in

Review Novel Areksa Karya ItaKrn

Novel Areksa ditulis oleh ItaKrn atau Ita Kurniawati, seorang siswi MAN 1 Pati, Jawa Tengah. Novel Areksa diterbitkan oleh penerbit AKAD pada bulan Mei 2021, dan memiliki total 316 halaman. Sebelum diterbitkan, kisah Areksa pertama kali dipublikasi di platform Wattpad pada bulan Februari 2021.

Novel ini sangat sukses menarik hati banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan sampai hari ini, per bulan Juni 2022, kisah Areksa telah dibaca sebanyak 24,5 juta kali di Wattpad. Tentunya, banyak juga yang menantikan kisah Areksa diterbitkan menjadi sebuah novel. Maka itu, novel Areksa kemudian berhasil menjadi salah satu novel best seller yang telah terjual lebih dari lima belas ribu eksemplar.

Novel Areksa merupakan novel fiksi yang mengisahkan tentang seorang lelaki tampan, keras, menakutkan, tetapi bijaksana yang bernama Areksa Dirgantara. Di mata banyak orang, Areksa Dirgantara memang dinilai hampir sempurna. Ditambah lagi, Areksa juga merupakan Ketua OSIS di SMA Taruna Bakti sekaligus wakil ketua dari DIAMOND GANG.

Namun, di mata seorang gadis bernama Ilona, Areksa merupakan sosok lelaki yang agresif, manja, dan romantis. Pertemuan mereka bermula ketika di masa kecil Ilona, ia harus mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan dari keluarganya. Dan Areksa adalah orang pertama yang menemani di samping Ilona.

Lambat laun, mereka menyadari bahwa terdapat banyak masalah yang harus mereka lalui. Mulai dari teror yang datang ke Ilona, perpecahan persahabatan, sampai tumbuh rasa lain di antara mereka. Namun, mereka harus berhadapan dengan dua pilihan, yang mana mereka harus memilih untuk mengorbankan keimanan mereka atau mengorbankan perasaan mereka.

Sebab, Areksa dan Ilona memiliki keyakinan yang berbeda. Apakah Areksa dan Ilona sanggup melewati segala masalah yang menimpa mereka berdua? Temukan jawabannya hanya dengan mendapatkan novel Areksa ini di Gramedia.com.

Profil Ita Kurniawati – Penulis Novel Areksa

Sumber foto: today.line.me

Ita Kurniawati merupakan seorang gadis asal Indonesia yang lahir pada tanggal 10 Desember 2003. Saat ini, Ita Kurniawati baru berusia 18 tahun. Ita Kurniawati merupakan warga Dukuh Jatisari, Desa Gempolsari, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Ita mempunyainama pena ItaKrn dan MartabakKolor. Nama ItaKrn menjadi nama yang dicantumkan Ita dalam karyanya yang diterbitkan. Sedangkan, nama MartabakKolor menjadi nama yang dipakainya dalam aplikasi Wattpad. Ita sering dipanggil oleh para pembacanya dengan sebutan Buna, Bulor, dan Bunny.

Awal Ita mengenal dunia kepenulisan adalah karena sering membaca di aplikasi Wattpad. Dari situ, Ita belajar untuk menulis secara otodidak. Ita juga pernah mencoba untuk mengikuti sayembara penulisan bersama sejumlah temannya.

Tak disangka, Ita berhasil menjadi juara di sayembara tersebut. Hal ini mendorong Ita untuk melanjutkan menulis dan mulai menekuninya. Ita mulai membuat karya dengan menulis sejak duduk di bangku kelas 8 Madrasah Tsanawiyah (MT), tapi belum ada karyanya yang diterbitkan.

Ita mempunyai beberapa kendala dalam menekuni dunia kepenulisan. Pada awal karir kepenulisannya, Ita tidak memiliki laptop yang membuatnya harus menulis menggunakan handphone. Menatap layar kecil handphone dalam jangka waktu yang cukup lama seringkali membuat matanya sakit.

Ia juga sering menumpang di rumah tetangga untuk mendapatkan jaringan wifi saat menulis, demi menghemat kuota. Ita juga pernah ditipu oleh oknum yang mengaku penerbit dan akan menerbitkan karyanya. Meski perjalanan karirnya dipenuhi kendala dan Ita juga sempat diremehkan, Ita tidak menyerah dan semangat menekuni karirnya. Semangatnya itu timbul dari dukungan dari ibu dan juga teman-temannya.

Ita sempat berhenti menulis di kelas 9 karena ingin fokus menghadapi ujian kelulusan. Ita mulai melanjutkan menulis karyanya ketika meneruskan studinya di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1, Pati, Jawa Tengah pada akhir tahun 2019. Karya pertama Ita yang berjudul Areksa telah dimuat di aplikasi Wattpad pada bulan Februari 2021 lalu. Areksa mengisahkan tentang lika-liku perjalanan panjang kisah cinta Areksa dan Ilona yang memiliki agama berbeda.

Novel Areksa telah diterbitkan secara fisik pada bulan Mei 2021. Novel Areksa ini sukses menarik hati banyak orang dan menjadi novel best-seller. Hingga saat ini, Novel Areksa sudah dibaca lebih dari 24 juta kali di Wattpad dan telah terjual sebanyak lima belas ribu eksemplar.

Karya kedua Ita yang berjudul Samuel terbit pada bulan Oktober 2021. Novel Samuel menceritakan tentang perjalanan cinta Samuel Erlangga dan Azura yang berlika-liku dan diwarnai oleh kekelaman akibat trauma, dan ancaman yang membahayakan nyawa Azura.

Novel Samuel karya kedua Ita ini juga meraih kesuksesannya dengan menjadi novel best-seller dengan penjualan pre-order terbaik dan tercepat, yakni 20.000 eksemplar dalam kurun waktu 120 menit. Selain itu, hingga saat ini, Novel Samuel saat ini sudah dibaca oleh 10 juta 300 orang di aplikasi Wattpad.

Sinopsis Novel Areksa

Areksa Dirgantara dan Ilona memang sudah bersahabat sejak mereka masih kecil. Mereka berdua sangat dekat dan sudah mengenal segala sisi yang dimiliki satu sama lain. Areksa sampai menganggap bahwa Ilona adalah perempuan paling cantik kedua setelah sang ibunda.

Ilona dan Areksa bagai dua sejoli yang tak bisa dipisahkan. Mereka selalu pergi kemana-mana berdua. Mulai dari pergi ke sekolah, hingga mereka juga tak jarang pulang ke rumah satu sama lain.

Kedekatan mereka berdua bagaikan sepasang kekasih. Mereka tak segan untuk memberikan kontak fisik seperti memeluk, atau menyatakan bahwa mereka menyayangi satu sama lain. Areksa Dirgantara yang dikenal sebagai seseorang yang tegas, menakutkan, dan keras, akan berubah seratus delapan puluh derajat ketika bersama Ilona.

Bagi Ilona, sang Ketua OSIS dan wakil ketua Geng Diamond itu adalah sosok cowok yang agresif, manja, dan romantis. Mungkin di antara kalian ada yang bingung, mengapa seorang anggota geng motor yang notabene nakal, bisa menjadi ketua OSIS SMA Taruna Bakti?

Hal ini dikarenakan Areksa adalah sosok yang disegani oleh banyak orang, termasuk murid-murid yang bandel. Maka itu, banyak guru juga percaya bahwa Areksa mampu mengatur seluruh murid dengan baik.

Areksa dan Ilona sebenarnya sama-sama mengetahui bahwa mereka saling menyukai satu sama lain. Namun, mereka juga menyadari bahwa mereka memiliki perbedaan keyakinan. Maka itu, mereka tidak akan bisa bersatu sebagai pasangan.

Suatu ketika, berbagai masalah mulai menimpa keduanya. Tidak hanya masalah perbedaan keyakinan yang selalu mengekang perasaan cinta mereka saja. Mulai muncul masalah baru, seperti Ilona yang mendapatkan teror, sampai hubungan persahabatan Ilona dan Areksa yang mulai merenggang.

Apakah Ilona dan Areksa mampu mempertahankan hubungan mereka dari segala masalah yang ada? Bagaimana kelanjutan hubungan mereka? Apakah mereka memilih untuk mengkhianati perasaan mereka sendiri? Atau mengkhianati keyakinan mereka?

Review Novel Areksa

Kelebihan Novel Areksa

Ita Kurniawati menuliskan novel Areksa ini dengan gaya bahasa yang mudah untuk dipahami. Ita menggunakan gaya bahasa sehari-hari yang tidak formal, yang juga merupakan gaya bahasa para remaja. Maka itu, gaya bahasa dan penulisan Ita Kurniawati ini dinilai sangat sesuai dengan target pembaca kisah ini, yakni para remaja.

Latar, karakter tokoh, dan kisah dalam novel Areksa ini sangat relevan dengan kehidupan nyata para pembaca yang umum ditemui. Hal ini menjadikan para pembaca mudah untuk mengimajinasikan kisah-kisah yang tertulis dalam novel ini. Alur kisah Areksa ini juga dinilai sangat mengalir, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Novel Areksa ini tidak hanya mengisahkan tentang kisah cinta remaja saja, tetapi juga mengangkat kisah persahabatan, isu keluarga, dan keimanan. Hal ini membuat novel ini sarat akan makna.

Kekurangan Novel Areksa

Dalam novel Areksa ini terdapat sejumlah kata kasar. Hal ini menjadikan novel Areksa ini perlu dibaca secara bijak dan lebih cocok untuk dibaca oleh mereka yang berusia lebih dari 15 tahun.

Beberapa pembaca merasa bahwa ukuran tulisan novel Areksa ini terbilang cukup kecil. Hal ini menjadi sebuah kendala bagi sebagian pembaca dalam membaca novel ini.

Pesan Moral Novel Areksa

Ada berbagai hal di dunia ini yang tidak bisa kita kendalikan. Hal-hal seperti perbedaan keyakinan, yang membatasi seseorang untuk bersama dengan orang yang dicintainya. Namun, kendala ini bukan berarti tak bisa diatasi. Anda memiliki pilihan untuk menghadapi kondisi itu.

Memilih untuk mengorbankan keyakinan atau memilih untuk melepaskan orang yang dicintai. Jika mengorbankan keyakinan juga tidak bisa secara umum dilabeli bahwa seseorang itu mengkhianati Tuhan. Sebab, kembali lagi Tuhan hanya satu. Keyakinan hanya perbedaan dalam cara mengimani saja. Jadi, kita tidak bisa menghakimi orang lain.

Jika kalian penasaran akan kelanjutan kisah Areksa dan Ilona, kalian bisa segera dapatkan novel Areksa karya ItaKrn ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel