in

8 Makanan Yang Cocok Untuk Sarapan Pagi

8 Jenis Makanan Yang Cocok Untuk Sarapan Pagi – Sarapan merupakan suatu aktivitas yang menjadi kebutuhan utama dalam menjalani segala aktivitas sehari-hari. Asupan menu sarapan di pagi hari dapat kamu sesuaikan dengan apa yang menjadi pilihan kamu saat ingin mengonsumsinya supaya bisa menjalani segala aktivitas hingga siang hari.

Oleh karena itu, menu sarapan di pagi hari dapat bermacam-macam sesuai dengan apa yang ingin kamu makan saat itu. Tentu saja grameds tidak perlu khawatir karena pada satu artikel ini kita akan membahas berbagai jenis menu sarapan di pagi hari yang mungkin salah satunya sudah menjadi favorit kamu di rumah.

Simak artikel ini hingga akhir ya grameds!

Berikut ini adalah beberapa jenis menu sarapan di pagi hari yang dapat kamu coba, antara lain sebagai berikut.

1. Bubur Ayam

Bubur ayam tentu sudah tidak asing lagi untuk kamu dengar dan lihat bukan? Ya, bubur ayam merupakan salah satu menu sarapan di pagi hari yang cukup populer di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis bubur yang dapat dijumpai dimana saja dan tentunya dapat kamu coba juga di rumah.

Pada umumnya kita mengenalnya dengan sebutan bubur ayam dengan isi suwiran ayam, cakwe, bawang goreng, seledri, kerupuk, kecap dan kuah kuning yang menjadi ciri khasnya serta tambahan sate usus atau telur sebagai pelengkapnya. Selain itu, terdapat juga bubur manado yang berisikan aneka sayuran, seperti kangkung, bayam, labu kuning, ubi, daun kemangi serta irisan ikan roa dengan perkedel milu atau bakwan jagung sebagai pelengkapnya.

Jangan khawatir ya grameds kalau kamu merasa bosan dengan isian bubur ayam yang itu-itu saja, kamu bisa membaca salah satu buku berikut ini dalam menemukan solusi untuk menu resep bubur ayam sebagai sarapan di pagi hari. Selamat mencobanya!

2. Nasi Uduk

Sebagian masyarakat Indonesia sudah terbiasa sarapan dengan menu nasi di pagi hari. Jika belum makan nasi bisa dibilang bahwa belum sarapan. Ya, memang nasi adalah satu sumber menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Berbagai jenis menu sarapan pagi dengan nasi pun banyak yang populer hingga salah satunya adalah nasi uduk.

Berbagai jenis menu sarapan dengan nasi uduk terdapat bermacam-macam tergantung selera orang masing-masing. Nasi uduk merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan yang membuatnya menjadi lebih gurih dibandingkan nasi pada umumnya.

Nasi uduk memiliki isian menu lauk pauk, seperti telur semur atau pedas, ayam goreng, bihun, gorengan, orek tempe, tahu atau tempe bacem, suwiran telur dadar, jengkol dan lain sebagainya sesuai dengan selera masing-masing.

Grameds bisa memilih gerai nasi uduk terdekat dari rumah kalian jika menginginkan nasi uduk tersebut sebagai salah satu menu sarapan di pagi hari.

3. Lontong Sayur

Jika grameds pernah mencoba menu sarapan nasi uduk, tentunya menu sarapan berikut ini juga tidak asing untuk dilewatkan bukan? Ya, lontong sayur. Biasanya lontong sayur dijual secara bersamaan dengan nasi uduk sebagai salah satu menu sarapan di pagi hari.

Pada umumnya, lontong sayur di setiap daerah berbeda-beda. Hal ini dikarenakan selera orang-orang pada suatu daerah tertentu yang berbeda. Biasanya lontong sayur disajikan bersama telur atau tahu semur dengan sayur labu dan kerupuk atau gorengan, seperti tahu atau tempe sebagai tambahannya.

4. Nasi Goreng

Menu sarapan di pagi hari yang bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya adalah nasi goreng. Nasi goreng merupakan salah satu jenis menu makanan yang gampang untuk kamu coba di rumah loh grameds. Kamu bisa bebas menentukan bahan pelengkap atau isian apa saja yang akan kamu masukkan saat akan memasaknya.

Biasanya isian nasi goreng terdapat suwiran ayam, sosis, bakso, udang, telur, sayuran, hati atau ampela, dan lain sebagainya sesuai dengan selera grameds masing-masing pastinya. Selamat mencoba!

Grameds bingung dengan menu nasi goreng yang biasa saja. Hmm, berikut ini gramedia akan merekomendasikan salah satu buku tentang 100 resep nasi goreng yang dapat kamu lakukan di rumah loh. Yuk klik bukunya di bawah ini!

5. Soto

Menu sarapan di pagi hari lainnya yang dapat kamu coba adalah soto. Di saat bulan Oktober seperti ini musim hujan sudah akan menyelimuti keseharian kita. Oleh karena itu, soto dapat menjadi pilihan kamu untuk menu sarapan yang berkuah di pagi sekaligus menghangatkan badan untuk bisa beraktivitas seharian.

Berbagai jenis soto dapat kamu coba sebagai salah satu menu sarapan di pagi hari, seperti soto ayam, soto daging, atau soto khas betawi sesuai dengan selera grameds saat ingin memakannya.

6. Nasi Pecel

Menu sarapan pagi hari yang satu ini cukup populer di lidah masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Apalagi kalau bukan nasi pecel ya grameds. Tentu saja nasi pecel adalah salah satu menu sarapan di pagi hari yang cukup mengenyangkan dengan isian nasi, tempe, remahan peyek, sayur-sayuran, seperti kangkung, bayam, tauge, kacang panjang dan yang paling penting yaitu siraman kuah kacang di atasnya.

Nasi pecel memiliki ciri khas dibandingkan nasi pada umumnya yang menggunakan daun pisang sebagai tempat makannya. Hal ini dikarenakan untuk menjaga tradisi masyarakat Jawa serta dipilihnya daun pisang karena membuat aroma pada makanan tersebut menjadi lebih sedap dan tidak mudah basi.

7. Nasi Gudeg

Menu sarapan pagi hari yang satu ini mungkin akan sulit didapatkan di daerah kalian. Mengapa? Karena biasanya makanan ini bisa dijumpai di wilayah Jogja dan sekitarnya. Selain nasi pecel yang sudah grameds ketahui di atas, ada juga menu sarapan yang tidak kalah populer di masyarakat Jawa, yaitu nasi gudeg.

Nasi yang digunakan pada menu nasi gudeg adalah nasi pada umumnya, akan tetapi seiring perkembangan zaman terdapat nasi gudeg dengan pilihan nasi uduk. Hal ini tentunya disesuaikan dengan selera masing-masing ya grameds.

Sedangkan, gudeg sendiri terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Isian pada menu nasi gudeg terdapat suwiran ayam, telur atau tahu tempe bacem, dan lain-lain. Adapun, ciri khas pada menu isian nasi gudeg, yaitu krecek.

8. Salad

Grameds sudah mengetahui beberapa jenis nasi sebagai menu sarapan pagi melalui pembahasan di atas tadi bukan? Nah, tentu saja kamu tidak perlu khawatir ya karena berikut ini kita akan membahas salah satu jenis menu sarapan bagi kamu yang tidak mengkonsumsi nasi sebagai menu sarapan di pagi hari.

Tentu saja bagi kalangan dari generasi Z seperti sekarang menu sarapan pagi yang seperti ini tidak asing untuk dimakan bukan. Apalagi kalau bukan salad? Menu sarapan pagi kali ini sangat mudah untuk kamu lakukan di rumah loh grameds.

Pilihlah beberapa sayuran yang masih segar sesuai dengan kesukaan dan selera kamu serta jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih dengan air yang mengalir. Kamu bisa menambahkan telur, kentang, atau tomat sesuai selera. Lalu, rebus lah sayuran dan tambahan tadi secara bergantian dan nikmatilah. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Tunggu dulu grameds, kamu pasti perlu buku tentang resep salad supaya tidak bosan dengan menu yang biasa saja bukan? Ya, berikut ini Gramedia telah merekomendasikan salah satu buku tentang “Resep Hidangan Salad & Sayuran Ala Sisca Soewitomo”. Tanpa berpikir lebih lama lagi, yuk langsung saja beli bukunya sekarang! Dijamin kamu tidak akan ketinggalan resep terbarunya deh.

Itulah pembahasan dari 8 makanan yang cocok untuk sarapan di pagi hari yang dapat kamu jadikan pilihan di rumah untuk menu sarapan di pagi hari bersama keluarga.

Baca Juga:

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mencari beberapa resep menu sarapan atau makanan di pagi hari lainnya kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay