in

Rekomendasi Novel Motivasi: Buku untuk Bangkitkan Semangatmu

unsplash.com

Rekomendasi Novel Motivasi – Inspirasi serta motivasi tentu bisa datang mana saja, termasuk dari novel. Ada banyak novel yang dapat memotivasi serta memberikan Grameds inspirasi untuk terus berbuat baik dan bergerak maju. Di antara novel motivasi tersebut adalah novel yang mengangkat topik seperti perjuangan, persahabatan, maupun petualangan.

Topik-topik tersebut, tidak hanya menghibur ketika dibaca, akan tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi. Agar tidak bingung, berikut adalah rekomendasi novel motivasi serta inspiratif untuk Grameds.

 

Rekomendasi Novel Motivasi dan Inspiratif yang Bisa Membangkitkan Semangat

Berikut adalah beberapa rekomendasi novel motivasi yang dapat Grameds pertimbangkan untuk masih ke daftar buku bacaan Grameds.

1. Guru Aini Karya Andrea Hirata

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Guru Aini
  • Penulis buku : Andrea Hirata
  • Tanggal Terbit : 1 Februari 2020
  • Penerbit : Bentang Pustaka
  • Jumlah Halaman : 312
  • Harga : Rp 109.000 (versi soft cover)

“Ini persamaan hidupku sekarang Bu,” ujar Desi menyodorkan buku catatan ke tengah meja. Bu Amanah, yaitu guru matematika, tersenyum getir ketika melihat persamaan garis lurus dengan beberapa variabel yang didefinisikan sendiri oleh Desi, pendidikan, kecerdasan.

Konon berdasarkan pada penelitian antah berantah, umumnya idealisme anak muda yang baru tamat dari perguruan tinggi bertahan paling lama selama empat bulan. Usai itu, mereka pun akan menjadi pengeluh, penggerutu serta penyalah seperti kebanyakan orang lainnya. Kemudian secara menyedihkan terseret arus deras sungai besar rutinitas serta basa-basi dari birokrasi lalu tertunduk pada sistem yang buruk. Dalam kenyataan hidup yang semacam itu, seberapa jauh Desi kemudian berani untuk memertahankan idealismenya menjadi seorang guru matematika di sekolah pelosok?

Novel Guru Aini karya Andrea Hirata ini bercerita mengenai pendidikan di Indonesia, melalui kisah perjalanan seorang guru serta murid dalam mencapai suatu tujuan. Novel satu ini, merupakan prekuel dari buku Orang-orang Biasa dari Andrea Hirata.

Novel ini cocok dibaca oleh Grameds yang butuh penggambaran mengenai kondisi pendidikan di Indonesia, sebab Andrea Hirata menyajikan beberapa sentilan agar para pembaca dapat merefleksikan bagaimana kondisi pendidikan saat ini.

Selain itu, novel ini juga akan membuat para pembaca merasa tergugah untuk bergerak dan berubah menjadi sosok yang lebih baik, dengan kisah penyemangat dari para tokohnya yang giat mengejar ilmu.

2. Resign Karya Almira Bastari

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Resign
  • Penulis buku : Almira Bastari
  • Tanggal Terbit : 29 Januari 2018
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 288
  • Harga : Rp 68.000 (versi soft cover)

Kompetisi sengit sering kali terjadi di sebuah kantor konsultan di Jakarta. Empat anggota The Cungpret, alias kacung kampret, tidak ada yang mengincar penghargaan pegawai terbaik, jabatan tertinggi maupun bonus yang paling besar. Akan tetapi mereka bertaruh untuk saling sikut untuk resign.

Resign seharusnya tidaklah sulit untuk dilakukan, kecuali kamu memiliki bos yang memiliki radar kelas kakap serta mampu menjegal setiap usaha yang dilakukan oleh The Cungpret untuk segera hengkang dari kepemimpinannya. Pertanyaan, siapakah yang akan memenangkan taruhan serta bebas dari hukuman yang telah ditentukan sebelumnya?

Buku ini merupakan novel yang mnyuguhkan cerita ringan serta jenaka. Tidak hanya membahas mengenai pekerjaan saja, akan tetapi buku ini juga menyuguhkan beberapa tema cinta. Disajikan dengan plot yang cukup ringan, akan tetapi mampu bergulir dengan menarik dan gaya cerita yang menyenangkan, buku ini patut Grameds pertimbangkan untuk masuk ke list bacaan Grameds.

Meskipun tentang resign, akan tetapi buku ini juga mengisahkan mengenai pahit manisnya seseorang ketika ia bekerja menjadi karyawan kantoran. Sehingga, kisah-kisah yang ada di dalamnya pun sangat familiar dan dekat dengan para pembacanya.

3. Mata di Tanah Melus Karya Okky Madasari

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Mata di Tanah Melus
  • Penulis buku : Okky Puspa Madasari
  • Tanggal Terbit : 22 Januari 2018
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 192
  • Harga : Rp 59.000 (versi soft cover)

Pesawat kecil kami mendarat di negeri antah berantah. Ketika pesawat tersebut mulai merendah. Aku bisa melihat hamparan hijau yang tidak terlalu lebat, tetapi juga tidak benar-benar hijau. Hijau yang kering serta lesu. Akan tetapi justru terlihat ramah serta tidak menakutkan untuk diriku.

Perjalanan ke salah satu wilayah yang paling terluar di Indonesia mengantarkan Matara, yaitu gadis berusia dua belas tahun pada suatu petualangan yang menakjubkan serta belum pernah ia bayangkan sebelumnya. Dunia yang serba ganjil pun menjadi suatu kenyataan baru bagi Matara.

Buku dari Okky Madasari satu ini, merupakan buku petualangan yang memiliki sentuhan unsur-unsur fantasi. Buku ini mengisahkan mengenai petualangan Matara yang terjebal di kawasan bangsa Melus.

Ketika sendirian dan terpisah dari sang ibu, Matara tetapi tidak meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan serta kepeduliaan yang ia miliki. Novel ini akan melatih pembaca untuk berimajinasi serta belajar tentang kepedulian.

4. Kesempatan Kedua (Second Chance Summer) Karya Morgan Matson

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Kesempatan Kedua (Second Chance Summer)
  • Penulis buku : Morgan Matson
  • Tanggal Terbit : 8 November 2016
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 460
  • Harga : Rp 40.000 (versi soft cover)

Karena memiliki kakak dan adik yang hebat, Taylor Edwards tidak pernah merasa bahwa dirinya luar biasa. Orang mengenalnya hanya karena ia selalu kabur ketika ia menghadapi masalah berat. Lalu, ayahnya mendapatkan kabar sangat buruk, sehingga keluarga mereka pun memutuskan untuk berlibur bersama di rumah musim panas.

Taylor terakhir kali datang ke tempat itu ketika ia berusia dua belas tahun serta sama sekali tidak memiliki niat untuk kembali. Di rumah dekat danau tersebut, ia pun harus menghadapi orang-orang yang ia kira telah ia lupakan, seperti Lucy yaitu mantan teman baik baiknya dan Henry Crosby pacar pertamanya yang saat ini ternyata telah menjadi jauh lebih imut. Mak, tiba-tiba saja Taylor dikepung oleh berbagai macam kenangan yang ingin ia lupakan, akan tetapi kali ini ia tidak bisa kabur.

Seiring hari-hari di pantai serta malam memandangi bintang, Taylor pun tersadar bahwa ia mendapatkan kesempatan kedua bersama para sahabatnya, keluarga bahkan mungkin tentang cinta. Akan tetapi, ia tahu bahwa begitu musim panas berlalu, tidak mungkin bagi dirinya bisa mendapatkan kembali apa yang telah hilang.

Novel ini bercerita mengenai keluarga, persahabatan serta proses pendewasaan yang dialami oleh seorang remaja, setiap tokoh membawa konflik yang berbeda-beda, sehingga membuat buku ini semakin menarik untuk dibaca. Ditambah lagi, setiap konflik yang disajikan oleh penulis akan memberikan inspirasi serta motivasi kepada para pembacanya.

5. Lebih Senyap dari Bisikan Karya Andina Dwifatma

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Lebih Senyap dari Bisikan
  • Penulis buku : Andina Dwifatma
  • Tanggal Terbit : 18 Juni 2021
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 164
  • Harga : Rp 72.000 (versi soft cover)

Di akhirat nanti, jika aku bertemu Tuhan, maka akan kutanyakan kenapa Dia membuat tubuh perempuan seperti makanan kaleng. Kubayangkan, di bawah pusat atau pantatku ada tulisan: Best Before: Mei 2026.

Amara dan Baron dikepung oleh pertanyaan mengapa belum punya anak. Beragam usaha hamil nyatanya telah mereka lakukan, mulai dari yang normal hingga yang ekstrem. Akan tetapi, persoalan tidak selesai ketika Amara hamil dan melahirkan. Ada yang tidak ditulis dalam buku panduan menjadi orang tua, ada yang tidak pernah disampaikan dalam utas program hamil.

Lebih Senyap dari Bisikan adalah novel kedua yang ditulis oleh Andina Dwifatma, usai ia menerbitkan Semusim dan Semusim Lagi di tahun 2013, yang berhasil meraih penghargaan sebagai pemenang Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta.

Melalui novel Lebih Senyap dari Bisikan, penulis berusaha membuka mata pembaca mengenai kisah dari tokohnya yaitu Amara mengenai pahit manisnya kehidupan seorang perempuan dalam menemukan hal apa yang berharga.

Selain itu, buku ini juga merupakan buku tentang kritik sosial mengenai apa yang biasa terjadi kepada perempuan di negara ini. Disajikan dengan ringan dan konfliknya pun dekat pembaca, buku ini menjadi salah satu buku yang relatable untuk para pembacanya.

6. Menjemput Jodoh Impian Karya Gadistrutea

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Menjemput Jodoh Impian
  • Penulis buku : Gadistrutea
  • Tanggal Terbit : 25 Februari 2021
  • Penerbit : Sahima
  • Jumlah Halaman : 223
  • Harga : Rp 79.000 (versi soft cover)

Buku ini diperuntukan untuk Grameds yang merasa lelah dalam masa-masa penantian. Untuk seseorang yang merasa telah lama berjuang, akan tetapi hanya mendapatkan kekecewaan. Untuk seseorang yang telah lama merasakan rindu dari dekapan kekasih halal, akan tetapi kegagalan terus berulang kali menyapa.

My dear, bukankah hidup ini suatu perjalanan? Maka, nikmatilah setiap episode takdir yang telah Allah tetapkan. Teruslah berusaha berbaik sangka, bahwa Tuhan kita merupakan dzat yang tidak akan mungkin berlaku dzolim kepada hamba-Nya.

Pahamilah, bahwa selalu ada kebaikan di setiap kepahitan yang dilalui. Selalu ada pelangi yang indah usai badai menerjang. Selalu ada hadiah yang istimewa, usai penantian panjang serta melelahkan.

Semoga buku ini akan dapat memulihkan hatimu, para pembaca yang tengah mengalami patah atau bahkan baru saja gagal untuk melangkah ke pelaminan. Sebagai insan, kita harus paham bahwa apa yang telah terjadi merupakan takdir yang paling baik dari Tuhan yang Maha baik. Dengan meyakini hal tersebut, semoga hatimu akan lebih mudah menerima serta lebih mampu mengeja ikhlas pada setiap lini kehidupan.

7. There is No Shortcut to Success Karya Alberthiene Endah

Rekomendasi Novel Motivasi

  • Judul buku : Theres is No Shortcut to Success
  • Penulis buku : Alberthiene Endah
  • Tanggal Terbit : 7 September 2017
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 372
  • Harga : Rp 95.000 (versi soft cover) / Rp 86.900 (versi EBook)

Keberhasilan seseorang dalam berbisnis, biasanya dipandang berdasarkan hoki maupun sebuah keajaiban. Akan tetapi, bagi orang-orang sukses, bisnis adalah suatu keberhasilan yang sifatnya konkret. Mereka semua percaya, bahwa apabila ada suatu usaha maka akan ada pula kemungkinan dalam mencapai kesuksesan.

Bisnis adalah suatu yang realistis. Sukses dalam bidang bisnis, bukan hanya dimiliki oleh keberuntungan yang dimiliki oleh sebagian orang saja. Akan tetapi dapat dinikmati pula oleh siapa saja yang menjalani dengan sikap gigih.

Buku ini merupakan buku motivasi yang berisi mengenai kiat-kiat sukses, strategi ketika menjalankan bisnis. Sebab sukses merupakan suatu proses, pembelajaran yang dapat dipelajari oleh siapapun.

Tips Memilih Novel Motivasi

Terkadang mungkin akan sulit untuk memilih novel motivasi semacam apa yang dapat menggugah hati Grameds. Beberapa topik serta konflik yang dihadirkan dalam novel pun, menjadi salah satu faktor penting agar sebuah novel mampu memotivasi dan menggugah hati pembacanya.

Agar tidak kebingungan atau kesulitan, berikut adalah beberapa tips ketika Grameds akan membeli dan membaca novel-novel motivasi.

1. Memilih berdasarkan topik utama

Novel motivasi biasanya hadir dalam beberapa tema serta konflik utama. Agar mudah memilihnya, Grameds dapat mempertimbangkan tema-tema novel yang berusaha dihadirkan oleh penulis. Nah, soal tema maupun konflik ini, tentukan sesuai dengan selera Grameds, ya! Beberapa tema yang dapat dipilih ketika ingin membaca novel inspiratif adalah sebagai berikut.

  • Persahabatan serta perjuangan, yang dapat memberikan hikmah untuk tidak pantang semangat serta tidak pernah menyerah.
  • Mencintai diri sendiri serta kesehatan mental yang dapat membuat pembaca sadar, bahwa mencintai diri sendiri merupakan suatu hal yang penting.
  • Petualangan serta perjalanan hidup, dengan tema ketiga ini, maka pembaca pun dapat termotivasi dari kisah pengalaman para tokoh yang penuh arti.

2. Menyesuaikan dengan target usia pembacanya

Selain soal selera, Grameds perlu mengingat bahwa menyesuaikan target umur pembaca dengan novel tersebut adalah suatu hal yang penting. Hal ini dikarenakan pada beberapa novel, mungkin akan terdapat setting latar tempat, maupun waktu serta narasi dan dialog yang hanya dapat dipahami oleh pembaca dengan rentang usia tertentu. Sebab percakapan maupun latar tersebut, membutuhkan pemahaman logika, pengetahuan serta pengalaman dari pembacanya.

Jika tidak memilih sesuai dengan target usia pembaca, Grameds kemungkinan akan merasa bosan. Bisa karena kesulitan untuk memahami maksud penulis atau bahkan bosan dengan tema yang diusung, karena ditujukan untuk pembaca dengan usia yang lebih muda.

3. Mempertimbangkan kredibilitas dari penulis novel motivasi

Grameds yang ingin mencoba untuk eksplor penulis-penulis baru ataupun mencoba membaca karya dari penulis yang sebelumnya belum pernah Grameds baca, Grameds bisa mempertimbangkan tingkat dari kredibilitas sang penulis.

Beberapa hal yang dapat menunjukan kredibilitas penulis ialah kemampuannya dalam mengembangkan cerita, penghargaan yang diraih hingga label best seller yang tersemat dalam buku-buku karyanya yang sebelumnya.

4. Membaca sinopsis serta ulasan dari pembaca lain

Sebelum memutuskan untuk membeli maupun membaca buku atau novel, ada baiknya apabila Grameds membaca sinopsis maupun ulasan yang telah ditulis oleh pembaca lainnya.

Apabila Grameds merasa bahwa dari sinopsisnya saja buku tersebut menarik, maka Grameds bisa memutuskan untuk membeli dan membaca buku tersebut. Agar semakin yakin, Grameds juga bisa membaca ulasan dan rating, Grameds bisa melihat ulasan buku atau novel tertentu di situs Good Reads ya!

Jangan khawatir, agar tidak bingung dan kehilangan arah untuk mencari buku atau novel motivasi, berikut kami sajikan beberapa rekomendasi novel motivasi lengkap dengan informasi buku serta sinopsisnya.

Itulah rekomendasi novel motivasi yang cocok dan dapat membangkitkan semangat Grameds. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia menyediakan rekomendasi buku novel motivasi tersebut yang dapat dibeli di Gramedia.com. Dengan produk-produk yang disediakan Gramedia, kamu bisa memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Written by Ananda