in

Review Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen

Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen adalah buku masak yang ditulis oleh Junita, yang populer dengan akun instagramnya @xanderskitchen. Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen ini merupakan buku ketiga yang ditulis oleh Junita, melanjutkan buku masak pertama yang ditulisnya, yang sukses menjadi buku masak pertama di Indonesia yang memperoleh predikat mega best seller, bahkan sudah dicetak ulang sebanyak 24 kali dan penjualannya mencapai 150 ribu eksemplar. Tidak hanya buku dalam bentuk fisik saja yang laku terjual di pasaran, buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen versi digital bahkan sudah diunduh lebih dari 1500 kali di 16 negara dalam masa tujuh bulan pertama diterbitkan.

Junita mengatakan, alasannya untuk kembali menulis buku masak ketiga ala Xander’s Kitchen ini, karena banyaknya permintaan dari pembaca, terutama para followers Instagram Xander’s Kitchen. Junita mengatakan bahwa ternyata banyak yang cocok dengan resep-resep yang ditulisnya, banyak yang memberikan testimoni bahwa mereka bisa mempraktikkan resep tersebut dengan sukses melalui akun Instagram Xander’s Kitchen.

Bahkan banyak juga yang menceritakan bahwa mereka sukses membuka usaha makanan dengan mengandalkan resep-resep dari buku masak Xander’s Kitchen. Selain itu, ia juga yakin untuk menulis buku masak lagi, karena jarak waktu rilisnya buku pertama sudah mencapai 4 tahun, jadi ia juga berpikir bahwa saat itu adalah waktu yang tepat untuk kembali merilis buku baru. Junita juga menyampaikan bahwa ia memberikan tanda tangan eksklusif di 1500 buku pertama.

Resep-resep yang ada di dalam buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen ini mengangkat tema yang sama dengan buku pertama, yaitu masakan rumahan. Resep-resep dalam buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen ini juga pastinya akan mudah dimengerti dan dipraktikkan. Tak perlu khawatir juga akan repot untuk mempraktikkan setiap resepnya, karena bahan-bahan dalam resep sederhana, mudah didapat, dan terdapat petunjuk yang jelas.

Profil Junita – Penulis Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen

Sumber foto: haibunda.com

Junita merupakan seorang wanita asal Lampung, yang dikenal sebagai penulis buku masak yang sukses. Junita diketahui merupakan lulusan dari Akademi Pariwisata Trisakti, Jakarta.

Junita telah memiliki 3 orang anak. Menjadi seorang ibu sekaligus penulis dan pengusaha tak membuat Junita melupakan tanggung jawabnya untuk mengurus rumah tangga. Junita selalu meluangkan waktunya bagi anak-anak dan suaminya. Seperti pada waktu pagi sebelum mulai aktivitas, juga saat sore dan malam hari selepas melakukan aktivitas.

Ia masih selalu menyempatkan diri di sela-sela kesibukannya untuk mengurus anak-anak dan suaminya dengan membuatkan makanan, menyiapkan keperluan mereka, dan sebagainya. Bahkan, Junita juga menyempatkan diri untuk quality time dengan keluarganya untuk pergi jalan-jalan, bersantai bersama, atau sekedar makan bersama.

Siapa yang sangka, penulis buku masak yang kerap membagikan lebih dari 100 resep masakan ini pada awalnya ternyata tidak bisa masak. Bahkan, meskipun dalam salah satu pelajaran di kuliahnya menuntutnya untuk belajar masak, tetapi Junita mengaku tidak memiliki ketertarikan untuk memasak. Sampai ia telah menjadi istri pun, ia belum mahir untuk memasak.

Ketertarikan untuk belajar memasak didapatkan saat Junita berumur 35 tahun dan anak-anaknya sudah mulai beranjak remaja. Anak-anak Junita kerap berkata kepada ibunya bahwa mereka ingin makan camilan selain makan makanan pokok.

Hal itu kemudian membuat Junita tertarik untuk serius belajar masak. Pada saat itu, Junita hanya memanfaatkan internet untuk mencari resep-resep masakan. Pada awal percobaannya pun, Junita sempat merasa gagal, karena rasa masakannya tidak karuan, kue yang dibuatnya bantet, dan sebagainya. Hingga Junita juga sempat meminta sang ibu yang ia kenal jago masak untuk mengajarinya.

Akhirnya, setelah serius belajar dan melakukan banyak percobaan, serta mengalami sejumlah kegagalan, Junita menjadi mahir memasak. Pada bulan Juli 2015, Junita dibuatkan akun Instagram oleh sang anak. Akun Instagram tersebut dibuat dengan tujuan untuk mengunggah hasil masakannya.

Junita mengatakan, resep masakan yang dibagikannya di Instagram adalah masakan yang mudah, sederhana, dan membangkitkan memori. Masakan-masakan yang dulu pernah ia makan. Berawal dari iseng saja ingin mengabadikan dan menyimpan foto hasil masakannya di Instagram dengan selalu memotret dan mengunggah hasil masakannya setiap kali selesai memasak, ternyata menjadi awal karir yang gemilang baginya.

Junit mengaku pada awalnya, dokumentasi ini hanya untuk dirinya sendiri, untuk menyimpan hasil kreasinya. Dari sejumlah hasil unggahan foto masakan kreasi Junita, kemudian banyak orang yang menanyakan resepnya. Maka itu, Junita pun kemudian selalu menyertakan penjelasan lengkap akan resep masakan tersebut.

Audiens akun Instagram yang diberi nama @xanderskitchen kemudian terus bertambah setiap harinya. Hingga saat ini, Junita masih aktif membagikan resep makanan di Instagram, dan followers akun Instagram Xander’s Kitchen telah mencapai 781 ribu orang per Mei 2022.

Junita menceritakan bahwa akhirnya ia dapat menjadi seorang penulis buku berkat mengunggah berbagai resep masakan di akun Instagramnya, @xanderskitchen. Junita yang saat itu jumlah pengikut akun Instagramnya mencapai lebih dari 300 ribu orang dilirik oleh pihak Gramedia Pustaka Utama yang akhirnya memberikan penawaran untuk menulis buku.

Saat mendapatkan tawaran menjadi penulis itu, Junita langsung setuju. Ia tidak ingin melewatkan kesempatan langka itu. Junita pun menerima tawaran tersebut dan mulai proses menulis buku pertamanya pada 2017. Junita menulis buku pertamanya itu, ketika ia sedang mendampingi suaminya yang merupakan Kapolres Lembata, Nusa Tenggara Timur. Kondisi Pulau Lembata jauh dari keramaian, maka itu Junita memilih untuk tinggal di sana sementara, agar bisa fokus menulis buku.

Buku pertamanya yang berjudul Home Cooking ala Xander’s Kitchen sangat sukses dan sangat diminati di pasar. Buku pertamanya ini resmi terbit pada tanggal 8 Januari 2018. Hanya dalam waktu 2,5 bulan saja, tepatnya pada bulan Maret 2018, buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen berhasil menjadi buku masak pertama di Indonesia yang memperoleh predikat sebagai Mega Best Seller.

Bahkan, buku tersebut dalam bentuk digital juga telah diunduh sebanyak 1500 kali di total 16 negara. Hingga saat ini buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen telah dicetak ulang sebanyak 24 kali dan terjual lebih dari 150 ribu eksemplar per Januari 2021.

Setelah sukses dengan buku pertamanya yang dalam satu bulan penjualan rata-ratanya di atas 10 ribu eksemplar, Junita menerbitkan buku kedua yang berjudul Homemade Snacks & Desserts ala Xander’s Kitchen. Buku keduanya ini pertama kali terbit pada bulan Agustus 2019 dan dicetak dalam bentuk hard cover.

Berbeda dengan buku pertama yang mengangkat tema masakan rumahan dan makanan pokok, buku Homemade Snacks & Desserts ala Xander’s Kitchen mengangkat tema makanan manis yang biasa dijadikan camilan dan makanan penutup. Buku ini memiliki total 135 resep di dalamnya resep yang ada, antara lain, kue tradisional, kue kering, cake, snack manis, snack asin, roti, puding, minuman, dan lain sebagainya.

Namun, penjualan buku kedua yang ditulis Junita ini diketahui tidak sebanyak buku pertama. Hal ini diduga disebabkan, karena buku Homemade Snacks & Desserts ala Xander’s Kitchen ini menggunakan hard cover.

Dengan penggunaan hard cover, tentunya menyebabkan harga buku ini menjadi sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga buku pertama Junita yang memiliki soft cover. Maka itu, beberapa pembeli juga menyampaikan bahwa mereka harus menabung dulu untuk dapat membeli buku tersebut.

Dalam rangka mengatasi masalah itu, Junita mengatakan bahwa pihak penerbit telah memiliki rencana untuk menerbitkan buku Homemade Snacks & Desserts ala Xander’s Kitchen dengan menggunakan soft cover. Junita mengatakan, hal itu didasari, karena hal yang paling penting baginya adalah dapat membagikan ilmu kepada banyak orang, dan ia juga tidak terlalu menganggap harga dan keuntungan dari penjualan buku sebagai hal yang penting. Hal yang dapat membuatnya bahagia adalah dapat berbagi ilmu dan mendapatkan testimoni positif dari banyak orang yang berhasil mempraktikkan resep yang ditulisnya.

Sinopsis Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen

Resep dalam buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen tentunya berbeda dari buku pertama dan buku kedua yang ditulis Junita. Tidak perlu khawatir oleh karena tema yang diangkat dalam buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen ini sama dengan buku Home Cooking ala Xander’s Kitchen, karena dipastikan resepnya berbeda dan lebih banyak.

Total resep dalam buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen mencapai 115 resep. Semua resep tersebut tentunya dibagi ke dalam kategori, seperti nasi, mie, bihun, ayam, daging sapi, seafood, sayur, tahu, telur, sambal, dan lain sebagainya. Tentunya juga dibagi ke dalam jenis masakan seperti Masakan Indonesia, Western Food, Chinese Food, dan lain-lain. Jadi, akan banyak pilihannya, lengkap, bisa mix and match untuk masakan di rumah.

Buku ini memiliki cap anti gagal, karena dari testimonial yang diberikan followers Instagram @xanderskitchen, sebagian besarnya atau mencapai ribuan orang mengatakan bahwa mereka yang pemula saja bisa mengikuti resep masak dalam buku ini, dan makanannya itu berhasil memiliki rasa enak. Maka itu, buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen berani diberikan cap anti gagal. Pemula dapat mengikuti resep-resep dalam buku ini dengan mudah, karena penjelasan resepnya sangat lengkap, mulai dari porsi penyajian, timbangan, hingga tips-tips memasaknya dicantumkan.

Kelebihan Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen

Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen memiliki resep-resep yang sangat ramah untuk pemula. Junita menuliskan buku ini dengan sangat jelas dan lengkap, mulai dari bahan-bahan, timbangan tepatnya, cara memasak, jumlah porsi hasil, hingga mencantumkan berbagai tips yang bisa dipraktikkan.

Junita juga bahkan menuliskan bagian tanya jawab untuk menjawab segala pertanyaan umum yang kerap didapatkannya. Maka itu, pembaca dapat menemukan jawaban atas pertanyaan yang mungkin didapatkannya ketika mempraktikkan resep tersebut di buku ini.

Oleh karena buku ini dapat membantu menjadi pedoman bagi pembaca untuk belajar memasak, buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen dapat dikatakan sebagai media belajar.

Kelemahan Buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen

Belum ditemukan kelemahan pada buku ini.

Bagi kalian yang ingin mencoba untuk belajar memasak atau ingin mendapatkan inspirasi baru untuk memasak, kalian bisa mendapatkan buku Inspirational Ideas for Home Cooking ala Xander’s Kitchen karya Junita di Gramedia.com.

Written by Gabriel