in

Review Novel Your Name Karya Makoto Shinkai

Review Novel Your Name – Novel Your Name atau dalam Bahasa Jepang berjudul Kimi No Nawa ditulis oleh seorang sutradara yang bernama Makoto Shinkai. Ia merupakan sutradara dari film animasi “Your Name” yang resmi tayang pada tahun 2016 lalu. Setelah film garapannya resmi tayang, Makoto Shinkai kemudian mengadaptasi kisah Your Name menjadi sebuah novel.

Novel yang masuk ke dalam kategori J-Lit asli Jepang ini pertama kali terbit pada tahun yang sama dengan tahun rilis filmnya, yakni tahun 2016. Lalu, novel Your Name diterbitkan untuk pertama kalinya dalam versi terjemahan ke Bahasa Indonesia pada bulan Januari 2020, yang diterbitkan oleh Penerbit Haru.

Novel Your Name mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Mitsuha. Gadis ini tinggal di sebuah desa yang ada di daerah pegunungan. Suatu hari, Mitsuha bermimpi tentang dirinya yang berubah menjadi seorang anak laki-laki. Mitsuha kemudian bangun dari mimpinya itu, dan mendapati dirinya berada di sebuah kamar yang asing.

Mitsuha mendapati bahwa dirinya berteman dengan orang asing, dan ia melihat kota Tokyo tepat di depan matanya. Di sisi lain, terdapat seorang pemuda SMA bernama Taki. Taki tinggal di Tokyo, dan ia juga memiliki mimpi tentang dirinya yang berubah menjadi seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa, yang berada di daerah pegunungan.

Pada akhirnya, Mitsuha dan Taki pun menyadari bahwa mereka bertukar raga dalam mimpi mereka masing-masing. Takdir yang mempertemukan mereka dengan cara yang ajaib itu mulai menggerakkan roda-roda nasib mereka. Apakah mereka mampu kembali ke tubuhnya masing-masing?

Profil Makoto Shinkai – Penulis Novel Your Name

Sumber foto: myanimelist.net

Makoto Shinkai lahir dengan nama Makoto Niitsu. Makoto Shinkai merupakan pria asal Prefektur Nagano, Jepang yang lahir pada tanggal 9 Februari 1973, dan saat ini berusia 49 tahun. Makoto Shinkai adalah seorang sutradara anime, juga mantan perancang grafis.

Shinkai pernah menekuni sastra Jepang di Universitas Chuo, di mana saat itu ia menjadi anggota dari klub sastra remaja. Makoto Shinkai mewujudkan keinginannya saat masa sekolah untuk membuat anime, manga, dan novel. Anime favorit Shinkai adalah Castle in the Sky karya Hayao Miyazaki. Makoto Shinkai kerap kali disebut sebagai “Miyazaki Baru”, tetapi ia sendiri menganggap perbandingan ini merupakan sesuatu yang berlebihan.

Makoto Shinkai lulus dari Universitas Chuo pada tahun 1994. Setelah lulus, ia mendapat kesempatan untuk bekerja di Falcom, yaitu perusahaan permainan video. Di sana, ia memiliki tugas untuk membuat desain grafis termasuk konten web dan membuat video klip untuk permainan. Makoto Shinkai bekerja di Falcom selama 5 tahun.

Dalam periode ini, Shinkai bertemu dengan seorang musisi bernama Tenmon, yang kemudian akan berkolaborasi dengannya di beberapa film yang dibuatnya. Pada tahun 1999, Makoto Shinkai merilis animasi pendek berdurasi lima menit berjudul She and Her Car. Animasi ini ia buat dalam monokrom atau hitam putih.

Animasi She and Her Cat berhasil memenangkan sejumlah penghargaan, salah satunya adalah grand prize pada kontes DoGA CG Animation tahun 2000. Animasi She and Her Cat mengisahkan tentang kehidupan seekor kucing bersama dengan wanita muda yang menjadi sosok pemiliknya. Seluruh kisah ini menggunakan sudut pandang dari si kucing.

Setelah berhasil memenangkan grand prize, Makoto Shinkai kembali melanjutkan pekerjaannya di Falcom. Beberapa bulan kemudian, tepatnya pada bulan Juni 2000, Makoto Shinkai mendapat inspirasi untuk memulai Voices of a Distant Star dengan menggambar sosok gadis di kokpit yang sedang menggenggam ponsel. Tak lama setelah itu, Shinkai dihubungi oleh Mangazoo, yang menawarkannya untuk bekerja sama.

Mangazoo memberikan penawaran kesempatan untuk mengubah ide Shinkai itu menjadi sebuah anime yang bisa mereka jual. Pada bulan Mei 2001, Makoto Shinkai akhirnya berhenti dari pekerjaannya di Falcom, dan ia mulai bekerja untuk Voices. Dalam sebuah wawancara, Makoto Shinkai menyatakan bahwa produksinya memakan waktu sekitar tujuh bulan.

Voices of a Distant Star diikuti dengan produksi film anime yang berjudul The Place Promised in Our Early Days, yang berdurasi 90 menit. Film anime ini dirilis secara nasional pada tanggal 20 November 2004 di Jepang. Film The Place Promised in Our Early Days berhasil sukses dan memenangkan banyak penghargaan.

Proyek Shinkai selanjutnya adalah film yang berjudul 5 Centimeters per Second, yang resmi tayang pada tanggal 3 Maret 2007. Film ini terbagi menjadi tiga film pendek yang berjudul Cherry Blossom, Cosmonaut, dan 5 Centimeters Per Second, yang total durasinya ketika digabungkan adalah 63 menit. Pada bulan September 2007, surat kabar terkemuka di Nagano, yakni Shinano Mainichi Shinbun, merilis sebuah iklan TV animasi yang dibuat oleh Makoto Shinkai.

Selain mengerjakan proyek-proyek miliknya sendiri, Makoto Shinkai juga membantu dalam pembuatan animasi film pembuka dalam novel visual untuk Minori, sebuah perusahaan yang memproduksi novel visual. Makoto Shinkai menghabiskan tahun 2008 untuk beristirahat di London. Lalu, pada tahun 2009 ia kembali ke Jepang untuk mulai mengerjakan proyek berikutnya.

Makoto Shinkai merilis dua gambar konsep untuk film berjudul Children Who Chase Lost Voices from Deep Below pada bulan Desember 2009. Makoto Shinkai menyatakan bahwa film ini akan menjadi film paling panjang dari film-film animasi yang pernah ia produksi. Film Children Who Chase Lost Voices from Deep Below akan menyajikan cerita yang “hidup” dengan menampilkan aksi, petualangan, dan asmara yang berpusat pada seorang gadis ceria dan bersemangat, yang sedang dalam sebuah perjalanan untuk mengucapkan perpisahan.

Film Children Who Chase Lost Voices from Deep Below resmi dirilis pada tanggal 7 Mei 2011. Beberapa film karya Makoto Shinkai yang lain, yaitu Kotonoha no Niwa yang dirilis pada 31 Mei 2013, Kimi No Nawa yang dirilis pada tanggal 26 Agustus 2016, dan Weathering With You resmi rilis pada tanggal 19 Juli 2019.

Sinopsis Novel Your Name

Mitsuha Miyamizu adalah seorang gadis SMA yang memiliki kehidupan tradisional. Mitsuha tinggal di Desa Itomori yang berlokasi di daerah pegunungan, dan masih kental dengan budaya Jepang klasik. Suatu hari, Mitsuha merasa bosan dengan kehidupannya di desa, dan ia memiliki harapan sekilas untuk terlahir menjadi orang lain. Figur yang ia impikan yaitu seorang laki-laki tampan yang tinggal di Tokyo.

Cerita berpindah ke Tokyo, di mana di sana ada seorang laki-laki tampan yang bernama Taki Tachibana. Taki baru saja terbangun dari tidurnya. Namun, jiwa yang mengisi tubuh tampannya itu adalah Mitsuha Miyamizu. Di sisi lain, di Desa Itomori, tubuh cantik Mitsuha Miyamizu terbangun dengan berisikan jiwa Taki Tachibana.

Entah apa penyebabnya, Mitsuha dan Taki saling bertukar raga dalam mimpinya masing-masing. Pertukaran raga yang membingungkan ini pada awalnya tidak permanen, tetapi terjadi secara acak beberapa kali. Oleh karena itu, Taki dan Mitsuha sempat mengira bahwa pertukaran tubuh itu hanya sekedar mimpi. Sampai akhirnya, mereka menyadari bahwa itu adalah hal yang nyata.

Mereka kemudian saling berkomunikasi dengan menuliskan catatan pada kertas dan memo di ponsel mereka. Keduanya berjanji untuk saling menolong kehidupan satu sama lain. Mitsuha dan Taki sama-sama mencoba untuk belajar dari sosok raga yang menaungi jiwa mereka itu.

Kelebihan Novel Your Name

Makoto Shinkai mampu menyajikan ide cerita yang sangat menarik, di mana kisah ini menyajikan fantasi akan dua orang yang raganya tertukar. Berawal dari ide cerita ini, Shinkai kemudian menghadirkan berbagai komplikasi cerita yang menarik, unik, dan pastinya terus membuat pembaca merasa penasaran untuk mengetahui kelanjutan kisah ini.

Novel Your Name yang memiliki total 336 halaman ini mampu membawa pembaca menempuh perjalanan psikologis yang menyentuh. Kisah ini banyak berkutat dengan konflik batin yang mendalam, juga menyajikan renungan-renungan psikologis. Maka dari itu, novel ini akan cocok dibaca oleh para remaja yang sedang dalam masa pencarian jati diri.

Makoto Shinkai mengemas kisah yang rumit ini dengan seru, lucu, konyol, mengharukan, dan misterius. Pembaca dapat merasakan berbagai emosi saat membaca kisah ini. Secara keseluruhan, kisah Your Name ini sangat menarik dan wajib untuk kalian ikuti.

Kekurangan Novel Your Name

Pembaca menemukan bahwa untuk membaca kisah ini diperlukan energi ekstra, karena kisah pertukaran tubuh antara Taki dan Mitsuha kerap kali membuat pembaca bingung, karena tidak terlalu jelas penggambaran siapa yang sedang di dalam tubuh siapa. Selain itu, kisah ini memiliki perbedaan garis waktu yang menambah kerumitan kisah ini.

Terdapat beberapa bagian cerita yang dinilai eksplisit dan tidak patut untuk dicontoh. Maka itu, novel Your Name ini sebaiknya dibaca oleh mereka yang sudah cukup dewasa, sesuai dengan rate yang tertera di bagian belakang buku ini, yaitu untuk usia 15 tahun ke atas.

Pesan Moral Novel Your Name

Kisah ini menyadarkan kita untuk hendaknya selalu mensyukuri segala hal yang kita miliki sekarang. Jangan pernah menyia-nyiakan apa yang telah kita miliki sekarang. Hargai, jaga, dan rawat segala hal yang kamu miliki. Mulai dari dirimu sendiri, mencakup jiwa dan ragamu, benda-benda yang kamu miliki, dan orang lain yang kamu sayangi.

Dalam hidup ini, terdapat hal-hal yang tidak bisa dijelaskan. Hal-hal yang mau tidak mau harus kita terima saja. Dalam menghadapi hal-hal seperti itu, hal-hal yang dikatakan sebagai takdir, kita harus membuka pikiran dan menerima segalanya dengan pikiran positif. Hendaknya kita juga selalu berjuang dan pantang menyerah.

Apakah Mitsuha dan Taki akan bertemu dan mampu kembali ke raganya masing-masing? Cari tau jawabannya sendiri dengan mendapatkan novel Your Name karya Makoto Shinkai ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel