Bahasa Indonesia

Arti Seleb: Apa Artinya?

Arti Seleb – Pernahkah Grameds menggunakan bahasa gaul dalam percakapan sehari-hari? Bahasa gaul kini menjadi hal yang kerap digunakan oleh berbagai kalangan. Begitu banyak kumpulan kata-kata gaul yang diucapkan oleh masyarakat luas khususnya oleh anak-anak muda.

Salah satunya yang sering disebut ialah seleb. Kata seleb sendiri merupakan kependekan dari selebritas, yang mana kata seleb kerap diasosiasikan bagi orang yang populer atau menjadi artis. Seleb bukan kata yang baku dalam bahasa Indonesia. Kata baku yang paling mendekati seleb dalam bahasa Indonesia, yaitu selebritas.

Definisi Seleb

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari Kemendikbud RI, arti selebritas, yaitu pesohor. Bentuk tak baku lainnya yang serupa dengan selebritas ialah selebriti dan selebritis. Pesohor sendiri artinya adalah orang yang tersohor (terkenal, termasyhur, ternama).

Selebritas atau pesohor (bahasa Inggris: celebrity) merupakan orang terkenal karena terlalu dekatnya dengan dunia pemberitaan atau pers. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi ke-3, selebritas memiliki arti sebagai orang yang terkenal atau masyhur (biasanya tentang artis). Kata selebritas dalam bahasa Indonesia adalah kata serapan dari celebrity yang berasal dari bahasa Inggris. Kata celebrity merupakan hasil dari akar kata celebrate yang artinya ialah ‘rayakan’, ‘merayakan’. Hingga saat ini, masyarakat terkadang menyebut kata ‘selebritas’ disebut dengan ‘selebriti’ atau ‘selebritis’.

Pada tiap tingkah lakunya, selebritas tidak pernah luput dari sorotan media massa. Ada sebagian selebritas yang menjadi populer karena kiprah dan prestasinya, tetapi tak sedikit juga selebritas yang menjadi populer karena drama kehidupannya maupun hal-hal kontroversial yang mereka alami. Karier yang sukses dalam bidang hiburan maupun nolahraga juga memiliki keterkaitan dengan status mereka sebagai selebritas; banyak juga tokoh politik yang kerap kali menjadi selebritas atau sebaliknya, yaitu selebritas dengan pamor yang dimilikinya turut merambah dunia politik.

Orang biasa juga bisa menjadi selebritas karena adanya perhatian media massa yang tertuju pada gaya hidup, kekayaan, tindakan kontroversial yang dilakukan, maupun karena adanya hubungan dengan orang yang terkenal lebih dulu. Meski demikian, pemaknaan terhadap selebritas kerap kali dikaitkan dengan penyebutan istilah “artis”, padahal secara esensi selebritas dengan artis sangat berbeda.

Penggunaan Kata Seleb

Seleb sebagai bahasa gaul umumnya digunakan sebagai sebutan di depan nama seseorang yang terkenal. Pada masa kini, kata seleb juga kerap digabungkan dengan platform media sosial. Misalnya kata selebgram untuk menyebut seleb yang terkenal melalui Instagram, selebtwit untuk seleb Twitter, dan selebtok untuk seleb TikTok. Dari segi makna, selebritas sebenarnya sama seperti makna figur publik dan artis.

Menurut KBBI, Artis adalah ahli seni; seniman, seniwati (seperti penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama). Sementara figur publik adalah tokoh masyarakat. Sosok seleb mungkin saja hanya viral atau terkenal, tetapi bukan merupakan seniman ataupun tidak bisa dijadikan panutan. Pasalnya, banyak juga seleb yang sekadar terkenal karena membuat kontroversi ataupun kisah-kisahnya yang bersifat negatif. Meski demikian, dalam realitanya sehari-sehari, kata seleb kerap digunakan sebagai kata ganti untuk menyebut aktor, aktris, penyanyi, model, komedian, dan influencer.

Kategori Seleb

https://kpop.fandom.com/

Profesi yang dapat dimasukkan ke dalam golongan selebritas, antara lain:

1. Penyanyi

Penyanyi merupakan seseorang yang membawakan sebuah lagu dengan cara mengeluarkan nada melodis dengan melalui suara dari mulutnya baik dengan iringan musik maupun tidak.

Penyanyi bisa berprofesi sebagai penampil tunggal (solois), ataupun tergabung dalam grup, seperti paduan suara, orkestra, ensembel, maupun akapela. Penyanyi yang bergabung, memiliki grup musik populer, atau band biasanya disebut sebagai vokalis.

2. Pemusik

Pemusik, musisi, atau musikus adalah orang yang memainkan alat musik seperti gitar, piano, drum, dan lain sebagainya ataupun orang yang menyanyi.

Seorang musikus juga bisa merupakan seseorang yang menulis musik (penulis lagu atau pencipta lagu), baik untuk dirinya sendiri ataupun diserahkan ke orang lain. Orang yang menciptakan musik disebut sebagai komponis. Biasanya bagian tersebut dihapus jika mereka juga memainkan ataupun menyanyikan musik yang ditulisnya, tetapi mereka tetaplah sebagai komponis karena mereka yang menulis musik.

Hal yang lain yang termasuk musisi:

  • Penggubah lagu,
  • Pelatih musik,
  • Pelatih paduan suara,
  • Guru musik,
  • Musikolog

Musikus juga bisa membuat kelompok bersama untuk memainkan lagu. Apabila kelompok tersebut terdiri dari banyak orang yang memainkan alat musik secara bersamaan seperti musik Beethoven, maka disebut sebagai orkestra. Apabila terdiri dari banyak orang yang bernyanyi, seperti dalam upacara bendera, namanya adalah paduan suara. Apabila hanya beberapa orang secara bersama-sama, maka disebut sebagai band. Terkadang band memiliki nama yang menyerupai penyanyi.

3. Peragawan

Peragawan (untuk wanita disebut peragawati) atau model merupakan seseorang yang dipekerjakan dengan tujuan untuk mempromosikan serta menampilkan pakaian mode atau produk lainnya serta untuk tujuan promosi maupun iklan atau yang berpose untuk karya seni.

4. Pemeran

Pemeran atau yang juga disebut sebagai aktris (wanita) dan aktor (pria) merupakan orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, film, atau acara televisi. Umumnya, pemeran adalah orang yang telah mempelajari atau dilatih secara khusus untuk melakukan sandiwara dengan melalui suatu sekolah atau kursus. Pemeran berakting dalam memerankan suatu tokoh sehingga terlihat seperti tokoh asli.

Istilah pemeran kerap kali dirancukan dengan artis. Kata artis sesungguhnya di dalam bahasa Inggris mengacu kepada seniman. Hal ini disebabkan karena adanya kemiripan bunyi dengan actress yang artinya, yaitu pemeran perempuan.

5. Atlet

Atlet (yang juga sering dieja sebagai atlit) atau olahragawan ialah seseorang yang mahir dalam bidang olahraga ataupun bentuk lain dari latihan fisik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, atlet merupakan olahragawan, terutama yang mengikuti perlombaan maupun pertandingan (kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan).

Dalam beberapa cabang olahraga tertentu, atlet harus memiliki kemampuan fisik yang lebih tinggi dari rata-rata.

6. Disjoki (DJ)

Disjoki atau joki cakram (dalam bahasa Inggris dinamakan Disc jockey, disingkat DJ atau terkadang “deejay”) merupakan seseorang yang terampil dalam memilih serta memainkan rekaman suara atau musik yang sudah direkam sebelumnya. Umumnya media hasil rekaman yang dipakai adalah media disk atau cakram, dan karena kemahirannya dalam memainkan cakram tersebut menjadikan profesi ini dikenal dnegan joki cakram, atau yang lebih familiar dengan sebutan disjoki (ejaannya dalam bahasa Inggris disc jockey).

Pada masa kini, istilah itu tersebut tak sekadar merujuk kepada kemahiran untuk mengatur lagu atau musik dalam medium cakram, tetapi juga dalam bentuk medium yang lainnya.

7. Pesulap

Sulap merupakan suatu seni pertunjukan yang diminati oleh sebagian besar masyarakat di dunia, karena pada penyajiannya sulap busa membuat kagum dan heran penontonnya akan rahasia di balik pertunjukkannya. Sulap adalah suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, misalnya seni tari, seni musik, seni rupa, dan lain sebaginya serta merupakan penerapan dari kombinasi berbagai disiplin ilmu yang ada. Misalnya ilmu fisika, ilmu kimia, ilmu biologi, ilmu psikologi, dan lain sebagainya.

Seni sulap bukanlah suatu keterampilan yang mengandung unsur klenik ataupun supranatural, karena tiap trik sulap bisa dijelaskan. Sulap semata-mata sekadar permainan “kelihaian” tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu perlengkapan atau peralatan maupun efek yang muncul dari suatu reaksi kimia dan yang sudah dilatih hingga sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertontonkan kepada orang lain. Maka dari itu, sulap bisa dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut berkeinginan untuk berlatih dengan baik.

Sayang sekali hingga saat ini masih saja ada orang yang menyamakan trik sulap dengan sihir dan mistik. Sulap dianggap sebagai sebuah kekuatan supranatural karena disesatkan oleh oknum pesulap yang hanya memikirkan mengenai uang dan popularitas. Pesulap yang sejati tak akan membiarkan orang lain berpikir terlalu jauh bahwa pesulap mengandung ilmu sihir.

8. Presenter

Pembawa acara atau pranatacara (bahasa Inggris: master of ceremony yang biasa disingkat sebagai MC, Presenter atau Host) ialah orang yang memiliki tugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung hiburan, pertunjukan, pernikahan, dan berbagai acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tetapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.

MC biasanya memperkenalkan peserta atau artis yang segera akan tampil di atas panggung, berdialog dengan penonton, dan secara garis besar berusaha menjaga tempo acara. Bergantung kepada acara yang dibawakan, seorang MC kadang-kadang dituntut untuk dapat membawakan lelucon atau anekdot layaknya seorang pelawak.

Dalam sebuah acara resmi kenegaraan, MC kadang-kadang berlaku sebagai perwira protokol. Pemimpin upacara Dalam dunia musik hip-hop dan musik dansa elektronik, MC adalah sebutan untuk artis musik yang menciptakan atau membawakan lagu asli yang ditulisnya sendiri. MC berbeda dari DJ (disc jockey) yang memainkan musik untuk pesta dan mencampur berbagai macam musik yang sydah direkam sebelumnya.

Shock G dari Digital Underground dalam buku berjudul How to Rap menyatakan bahwa istilah ‘MC’ dalam hip-hop “berasal dari kata Master of Ceremonies”, sehingga tidak mengherankan bila terdapat “banyak nama rapper yang memakai awalan kata MC” (misalnya, MC Hammer).

Pembawa acara televisi juga dilibatkan dalam penulisan naskah jika diperlukan. Tugas lain yang sering dilakukan oleh pembawa acara antara lain adalah mewawancarai tokoh, menjadi moderator diskusi, dan memberikan komentar pada suatu acara olahraga, parade, dan acara-acara lainnya.

9. Sutradara

Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip, pembuat film juga digunakan untuk merujuk pada produser film. Manuskrip skenario digunakan untuk mengontrol aspek-aspek seni dan drama. Pada masa yang sama, sutradara mengawal petugas atau pekerja teknik dan pemeran untuk memenuhi wawasan pengarahannya. Seorang sutradara juga berperan dalam membimbing kru teknisi dan para pemeran film dalam merealisasikan kreativitas yang dimilikinya.

10. Penata Musik

Orang yang membuat aransemen lagu disebut penata musik (bahasa Inggris: arranger). Modal dasar yang harus dimiliki seorang pengaransemen adalah penguasaan pengetahuan tentang harmoni.

Aransemen (bahasa Belanda: arrangement, bahasa Inggris: arrangement) adalah penyesuaian komposisi musik dengan nomor suara penyanyi atau instrumen lain yang didasarkan pada sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.

Di samping itu aransemen merupakan usaha yang dilakukan terhadap sebuah karya musik untuk suatu pergelaran yang pengerjaannya bukan sekadar perluasan teknis, tetapi juga menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya.

11. Penata Artistik

Penata artistik atau art director (AD) adalah sebutan bagi serangkaian profesi serupa dalam teater, periklanan, pemasaran, penerbitan, film and televisi, Internet, dan video game.

Fragmen individual dari pertunjukan seni atau adegan umumnya dikerjakan oleh pihak yang berbeda-beda, tetapi secara keseluruhan fungsi tersebut diatur oleh seorang penata artistik. Secara khusus, penata artistik bertanggung jawab pada keseluruhan penampakan visual dan bagaimana komunikasi visual dilakukan, membentuk mood tertentu, unsur-unsur kontras, dan daya tarik psikologis pada audiens. Penata artistik membuat keputusan mengenai elemen visual yang dipergunakan, gaya artistik yang dipakai, dan kapan gerakan dipergunakan.

Salah satu hal paling sulit yang dihadapi penata artisik adalah bagaimana menerjemahkan mood, pesan, konsep, dan rumusan ide dalam bentuk visual. Selama periode brainstorm, penata artistik, kolega, dan klien bersama-sama terlibat dalam proses imajinasi bagaimana tampilan adegan setelah selesai dikerjakan. Sesekali, penata artistik memegang tanggung jawab terbesar dalam menyatukan pandangan pihak yang berbeda sambil menyeleraskan konflik agenda dan ketidakkonsistenan masukan-masukan yang didapat.

12. Politikus

Politician atau politisi adalah seseorang yang terlibat dalam politik. Dan juga termasuk para ahli politik. Politisi juga termasuk figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan. Menjadi politisi atau politikus berarti menjadi penyambung suara masyarakat, karena kerjaan politisi ialah menjalankan kebijakan berdasarkan aspirasi masyarakat, para politikus biasa kita jumpai menjadi kepala pemerintahan atau sebagai anggota parlemen di tingkat DPR RI, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Provinsi, Kabupaten dan Kota madya.

Dalam demokrasi Dunia Barat, istilah ini biasa terbatas kepada mereka yang menjabat atau sedang mencoba mendapatkannya daripada digunakan untuk merujuk kepada para ahli yang dipekerjakan oleh orang-orang yang tersebut di atas. Perbedaan seperti ini tidak begitu jelas jika berpedoman pada pemerintahan yang non-demokratis.

Dalam sebuah negara, para politikus membentuk bagian eksekutif dari sebuah pemerintah dan kantor sang pemimpin negara serta bagian legislatif, dan pemerintah di tingkat regional dan lokal.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien