in

10 Ide Usaha Makanan di Tahun 2022

Berikut adalah ide usaha makanan di tahun 2022

Makanan Berat

Ide usaha makanan selalu menjadi usaha yang menarik untuk dicoba karena makanan akan dibutuhkan karena merupakan kebutuhan pokok manusia dan akan dicari oleh orang-orang dan saat ini terdapat beberapa jenis makanan berat hingga makanan hanya untuk cemilan pengganjal perut usaha makanan dapat meraih omset yang cukup besar dan perputaran uang yang cukup cepat.

 

  • Ramen in Cup

Ramen in a cup adalah sesuatu ide makanan yang baru saja muncul pada tahun 2021, terutama untuk kalangan anak muda yang ingin merasakan konsep berbeda dalam memakan ramen. Ramen in a cup bisa dibilang sebuah snack makanan untuk beberapa orang yang memiliki nafsu makan yang kecil. Ramen in a cup memiliki porsi yang tidak terlalu banyak seperti ramen biasa yang dihidangkan dengan kuah yang sudah di dibumbukan sesuai dengan resep masing masing restaurant. Bedanya dengan ramen pada umumnya adalah ramen in a cup ini tidak memakai kuah dan dihidangkan di dalam sebuah gelas plastik transparan dengan topping lainnya seperti daging, jamur, daun bawang, dan topping lain lainnya. Cara makannya juga sangat unik dengan memakai sumpit atau garpu di dalam gelas plastik. Dengan harga yang terjangkau dan ditambah tampaknya yang lucu dan cantik, banyak anak muda yang senang untuk mencoba Ramen in a cup ini untuk di makan atau juga di foto. Untuk rasanya juga sedikit berbeda dengan ramen pada umumnya dikarenakan dengan adanya kombinasi topping yang bervariatif sesuai dengan pilihan pembeli, Ramen in a cup sangat cocok untuk grameds yang sudah bosan dengan ramen pada umumnya, dan ingin mencoba konsep ramen yang baru dan unik.

Grameds bisa memilih usaha Ramen in Cup ini jika tertarik dengan makanan berat  yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Taco

Taco adalah sebuah makanan tradisional dari Mexico yang sangat populer di dunia. Banyak sekali restoran dari fast food sampai fine dining yang menghidangkan Taco dengan banyak variasi. Taco berawal dari street food Mexico yang berupa kulit tortila yang empuk dan lembut berbentuk seperti huruf “u”. Taco sendiri berisi sayuran, daging, keju, jalapeno dan saus yang bisa di ubah sesuai dengan selera pembeli. Taco mempunyai popularitas yang besar dikarenakan restoran cepat saji Taco Bell yang dimiliki Glen Bell yang dimana Taco sendiri memiliki bentuk yang tidak terlalu besar, bisa dipegang dalam satu tangan, dan proses memasak yang sangat cepat dan hasilnya sangat cocok sebagai makanan cepat saji. Beberapa teori mengatakan bahwa taco berasal dari abad ke-18 di tambang perak Mexico. Pertama kali Taco terkenal di dunia dapat dikatakan dibawa oleh imigran dari Mexico yang mengunjungi Amerika Serikat pada tahun 1910 dan imigran tersebut mencoba membuat Taco dari bahan  bahan yang tersedia di Amerika Serikat. Dengan berkembangya jaman, Taco sendiri memiliki banyak variasi seperti kulit tortilla yang lembut atau keras, dan isinya yang berbagai macam. Taco juga bisa dihidangkan bersama nacho dan guacamole yang menjadi snack popular untuk orang Amerika Serikat terutama sebagai hidangan untuk menonton pertandingan olahraga. Untuk para grameds yang ingin mencoba Taco, mulai dari 2021 Taco Bell sudah membuka tokonya di berbagai lokasi di Jakarta.

Grameds bisa memilih usaha Taco ini jika tertarik dengan makanan berat  yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Omakase

Omakase berasal dari Jepang yang menjadi popular di tahun 1990-an Ketika ekonomi Jepang mulai naik dan masyarakat Jepang menjadi lebih mewah. Omakase adalah sebuah sistem makanan yang memungkinkan pelanggan untuk memesan hidangan sushi yang di rekomendasikan oleh Koki yang dimana koki tersebut akan membuat sushi di depan pelanggan dan dihidangkannya dengan tempat yang unik. Omakase ini sangat menguntungkan koki dikarenakan bisa menghidangkan sushi yang mereka miliki dan mereka kuasai. Setelah puluhan tahun, banyak sekali orang orang Jepang dan juga di luar Jepang yang sangat menyukai Omakase dikarenakan berbagai alasan. Pertama, pelanggan tidak perlu untuk memutuskan memesan sushi berbagai macam yang pelanggan tidak terlalu tahu. Kedua, pelanggan bisa merasakan hidangan sushi yang berkualitas tinggi dikarenakan kokinya yang menguasai cara pembuatannya. Omakase tidak hanya khusus untuk sushi saja dan bisa berbagai macam makanan lainnya dan bahkan sampai minuman beralkohol. Tetapi sistem Omakase sangat popular di restoran Jepang yang menghidangkan sushi yang dikuasai oleh Koki tersebut. Omakase sudah hadir di berbagai macam restoran Jepang yang high class di Jakarta dengan harga yang mulai dari 1 juta rupiah/pax untuk para grameds yang ingin mencobanya.

Grameds bisa memilih usaha Omakase ini jika tertarik dengan makanan berat  yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

banner-promo-gramedia
  • Chinese Hot Pot

Hotpot atau steamboat adalah makanan sajian yang sangat populer di Tiongkok, China yang dimana makanan tersebut dihidangkan di sebuah pot yang besar berisi kuah berbagai macam rasa dan ditemani oleh daging, sayuran dan topping makanan lainnya sesuai dengan selera masing masing. Hotpot sangat di sukai oleh masyarakat Tiongkok karena dianggap untuk menyehatkan tubuh dengan kuah yang panas dan dimakan ketika musim dingin untuk menjaga suhu tubuh badan ditambah hot pot menggunakan berbagai bahan makanan yang bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Hotpot sendiri adalah sebuah aktivitas yang bisa dinikmati oleh keluarga atau teman sebagai ajang bersosialisasi. Di dunia termasuk di Jakarta, Indonesia, sudah banyak restoran Chinese Hotpot yang di gemari oleh berbagai macam masyarakat di luar China.

Grameds bisa memilih usaha Chinese Hot Pot ini jika tertarik dengan makanan berat  yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Ayam Geprek

Ayam geprek adalah salah satu makanan yang mulai naik dalam popularitas beberapa tahun terakhir. Ayam geprek pertama kali berasal dari Yogyakarta pada tahun 2003 oleh seorang penjual ayam goreng tepung Bernama Ibu Ruminah di Kawasan Papringan yang ramai akan mahasiswa  Ayam geprek adalah ayam berlapis tepung tipis dan digoreng secara deep fry. Setelah digoreng sampai matang, ayam geprek ini akan di geprek dan dicampur dengan sambal ulek sesuai dengan selera masing masing. Ayam geprek ini populer dikarenakan sambal uleknya yang memiliki level kepedasan berbeda yang di inovasikan oleh beberapa restoran di Indonesia. Dikarenakan daging ayam goreng tepung yang sudah ditumbuk dan hancur membuat lebih muda dimakan dengan sambal ulek tersebut. Seiringnya dengan perkembangannya, banyak restoran yang membuatnya lebih inovatif dengan menambahkan keju meleleh di atas Ayam geprek tersebut dengan ditambah sambal ulek khasnya.

Grameds bisa memilih usaha Ayam Geprek ini jika tertarik dengan makanan berat  yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

Makanan Pencuci Mulut atau Dessert 

Ide usaha berikutnya merupakan makanan pencuci mulut atau dessert yang bisa grameds pilih merupakan makanan yang dihidangkan setelah kita telah selesai dalam menghidangkan makanan utama dimana biasanya pencuci mulut bisa dalam bentuk buah, es krim, kue, roti, minuman dan lain-lainnya. Dimana hidangan pencuci mulut ini sedang tren dan menjadi favorit untuk pecinta makanan manis atau sweet-tooth ada beragam makanan pencuci mulut yang grameds bisa jadikan ide usaha nih seperti,

 

  • Choux Pastry,

Jenis kue asal negara Prancis ini mungkin grameds masih asing di telinga, kue ini mirip dengan kue sus yang memiliki sifat yang empuk dalamnya dan di dalamnya lembut isinya bisa diisi dengan vla yang manis atau adonan ragout yang memiliki rasa gurih sama dengan kue sus yang terbuat dari mentega, air tepung, terigu, dan telur. Adonan di dalam bahasa prancis “Pate a choux” dalam negara prancis memiliki arti pasta kubis karena memiliki fisik yang mirip dan juga ketika matang menyerupai kubis. Grameds perlu menggunakan oven untuk memanggang adonan dari choux ini pada titik 220 derajat celcius, dimana panas dari oven akan mengubah kadar air yang ada di dalam adonan yang akan menjadi uap. Telur di dalam adonan akan membentuk kerangka kue yang tipis , uap yang terperangkap di dalam adonan akan memberikan ringga di bagian dalam kue sehingga bagian luar choux akan renyah dan garing dengan aroma wangi telur mentega dan bagian dalam yang basah.

Grameds bisa memilih usaha Chouc Pastry ini jika tertarik dengan makanan penutup mulut yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Crepe Cake,

Sama dengan Choux Pastry, crepe cake kue asal negara prancis ini memiliki nama asli mille crepe yang juga populer di negara jepang. Dalam bahasa prancis mille crepe memiliki arti seribu crepe, walaupun memiliki arti seribu lapis biasanya mille cake hanya terdiri dari 20 lapisan. Crepe ditumpuk dengan pastry cream yang memiliki rasa beragam dan kemudian di tumpuk dengan crepe lainnya dan terus dilakukan sampai membentuk sebuah kue berlapis. Bagian atas dari crepe ini biasanya diberikan “brulee” yang merupakan lapisan tipis gula yang kemudian dibakar dan dipotong menjadi bagian-bagian dengan bentuk segitiga. Kue crepe ini memiliki terasa lembut ditambah dengan krim manis di dalamnya.

Grameds bisa memilih usaha Millie Crepe ini jika tertarik dengan makanan penutup mulut yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Gelato

Berbeda dengan kue Choux dan Crepe, gelato, yang berasal dari negara tetangga perancis yaitu negara italy, makanan pencuci mulut yaitu ice cream ala italia ini yang mungkin grameds bisa pilih untuk ide usaha ini mungkin sudah tidak asing lagi didengar dimana sejatinya gelato ini berbeda dengan ice cream, dalam negara italia “congelato” yang memiliki arti beku dan “congelare” yang berarti membekukan. Dimana gelato ini memiliki kandungan susu, gula, dan penambah rasa seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Gelato ini tidak memiliki kandungan krim yang banyak dan hanya menggunakan sedikit kuning telur dalam proses pembuatannya.

Grameds bisa memilih usaha gelato ini jika tertarik dengan makanan penutup mulut yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

banner-promo-gramedia

 

  • Croissant

Sama dengan Millie Crepe dan Choux Pastry yang berasal dari negara perancis, Croissant sudah populer dari abad ke-19 dimana toko roti milik pengusaha asal negara austria August  Zang. Zang memasarkan roti dengan memasang iklan melalui surat kabar dan hal itu membuat masyarakat paris berbondong-bondong untuk mencoba roti khas vienna austria ini, dimana Zang menjual roti kaiser roll dan kipfel yang memiliki bentuk bulan sabit yang dianggap menjadi nenek moyang dari croissant. Ketika Zang memutuskan untuk pulang ke negara asalnya dan memilih untuk mendirikan sebuah perusahaan media, masyarakat prancis tidak begitu saja melupakan kelezatan kue buatan dari Zang sehingga di abad ke-19 terdapat selusin toko roti yang menjual roti khas dari vienna dan di kreasikan dengan berbagai bahan lainnya di negara Prancis. Masyarakat dari negara prancis  menjadikan roti croissant menjadi makanan pokok saat di pagi hari.

Roti Croissant diproses dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan ragi. Croissant ini biasanya ditemukan di bakery hingga toko kue, dimana croissant memiliki bentuk roti yang berbeda-beda dimana biasanya tersedia variasi original atau polos, berisi coklat, keju, almond, keju & ham, dan memiliki luar roti bertabur gula.

Grameds bisa memilih usaha Croissant ini jika tertarik dengan makanan penutup mulut yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

 

  • Cheese Cake

Cheese cake adalah sebuah dessert yang populer bukan hanya di anak muda tetapi untuk semua kalangan umur. Cheese cake yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut, dibuat dengan campuran keju yang memiliki tekstur lembut, susu, telur, dan gula. Cheese cake juga biasanya ditambahkan hiasan buah seperti stroberi, dan lapisan gula lainnya. Biasanya cheese cake menggunakan jenis keju seperti cottage cheese, ricotta, mascarpone, atau cheddar. Cheesecake berbeda dengan kue atau bolu dimana cheese cake dapat dikategorikan dalam jenis pai, custard dimana menggunakan campuran telur dan susu yang dipanggang atau di proses dengan pemasakan air panas dan menjadi kental akibat dari proses koagulasi dari protein telur. Cheese cake bisa melalui proses pemanggangan ataupun tidak dimana bisa melalui proses pengukusan sehingga lebih mudah untuk grameds yang tidak mempunyai ocen dapat menggunakan proses pengkukusan ini.

 

Grameds bisa memilih usaha Cheese Cake ini jika tertarik dengan makanan penutup mulut yang audience tidak akan pernah lupakan di setiap kesempatannya, jangan lupakan dana yang sesuai dengan kantong dan target market dari grameds ya!

Nah, itulah ide usaha makanan untuk tahun 2022 yang dapat membantu Grameds yang saat ini tertarik untuk memulai dan mencoba usaha-usaha makanan berat atau makan pencuci mulut yang dapat menjadi ide usaha grameds di tahun 2022. Melalui 10 contoh ide usaha makanan yang dipaparakan di atas diharapkan grameds dapat memetik nilai yang terkandung di dalamnya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

banner-promo-gramedia

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea