in

Review Novel 12 Cerita Glen Anggara

12 Cerita Glen Anggara adalah sebuah novel yang ditulis oleh Luluk HF, penulis ternama asal Indonesia. Kisah 12 Cerita Glen Anggara merupakan sempalan dari novel best seller karya Luluk HF yang terbit pada tahun 2018, yakni Mariposa. Novel 12 Cerita Glen Anggara pertama kali diterbitkan pada tahun 2019.

Layaknya kisah Mariposa yang diadaptasi menjadi film dan sukses menjadi film yang sangat populer, kisah 12 Cerita Glen Anggara juga diadaptasi ke dalam bentuk film dengan judul yang sama. Kisah 12 Cerita Glen Anggara merupakan kisah cinta remaja yang memiliki konflik yang unik.

Luluk HF merupakan penulis yang aktif mengunggah karyanya di platform Wattpad. Seluruh karyanya yang telah diterbitkan juga pada awalnya dipublikasi di Wattpad, termasuk juga kisah 12 Cerita Glen Anggara. Kisah 12 Cerita Glen Anggara hingga saat ini, per bulan Juni 2022 telah dibaca sebanyak 8,4 juta kali di Wattpad.

Novel 12 Cerita Glen Anggara mengisahkan tentang Glen Anggara yang merupakan anak tunggal dari keluarga kaya raya. Namun, Glen memiliki tingkat kepandaian yang bisa dibilang di bawah rata-rata. Glen sangat menyukai kebebasan, ia hanya ingin melakukan segala hal yang dapat membuatnya merasa bahagia. Glen memiliki sikap yang absurd dan menyebalkannya yang selalu saja membuat orang di sekitarnya naik darah.

Pada suatu hari, Glen bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Shena. Gadis itu memiliki wajah yang pucat, dan ia tiba-tiba saja meminta Glen untuk menjadi kekasihnya. Glen yang tidak mengenal gadis itu tentu saja langsung menolaknya, dan menganggap bahwa Shena adalah orang yang aneh dan gila.

Namun, pada pertemuan kedua Glen dan Shena, Glen tak sengaja menemukan secarik kertas milik Shena yang berisi tulisan dua belas daftar keinginan sebelum senja terbenam. Sebenarnya, apa saja kedua belas keinginan Shena itu? Apa yang dilakukan oleh Glen setelah mengetahui dua belas harapan milik gadis yang ia anggap aneh dan gila itu?

Apakah anda siap untuk menyelami kisah komedi romantis yang dibumbui taburan pemicu air mata? Jika ya, novel 12 Cerita Glen Anggara siap juga menemani hari kalian yang indah. Jangan lupa segera dapatkan hanya di Gramedia.com.

Profil Luluk HF – Penulis Novel 12 Cerita Glen Anggara

Sumber foto: Instagram @luluk_hf

Hidayatul Fajriyah atau lebih akrab dikenal dengan nama Luluk HF merupakan wanita kelahiran Lamongan, Jawa Timur, yang lahir pada tanggal 14 Juni 1995. Luluk HF saat ini baru berusia 28 tahun. Luluk HF merupakan salah satu penulis yang aktif mempublikasikan karya tulisnya di platform Wattpad.

Luluk HF menempuh pendidikan tinggi dengan mengambil Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis di Universitas Muhammadiyah, Malang. Luluk HF pertama kali terjun ke dunia kepenulisan pada tahun 2010. Ia mulai menekuni dunia kepenulisan dari keisengannya untuk menulis di blog dan juga note Facebook. Luluk HF kemudian mulai bergabung menjadi penulis di Wattpad sejak tahun 2013, dengan nama akun @Luluk_HF.

Hingga saat ini, akun Wattpad Luluk HF telah memiliki sejumlah 599 ribu pengikut. Seluruh karya yang dipublikasikannya di Wattpad selalu berhasil mencuri perhatian banyak orang. Salah satu karyanya yang sangat populer adalah Mariposa, yang sudah dibaca sebanyak lebih dari 100 juta kali di Wattpad. Kisah Mariposa juga berhasil diadaptasi menjadi film yang memiliki judul yang sama, hasil produksi PH Falcon Pictures dan Starvision Plus.

Beberapa novel karya Luluk yang pernah diadaptasi menjadi film, selain Mariposa, yaitu EL dan 12 Cerita Glen Anggara. Sejumlah karya tulis Luluk HF yang sudah berhasil diterbitkan dan dapat anda temukan di toko buku, yaitu Delov (2014), Devil Enlovqer (2015), EL (2017), Mariposa (2018), 12 Cerita Glen Anggara (2019), dan Mariposa 2 (2021).

Sinopsis Novel 12 Cerita Glen Anggara

Novel ini mengisahkan seorang pria bernama Glen Anggara. Glen Anggara merupakan sosok pria tampan yang juga berasal dari keluarga yang kaya raya, tetapi Glen dikenal memiliki tingkat kepandaian yang bisa dibilang di bawah rata-rata. Glen merupakan seseorang yang sangat baik dan juga ramah. Glen juga sangat menyukai kebebasan, maka itu ia hanya ingin melakukan segala hal yang dapat membuatnya merasa bahagia.

Glen memiliki sikap yang absurd dan menyebalkan, yang selalu saja membuat orang di sekitarnya naik darah. Glen merupakan anak semata wayang dari keluarga kaya raya itu, orang tuanya tentunya sangat menyayangi Glen dan selalu memberikan segala hal yang ia inginkan.

Glen telah lulus dari SMA, tetapi ia belum menentukan kapan ia mau kuliah dan ingin mengambil jurusan apa nantinya. Hal yang dipikirkan Glen setelah lulus SMA hanya bermain game, game, dan game saja. Selagi teman-temannya sibuk mempersiapkan kuliah, Glen menghabiskan waktu libur yang panjang itu hanya untuk bermain game.

Ya, itu lah yang disebut sebagai melakukan segala hal yang Glen suka dan dapat membuatnya merasa bahagia. Orang tuanya sebenarnya sudah membujuk Glen dengan berbagai cara untuk menyadarkan anaknya itu, tetapi usaha mereka tak kunjung berhasil untuk membuka hati Glen. Hingga pada suatu hari, Glen bertemu seorang gadis cantik berparas pucat yang bernama Shena.

Gadis itu tiba-tiba saja meminta Glen untuk menjadi kekasihnya. Glen yang tidak mengenal gadis itu tentu saja langsung menolaknya, dan menganggap bahwa Shena adalah orang yang aneh dan gila. Namun, pada pertemuan kedua Glen dan Shena, Glen tak sengaja menemukan secarik kertas milik Shena yang berisi tulisan dua belas daftar keinginan sebelum senja terbenam.

Glen tak mengerti maksud dari tulisan di kertas tersebut. Hingga suatu saat, ia mengetahui satu hal tentang Shena yang membuatnya paham mengapa di pertemuan pertama mereka, Shena berani memintanya untuk menjadi kekasihnya. Glen akhirnya memahami, maksud dari dua belas daftar keinginan Shena tersebut.

Glen memutuskan untuk membantu Shena mengabulkan dua belas keinginannya itu. Pada awalnya, Glen sempat merasa ragu, tetapi ia memiliki keinginan untuk melakukan hal baik selagi dia hidup.

Glen berpikir bahwa hal ini adalah hal yang akan ia lakukan satu kali saja dalam seumur hidupnya. Dan Glen juga memiliki keyakinan bahwa dengan melakukan hal ini, bukan hanya Shena saja yang akan merasa bahagia, melainkan ia sendiri juga akan merasa bahagia, karena kebaikannya tersebut.

Glen akhirnya membantu Shena secara ikhlas dan senang hati. Bahkan, Glen juga benar-benar membuat Shena merasa bahwa dirinya merupakan orang yang sangat beruntung dan istimewa di dunia ini. Shena merasa nyaman dengan kehadiran Glen di sisinya dan Shena mulai menyayangi Glen. Perasaan itu muncul bukan semata-mata karena Glen tampan dan kaya raya saja, melainkan karena Glen menunjukkan sikapnya yang tulus, sangat baik, dan apa adanya.

Kelebihan Novel 12 Cerita Glen Anggara

Kisah 12 Cerita Glen Anggara ini memang merupakan kisah cinta romantis remaja, tetapi kisah ini tidak seperti cerita romantis biasanya. Sebab, Luluk HF menyelipkan kehidupan percintaan ini yang tumbuh bersama dengan konflik kehidupan, di mana Shena berjuang untuk bertahan hidup dan mencoba mewujudkan impiannya. Kisah ini memiliki banyak nilai kehidupan yang sarat akan makna dan tentunya dapat menjadi pelajaran bagi para pembaca.

Luluk HF mampu membuat karakter tokoh yang tidak biasa atau unik. Seperti Glen yang polos, bodoh, tapi sangat baik dan ramah. Shena juga digambarkan sebagai sosok yang berani, ceria, dan pantang menyerah. Karakter yang unik dan kuat ini semakin menambah warna pada kisah cinta ini, sehingga kisah 12 Cerita Glen Anggara ini menjadi lebih menarik

Secara keseluruhan Luluk HF menuliskan kisah 12 Cerita Glen Anggara ini dengan sangat baik, di mana kisah cintanya menarik, kisah keseharian para tokoh juga sangat relevan, dan menyelipkan humor yang segar. Novel 12 Cerita Glen Anggara ini tentunya dapat menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin membaca kisah yang menyenangkan dan ringan untuk menemani anda di waktu luang.

Kekurangan Novel 12 Cerita Glen Anggara

Beberapa pembaca merasa bahwa terdapat sejumlah bagian cerita yang kurang logis dan terlalu cringe. Seperti adegan saat ibunda Glen membuat acara syukuran karena Glen baru saja memiliki pacar, juga mama Glen yang membuat acara ulang tahun untuk kucing peliharaannya, demi bisa bertemu dengan Shena. Namun, kekurangan ini terkait erat dengan preferensi masing-masing pembaca.

Pesan Moral Novel 12 Cerita Glen Anggara

Hendaknya kita selalu bersyukur atas saat ini, atas kehidupan yang kita miliki. Kehidupan yang telah diberikan kepada kita. Syukuri segala hal yang membentuk kehidupan. Sekecil apa pun hal itu, seperti hembusan nafas yang masih bisa kau dapat, tetesan air yang ada di sekitarmu, dan lain sebagainya.

Sebab, hal-hal yang kita anggap sepele, mungkin saja sangat berharga bagi orang lain. Bersyukur juga hendaknya tidak hanya diungkapkan secara spiritual kepada Sang Pencipta, tetapi juga melalui perbuatan. Berbuat baiklah dan tebarkan hal positif bagi seluruh makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan kita.

Setiap orang memiliki sisi baik dan sisi buruk masing-masing. Setiap orang pasti memiliki kekurangannya sendiri. Jangan merendahkan orang lain, jangan terlalu cepat untuk menghakimi orang lain.

Bagi anda yang penasaran akan kelanjutan kisah Glen dan Shena, kalian bisa segera dapatkan novel 12 Cerita Glen Anggara karya Luluk HF ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel