in

Rekomendasi Buku Menambah Wawasan Terbaru

Rekomendasi Buku Menambah Wawasan Terbaru – Banyak membaca buku merupakan salah satu metode terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menambah wawasan. Seperti yang kita tahu bahwa buku adalah jendela pengetahuan yang bisa menambah wawasan dan juga membuka pikiran.

Seperti halnya buku motivasi yang bisa memberikan banyak sekali manfaat dan menambah semangat hidup. Selain itu, buku motivasi juga bisa merubah circle pertemanan menjadi lebih positif, memberikan banyak sekali inspirasi, mengajak untuk terus belajar, dan membantu kita untuk lebih konsisten dalam melakukan sesuatu.

Jadi, jangan pernah berasumsi bahwa membaca buku merupakan kegiatan yang membosankan ya. Ubahlah asumsi tersebut dengan membaca beberapa rekomendasi buku menambah wawasan di bawah ini.

Ada pribahasa yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, rasanya hal itu sudah sering kita dengar sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Seiring dengan berjalannya waktu, kebiasaan membaca buku yang sudah ditanam sejak kecil perlahan mulai dilupakan. Terlebih untuk Anda yang sudah duduk di bangku perkuliahan.

Padahal sebagai seorang mahasiswa, kebiasaan membaca buku sangat penting untuk dilakukan. Karena bisa memberikan pengetahuan dan juga wawasan baru. Dengan sering membaca buku, secara otomatis wawasan kamu akan semakin luas. Sehingga akan meningkatkan kemampuan Anda dalam menjawab berbagai pertanyaan dengan didukung fakta yang lebih akurat.

Rekomendasi Buku Menambah Wawasan

Kegiatan membaca buku ini memang ada baiknya untuk dijadikan sebagai bagian dari kebutuhan dan juga keseharian kita. Membaca buku juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa memperkaya jiwa serta menambah pengetahuan. Selain itu, tentunya membaca buku juga akan menghadirkan inspirasi baru di dalam hidup.

Ada banyak sekali buku yang dapat menambah wawasan Anda dan juga meningkatkan motivasi. Hal tersebut terjadi karena isi dalam buku tersebut sangat substantif dan memberikan transfer ilmu pengetahuan. Tentunya ketika membaca buku, pengetahuan Anda akan bertambah dan Anda akan semakin semangat untuk menimba ilmu.

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi buku menambah wawasan yang bisa Anda jadikan referensi bacaan. Buku-buku ini dapat menambah semangat dan juga motivasi untuk siapa saja dalam menjalani kehidupan yang lebih bermakna. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasannya di bawah ini:

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

1. Good Bye, Things – Fumio Sasaki

Seorang Youtuber terkenal sekaligus penulis buku Raditya Dika pernah membahas mengenai gaya hidup minimalis. Dimana Ia menjelaskan tentang cara penerapan gaya hidup minimalis dan beberapa manfaatnya. Nah, di dalam buku yang berjudul “Good Bye Things” karya Fumio Sasaki ini membahas mengenai cara hidup bahagia tanpa mempunyai banyak barang. Jadi, buku ini lebih menjelaskan mengenai konsep hidup ala Fumino Sasaki yang percaya bahwa kita akan lebih bersyukur dengan hidup kita jika mengurangi hal-hal yang berlebihan. Cerita dari Fumino ini sangat dengan kehidupan kita saat ini, terlebih bagi siapapun yang sudah hidup di dalam zona nyaman.

2. The Alchemist – Paulo Coelho

Buku dengan judul The Alchemist ini jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia memiliki arti Sang Alkemis. Novel yang satu ini cukup populer dari masa ke masa dan sudah banyak memperoleh ulasan dari para pembacanya. The Alchemist ini adalah buku fiksi petualangan Santiago yang menjadi seorang pengembala domba yang mulai perjalanan untuk menemukan sebuah harta karun yang diimpikannya. Melalui novel ini, penulis ingin mengajarkan kepada para pembaca untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan fokus untuk menggapai mimpi selama hidup.

3. The 7 Habits of Highly Effective People – Steven Covey

Buku motivasi yang satu ini termasuk buku yang paling tua, karena ditulis pada tahun 1989. Menurut Steven covey, terdapat 7 kebiasaan efektif yang bisa merubah hidup seseorang, yakni dengan berkembang, berorientasi pada masa depan, bersikap proaktif, berpikir menang, bekerja sama atau bersinergi, mengerti baru dimengerti, dan bisa menentukan prioritas. Sang penulis yakni Steven Covey ingin menyampaikan mengenai cara-cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan membantu para pembaca untuk membangun kebiasaan baik.

4. The Greatest Salesman in the World – Og Mandino

Apakah Anda ingin menekuni dunia marketing? Jika iya, maka Anda harus membaca buku yang satu ini. Sebab, buku yang ditulis oleh Og Mandino yang berjudul “The Greatest Salesman in the World” bisa mendorong Anda untuk menjalani hidup yang lebih percaya diri. Selain itu, sang penulis juga mengajarkan kepada para pembaca untuk hidup dengan membantu orang lain.

5. Parenting 4.0: Mendidik Anak Di Era Digital

Anak-anak yang lahir di era Gen Z merupakan salah satu generasi yang lahir di era teknologi yang sudah meluas. Orang tua serta para pendidik yang mungkin berasal dari generasi yang jauh di atas Gen Z tentu membutuhkan buku panduan yang tepat, bagaimana cara menghadapi anak-anak dan juga remaja yang sangat dekat dengan internet serta gadget. Buku ini dapat menjadi pilihan untuk para orang tua zaman sekarang. Anda bisa mendapatkan buku ini dengan mengunjungi Gramedia.com.

6. Bumi Manusia

Bumi Manusia merupakan salah satu buku karya Pramoedya Ananta Toer, yakni seorang sastrawan asal Indonesia yang sudah memperoleh berbagai macam penghargaan sastra dari berbagai penjuru dunia. Anda tentu pernah mendengar mengenai buku dengan judul Bumi Manusia yang mana merupakan buku pertama dari seri tetralogi buruh yang cukup fenomenal. Buku yang satu ini dicetak ulang lebih dari 10 kali sejak penerbitan pertama dengan menggunakan 33 bahasa.

Bumi Manusia ini akan membuat Anda merasakan bagaimana proses masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dan mengetahui seberapa penting peranan pendidikan untuk dapat merubah derajat manusia dan juga nasib sebuah bangsa. Selain itu, buku ini juga bisa membangkitkan semangat nasionalisme dalam diri Anda.

7. An Abundance of Katherines

Buku dengan judul An Abundance of Katherines merupakan buku karya John Green yang mana menceritakan mengenai seorang anak jenius terdampak sudah lulus sekolah menengah atas. Di dalam buku ini, diceritakan bahwa anak tersebut mencoba untuk bangkit setelah putus ke-19 kali dengan pacarnya Katherine.

8. The Tipping Point

The Tipping Point merupakan buku karya Gladwell. Dimana sang penulis mencoba untuk menceritakan masa penting terhadap wabah sosial yang ada di berbagai macam aspek kehidupan. Termasuk bagi perubahan sosial sekarang ini. Buku ini sangat disarankan untuk dibaca karena di dalam buku ini menyinggung bagaimana orang-orang bertukar ide serta informasi tanpa batas waktu. Tak hanya itu saja, namun ada banyak bentuk komunikasi lainnya.

9. Madilog – Tan Malaka

Buku yang satu ini sangat bagus untuk para pemuda untuk lebih mengenal jauh pemikiran Tan Malaka tentang gagasan kebangsaan. Tan Malaka adalah seseorang yang pertama menulis konsep Republik Indonesia di dalam sebuah buku yang berjudul orang pertama yang menulis 1925. Buku seperti inilah yang berhasil menginspirasi Ir. Soekarno untuk memperjuangkan kemerdekaan Tanah Air. Akan tetapi, nahas seorang yang berjasa seperti beliau malah ditembak mati oleh bangsa sendiri.

10. Merawat Luka Batin – Dr Jiemi Ardian

“You are what you think”, begitulah kata banyak orang. Padahal, saat kita berpikir kita kaya, uang yang ada di dalam rekening tidak secara otomatis langsung bertambah. Akan lebih tepatnya, bila kutipan tersebut perlu sedikit diubah “you are how you think”, sebab perasaan dan juga diri kita bergantung pada bagaimana cara kita berpikir. Buku yang satu ini memuat mengenai proses berpikir, bukan hanya sekadar berpikir positif saja. Ketika perasaan sedang tidak baik-baik saja, terlebih lagi jika sedang dalam keadaan depresi, proses berpikir kita biasanya akan ikut andil dalam memperburuk keadaan.

Akan tetapi, sulit untuk kita menyadari bahwa proses berpikir yang bermasalah ini karena kita menganggapnya sebagai cara kita dalam melihat realitas. Dengan menyadari pikiran yang keliru saat hal itu muncul bukanlah sesuatu hal yang mudah. Buku ini berisi mengenai beberapa pola untuk membentuk cara berpikir yang tepat. Tidak hanya orang-orang yang sedang merawat luka batin, cara caregiver dan juga penyintas depresi dapat menarik manfaat dari buku ini.

11. Think and Grow Rich

Think and Grow Rich ini merupakan buku karya fundamental sang penulis legendaris yang bernama Napoleon Hill. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1937 hingga sekarang tetap sama ampuhnya dan akan merubah kehidupan Anda selamanya. Dapat dikatakan bahwa sangat mustahil untuk menemukan motivator yang sama sekali tidak terpengaruh oleh karya Hill. Pengaruhnya dapat dilihat dalam tulisan Dale Carnegie dan juga Norman Vincent Peale.

Gaung dari prinsip-prinsip Hill juga dapat ditemukan dalam karya Mary Kay Ash, Ken Blanchard, Jack Canfield dan Mark Victor Hansen, John Gray, Brian Tracy, dan Dennis Waitley. Steven Covey, penulis The Seven Habits of Highly Effective People, seringkali menyampaikan pengaruh Napoleon Hill di dalam buku karyanya. Selain itu, Anthony Robbins yang boleh jadi adalah motivator dan juga penulis buku motivasi paling sukses di awal abad ke-21, menyebutkan bahwa Napoleon Hill adalah pahlawannya.

Ciri khas utama edisi asli Think and Grow Rich ada di dalam setiap bab Napoleon Hill mencantumkan contoh-contoh nyata. Hal tersebut masih dipertahankan dalam edisi ini dan dilengkapi contoh-contoh baru serta contoh kasus modern diaplikasikan. Hingga sekarang, masih membimbing orang-orang menuju kesuksesan.

12. Filosofi Teras

Lebih dari 2000 tahun yang lalu, sebuah mazhab filsafat menemukan akar masalah dan solusi dari banyaknya emosi negatif. Stoisisme atau Filosofi Teras ini merupakan filsafat Yunani-Romawi kuno yang dapat membantu kita dalam mengatasi emosi negatif dan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi naik-turunnya kehidupan. Jauh dari kesan filsafat sebagai salah satu topik berat dan mengawang-awang, Filosofi Teras ini justru bersifat praktis dan relevan dengan kehidupan Generasi Milenial dan juga Gen Z saat ini.

Written by Lely Azizah