in

16 Ciri Istri Atau Pacar Selingkuh, Para Suami Harus Tau

Pexels.com

Ciri Istri Atau Wanita Selingkuh – Selingkuh tidak hanya dilakukan oleh kaum pria, terkadang selingkuh juga bisa dilakukan kaum wanita. Baik selingkuh saat berpacaran atau selingkuh saat telah menikah.

Suami bisa waspada jika terdapat gelagat tak biasa dari sang istri. Namun apa saja gelagat yang menjurus pada perselingkuhan?

Table of Contents

Pengertian Selingkuh

Selingkuh menurut KBBI merupakan suatu tindakan yang disengaja dengan cara menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan pribadi. Selingkuh juga bisa disebut menyeleweng.

Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

Ciri-Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

1. Tiba-tiba berubah sikap menjadi tak acuh

Jika istri mendadak tak acuh dan tidak perhatian, bisa jadi suami tak lagi menjadi prioritas. Apalagi jika ia terkesan ogah-ogahan saat melayani, tandanya ia tidak bersemangat dengan sang suami.

2. Senang bersolek hingga mengubah penampilan

Wanita memang senang bersolek agar selalu terlihat cantik. Namun saat ia berselingkuh, ia akan lebih sering bersolek jika pergi ke luar rumah dibandingkan bersolek di depan suami. Terkadang sampai mengubah tatanan rambut atau memakai baju terbagus yang ia miliki.

3. Sering keluar rumah tanpa seijin suami

Istri yang berselingkuh cenderung pergi ke luar rumah, bahkan tanpa seijin suami. Karena jika ia harus ijin, suami pasti bertanya bahkan mengantar sang istri. Ia akan mencari alasan pergi dengan teman, arisan atau rapat di kantor.

4. Tidak suka bepergian didampingi suami

Istri jadi lebih mandiri dan tidak mau pergi bersama suami. Ia bisa mencari selah dimana suami sedang bekerja, agar bebas bertemu dengan selingkuhannya.

5. Diam-diam mengangkat panggilan telepon

Istri yang berselingkuh akan menghindar jika selingkuhannya menghubungi. Ia akan pergi menjauh untuk mengangkat ponselnya.

6. Tidak bisa jauh dari ponselnya

Wanita yang berselingkuh tidak bisa leluasa bertemu selingkuhannya. Ia hanya bisa berkomunikasi via ponsel. Oleh karena itu ia tidak bisa jauh dari ponsel miliknya.

7. Sering berseri-seri apabila sedang chatting di ponsel

Perhatikan jika Istri sering berseri-seri apabila sedang chat bukan dengan suami atau sahabatnya.

8. Membersihkan jejak digital

Istri yang berselingkuh akan menghapus chatting atau direct message dengan selingkuhannya. Suami bisa mengecek history chat saat dia online. Terkadang history chat yang “terlalu bersih” bisa mencurigakan.

9. Tiba-tiba sering memiliki barang baru

Istri yang berselingkuh sering tiba-tiba memiliki barang baru. Entah karena dibelikan oleh selingkuhannya atau ia berbelanja dengan uangnya untuk tampil berbeda dari biasanya.

10. Mengubah kata sandi ponsel

Agar tidak diketahui sang suami, istri akan mengubah sandi ponsel dari suaminya.

11. Memiliki banyak akun media sosial

Istri yang berselingkuh bisa saja memiliki fake account untuk berkomunikasi via media sosial dengan pasangannya.

12. Menjadi lebih perhatian secara tiba-tiba

Istri yang sedang berselingkuh bisa menutupi kesalahannya dengan memberikan perhatian agar tidak dicurigai.

13. Gugup apabila ditanya

Istri yang berselingkuh akan gugup jika ditanya suaminya. Kemana ia pergi?, pergi dengan siapa?, dapat tas/baju dari siapa?, dll.

14. Jarang berkomunikasi dengan suami

Istri tak lagi antusias untuk berkomunikasi dengan suami. Ia akan lebih banyak berkomunikasi dengan selingkuhannya karena sudah terlanjur nyaman.

15. Sering berbohong

Selingkuh merupakan tindakan tidak jujur kepada pasangan, oleh karena itu ia akan terus berbohong untuk menutupi kebohongan lainnya.

16. Memutar balikkan fakta

Saat suami mendapati istri berselingkuh, ia akan bersikeras bahwa ia tidak melakukan kesalahan. Ia akan bersikap manipulatif agar kesalahan tidak berada di pihaknya. Ia juga akan memojokkan suami setiap kali bertengkar.

Alasan Istri atau Wanita Selingkuh

1. Ketidakpuasan finansial

Faktor finansial merupakan hal yang jadi pemicu perselingkuhan. Gaji suami tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, sehingga istri lah yang selama ini menjadi penggerak roda ekonomi keluarga membuat istri tidak puas dengan suaminya.

2. Istri lebih dominan

Istri yang memiliki sifat dominan cenderung mengatur, memiliki standar lebih tinggi, dan kerap mengabaikan realita dalam rumah tangga. Sifat dominan ini harus diimbangi oleh suami. Jika tidak, maka istri akan merasa tidak puas dan kerap berpaling.

3. Kurangnya perhatian dan keintiman

Istri yang jarang diberi perhatian akan merasa kesepian. Ia tidak merasakan kasih sayang dan keintiman yang seharusnya didapatkan dari suami. Saat ia bertemu dengan lelaki lain yang dapat memberikan perhatian, tak ayal jika ia menjadikan lelaki itu sebagai tempat bersandar.

Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

4. Kurangnya pemenuhan bahasa cinta

Kurangnya pemenuhan bahasa cinta akan membuat hubungan suami-istri tidak saling bisa melengkapi satu sama lain. Cari tau apa bahasa cinta istri. Apakah perhatian, sentuhan fisik, hadiah, quality time, atau tindakan melayani dari sang suami. Pemenuhan bahasa cinta yang sesuai akan membuat istri puas dan merasa dihargai.

5. Merasa tidak dihargai suami

Suami yang tidak mengapresiasi kerja keras istri, jarang memuji, cuek, bahkan sering berkata kasar membuat istri terluka. Ia akan nyaman bersama orang lain yang bisa menghargai dirinya.

6. Ketidakpuasan saat berhubungan seksual

Kurangnya frekuensi berhubungan hingga faktor ukuran Mr P suami bisa menjadi faktor ketidakpuasan saat berhubungan intim dengan suami.

7. Ketidaknyamanan karena mertua atau keluarga suami

Ketidaknyaman dalam rumah tangga bisa berasal dari faktor luar seperti mertua atau ipar. Ketidakcocokkan dengan keluarga suami akan menimbulkan konflik layaknya bola salju jika suami gagal menjembatani keduanya.

8. Insecure atau rendah diri

Istri yang merasa rendah diri akan merasa tidak nyaman dalam pernikahannya. Bisa jadi karena suami jarang mengapresiasi sang istri, memiliki sifat superior dan tidak mengayomi. Saat istri merasa tidak berada dalam zona nyaman, ia cenderung kabur mencari tempat untuk berlindung.

9. Suami pernah berselingkuh

Istri yang pernah dikhianati akan terluka dan ikut berselingkuh sebagai media balas dendamnya. Bisa jadi ia ingin memberi pelajaran sekaligus mengobati luka batinnya bersama lelaki lain.

Tips Agar Istri Tidak Selingkuh

1. Ketahui bahasa cinta istri

Ketahui apa bahasa cinta istri, apakah ia lebih menyukai sentuhan fisik, kata-kata positif seperti pujian atau dukungan, quality time berdua dengan istri, pemberian hadiah, atau tindakan melayani seperti membantu membersihkan rumah atau membantu mengurus si kecil.

2. Penuhi kebutuhan lahir dan batin

Sejatinya suami adalah kepala rumah tangga yang memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan lahiriyah dan batiniyah. Jangan abaikan kebutuhan sandang pangan papan hingga pemenuhan kebutuhan biologis sang istri.

Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

3. Tidak melakukan kekerasan fisik

Tidak dibenarkan seorang suami menyakiti istri dalam bentuk apapun. Suami yang melakukan kekerasan fisik akan terkena ancaman pidana paling lama 5 (lima tahun pidana) dan denda paling banyak Rp 15.000.000,00 rupiah.

4. Bertutur kata lembut dan mengayomi istri

Bicara santun dalam keseharian akan menjadikan suami sebagai suri teladan istri. Jangan membentak atau berkata kasar saat berbicara, kekerasan verbal juga merupakan salah satu tindakan kekerasan dalam rumah tangga dan terancam pidana.

5. Bangun komunikasi dan libatkan istri dalam segala hal

Libatkan istri dalam segala hal di hidup suami. Rencana masa depan, cita-cita, hobi hingga perencanaan keuangan. Ajak istri untuk bertukar pikiran serta membangun impian itu bersama-sama. Selain membentuk tim yang solid, istri pun akan merasa dilibatkan dan dihargai.

Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

6. Suami mengubah penampilan menjadi lebih sehat dan segar

Tak hanya istri yang boleh bersolek, suami pun sah saja tampil beda agar menyenangkan istri. Ubah tatanan rambut, mencukur kumis atau menumbuhkan jambang agar lebih macho. Jika dulu suami malas berolahraga, kini tak ada salahnya mulai berolahraga bersama istri agar lebih sehat dan segar. Penampilan baru tentunya akan membuat suami makin PD dan istri makin jatuh cinta.

7. Beri perhatian kecil namun bermakna

Jangan abaikan hari ulang tahun istri, ulang tahun pernikahan, atau sekedar memberi kejutan sepulang bekerja dengan membawa makanan kesukaannya. kejutan kecil tak terduga akan membuat istri bahagia.

8. Bangun kedekatan antar keluarga

Banyak permasalahan rumah tangga yang terjadi karena kurang kedekatan dengan mertua atau keluarga besar pasangan. Jangan pernah memaksa istri untuk selalu sepaham dengan keluarga suami, begitu pula sebaliknya.

Banyak istri yang enggan dekat dengan keluarga suami karena tidak merasakan kenyamanan akibat menanggung beban yang tak bisa diungkapkan, maka suami harus peka agar istri bisa berbaur dengan keluarga sehingga terjalin kedekatan,

Begitu pun dengan hubungan suami dengan keluarga istri. Perlakukan keluarga istri sebagaimana layaknya keluarga sendiri.

9. Perbanyak quality time

Luangkan waktu sesekali untuk rehat dari urusan pekerjaan dan ajak istri dan anak pergi liburan atau sekedar melakukan kegiatan bersama di rumah. Tak perlu jalan-jalan mewah, namun lakukan kegiatan bersama-sama secara rutin.

10. Prioritaskan kebutuhan keluarga inti

Ketika sudah berumah tangga, kebutuhan istri dan anak lebih utama dibandingkan kebutuhan lainnya. Diskusikan dulu dengan istri jika ada kebutuhan mendesak yang harus dibagi.

11. Menjaga pergaulan

Baik suami atau istri wajib menjaga pergaulan dengan teman kantor atau teman sepermainan, terlebih lagi dengan lawan jenis untuk menjaga perasaan satu sama lain.

12. Tidak selingkuh

Tidak ada asap jika tidak ada api. Jangan coba-coba untuk dekat dengan lawan jenis apalagi berselingkuh dengan istri. Istri yang sudah terlanjur kecewa akan mudah rapuh dan melabuhkan hatinya pada orang lain sebagai aksi balas dendamnya.

Ciri Istri atau Wanita Selingkuh

13. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Hubungan terbaik dalam pernikahan adalah saat pasangan senantiasa mendekatkan diri pada Yang Kuasa. Hubungan yang didasari dengan iman akan semakin mendekatkan kualitas suami-istri. Sebaliknya, jika semakin jauh dengan Tuhan, maka hubungan suami-istri pun akan tercerai berai.

Itulah ciri istri atau wanita yang berselingkuh, semoga Grameds tidak pernah mengalaminya ya. Perdalam lagi pengetahuan tentang relationship sebelum memulai suatu hubungan. Dapatkan buku tentang relationship dan koleksi buku pernikahan terbaik di Gramedia.com. Selamat membaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

BACA JUGA:

  1. 20 Ciri-Ciri Suami Selingkuh dan Berbohong
  2. Ciri-Ciri Pacar Selingkuh dan Cara Menghadapinya
  3. 9 Ciri Istri Selingkuh di Belakang Kamu!
  4. 10 Rekomendasi BukuTentang Pernikahan
  5. Rekomendasi Novel Pernikahan Anak SMA yang Penuh Emosi
  6. Pernikahan Menurut Pandangan Islam: Tujuan, Pengertian, Syarat Sah
  7. 15 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Pikirkan Sebelum Menikah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda