in

Makanan Khas Jepang: Apa yang Membuatnya Spesial?

Makanan Khas Jepang – Makanan khas Jepang sudah diakui oleh dunia internasional sebagai salah satu kuliner dengan cita rasa yang nikmat. Karena itu, di Indonesia Grameds bisa menemukan makanan Jepang dijual di restoran, cafe, atau kedai makanan. Seperti ramen misalnya.

Sudah banyak kedai ramen yang bisa kamu temukan di kota-kota di Indonesia. Bahkan saking populernya hidangan ini, di supermarket atau toko online banyak dijual ramen instan. Hal ini membuktikan bahwa ramen diterima seperti mie instan asli Indonesia yang lain.

Kenikmatan makanan khas Jepang memang tidak perlu diragukan lagi, namun ini bukan satu-satunya faktor yang membuat kuliner Jepang (Nihonryori) populer di dunia. Pengenalan budaya melalui anime atau manga juga ikut berperan.

Sebab, penonton anime mana yang tidak ingin mencoba makanan yang mereka lihat di layar kaca? Karena itu, sebagian besar dari mereka banyak yang bermimpi dapat mencicipi makanan khas Jepang di negara asalnya langsung.

Jika Grameds termasuk di antara orang-orang tersebut, atau bahkan akan segera pergi ke Jepang untuk urusan tertentu, sebaiknya coba sebanyak mungkin makanan tradisional yang ada di bawah ini.

https://pixabay.com/

Makanan Khas Jepang yang Wajib Kamu Coba

Perlu Grameds ketahui, ada banyak sekali makanan khas Jepang yang sayang untuk dilewatkan saat kamu berkunjung ke sana. Namun tidak mungkin juga kamu mencoba semua makanan yang ada di Jepang. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1. Okonomiyaki

https://pixabay.com/

Okonomiyaki adalah makanan dengan cita rasa gurih yang berasal dari daging cincang, seafood, sayuran, serta bumbu khas Jepang. Semua bahan tersebut diaduk menjadi satu kemudian dimasak di atas wajan.

Setelah matang lalu dihidangkan dengan tambahan mayones, kepiting, dan nori. Cita rasa Okonomiyaki sudah membuat banyak orang ketagihan. Di Jepang, hidangan ini bisa ditemukan di kedai makan kecil sampai besar.

2. Udon

https://pixabay.com/

Udon merupakan hidangan mie yang terbuat dari adonan tepung gandum. Biasanya disantap dengan bumbu khusus campuran gula dan juga kecap asin. Orang Jepang sangat sering mengkonsumsi Udon sebagai makanan sehari-hari mereka.

Biasanya Udon bisa ditemukan di restoran soba atau restoran khusus Udon. Namun sangat disarankan memakannya di restoran spesialis Udon karena kualitas mie-nya cukup berbeda dengan yang ada di restoran soba.

3. Soba

https://pixabay.com/

Selanjutnya ada Soba yang sudah banyak ditemukan di Indonesia. Meski begitu, jika Grameds berkunjung ke Jepang, jangan sampai melewatkan hidangan ini. Sebab rasa Soba asli Jepang jauh lebih nikmat daripada yang ada di sini.

Sama seperti Udon, Soba juga merupakan hidangan mie yang menggunakan tepung gandum sebagai bahan utamanya. Nah, menariknya Soba bisa disajikan dengan dua cara, yaitu mari soba (zaru soba) dan kake soba.

Warusoba adalah soba dingin dengan rasa gurih, sedikit manis, serta sedikit pahit. Biasanya dihidangkan dengan tsuyu di dalamnya. Sebaliknya, Kake soba adalah soba panas yang rasanya lebih gurih serta disajikan dengan kuah dashi.

4. Sashimi

https://pixabay.com/

Sashimi juga banyak ditemukan di berbagai negara, tetapi tentu saja ada perbedaan dengan versi aslinya. Terutama pada kesegaran ikannya. Sashimi di Jepang menggunakan irisan ikan mentah yang masih sangat segar.

Hidangan ini biasa disajikan dengan kecap asin dan wasabi untuk meningkatkan kelezatannya. Di Jepang, sashimi di restoran yang lokasinya dekat dengan pelabuhan memiliki harga lebih murah dibanding yang ada di restoran sushi.

tombol beli buku

5. Tonkatsu

https://pixabay.com/

Tonkatsu adalah makanan yang terbuat dari irisan daging babi. Irisan ini kemudian dicelupkan ke adonan tepung dan telur lalu dilapisi dengan remah roti. Setelah itu digoreng dengan minyak. Selain itu, ada juga tonkatsu fillet serta sirloin dengan harga yang lebih mahal.

6. Sukiyaki

https://www.justonecookbook.com/

Makanan khas Jepang yang mesti kamu coba selanjutnya adalah Sukiyaki. Hidangan yang terbuat dari daging dan sayuran yang direbus dengan panci besi. Disajikan dengan bumbu warishita yang merupakan campuran kecap asin dengan gula.

Di Jepang, setiap daerah memiliki cara makan serta cara mengolah Sukiyaki yang berbeda satu dengan lainnya. Di sebagian daerah, bumbu Sukiyaki dicampur dengan telur kocok untuk menghasilkan rasa yang ringan di mulut.

7. Dorayaki

https://pixabay.com/

Siapa yang tidak tahu dorayaki? Apalagi makanan ini sangat identik dengan kartun Doraemon yang pernah tayang di stasiun televisi nasional. Nah, makanan ini juga punya nama lain, yaitu Wagashi dan merupakan makanan tradisional Jepang.

Kue ini memiliki bentuk yang bundar, bertekstur lembut, dan di tengah-tengahnya ada selai kacang berwarna merah dengan rasa yang sangat lezat. Saat ini sudah mulai banyak penjual dorayaki di Indonesia. Biasanya para penjual mengganti isian selai kacang dengan coklat atau keju agar lebih pas dengan selera masyarakat Indonesia.

8. Domburimono

Selanjutnya ada makanan tradisional Jepang yang sangat populer di Negeri Sakura, yaitu Domburimono. Makanan ini dibuat dari beras yang ditutup menggunakan daging ayam, acar, telur rebus, sup tahu, daging sapi rebus, dan udang goreng atau tendon.

Campuran dari bahan-bahan tersebut menghasilkan rasa yang kaya, gurih, segar, dan tentu saja lezat. Jika kamu ingin mencoba makanan ini, bisa berkunjung ke restoran Jepang yang ada di dekat tempat tinggalmu.

 

tombol beli buku

9. Shabu Shabu

https://pixabay.com/

Shabu Shabu merupakan hidangan daging serta sayuran yang direbus menggunakan air bermumbu bersamaan dengan kombu juga bahan-bahan yang lain. Ini adalah proses utama yang sangat berpengaruh pada kenikmatan Shabu Shabu.

Biasanya disajikan dengan saus celup khas yang terbuat dari wijen atau ponzu. Untuk menambah cita rasanya, kamu juga bisa menambahkan mie udon ke dalam Shabu Shabu. Sayangnya, hidangan ini hanya bisa ditemukan di restoran spesialis Shabu Shabu saja, jadi mungkin kamu memerlukan bantuan penduduk lokal untuk menemukannya.

[algolia_carousel page=2]

10. Teriyaki

https://pixabay.com/

Teriyaki juga menjadi salah satu makanan khas Jepang yang populer di Indonesia. Makanan ini merupakan saus yang terbuat dari saus teriyaki, kecap asin serta gula pasir. Di sisi lain, tampilannya yang terlihat seperti bersinar juga sangat menggoda mata.

Saus Teriyaki banyak digunakan untuk membumbui ikan marlin, ikan trout, ikan salem, tongkol, daging sapi, daging ayam, atau cumi-cumi berukuran besar.

11. Miso Soup

https://pixabay.com/

Miso Soup seringkali muncul dalam anime maupun manga bergenre kuliner karena itu tak heran jika hidangan ini menjadi sangat populer. Hidangan ini menggunakan dashi sebagai bahan bakarnya, lalu beraneka macam seafood atau sayuran serta miso dimasukan ke dalamnya untuk menghasilkan rasa yang luar biasa.

Menariknya, miso yang ditambahkan pada hidangan ini jenisnya berbeda-beda, tergantung dari wilayah asalnya. Misalnya seperti Hatcho Miso, Shiro Miso, atau Shinshu Miso. Waktu yang paling direkomendasikan untuk menyantap hidangan ini adalah saat pagi hari, jangan lupa tambahkan juga nasi putih untuk menambah kelezatannya.

12. Gyutan Yaki

https://japanshopping.org/

Gyutan Yaki merupakan hidangan asli Sendai, sebuah wilayah yang mempunyai cara khusus untuk melembutkan daging lidah sapi. Hidangan ini sup daging, potongan lidah sapi dan mugimeshi–nasi yang dimasak dengan jelai.

Umumnya, hidangan ini disajikan dengan parutan ubi (tororo) dan berbagai acar seperti cabai atau kol putih. Acar tersebut biasanya disajikan dalam miso.

13. Chanko Nabe

https://images.japancentre.com/

Chanko Nabe dibuat dengan cara merebus sayur-sayuran bernutrisi tinggi dan daging sapi dalam sebuah panci besar. Di negara asalnya, Chankonabe sangat identik dengan hidangan bagi para pegulat sumo yang ingin membentuk tubuh mereka.

Karena itu, jika kamu ingin mencicipi cita rasa chankonabe, sebaiknya beli di restoran yang pengelolanya merupakan mantan pegulat sumo.

tombol beli buku

14. Onigiri

https://www.pexels.com/

Onigiri, sebuah bola nasi dengan salmon, telur ikan, dan prem kering di dalamnya. Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dalam satu lembar rumput laut kering (nori). Onigiri juga menjadi salah satu makanan khas Jepang yang sudah mendunia.

Di Jepang kamu bisa menemukan onigiri di mana saja dengan mudah, seperti minimarket atau toko-toko khusus onigiri. Bahkan di kedai makanan pinggir jalan pun ada.

15. Motsunabe

https://savorjapan.com/

Motsunabe, sebuah hidangan asal Fukuoka, yang dibuat dari jeroan daging babi serta daging sapi. Jeroan tersebut kemudian dicampur dengan beraneka sayuran seperti daun bawang cina atau kol.

Selain itu, orang-orang biasanya menambahkan bahan lain untuk memberikan variasi pada rasanya. Selain itu, orang Jepang juga terbiasa untuk menambahkan mie chanpon ke dalam sup setelah selesai melahap hiduangan utamanya.

16. Sushi

https://pixabay.com/

Sushi! Makanan khas Jepang super populer yang bisa ditemukan di banyak negara. Pada dasarnya, ada dua jenis sushi yang bisa kamu cicipi. Pertama adalah nare-zushi atau sushi yang sudah difermentasi. Lalu ada juga nigirizushi serta temakizushi yang umum ditemui.

Seperti yang kamu ketahui, sushi merupakan gabungan antara nasi cuka dengan makanan laut atau bahan-bahan lainnya. Seperti udang rebus atau belut panggang. Di Jepang, sushi sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru negeri.

Namun biasanya sushi yang ada di restoran dekat pelabuhan mempunyai rasa yang lebih enak. Sayang sekali, harganya sedikit tidak bersahabat dengan kantong. Nah, untungnya ada juga restoran sushi yang menjual hidangan ini seharga 100 yen per porsi.

17. Nasi Kari

https://cdn.yummy.co.id/

Jika ditelusuri, nasi kari sebetulnya adalah makanan asli India. Lantas kenapa makanan ini masuk ke dalam rekomendasi hidangan Jepang? Tentu saja karena nasi kari asal Jepang mempunyai rasa yang unik.

Nasi kari Jepang terbuat dari daging serta beraneka macam sayuran seperti bawang bombay, wortel, kentang, dan lain-lain. Bahan-bahan tersebut kemudian diberi bubuk kari sebagai bumbunya lalu direbus dan disajikan dengan nasi.

18. Karaage

https://static01.nyt.com/

Karaage merupakan ayam yang telah dibumbui menggunakan garam, kecap asin, serta rempah-rempah lainnya. Ayam ini kemudian ditambahkan dengan tepung pati lalu digoreng sampai teksturnya renyah.

Singkatnya, Karaage merupakan ayam goreng asli Jepang dengan cita rasa yang sangat berbeda dari ayam goreng pada umumnya. Sebab ada banyak sekali varian rasa hidangan ini, misalnya ayam nanban di Miyazaki atau Tebasaki di Nagoya.

tombol beli buku

Mengapa Makanan Khas Jepang Digemari Banyak Orang?

Saat ini, restoran khas Jepang terus bermunculan di berbagai negara. Sebut saja Indonesia, Amerika, Afrika Selatan, Inggris, dan negara-negara lainnya. Karena itu, tak heran saat ini, kemana pun kamu pergi sangat mudah menemukan restoran Jepang.

Hal ini tidak terlepas dari masyarakat Jepang yang sangat menghargai dan menjunjung tinggi kebudayaannya. Bahkan di jaman serba modern seperti sekarang, orang Jepang terus mencoba mempertahankan kebudayaan asli negara mereka.

Salah satunya kebudayaan dalam bidang kuliner. Sehingga bisa dibilang cita rasa makanan khas Jepang tidak banyak mengalami perubahan sejak jaman dulu. Selain rasa, masih ada alasan lain yang membuat kuliner Jepang digemari oleh banyak orang, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bersih

Makanan Jepang terkenal dengan kebersihannya yang dijaga dengan sangat baik. Hal ini terlihat jelas pada dapur restoran Jepang. Sebab bagi orang Jepang, kebersihan adalah hal yang paling utama sehingga makanan bebas dari racun atau zat berbahaya lainnya.

Rasa

Rasa juga ikut mempengaruhi kepopuleran kuliner Jepang. Contohnya seperti ramen, sushi, takoyaki, atau teriyaki yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Semua hidangan tersebut memiliki rasa yang sangat lezat.

Kesegaran

Banyak sekali hidangan Jepang yang menggunakan daging mentah atau sayuran segar sebagai bahan utamanya. Inilah yang membuat kandungan protein serta mineral di dalamnya tetap terjaga. Selain itu, bahan-bahan mentah yang dipakai juga sudah dijamin terbebas dari bakteri atau virus yang membahayakan.

Kenyang

Beberapa makanan asal negeri sakura terbuat dari nasi atau bahan lainnya yang mengandung karbohidrat. Inilah yang membuat hidangan tersebut jadi populer, utamanya di daerah yang masyarakat nya senang memakan nasi.

Tradisi

Masyarakat Jepang sampai sekarang masih memegang tradisi “makan tidak sampai kenyang”. Biasanya orang Jepang berhenti makan sebelum perut penuh oleh makanan sebab mereka membutuhkan air dan udara untuk asupan bagi tubuhnya. Orang Jepang juga percaya bahwa kekenyangan hanya akan membuat seseorang menjadi pemalas.

tombol beli buku

Kelebihan Makanan Khas Jepang Untuk kesehatan

Selain 5 alasan di atas, makanan khas Jepang juga terbukti mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan. Penasaran apa saja dampak nya? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya.

Porsi yang terkontrol

Di Jepang, biasanya makanan disajikan dengan beberapa piring atau mangkok daripada satu piring berukuran besar. Kebiasaan ini membuat pelanggan bisa mencicipi berbagai jenis rasa dan menghindari kekenyangan. Selain itu, jumlah piring yang banyak juga bisa melambangkan keindahan makanan.

Bento

Bento merupakan cara makan yang sangat populer di Jepang. Biasanya dalam sebuah Bento, ada satu porsi makan yang disantap saat makan siang. Menariknya, dalam sebuah bento terdapat kandungan karbohidrat, protein, sayuran, dan juga buah-buahan. Dengan begitu, bisa disimpulkan, orang Jepang sudah terbiasa menyantap makanan yang sehat dan lezat.

Nutrisi yang seimbang

Dalam dunia medis, Japanese diet terkenal dengan kandungan nutrisi yang seimbang. Orang Jepang percaya bahwa mengkonsumsi lebih banyak protein bisa bermanfaat baik bagi tubuh.

Oleh sebab itu, mereka banyak memakan ikan daripada daging merah sebab dengan ikan dapat menurunkan risiko serangan jantung. Mereka juga percaya bahwa ikan yang segar dapat membuat kulit jadi lebih sehat.

Umeboshi

Umeboshi atau plum acar Jepang adalah hidangan dengan segudang manfaat bagi tubuh. Bahkan orang Jepang percaya bahwa Umeboshi merupakan obat terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Hal ini memang benar adanya, sebab Umeboshi efektif untuk merangsang pencernaan, mengatasi kelelahan, serta meningkatkan pembuangan racun dari dalam tubuh.

tombol beli buku

Itulah makanan khas Jepang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Negeri Sakura. Setelah mengetahui informasi di atas, kamu tentunya tidak akan kebingungan lagi memiliki hidangan untuk disantap di sana. Lalu, apa makanan khas Jepang yang jadi favoritmu?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Gilang Oktaviana Putra

Baca Juga!

  1. Makanan Khas Korea yang harus Dicoba
  2. Review Buku IKIGAI “Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang”
  3. Ide Usaha Makanan di Tahun 2022
  4. Makanan Khas Indonesia yang Mendunia
  5. Apa Itu Wasabi?
  6. Makanan yang Cocok Untuk Sarapan Pagi
  7. Contoh Bisnis Plan Makanan dan Cara Membuatnya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum