in

Menu Diet Sehat Paling Recomended

Menu Diet Paling Recomended – Upaya untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan kerap diartikan sebagai diet. Tak heran jika sebagian besar pelaku diet ialah mereka yang memiliki tubuh gemuk atau berat badan berlebih.

Padahal diet merupakan pola makan seimbang yang diterapkan beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari diet bisa saja untuk menjaga kesehatan tubuh, memulihkan kondisi badan setelah sakit, membentuk tubuh, hingga meningkatkan berat badan.

Pengaturan pola makan yang tepat diperlukan untuk menjalani diet sehat alami. Grameds dapat menentukan makanan diet sehat sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Menentukan makanan diet penting untuk diperhatikan karena hal tersebut sangat menentukan hasil akhir dari diet yang kamu lakukan. Berbicara mengenai diet tentu berkaitan erat dengan daftar menu diet sehat.

Daftar makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh setiap harinya disebut menu diet sehat. Tiap pelaku diet biasanya membuat daftar menu yang sesuai dengan kebutuhan mereka untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

Pembuatan menu diet sehat bertujuan agar setiap makanan yang masuk dapat terkontrol dan membuat proses metabolisme berjalan lebih baik. Menu diet sehat harus mengandung beragam nutrisi esensial yang sangat diperlukan tubuh untuk mendapatkan manfaat tertinggi.

Masih bingung apa itu nutrisi esensial? Nutrisi esensial kerap diartikan sebagai nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka nutrisi esensial harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

Nutrisi esensial sendiri terbagi menjadi dua kategori, yakni mikronutrien dan makronutrien. Mikronutien merupakan zat gizi yang menunjang kinerja tubuh dan dapat dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Vitamin dan mineral termasuk ke dalam mikronutrien. Sedangkan makronutrien merupakan zat gizi yang memberikan energi bagi tubuh dan diperlukan dalam jumlah besar. Karbohidrat, protein, dan lemak termasuk ke dalam makronutrien yang dibutuhkan tubuh.

Daftar menu diet sehat dapat dihidangkan dengan bahan-bahan sederhana yang membawa banyak manfaat kesehatan. Simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui menu diet sehat yang bisa diterapkan.

tombol beli buku

Nutrisi yang Wajib Hadir dalam Menu Diet Sehat

Untuk menunjang kinerja dan energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh perlu diberi asupan nutrisi dari vitamin mineral, karbohidrat, protein, lemak, dan air putih. Mengapa zat tersebut penting untuk tubuh? Perhatikan penjelasan berikut ini.

1. Vitamin dan Mineral

Untuk menjalankan fungsinya, organ-organ tubuh membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K adalah sederet vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium merupakan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Air

Meski tidak memiliki nutrisi, air dapat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Perlu diketahui bahwa setengah dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain air minum, Grameds bisa mendapatkan cairan melalui buah dan sayur yang dikonsumsi secara teratur.

3. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar organ otak bekerja maksimal, asupan energi yang masuk ke dalam tubuh haruslah cukup.

Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan merupakan contoh karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, Grameds perlu membatasi konsumsi asupan karbohidrat yang bersumber dari gula, seperti nasi putih, minuman bersoda, keripik kentang, permen, kue-kue manis, dan minuman buah kemasan.

4. Protein

Protein juga tergolong sebagai sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penting untuk memenuhi asupan protein yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubh dan pertumbuhan jaringan tubuh. Grameds bisa menemui asupan protein pada ikan, telur, daging, keju, dan kacang-kacangan.

5. Lemak

Makanan mengandung lemak kerap dihindari saat melakukan diet. Namun, Grameds perlu tahu bahwa tubuh juga membutuhkan asupan lemak untuk menjaga struktur sel, menjaga sistem imun, membantu tubuh menyerap vitamin, dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik.

Meski asupan lemak dibutuhkan oleh tubuh, Grameds perlu memperhatikan batasan dalam mengonsumsi makanan berlemak. Mengetahui batasan mengonsumsi makanan berlemak penting diketahui agar tidak meningkatkan risiko masalah kesehatan dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Ikan, daging unggas tanpa lemak, dan minyak zaitun menjadi pilihan makanan berlemak yang baik untuk tubuh. Kemudian Grameds perlu membatasi konsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan lemak jenuh.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

tombol beli buku

Makanan Diet yang Disarankan

1. Telur

Mengonsumsi telur sangat direkomendasikan selama diet. Telur merupakan makanan diet yang disarankan ahli kesehatan karena memiliki kandungan protein tinggi.

Selain itu, telur dinilai efektif membuat tubuh kenyang. Akan tetapi, Grameds perlu mengimbangi jumlah telur yang akan dikonsumsi karena berisiko meningkatkan jumlah kolestrol dalam tubuh.

2. Apel

Dalam upaya menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan, kandungan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan. Buah-buahan dapat menjadi pilihan dalam menu diet sehat. Apel merupakan makanan diet sehat yang tinggi kalori dan rendah lemak.

3. Kentang

Kentang merupakan bahan makanan yang bisa membuat Grameds kenyang lebih cepat. Namun, Grameds perlu memperhatikan cara pengolahan kentang yang sehat untuk tubuh. Kentang rebus merupakan makanan diet dengan karbohidrat rendah gula sebagai pengganti nasi putih.

4. Yoghurt

Sebagai makanan kaya probiotik, mengonsumsi yoghurt sebagai makanan diet dapat membantu melancarkan pencernaan.

5. Ikan Tuna dan Salmon

Ikan merupakan makanan diet yang kaya akan protein dan omega 3. Kandungan lemak sehat dalam ikan dapat membantu melawan lemak jahat dalam tubuh.

Grameds bisa mengolah ikan dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang tanpa minyak untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Ikan tuna dan ikan salmon dapat menjadi pilihan terbaik untuk menu diet sehat, lho Grameds.

Ikan tuna merupakan makanan rendah kalori yang tinggi akan protein. Sementara ikan salmon memiliki kandungan nutrisi yang dinilai mampu mengoptimalkan fungsi tiroid untuk memaksimalkan metabolisme dalam tubuh.

6. Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal sebagai Menu Diet Sehat (sumber: wellandgood.com)

Mengonsumsi oatmeal saat diet sangat dianjurkan karena makanan yang satu ini mengandung serat tinggi dan indeks glikemik rendah. Oatmeal sebagai makanan kaya akan serat dapat membantu menyerap lemak di dalam tubuh.

Mengonsumsi oatmeal sebagai makanan diet sehat di pagi hari saat kondisi perut kosong menjadi waktu yang paling tepat. Grameds bisa menambahkan susu rendah lemak atau buah-buahan segar untuk memperkaya rasa dan kendungan nutrisi di dalamnya. Kemudian hindari penambahan gula berlebih yang dapat meningkatkan kalori dalam tubuh.

7. Daging Tanpa Lemak

Sumber protein terbaik bagi tubuh ialah daging. Pilihlah daging tanpa lemak untuk menjadi makanan diet sehat kamu. Makanan diet yang satu ini dapat menjadi sumber protein yang tidak akan membuatmu gendut. Hindari penggunaan minyak atau mentega dalam proses memasak agar tidak menambah kandungan lemak jahat pada sumber protein kamu.

8. Kacang-kacangan

Biji-bijian utuh dapat menjadi makanan diet sehat yang kaya akan protein, serat, dan vitamin. Untuk menurunkan berat badan, protein nabati dinilai lebih baik daripada daging merah. Dalam mengonsumsi kacang-kacangan, hindari penambahan gula, garam, dan minyak agar kesehatan makanan diet tetap terjaga dengan baik.

9. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang tidak boleh ketinggalan dalam menu diet sehat. Alpukat sebagai makanan diet mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh. Kemudian kandungan serat, air, dan kalium di dalam alpukat menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

10. Brokoli

Bagi Grameds yang sedang menjalani diet sehat, sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral sangat cocok untuk dikonsumsi. Brokoli merupakan makanan diet sehat kaya akan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, brokoli juga dinilai memiliki kalori yang lebih rendah.

Memenuhi Kebutuhan Kalori Harian

Dalam membuat menu diet sehat, Grameds perlu memperhatikan nilai gizi yang harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori harian. Kebutuhan kalori harian setiap individu tentu berbeda-beda.

Untuk mengetahui jumlah kalori yang sesuai dengan kondisi tubuh, Grameds perlu berkonsultasi kepada ahli gizi. Pemenuhan kebutuhan kalori harian dapat dilihat dari kondisi tubuh yang mencakup usia, aktivitas fisik harian, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, dan kondisi kesehatan tertentu.

Mengetahui kebutuhan kalori harian sangat penting untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan. Mengapa? Karena mengonsumsi kalori berlebih dapat membuat lemak menumpuk di dalam tubuh.

tombol beli buku

Menu Diet Sehat 1.500 Kalori

Berikut menu diet sehat 1.500 kalori yang dapat Grameds terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Meski tergolong menu diet sehat, Grameds tidak perlu khawatir akan cita rasanya.

1. Sarapan

Di pagi hari, Grameds bisa menikmati satu lembar roti gandum dengan selai favoritmu. Kemudian siapkan satu butir telur rebus yang memiliki kandungan protein tinggi, satu buah jeruk, dan satu cangkir teh tanpa gula.

2. Makan siang

Di siang hari, Grameds dapat menyantap dua lembar roti gandum untuk memenuhi asupan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Roti tersebut bisa kamu padukan dengan 200 gram daging sapi panggang dan satu lembar keju. Kemudian akhiri makan siang dengan meminum satu cangkir susu rendah lemak.

3. Makan malam

Di malam hari, Grameds bisa menikmati satu gelas kacang hitam yang sudah dimasak, satu cangkir jus brokoli yang dicampur lemon, 300 gram dada ayam, dan satu gelas susu rendah lemak.

4. Camilan

Contoh camilan yang bisa Grameds nikmati setiap harinya ialah satu cangkir jus jeruk dan satu cangkir yoghurt plain.

Menu Diet Sehat 2.000 Kalori

Berikut menu diet sehat 2000 kalori yang dapat Grameds praktikkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Meski tergolong menu diet sehat, Grameds tidak perlu khawatir karena lidah masih bisa dimanjakan oleh variasi makanan ini.

Ilustrasi Menu Diet Tanpa Nasi (sumber: runnerbeans.files.wordpress.com)

1. Sarapan

Di pagi hari, Grameds bisa mengisi perut yang kosong dengan mengonsumsi semangkuk sereal bertabur kismis dan susu rendah lemak. Setelah itu, Grameds juga bisa mengonsumsi satu lembar roti dari biji-bijian utuh (whole grain) dengan olesan margarin atau selai favorit dan satu buah pisang berukuran kecil.

Kemudian pilihan sarapan lainnya ialah oatmeal dengan campuran kismis yang dimasak dengan margarin. Sementara untuk minumannya, Grameds juga bisa mengonsumsi susu rendah lemak sebanyak 120 ml dan jus jeruk sebanyak 250 ml.

2. Makan siang

Di siang hari, Grameds bisa membuat roti isi dengan ayam, selada, tumisan jamur, dan saus mustard untuk menambah cita rasa. Kemudian akhiri makan siang dengan kentang rebus sebagai pengganti nasi sebanyak 200 gram.

3. Makan malam

Di malam hari, Grameds bisa membuat capcay tahu dengan paprika dan sayuran. Kamu bisa memakan capcay tahu dengan semangkuk nasi merah dan satu cangkir es teh lemon yang menyegarkan sebanyak 250 ml.

Pilihan menu makan malam lainnya ialah salmon panggang 140 gram dengan brokoli kukus, kacang almond, dan nasi 125 gram. Grameds bisa memberi taburan bawang, daun seledri, dan remah-remah roti untuk menambahkan cita rasa. Kemudian kamu bisa mengakhiri makan malam dengan susu rendah lemak sebanyak 250 ml sebagai minumannya.

4. Camilan

Konsumsi 250 gram yoghurt rendah lemak dengan campuran buah-buahan merupakan menu camilan sehat yang dapat Grameds konsumsi setiap hari.

Menu diet sehat dapat kamu terapkan dengan bahan sederhana yang membawa banyak manfaat kesehatan. Dalam menerapkan menu diet sehat, Grameds disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit per hari demi menjaga kebugaran tubuh.

Baca juga: 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila