam pemandangan khas puncak perbukitan yang menyegarkan mata, berkat pepohonan rindang di sepanjang mata memandang dan pastinya udaranya sangat sejuk.

Lokasi yang berada di Kedungdowo Kulon, Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo juga kerap dijadikan sebagai spot foto untuk menghasilkan foto ciamik.

14. Benteng Pendem

wisata purworejo
Sumber: IhateGreenJelo

Purworejo tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja, tetapi Kabupaten ini juga dikenal dengan tempat wisata bersejarahnya, salah satunya adalah Benteng Pendem yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Benteng Pendem merupakan bangunan pertahanan kuno yang menjadi bukti sejarah, karena pernah dijadikan sebagai pangkalan militer saat masa penjajahan Jepang.

Setelah peperangan telah usai, benteng yang awalnya dijadikan sebagai menahan gempuran yang datang dari Pantai Selatan ini beralih fungsi menjadi sebuah objek wisata populer di Purworejo. Pemandangan alam di sekitarnya pun tidak kalah indah, wajar saja jika wisatawan tertarik berkunjung ke Benteng Pendem. Jika ingin berkunjung ke benteng Pendem lokasinya berada di Bapangsari, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.

15. Goa Sikantong

wisata purworejo
Sumber: inibaru.id

Goa Sikantong bisa dibilang cukup berhasil menyita perhatian masyarakat berkat keindahannya yang begitu mempesona. Bukan hanya wisatawan lokal, bahkan Goa Sikantong sudah menjadi destinasi wisata alternatif bagi wisatawan dari luar daerah.

Lokasinya berada di Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Goa Sikantong bukanlah goa biasa, karena wisatawan bisa merasakan sensasi seperti sedang berada di keramaian yang membuatnya menarik. Selain dapat menikmati sajian alam, di sini wisatawan juga bisa berlomba-lomba mendapatkan spot terbaik untuk menghasilkan foto yang keren.

Bahkan, sejak menapakkan kaki di kawasan wisata, terlihat jelas goresan keindahan alamnya yang begitu memukau. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang rela datang dari jauh hanya untuk melihatnya dari dekat.

16. Goa Seplawan

wisata purworejo
Sumber: travel.kompas.com

Goa Seplawan bisa menjadi tempat berlibur selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Selama kamu ada di sana, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam berupa bebatuan cantik berupa stalaktit dan stalagmit yang siap memanjakan mata.

Oleh sebab itu, tidak heran jika wisatawan dari berbagai kota tertarik singgah di Goa Seplawan selama berada di Purworejo. Jika ingin berkunjung ke wisata satu ini, Anda bisa pergi ke Katerban, Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

17. Museum Tosan Aji

wisata purworejo
Sumber: Visit Jawa Tengah

Museum Tosan Aji merupakan suatu tempat yang menyimpan segudang warisan budaya tanah air yang kemudian disimpan dengan baik. Di sini, pengunjung bisa menemukan pusaka atau senjata yang terbuat dari logam besi dengan bentuk beragam, mulai dari keris, pedang, menur, hingga tombak bisa Anda temukan disini.

Lokasi dari museum ini berada di Jl. Mayjen Sutoyo No.10, Plaosan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Di museum ini menyimpan banyak senjata yang digunakan oleh masyarakat zaman dahulu, sehingga semua senjata pada museum ini sangat dihargai.

Bahkan, pihak pengelola merawatnya dengan baik hingga wisatawan dari berbagai daerah bisa melihatnya sekaligus mengulik sejarah di masa lalu. Lewat peninggalan warisan nenek moyang tersebut, kita sudah mendapatkan gambaran bagaimana hidup masyarakat terdahulu.

18. Alun-Alun Purworejo

wisata purworejo
Sumber: Wikipedia

Icon yang paling terkenal di Purworejo adalah Alun-alun Purworejo yang berada di Jl. Urip Sumoharjo No.76, Plaosan, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Bertandang ke Purworejo tentu belum lengkap sebelum singgah di Alun Alun Purworejo.

Area wisata yang dibangun di atas tanah seluas 6 hektar ini menyediakan berbagai wahana menarik yang siap menghibur di waktu senggang. Hanya dengan duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar, akan mampu menghilangkan rasa penat sejenak di pikiran.

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kuliner Purworejo

Bukan hanya destinasinya yang wajib untuk dikunjungi jika berada di Purworejo, tetapi makanan di Purworejo juga tidak kalah lezat dan unik. Apa saja makanan khas yang wajib dicicipi? Berikut penjelasannya:

1. Kupat Tahu Khas Purworejo

wisata purworejo
Sumber: Orami

Kupat tahu tentu makanan yang biasa ditemui, tetapi makanan khas Purworejo ini wajib untuk dicicipi. Makanan tradisional ini terbuat dari ketupat tahu, dan saus kacang. Untuk Kupat tahu, saus yang digunakan biasanya adalah rempah-rempah pedas yang dicampur dengan gula jawa cair dan sayuran tambahan seperti kecambah dan kol

2. Sate Winong

wisata purworejo
Sumber: Orami

Terdapat perbedaan dengan sate pada umumnya. Jika di tempat lain, sate biasanya hanya diberi bumbu dengan kecap manis dan irisan bawang merah, cabai rawit. Namun, sate Winong menggunakan bumbu kecap olahan sendiri yang sangat khas.

Makanan khas Purworejo ini dibuat menggunakan rebusan gula Jawa yang telah dipadukan dengan berbagai rempah, sehingga akan menghasilkan cita rasa khas. Kemudian, dicampurkan dengan tambahan cabe yang diulek dan dicampur dengan irisan bawang merah dan daun jeruk nipis.

3. Sego Koyor

wisata purworejo
Sumber: Orami

Sego Koyor atau Nasi Koyor adalah salah satu hidangan kuliner yang cukup populer dan diminati banyak orang karena memiliki rasa yang lezat. Koyor adalah urat sapi dan jika dibandingkan dengan gajih atau lemak dan jeroan, koyor ini lebih gurih dan kenyal. .

Selain itu, makanan ini punya cita rasa dan keunikan tersendiri. Sego Koyor biasanya disajikan dalam keadaan panas menggunakan wadah daun pisang dan tempe gimbal (tempe goreng ditepungin) sebagai pelengkap.

4. Sego Megono

wisata purworejo
Sumber: Orami

Sego Megono merupakan salah satu nasi khas Purworejo yang wajib untuk dicicipi. Nasi megono adalah berisi nasi urap yang dicampur dengan kelapa muda dan berbagai macam sayuran. Biasanya yang digunakan sebagai bahan campuran dari nasi ini adalah bayam, singkong sampai suring dan kangkung. Biasanya, Sego Megono juga disajikan dengan mendoan yang empuk dan gurih sebagai pelengkapnya.

5. Sego Penek Ngandul

wisata purworejo
Sumber: Orami

Makanan yang satu ini terdiri dari nasi dengan sayur nangka muda yang dimasak dengan menggunakan resep khusus. Selain itu, makanan ini juga disajikan seperti rempah lodeh, rempah manis, dan kuah merah pedas.

Sebagai pelengkap, sebaiknya pilih hidangan pendamping seperti daging ayam atau jeroan, tahu, tempe telur bacem. Kemudian, nasi disiram dengan bumbu opor putih super kental yang gurih dan manis.

6. Lanting

Lanting
Sumber: Orami

Salah satu camilan asal Purworejo yang terkenal adalah Lanting. Bahan baku lanting ini adalah singkong yang dilembutkan dan dibentuk bundar, kemudian dibolongi di bagian tengahnya.

Setelah itu, adonan dikukus setengah matang dan dicampur dengan tepung tapioka dan digoreng hingga aroma khasnya mulai tercium. Lanting adalah kudapan yang umumnya dihidangkan saat menjelang Lebaran dan lantini ini bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

7. Clorot

Clorot
Sumber: Orami

Clorot adalah hidangan sejenis kue yang punya rasa yang legit dan unik. Dengan bahan gula merah dan tepung beras, kue ini memiliki cita rasa legit dan manis yang pas.

Selain itu, kue ini semakin unik karena dibungkus menggunakan daun kelapa lalu dibentuk kerucut. Rasanya manis dan tekstur yang kenyal dijamin bikin semakin tergoda untuk terus menyantapnya.

8. Geblek

Geblek
Sumber: Orami

Nama makanan khas Purworejo ini memang terdengar unik. Geblek adalah hidangan berbahan dasar tepung singkong yang diolah dan dibentuk menyerupai cincin dan digoreng. Selain itu, makan ini memiliki warna putih dan tekstur yang hampir mirip dengan olahan cireng, sehingga jajanan ini cocok menjadi teman saat bersantai. Tidak hanya itu, Geblek semakin nikmat jika dipadukan dengan sambal pecel.

https://www.gramedia.com/products/100-peta-tempat-makan-makanan-khas-daerah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/100-peta-tempat-makan-makanan-khas-daerah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Sampai sudah pada bagian penutup dari artikel ini, dari semua pembahasan di atas bisa dikatakan wisata Purworejo sangatlah banyak dan pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama kalau ingin mengunjungi tempat wisatanya. Selain itu, ketika kamu mampir ke Purworejo jangan lupa mencicipi makanan dan khasnya atau bisa juga dijadikan oleh-oleh.

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk pergi ke Purworejo dalam waktu dekat?

Jika Grameds ingin mengenal Purworejo lebih jauh, Grameds bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:

Written by M. Hardi