in

Review Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh Karya Inggrid Sonya

Novel Harapan Dari Tempat Paling Jauh merupakan novel yang ditulis oleh penulis muda ternama asal Indonesia, Inggrid Sonya. Novel ini pertama kali dipublikasikan pada November 2021 oleh Inggrid sendiri di akun Wattpad miliknya. Novel Harapan Dari Tempat Paling Jauh kemudian diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada bulan Desember 2021.

Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh merupakan novel ke enam yang ditulis Inggrid Sonya, setelah kelima novel yang telah dirilisnya berhasil menarik hati banyak orang, bahkan berhasil menduduki deretan buku best seller. Kelima novel itu adalah Revered Back (2015), Wedding with Converse (2017), Tujuh Hari Untuk Keshia (2019), Nagra & Ayu (2019), dan Say Hi! (2021).

Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh mengisahkan tentang seorang gadis bernama Vanka. Hidup Vanka dipersembahkan hanya untuk sang ibu. Vanka memilih fokus untuk belajar dan mengejar berbagai prestasi hingga ia rela menjadi salah satu murid yang penyendiri di sekolah. Semuanya itu hanya demi ibunya.

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Vanka memiliki tekad yang bulat untuk menjadi anak yang terbaik, agar sang ibu sudi memaafkan status diri Vanka sebagai anak dari hubungan di luar nikah. Namun, di tengah usaha Vanka untuk membuktikan dirinya, ia malah harus berurusan dengan seorang cowok angkuh bernama Oliver, yang ternyata memiliki sejumlah ketakutan ganjil. Hidup Oliver hanya dipersembahkan untuk sang kakek.

Oliver merupakan seorang aktor terkenal. Dalam kesehariannya, ia bertugas meladeni jutaan penggemarnya, dan memaksa dirinya sendiri untuk berangkat ke sekolah yang dia anggap mengerikan itu hanya demi membuat kakeknya percaya bahwa Oliver adalah anak yang normal. Namun, di tengah segala kepura-puraan yang dijalaninya, Oliver bertemu dengan Vanka, seorang garis yang menyimpan banyak amarah dalam dirinya.

Pada awalnya, hubungan keduanya dipenuhi dengan perasaan benci dan dendam. Tidak ada yang menduga bahwa pada suatu hari, keduanya akan menjadi teman bagi satu sama lain, saling bergantung, dan saling mengumpulkan satu per satu, harapan demi harapan yang mereka sangka dapat dijadikan alasan untuk mempertahankan hubungan mereka. Harapan yang mereka pikir dapat menyelamatkan mereka dari lautan kegelapan.

Profil Inggrid Sonya – Penulis Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh

Inggrid Sonya merupakan wanita kelahiran Jakarta, 17 Juni 1997. Saat ini ia masih berusia 24 tahun. Sosok Inggrid Sonya dikenal sebagai gadis yang rebel, cuek, selengekan, dan kerap kali menjadi biang heboh di tempat yang ia kunjungi. Inggrid Sonya memiliki hobi untuk menulis dan membaca, melakukan petualangan ke berbagai tempat unik, mendengarkan lagu punk rock, mengambil potret, dan menggelar konser bernyanyi akbarnya yang ia selenggarakan sendiri di kamar tidurnya. Inggrid menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Media Kreatif jurusan Publishing.

Inggrid Sonya dikenal sebagai seorang penulis yang namanya cukup populer menghiasi toko buku yang ada di Indonesia. Inggrid Sonya diketahui telah memiliki ketertarikan pada bidang kepenulisan sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia mulai tertarik untuk menulis setelah ia membaca novel untuk pertama kalinya. Pengalaman pertama Inggrid Sonya dalam menulis, bukan membuat cerita pendek seperti para penulis lainnya, melainkan ia menuliskan surat cinta untuk membantu teman-temannya.

Berasal dari pengalaman tersebut, Inggrid Sonya semakin percaya diri untuk menulis dan terus menekuni dunia kepenulisan hingga masa sekolah menengah atas. Inggrid Sonya memulai karir kepenulisannya ketika ia bergabung menjadi penulis di platform online Wattpad, pada tanggal 9 Februari 2014. Inggrid Sonya mulai mempublikasikan hasil karyanya yang pertama, yakni kisah yang berjudul Revered Back. Per bulan Mei 2022, akun Wattpad Inggrid Sonya yang bernama @inggridsonyaaa telah memiliki sejumlah 101 ribu pengikut.

Tak pernah ia sangka, karya Revered Back berhasil menarik hati banyak pengguna Wattpad lainnya. Kisah Revered Back berhasil dibaca sebanyak jutaan kali. Kepopuleran dan angka pembaca yang fantastis ini kemudian membawa kisah Revered Back akhirnya diterbitkan menjadi sebuah novel berbentuk fisik pada tahun 2015. Layaknya di Wattpad, novel Revered Back juga berhasil populer dan masuk ke dalam barisan buku paling laris di berbagai toko buku.

Inggrid Sonya mengatakan bahwa salah satu tantangan baginya dalam menjadi seorang penulis adalah untuk membagi waktu. Sebab, ia masih muda, dan ia masih memiliki kewajiban untuk menuntaskan pendidikan. Jadi, ketika ia menulis beberapa novelnya, ia cukup kesulitan untuk meluangkan waktunya khusus untuk menulis cerita, karena ada kesibukan mengerjakan tugas, ujian, dan juga terkadang lupa, karena ingin liburan.

Sampai saat ini, Inggrid Sonya telah berhasil menerbitkan sejumlah enam novel, yaitu Revered Back (2015), Wedding with Converse (2017), Tujuh Hari Untuk Keshia (2019), Nagra & Ayu (2019), Say Hi! (2021), dan Harapan dari Tempat Paling Jauh (2021). Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi paling baru mengenai Inggrid Sonya beserta karyanya, kalian bisa mengikuti akun Instagram Inggrid Sonya yang bernama @inggridsonya atau @myblackiestbooks.

Sinopsis Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Vanka adalah seorang gadis remaja yang masih duduk di bangku SMA. Kehidupan Vanka dapat dikatakan cukup rumit dan kelam. Hidup Vanka dipersembahkan hanya untuk sang ibu. Kasih sayang Vanka kepada ibunya begitu besar, sampai ia rela melakukan apa pun demi keberadaannya dianggap oleh sang ibu.

Vanka memilih fokus untuk belajar dan mengejar berbagai prestasi hingga ia rela menjadi salah satu murid yang penyendiri di sekolah. Semuanya itu hanya demi ibunya. Vanka memiliki tekad yang bulat untuk menjadi anak yang terbaik, agar sang ibu sudi memaafkan status diri Vanka sebagai anak dari hubungan di luar nikah.

Namun, di tengah usaha Vanka untuk membuktikan dirinya, banyak kendala yang muncul, yang menjadikan usahanya itu menjadi tidak mudah dilakukan. Banyak hal yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan Vanka. Layaknya semesta tidak ingin berpihak kepada Vanka.

Saat Vanka hanya ingin menjalani hidup untuk belajar dan mengejar prestasi di sekolah, sayangnya Vanka malah harus berurusan dengan seorang cowok angkuh bernama Oliver Lee, yang ternyata memiliki sejumlah ketakutan ganjil. Hidup Oliver hanya dipersembahkan untuk sang kakek.

Oliver merupakan seorang aktor terkenal yang karirnya sedang naik daun. Dalam kesehariannya, ia bertugas meladeni jutaan penggemarnya, dan memaksa dirinya sendiri untuk berangkat ke sekolah yang dia anggap mengerikan itu hanya demi membuat kakeknya percaya bahwa Oliver adalah anak yang normal. Namun, di tengah segala kepura-puraan yang dijalaninya, Oliver bertemu dengan Vanka, seorang garis yang menyimpan banyak amarah dalam dirinya.

Jika orang dengan status ekonomi yang cukup terlihat seperti mempunyai hidup yang sempurna di mata masyarakat kelas bawah dan kelas menengah, lantas mereka ini apa? Vanka adalah siswi berprestasi yang selalu meraih peringkat 1 di sekolah, ia juga seorang anak politikus terkenal, tapi keberadaannya tidak diakui oleh ibunya sendiri. Oliver Lee merupakan aktor yang populer, ia memiliki banyak sekali penggemar, tetapi hidupnya terjebak dalam harapan-harapan sari sang kakek. Tasya merupakan sahabat Vanka sekaligus saudara tirinya, ia merupakan calon model majalah, tetapi hidupnya terjebak dalam harapan-harapan ayahnya.

Semua orang yang hanya melihat yang tampak dari luar saha, mungkin ingin menjadi mereka. Namun, di balik semua kesempurnaan yang mereka lihat itu, selalu ada rahasia yang tersembunyi. Vanka menyimpan amarah dalam dirinya, dia juga seorang yang pemberani, Oliver mengagumi dirinya atas keberaniannya itu. Vanka hanya ingin diakui ibunya, karena dia mengagumi ibunya. Oliver di sisi lain menyimpan sangat banyak trauma akibat kecelakaan yang terjadi pada masa kecilnya, ia terkurung dalam gelapnya trauma.

Semuanya berawal hanya dari teman kecil yang bertemu kembali ketika mereka merasa putus asa. Semuanya hanya berawal dari pertemuan sepele, sampai akhirnya menjadi hal yang sangat tidak terduga. Semuanya hanya dari harapan orang terdekat, sehingga menemukan cahaya dalam ruang yang gelap.

Semuanya berawal dari harapan yang dimiliki mereka yang sedang dalam keadaan sekarat, karena takut kehilangan orang tersayang. Semuanya berawal dari semuanya itu, yang menjadikan mereka kehilangan diri mereka sendiri. Semuanya berawal dari masa itu, dan semuanya berakhir dalam kebutaan.

Pada awalnya, hubungan Vanka dan Oliver dipenuhi dengan perasaan benci dan dendam. Mereka bertemu dengan cara yang tidak enak, yakni melalui keributan. Tidak ada yang menduga bahwa pada suatu hari, keduanya akan menjadi teman bagi satu sama lain, saling bergantung, dan saling mengumpulkan satu per satu, harapan demi harapan yang mereka sangka dapat dijadikan alasan untuk mempertahankan hubungan mereka. Harapan yang mereka pikir dapat menyelamatkan mereka dari lautan kegelapan.

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kelebihan Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh

Gaya penceritaan novel Harapan dari Tempat Paling Jauh ini dinilai sangat khas gaya Inggrid Sonya sekali. Gaya bercerita yang mengalir, dengan gaya bahasa ala remaja yang mudah untuk dimengerti, dan mampu membuai para pembacanya. Novel yang cukup tebal ini dituliskan dengan begitu indah, sehingga para pembaca merasakan bahwa novel ini ringan dan cepat untuk diselesaikan.

Cerita yang dituliskan Inggrid Sonya ini mampu menggugah berbagai emosi dari para pembaca. Perasaan senang, geli, bahkan sendu akan bisa kalian dapatkan ketika membaca kisah ini. Cerita kehidupan dari dua tokoh utama, yakni Oliver dan Vanka akan membawa pembaca menaiki roller coaster emosi. Pembaca akan tersenyum, menangis, dan merasa galau ketika membaca kisah ini.

Inggrid Sonya juga mampu membangun karakter tokoh yang menarik dan kuat. Tokoh yang memiliki masalahnya masing-masing dan kepribadian yang berbeda. Dinamika interaksi antar tokoh juga dinilai sangat baik, di mana ada chemistry antara kedua tokoh utama. Hal ini kemudian semakin memperkuat cerita yang mengangkat konflik tidak biasa ini.

Bagi para pecinta cerita yang tidak bisa ditebak, anda pastinya akan menyukai kisah Harapan dari Tempat Paling Jauh ini. Sebab, akhir cerita novel ini dinilai sangat mencengangkan, dan tidak tertebak. Sebuah akhir yang mematahkan ekspektasi para pembaca, tetapi bersifat realistis.

Secara keseluruhan, meskipun novel Harapan dari Tempat Paling Jauh mengisahkan tentang kehidupan anak remaja seperti Oliver dan Vanka, kisah ini dipenuhi dengan pelajaran tentang kehidupan. Novel ini sarat akan makna tentang arti kehidupan dan harapan, meskipun harapan yang ada berada di tempat yang paling jauh. Novel ini juga mengajarkan mengenai betapa berartinya kehadiran keluarga, teman dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Kekurangan Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh

Sama seperti buku-buku lainnya, adalah hal yang wajar jika ditemukan kesalahan penulisan. Begitu juga dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh ini memiliki kesalahan penulisan, seperti terkadang ada penyebutan nama yang harusnya Vanka menjadi Oliver, dan sebagainya.

Pembaca menemukan bahwa semua karakter seolah dihilangkan dalam novel ini. Maksudnya, karakter-karakter yang telah dibangun dari awal menghilang begitu saja. Hal ini sangat disayangkan oleh para pembaca yang menyukai karakter para tokoh.

Bagi beberapa pembaca yang sudah berusia lebih dewasa, beberapa bagian dinilai cukup cringe, karena klise mengisahkan tentang kisah cinta remaja. Pembaca juga menemukan terdapat alur yang dinilai kurang lengkap dan memiliki suatu lubang.

Bagi para pembaca yang ingin membaca novel ini sebaiknya sedang berada dalam keadaan yang baik. Sebab, novel ini mampu mengundang sejumlah pikiran negatif. Beberapa pembaca menemukan bahwa kisah novel ini membuat mereka merasa kosong dan sendu, bahkan hingga berminggu-minggu setelah selesai membaca novel ini.

Pesan Moral Novel Harapan dari Tempat Paling Jauh

Mengusahakan apa yang kamu inginkan adalah hal yang baik. Namun, perlu ditinjau lebih jauh, apakah itu benar keinginanmu? Atau itu hanya keinginan orang-orang di sekitarmu? Apakah kamu benar-benar menginginkannya, atau kamu hanya ingin memenuhi ekspektasi dari orang lain?

Jika jawabannya adalah keduanya, dan kamu senang melakukannya, tak apa untuk melanjutkan hal itu. Namun, jika kamu malah menemukan bahwa keinginan itu menjadi beban, kamu perlu memikirkan lagi tujuanmu melakukan hal itu. Sebab, pada akhirnya kamu akan hidup untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain.

Tidak ada seorang pun yang sempurna. Sebaik apa pun kehidupan yang nampak di mata orang lain. Setiap orang memiliki masalah dan ruang gelap yang meliputi dirinya sendiri. Jadi, jangan bandingkan kehidupanmu dengan orang lain.

Segala hal yang terjadi di dunia pada umumnya tidak terduga. Dalam menghadapi hal tersebut, kita hendaknya selalu mempersiapkan diri. Mempersiapkan diri dengan menyambut segala hal dengan baik dan tidak menutup diri dari kemungkinan yang dapat mengubah hidupmu.

Bagi kalian yang ingin mendapatkan pengalaman membaca buku yang menggugah berbagai emosi, novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya ini sangat cocok untuk anda baca. Tunggu apa lagi? Yuk segera dapatkan novel ini hanya di Gramedia.com.

https://www.gramedia.com/products/diet-keto-berani-mencoba-tantangan-diet-rendah-karbohidrat?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Written by Gabriel