in

Contoh Tanda Tangan Estetis serta Tip Membuatnya!

Armando Lulaj signature as a tatoo (Leeturtle/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International).

Tanda Tangan Estetis – Sahabat Grameds, cobalah kalian ingat lagi kapan pertama kali kalian belajar membuat tanda tangan? Apakah saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), atau Sekolah Menengah Atas (SMA)? Umumnya, seseorang diharuskan menandatangani ijazah ketika berada di kelas enam SD.

Ketika pertama kali belajar untuk membuat tanda tangan, umumnya kita akan melihat contoh tanda tangan terlebih dahulu dari orang tua, saudara kandung, dan para guru di sekolah untuk mengadopsi dasar pembuatannya. Selanjutnya, kita akan terus berlatih hingga memiliki satu tanda tangan tersendiri yang terbaik menurut kita.

Salah satu sisi menariknya, terkadang tanda tangan seseorang ketika duduk di bangku SD, SMP, dan SMA bisa berbeda-beda. Hal tersebut dirasakan wajar karena kita sedang mencari jati diri pada masa sekolah. Perubahan wawasan, pola pikir, dan referensi yang semakin bertambah turut menginspirasi kita untuk mengganti bentuk tanda tangan sampai menemukan satu yang paling akhir tanpa revisi lagi.

Pada kesempatan ini, Gramedia akan memberikan penjelasan terkait sejarah, contoh tanda tangan, dan tip membuat tanda tangan yang simpel, baik, dan benar. Barangkali, kalian akan memperoleh inspirasi baru terkait tanda tangan setelah membaca tulisan ini.

Pengertian Tanda Tangan

Tanda tangan (bahasa Inggris: signature, berasal dari bahasa Latin: signare, yang berarti “tanda”) ternyata telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, tepatnya pada 3100 SM di sebuah permukaan tanah liat yang berada di wilayah Sumeria. Penemuan lain mengenai tanda tangan ada di Jepang pada 57 SM. Bangsa Jepang saat itu telah memakai tanda tangan hanko seal untuk kepentingan peresmian suatu dokumen.

Beralih ke daratan Eropa, tanda tangan dianggap sebagai penilaian suatu karya seni dan tanda persahabatan pada abad ke-17. Selanjutnya, tanda tangan berupa simbol yang pertama kali diterumakan di Nusantara adalah milik Raja Airlangga, pendiri dan pemimpin Kerajaan Kahuripan (1019–1042).

Raja Airlangga juga diperkirakan menjadi raja pertama yang mengembangkan budaya meninggalkan identitas di atas batu prasasti. Ribuan tahun kemudian, tanda tangan mencapai puncak keemasannya pada era modern saat ini. Hal ini disebabkan karena tanda tangan dipakai untuk berbagai jenis kegiatan yang berkaitan dengan persetujuan dari satu pihak, misalnya ijazah, dokumen pengesahan, kartu identitas, dan dokumen perjanjian.

Tidak berhenti sampai di situ saja, tanda tangan juga sering kali dipakai oleh sosok populer untuk mengungkapkan rasa sayang atau penghargaan kepada para penggemarnya. Tidak sedikit para artis yang mengadakan acara tertentu untuk berjumpa dengan penggemar mereka sembari memberikan tanda tangan sebagai kenang-kenangan.

Namun, di luar itu semua ada satu hal yang tidak dapat kalian lupakan berkaitan dengan tanda tangan, terutama yang ditulis di atas materai. Kalian harus berhati-hati saat menandatangani dokumen dengan materai. Bacalah dokumen itu secara teliti terlebih dahulu agar kalian terhindar dari permasalahan yang tidak diharapkan. Tidak sedikit seseorang mengalami kerugian karena menandatangani suatu dokumen secara sembarangan tanpa membaca isinya terlebih dahulu.

Fungsi Tanda Tangan

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan milik John Hancock dalam Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (William Stone/Public domain in the United States).

Pada dasarnya, tanda tangan memiliki tiga fungsi utama, yaitu mewakili diri sendiri, menjadi pembanding antara satu orang dengan yang lainnya, dan bukti validitas dokumen. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Mewakili Diri Sendiri

Tanda tangan bisa dijadikan sebagai bukti jika pemiliknya telah melaksanakan suatu kesepakatan atau menyatakan persetujuannya berkaitan dengan hal-hal tertentu. Tanda tangan dianggap unik dan dapat dianggap mewakili pemiliknya. Dengan kata lain, kalian dapat memakai tanda tangan untuk membuktikan telah menyetujui suatu perjanjian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sebagai contoh, kalian menerima kwitansi setelah membeli suatu barang dan di dalamnya tertulis catatan yang menyatakan jika “barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan”. Ketika menandatangani kwitansi itu, kalian dianggap menyetujui jika barang yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan lagi.

2. Pembeda Satu Orang dengan yang Lain

Tanda tangan juga dapat dijadikan sebagai pembeda antara satu orang dengan yang lainnya. Jika hanya mengandalkan nama untuk membuktikan keabsahan suatu dokumen, kebenarannya tidaklah terlalu kuat. Oleh karena itu, perlu ditambahkan tanda tangan supaya dokumen itu tidak tertukar dan mempunyai perbedaan dengan yang lain. Ini dikarenakan tanda tangan tiap orang pastinya berbeda-beda.

Sebagai contoh, kalian dapat menambahkan tanda tangan dengan pensil ketika menerima buku pelajaran yang akan dipinjamkan oleh pihak sekolah. Dengan demikian, buku tersebut tidak akan tertukar dengan buku milik temanmu.

Tanda tangan juga dapat digunakan untuk membaca karakter dan kepribadian seseorang, seperti halnya yang dijelaskan oleh Asti Musman dan Sony Adams dalam buku berjudul Buku Ampuh Membaca Karakter dan Kepribadian Melalui Tulisan Tangan dan Tanda Tangan. Buku tersebut dapat dikatakan sebagai buku grafologi yang lumayan lengkap dan menyeluruh. yang menganalisis karakter seseorang melalui tanda tangan sebagai pelengkap analisis grafologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang tulisan tangan.

3. Bukti Legalitas Dokumen

Jika ingin membuat suatu dokumen penting yang membutuhkan legalitas dari seseorang, kalian dapat memakai tanda tangan sebagai bukti legalitasnya. Tanda tangan dalam hal ini bersifat mengikat dan keabsahannya tetap, seperti yang diatur dalam Pasal 1869–1874 KUHP atau Pasal 1 Ordonansi 1867 No. 29 tentang syarat penandatanganan dokumen. Pasal itu menyatakan jika tanda tangan dapat dijadikan sebagai bukti kepemilikan surat berharga atau dokumen penting.

Contoh Tanda Tangan Tokoh Terkenal

Bagi kalian yang sedang mencari contoh tanda tangan unik, keren, dan estetik, kalian dapat melihat tanda tangan para tokoh terkenal sebagai inspirasi awal. Rata-rata publik figur mempunyai tanda tangan yang khas dan tidak dapat dipalsukan sama sekali. Berikut ini beberapa contoh di antaranya.

1. Thomas Jefferson

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan Thomas Jefferson (Thomas Jefferson/Public domain).

Thomas Jefferson adalah salah satu tokoh yang mencetuskan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat (1776). Dia juga pernah menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat dari tahun 1801–1809.

2. John Adams

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan John Adams (John Adams/Public domain).

Selanjutnya, tanda tangan dari John Adams, yaitu mantan Presiden Amerika Serikat kedua yang menjabat sejak 4 Maret 1797–4 Maret 1801. Tanda tangan miliknya dapat dibaca dengan jelas, bersih, dan bebas dari coretan.

3. Muhammad Ali

Tanda tangan Muhammad Ali (Muhammad Ali/Public domain).

Sepintas, karakter tanda tangan milik Muhammad Ali mirip dengan John Adams, yaitu bersih dan dapat dibaca dengan jelas. Dia adalah mantan petinju profesional yang berasal dari Amerika Serikat dan dikenal secara luas sebagai salah satu tokoh olahraga yang paling populer pada abad ke-20.

4. Charlie Chaplin

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan Charlie Chaplin (Charlie Chaplin/Public domain).

Tanda tangan milik Charlie Chaplin bentuknya miring ke kanan dan cukup mudah dibaca. Dia adalah seorang sutradara, pelawak, dan komposer film dari Inggris yang lahir pada 16 April 1889 dan meninggal dunia pada 25 Desember 1977.

5. Winston Churchill

Tanda tangan Winston Churchill (Winston Churchill/Public domain).

Winston Churchill adalah seorang politikus, perwira militer, dan penulis yang berasal dari Britania Raya. Dia dianggap sebagai salah seorang tokoh dunia paling penting pada abad ke-20 karena memainkan peran penting dalam mempertahankan demokrasi liberal Eropa dari penyebaran fasisme.

6. Salvador Dali

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan Salvador Dali (Freebiesupply.com/Creative Commons CC0 1.0 Universal Public Domain Dedication).

Salvador Dali adalah seorang pelukis yang berasal dari Spanyol. Tanda tangannya sangat merepresentasikan jati dirinya sebagai seorang pelukis. Jika Grameds perhatikan, huruf D di kata Dali terlihat mirip dengan wadah menaruh cat untuk melukis.

7. Walt Disney

Tanda tangan Walt Disney (Walt Disney/Public domain).

Selanjutnya, tanda tangan tokoh animator kartun terkenal bernama Walt Disney. Tanda tangannya dipenuhi dengan garis dan lengkungan yang memperlihatkan imajinasi seorang kartunis. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. Saat ini, perusahaan yang didirikannya dikenal dengan nama The Walt Disney Company.

8. George Harrison

Tanda Tangan Estetis
Tanda tangan George Harrison (George Harrison/Public domain).

George Harrison adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu dan produser film yang berasal dari Britania Raya. Dia dikenal sebagai gitaris grup musik The Beatles. Tanda tangan miliknya cukup unik dikarenakan huruf “G” tanda tangannya terlihat mirip seperti gitar.

9. Grace Kelly

Tanda tangan Grace Kelly (Grace Kelly/Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported).

Grace kelly adalah seorang aktris Amerika Serikat yang memenangkan Academy Award dan memiliki gelar Her Serene Highness The Princess of Monaco setelah menikah dengan Rainier III dari Monako pada 1956.

Pada dasarnya, tanda tangan merupakan salah satu bagian dari tulisan tangan yang dapat dianalisis. Tahukah kalian jika tulisan tangan ternyata dapat memengaruhi nasib maupun kesuksesan seseorang? Untuk membuktikannya, kalian dapat mempelajari dan menganalisis tanda tangan para tokoh populer di atas dengan bantuan buku berjudul Analisis Tulisan Tangan untuk Hidup yang Lebih Baik yang ditulis oleh Bayu Ludvianto.

Tanda Tangan Estetis

Menurut Bayu, analisis tulisan tangan atau disebut dengan grafologi dapat mengungkapkan kelebihan tertentu seseorang dan menjadi kunci pembuka kode rahasia sukses seseorang. Kemampuan membaca tulisan tangan tersebut sangat bermanfaat bagi para orang tua untuk mengetahui bakat-bakat dan berbagai persoalan yang menghambat kesuksesan anaknya.

Tip Membuat Tanda Tangan yang Baik dan Benar

Bagi sebagian orang, tanda tangan tidak harus selalu panjang. Mereka lebih memilih tanda tangan yang simpel – bahkan asal-asalan pun tidak masalah – asalkan mudah ditulis dan diingat. Orang-orang seperti itu biasanya tidak ingin ambil pusing ketika belajar membuat tanda tangan.

Untuk mendefinisikan frasa “tanda tangan yang baik dan benar”, Grameds dapat memakai penjelasan dari Listiani Alim dalam buku berjudul The Secret of Signature. Dia mengatakan jika tanda tangan yang baik dan benar merupakan tanda tangan yang mewakili dirinya sendiri dan sesuai dengan kekuatan yang ingin diperlihatkan.

Jadi, tanda tangan tidak hanya perkara mudah atau sulit untuk ditulis kembali. Tanda tangan juga harus merepresentasikan pemiliknya sendiri. kalian dapat mengikuti tip berikut ini untuk membuat tanda tangan yang representatif.

1. Bersih dan Bebas dari Coretan

Tanda tangan yang bersih dan bebas dari coretan memperlihatkan jika pemiliknya merupakan seseorang memiliki keyakinan dengan dirinya sendiri maupun di masyarakat. Selain itu, tanda tangan yang bersih juga dapat meninggalkan kesan jika pekerjaan pemiliknya bersih.

Ketika akan menjalin kerja sama, tanda tangan yang bersih dapat menunjukkan kesan pembuka yang baik. Ini dikarenakan tanda tangan itu memperlihatkan jika pemiliknya dapat bekerja dengan aturan yang jelas.

Sebaliknya, tanda tangan yang penuh coretan dan banyak noda justru memunculkan kesan jika pemiliknya tidak terlalu memedulikan kualitas pekerjaan dan dirinya sendiri. Selain itu, tanda tangan yang kotor cenderung juga menunjukkan kesan buruk bagi orang lain yang membacanya.

2. Lebih Bagus Jika Bisa Dibaca oleh Orang Lain

Menurut Listiani Alim, tanda tangan yang dapat dibaca oleh orang lain secara tidak langsung akan membantu pembacanya untuk menilai pemilik tanda tangan, misalnya ketika kalian akan memulai kerja sama dengan orang lain. Jika suatu hari kamu menjadi orang penting atau populer, tanda tangan yang dapat dibaca tentunya akan meninggalkan kesan berbeda kepada penerimanya.

3. Menghindari Mencoret Nama Sendiri di dalam Tanda Tangan

Beberapa orang memiliki kebiasan mencoret namanya sendiri ketika membuat tanda tangan. Tentu saja mereka memiliki alasan tersendiri untuk melakukan kebiasaan tersebut. Namun, kebiasaan itu secara tidak langsung dapat memunculkan kesan jika pemiliknya kurang menyukai dirinya sendiri. Pemiliknya mungkin merasa jika dirinya kurang baik di mata orang lain atau merasa tidak bahagia karena alasan khusus.

4. Memperlihatkan Nama dengan Jelas

Kalian bebas untuk memilih bentuk tanda tangan sesuai dengan keinginan, tetapi alangkah baiknya jika tanda tangan itu menunjukkan nama terangmu sendiri. Pasalnya, bentuk seperti itu memperlihatkan jika kalian merupakan orang yang memiliki rasa percaya diri dengan kemampuan sendiri.

5. Memakai Huruf Kapital di Awal

Tip selanjutnya adalah memakai huruf kapital di awal namamu dan ukurannya lebih besar dibandingkan huruf lainnya. Cara ini dapat memperlihatkan jika Grameds mempunyai semangat yang tinggi untuk meraih sesuatu yang diinginkan.

6. Memakai Garis Bawah

Tanda tangan yang memakai garis bawah dapat memperlihatkan jika kalian merupakan seseorang yang memiliki rasa percaya diri dan ambisius. Cara tersebut masih lebih baik dibandingkan dengan mencoret nama sendiri di tanda tangan.

7. Menambahkan Simbol yang Unik

Kalian dapat menambahkan simbol unik seperti setengah lingkaran dengan ukuran kecil untuk mengganti tanda titik atau coretan “aneh” yang hanya dapat kalian pahami sendiri, agar terlihat unik dan menarik dibandingkan yang lainnya.

Kamu dapat menemukan hubungan antara tanda tangan dengan kepribadian seseorang secara menyeluruh dalam buku berjudul Seni Belajar Grafologi: Bedah Lengkap Rahasia Kepribadian Orang Lewat Tulisan Tangan yang ditulis oleh Dwi Sunar Prasetyono. Dengan demikian, kalian dapat mengetahui cara menonjolkan kepribadian melalui tanda tangan.

Seni Belajar Grafologi Edisi Baru - Bedah Lengkap Rahasia Kepribadian Orang Lewat Tulisan Tangan

Contoh Tanda Tangan yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Tanda Tangan Estetis
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.
Tanda Tangan Estetis
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.
Sumber: paragram.id.

Setiap tanda tangan yang dimiliki oleh seseorang pastinya memiliki ciri khasnya masing-masing. Oleh karena itu, setiap tanda tangan antara individu yang satu dengan yang lainnya umumnya tidak sama. Sebelum membuat tanda tangan, sebaiknya kalian latihan terlebih dahulu agar tidak ada kesalahan ketika membuat tanda tangan yang akan dipakai untuk banyak keperluan.


Itulah artikel terkait “cara membuat tanda tangan estetis” yang bisa kalian gunakan untuk referensi dan bahan bacaan. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: