in

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan, Bikin Kangen Sahabat!

Pexels.com

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan – Menghabiskan waktu dengan teman, atau mengenang momen berbahagia dengan mereka memang selalu menyenangkan. Apalagi saat masa remaja yang sebagian besar kita habiskan bersama kawan. Selalu ada momen menyenangkan yang pasti menarik untuk diingat.

Setiap canda, tawa, kesedihan yang biasa kita tumpahkan pada sahabat menjadi momen yang mendewasakan. Rasanya banyak hal menarik yang terjadi selama kita bersama mereka. Banyak momen yang dilalui termasuk momen membahagiakan, hingga momen sedih. Belum lagi sejumlah cerita lucu yang selalu membuat kita ingin kembali ke masa itu, juga membuat pertemanan menjadi semakin berharga.

Ketika itu semua sudah melewati masanya, akan ada banyak kenangan indah yang membuat hidup manusia menjadi berarti. Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kondisi pertemanan juga sedikit banyak membentuk karakter kita ketika dewasa.

Dari banyak fase hidup kita, saat remaja, atau bagi kamu yang sudah melewatinya, tidak bisa kita pungkiri bahwa nuansa remaja selalu identik dengan persahabatan. Bahkan, sebagian besar memiliki momen persahabatan yang jauh lebih lama, misalnya ketika usia sudah kepala dua, tiga, bahkan empat.

Artikel kali ini akan menyajikan beberapa rekomendasi novel tentang persahabatan yang pastinya akan membuat Grameds mengenang kisah-kisah tak terlupakan bersama para sahabat. Grameds bisa membaca sampai habis untuk mengetahui apa saja novel tentang persahabatan ini.

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Dari banyak kisah, cerita tentang persahabatan selalu menarik untuk menjadi topik bahasan terutama dalam novel. Maka, tidak heran jika banyak penulis yang mengangkat tema ini dalam novel mereka.

Jika kamu termasuk salah satu yang tertarik dengan tema persahabatan, kisah-kisah coming of age yang ringan dan menarik, maka novel tentang persahabatan berikut mungkin bisa jadi rekomendasi untukmu.

1. Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Membahas mengenai novel tentang persahabatan, tentu novel pertama yang wajib kamu masukan ke dalam daftar adalah Laskar Pelangi. Novel pertama karya Andrea Hirata ini telah mendulang sukses besar yang mengharumkan nama penulisnya.

Kisah pertemanan yang harmonis dan tulus dari 11 anak-anak yang tinggal di Belitong ini tergambarkan dengan ‘apik’ dalam novel ini. Cerita berfokus pada tiap karakter dengan latar belakang keluarga yang berbeda-beda namun memiliki semangat akan menuntut ilmu yang sama.

Besarnya kemauan mereka demi menenggak ilmu pendidikan di sekolah yang nyaris digusur itu membuat para pembaca terheran-heran. Sebelas anak dengan kehidupan yang miskin ini meskipun mengalami banyak kesulitan, mereka tetap rajin berangkat ke sekolah dan memupuk diri dengan ilmu pengetahuan.

Supaya mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpi mereka. Ada Lintang yang sanggup mengayuh sepeda sejauh 80 kilometer pulang-pergi demi menambah belajar di sekolah yang hampir roboh. Ada pula Mahar yang bekerja sebagai pesuruh parut kelapa, meskipun dianggap aneh dan penghayal, tapi memiliki kreatifitas yang begitu tinggi sehingga mampu mewujudkan festival 17 Agustus yang meriah.

Semangat sebelas anak ini yang amat membuat kita merasa miris karena keinginan mereka yang kuat akan pendidikan. Meskipun mereka hanyalah anak kecil dengan kehidupan yang minim, namun memiliki mimpi yang lebih besar dan lebih luas dari dunia yang mereka tinggali.

Kisah mereka meskipun sudah diadaptasi ke layar lebar, tetap bisa kamu nikmati dalam versi novelnya, disini.

2. 5 cm Karya Donny Dhirgantoro

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Membahas mengenai persahabatan, maka novel yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Kendati publikasinya sudah sejak 2013 lalu, novel 5 cm karya Donny Dhirgantoro ini masih sulit terlupakan. Dengan mengangkat tema persahabatan lima orang, kisah kelima sahabat ini masih membekas di benak kita hingga saat ini.

Novel yang terinspirasi dari kisah nyata penulisnya, ini menceritakan kisah lima sahabat yang telah berteman selama belasan tahun dan selalu bersama selama itu. Tidak ada satu weekend pun yang dilewati tanpa mereka.

Genta, Zafran, Riani, Ian dan Arial lima sahabat yang tumbuh bersama dan saling melengkapi. Hingga pada satu titik, mereka merasa jenuh dengan zona nyamannya yang tidak pernah ada perkembangan. Dengan kesibukan mereka masing-masing, rupanya kelimanya merasa tidak memiliki lingkup lain selain teman mereka.

Untuk itu, akhirnya mereka memutuskan menjaga jarak satu sama lain selama 3 bulan dan fokus untuk keluar dari zona nyaman mereka. Memberikan waktu untuk diri mereka sendiri supaya berkembang dan meraih hal-hal yang belum tercapai dan tenggelam dalam pekerjaan.

Hingga pada akhirnya, mereka memutuskan bertemu lagi untuk pertama kalinya dengan melakukan perjalanan jauh yang belum pernah ditempuh. Semeru, adalah tujuan mereka sebagai perayaan atas kerinduan terhadap sahabat dan dunia luar.

Yang menjadi highlight novel ini adalah keseruan perjalanan lima sahabat yang memiliki perbedaan karakter ke puncak mahameru yang agung. Perjalanan yang intens, indah dan penuh haru mengisi sebagian novel. Belum lagi semua kelucuan khas lima kawan yang selalu membuat pembaca tidak bisa berhenti membaca.

Novel ini menjadi novel terbaik bagi kamu yang mencari kisah persahabatan dengan petualangan yang membuatmu ingin ikut mendaki bersama mereka. Penasaran kisah lengkapnya? Baca bukunya di sini.

3. Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Belum puas dengan kisah persahabatan yang penuh petualangan? Mungkin kisah pertemanan enam sahabat yang tinggal di Pondok Madani ini bisa masuk top list rekomendasi novel tentang persahabatan untuk jadi bacaan kamu selanjutnya. Jika mengangkat kisah pertemanan sudah menjadi hal umum, maka tidak dengan novel yang satu ini.

Negeri 5 Menara karya A. Fuadi ini merupakan salah satu buku terlaris sejak pertama kali dipublikasikan. Kisah persahabatan 6 orang yang berasa dari latar belakang daerah begitu berbeda, namun bisa menjadi satu dan memahami.

Alif dari Maninjau, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Raja dari Medan, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa. Kisah berawal dari Alif yang secara tiba-tiba harus menjalani kehidupan sebagai anak pondok pesantren.

Sang ibunda ingin dirinya seperti Buya Hamka, padahal dia sendiri menginginkan bisa menjadi seseorang seperti Habibie. Sesampainya di Pondok Madani, rupanya kehidupan pesantren disana jauh dari apa yang dia bayangkan.

Alif yang terkesima dengan semua hal-hal ‘baru’ disana menyadari betapa hebatnya orang-orang disini. Saluran tv menyiarkan pertandingan bola dengan bahasa arab, anak-anak mengigau dalam bahasa inggris dan masih banyak hal menarik lain bagi Alif.

Keseruan kehidupan pondok semakin menarik lagi ketika Alif bertemu dengan kelima sahabatnya yang memberikan suasana baru. keenam sahabat yang selalu menghabiskan waktu bersama di menara, sembari menikmati senja dan membayangkan impian mereka.

Jika kamu tertarik membaca kisah persahabatan tentang menggapai impian, maka buku ini layak masuk wishlist kamu!

4. Almond Karya Sohn Won Pyung

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Bergerak ke novel terjemahan, kisah persahabatan yang tidak kalah menarik datang dari Korea Selatan. Almond hadir sebagai bacaan yang indah dan mengharukan, tentang sebuah persahabatan yang terbentuk karena kebiasaan.

Novel karya Sohn Won Pyung ini menceritakan tentang karakter utamanya, Yoonjae seorang anak lelaki penderita kelainan pada otaknya yang disebut alexitimia. Sebuah kondisi dimana seseorang menjadi ‘mati rasa’ karena tidak dapat merasakan emosi apapun, dan tidak bisa merasakan sakit.

Sehingga Yoonjae bahkan tidak pernah menunjukan satu ekspresi pun selama hidupnya. Kelainan yang telah dideritanya dari lahir ini tentu menghadirkan banyak kesulitan bagi dirinya dan orang disekitarnya. Kehidupan Yoonjae yang tidak lepas dari cibiran tetangga dan teman-temannya membuat hati ibu dan neneknya sakit.

Tapi tidak bagi Yoonjae. Dia yang tidak bisa merasakan apapun tidak pernah merasakan kesulitan dan sakit hati layaknya ibu dan neneknya. Yoonjae bahkan tidak bisa merasakan sakit, meski tubuhnya berkali-kali dihantam pukulan atas bullying dari teman-teman sekolahnya.

Hingga pada suatu waktu, Yoonjae harus dihadapkan pada kenyataan bahwa neneknya meninggal dan ibunya koma. Yoonjae sebatang kara yang tak bisa merasakan apapun harus bisa memahami situasi dan melanjutkan kehidupannya.

Meskipun kini dia tidak punya seorangpun yang bisa mendengar ceritanya, dan hal ini akhirnya memicu rasa kesepian pada dirinya. Yoonjae hanya tahu Gon, seorang teman lelaki yang kerap mem-bully dirinya.

Yoonjae hanya punya Gon untuk menyampaikan cerita dalam hatinya. Meskipun penuh kebencian, Gon akhirnya perlahan memahami alasan Yoonjae begitu ‘bodoh’ karena selalu kembali padanya meski telah dia pukuli.

Lewat Gon, Yoonjae mulai memahami sedikit demi sedikit perasaan. Bagi Gon, Yoonjae rupanya bisa mengisi kekosongan hatinya yang selama ini penuh amarah, akibat kehidupan di rumahnya yang tidak kondusif. Dari situasi yang buruk, keduanya menemukan sedikit warna yang mungkin selama ini mereka rindukan. Jika kamu penasaran dengan kelanjutan kisah keduanya, kamu bisa membacanya disini.

5. The One and Only Ivan Karya Katherine Applegate

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Rekomendasi novel tentang persahabatan selanjutnya adalah buku berjudul The One and Only Ivan. Persahabatan tidak melulu membahas tentang hubungan manusia atau gender saja, tapi juga bisa terjalin antara makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya. Novel karya Katherine Applegate ini menceritakan tentang Ivan sebagai seekor gorila punggung perak yang sudah hidup di penangkaran di Big Top Mall untuk waktu lama.

Menariknya, novel ini dijelaskan dari sudut pandang Ivan sendiri sebagai karakter utama. Ivan bersama kawan seperjuangannya yakni Stella seekor gajah, dan Bob seekor anjing laut. Stella sebagai seekor gajah, dirinya memiliki memori yang amat panjang.

Sehingga dia masih bisa mengingat jelas, tempat tinggalnya dahulu dan apa saja trik-trik yang diajarkan padanya. Namun sayangnya Stella sebagai gajah tua memiliki cedera di kakinya untuk waktu yang sama, hingga akhirnya dia menyerah dan meninggal.

Sebelum meninggal, Stella sempat mengajarkan trik-trik pada gajah muda bernama Ruby. Namun belum selesai Stella mengajari Ruby, dirinya sendiri justru bersusah payah dengan penyakitnya yang kian memburuk.

Setelah Stella meninggal, Ivan yang pernah memegang janjinya pada Stella untuk menjaga Ruby pun pada akhirnya menepati janji. Ivan sangat protektif dan terus menjaga Ruby. Terlebih lagi ketika dia menyadari adanya pelecehan pada Ruby oleh George.

Menariknya, buku yang ditulis dari sisi dan sudut pandang Ivan sendiri, membuat pembaca selangkah lebih dekat dengan karakte Ivan.

Oleh karena itu, apabila kamu tertarik dengan kisah serupa maka kamu bisa mendapatkan bukunya, disini!

6. Of Mice and Man Karya John Steinbeck

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Sebenarnya kisah persahabatan sudah menjadi tema yang lama dan banyak digunakan. Seperti dalam novel of Mice and Men ini yang mengangkat persahabatan yang erat antara dua lelaki ini. novel karya John Steinbeck ini juga ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya.

Of Mice and Man atau lebih familiar dengan judul Tikus dan Manusia, menceritakan tentang dua sahabat bernama George Milton dan Lennie Small. George merupakan seorang pria cerdas, yang tidak memiliki latar belakang pendidikan. Di sisi lain, Lennie juga hanyalah lelaki besar yang terlalu kuat, untuk tubuh yang memiliki cacat.

Keduanya sudah berteman sejak bekerja ditempat yang sama, George melindungi Lennie yang secara tidak sengaja selalu meninggalkan masalah. Keduanya memiliki mimpi yang sederhana, baik George ataupun Lennie hanya ingin memiliki sebuah peternakan. Dengan banyak kelinci, karena Lennie suka mengelus hewan berbulu itu.

Keduanya pindah, ke sebuah peternakan dan bertemu Curley dan istrinya yang provokatif, mereka juga bertemu Slim dan Carlson. Dari banyaknya permasalahan yang ditimbulkan Lennie, dia kembali secara tidak sengaja membunuh, sehingga menimbulkan permasalahan yang membuatnya diburu polisi.

Di situ hanya George yang memahami Lennie, dan George dengan berat hati harus membuat Lennie menghentikan dirinya dari membuat masalah. Dia sadar bahwa Lennie hanyalah pria besar dengan hati yang tulus, hanya saja karena keistimewaannya itu membuatnya selalu diliputi masalah.

Kisah George dan Lennie ini adalah persahabatan yang tulus dan penuh haru, yang begitu menarik bagi kamu pecinta kisah dramatis. Tertarik membaca kisah mereka, ikuti kisah selengkapnya disini!

7. Turtles All The Way Down Karya John Green

Rekomendasi Novel Tentang Persahabatan

Rekomendasi novel tentang persahabatan selanjutnya adalah salah satu novel terpopuler yang datang dari penulis Fault in Our Stars. Setelah sukses besar dengan Fault in Our Stars, novel keenam John Green ini kembali menyentuh hati pembaca dengan kisah remaja yang menarik. Cerita Turtles All The Way Down ini berpusat pada Aza Holmes, gadis remaja yang mengidap Obsessive Compulsive Disorder yang membuatnya cemas sepanjang waktu tentang kebersihan dan sibuk menghindari bakteri C.diff.

Sepanjang novel ini kita akan tenggelam dalam isi kepala Aza yang cemas akan banyak hal, dan membuat masa remajanya terganggu. Aza yang sibuk mengganti plester pada tangannya supaya terhindar bakteri, kini kembali disibukkan dengan kenyataan bahwa ayah Davis menghilang.

Novel ini menceritakan banyak kisah seputar Aza dan Daisy yang bersahabat, keduanya bersama David sibuk mencari cara menemukan ayahnya. Belum lagi kisah percintaan Aza pada David yang semakin membuat cerita pada novel ini menjadi menarik.

John Green terkenal sebagai penulis yang gemar menceritakan kisah coming of age tentang seorang gadis yang mengalami struggle di masa remajanya. Jika kamu tertarik membaca kisah Aza, maupun karya John Green lainnya seperti Paper Towns bisa kamu dapatkan disini!

Kisah persahabatan yang terjalin di antara remaja, orang tua, bahkan hewan sekalipun selalu membawa perasaan yang hangat di hati kita. Sebab, kita semua pasti pernah mengalaminya dengan versi kita sendiri.

Oleh karena itu, banyak dari kisah-kisah ini yang terus diabadikan dalam karya tulisan, atau menginspirasi sebagian orang untuk membuat versi cerita dengan bumbu yang lebih manis. Sebenarnya ada masih banyak kisah persahabatan yang digambarkan dalam berbagai genre buku.

Seperti Tere Liye yang terkenal dengan kisah tiga sahabat dalam seri buku Bumi, Bulan, hingga Nebula. Atau kisah petualangan yang terkenal seperti Harry Potter, cerita pertemanan berlatar sekolahan seperti novel-novel dengan genre teenlit juga bisa menjadi referensi kamu.

Kisah-kisah ini selalu menarik untuk dikembangkan dan menjadi bahan bacaan yang tepat untuk menemani hari-harimu. Grameds, yang mana novel persahabatan favorit kamu? cari tahu kisah tentang persahabatan lainnya di Gramedia, yuk!

Beberapa rekomendasi novel tentang persahabatan ini bisa Grameds dapatkan di gramedia.com. Kamu akan memiliki informasi #LebihDenganMembaca buku-buku dari Gramedia. Sebab sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk-produk terbaik.

Penulis: Inka

Written by Ananda