in

Word of Affirmation: Kata Romantis dan Bahasa Cinta Word of Affirmation

unsplash.com

Word of Affirmation – Banyak diantara orang-orang yang merasa ungkapan cinta yang datang melalui perkataan hanya sebatas ungkapan saja, tanpa adanya tindakan nyata, mereka juga kemudian tidak merasakan keseriusan pasangan dalam menjalin suatu hubungan. Pada sisi lainnya terdapat juga orang-orang yang sesungguhnya senang menerima dan memberikan pujian pada pasangan sebagai bentuk rasa cinta. Jika hal ini kemudian terjadi kepadamu, bisa jadi bahasa kasihmu merupakan words of affirmation. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai words of affirmation berikut ini:

Pengertian Word of Affirmation

Word of affirmation merupakan bahasa cinta yang ditunjukkan melalui perkataan baik itu secara tertulis maupun lisan. Bagi mereka yang memiliki bahasa kasih ini, pujian dan dukungan dari orang yang disayangi kemudian mampu memberikan kepuasan tersendiri. Sejalan dengan yang diterima, orang dengan love language ini kemudian akan menyampaikan rasa cintanya dengan cara yang serupa.

Apresiasi yang diberikan di antara satu sama lain kemudian akan membuat seseorang merasa istimewa dan bahagia. Tak hanya itu, keintiman dengan pasangan kemudian juga akan turut meningkat. Dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini beberapa contoh bahasa cinta mulai dari mendukung pasangan saat ia merasa sedih, berkata Sayang dan I love you ke pasangan.

Tak hanya itu Memuji penampilan pasangan, Menyebut pasangan sebagai salah satu inspirasinya dan menghargai apa yang dilakukan pasangan dan mengungkapkan tentang betapa berartinya pasangan terhadap dirimu, tak hanya itu kamu juga berterima kasih kepadanya terhadap berbagai capaian tertentu yang mungkin kalian raih.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Bahasa Cinta Pasangan Word of Affirmation

Word of Affirmation
unsplash.com

Tak perlu bingung jika bahasa cinta (love language) pasanganmu merupakan word of affirmation. Kebingungan yang kerap terjadi sendiri umumnya karena bahasa kasih seseorang berbeda dengan pasangannya. Jika bahasa cinta pasanganmu word of affirmation, berikut ini beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan agar membuatnya merasa dicintai, apa sajakah itu:

1. Ungkapkan Apa yang Kamu Rasakan

Perkataan manis yang kamu berikan tentu akan berarti bagi pasanganmu, cobalah untuk mengungkapkan berbagai perasaan yang kamu rasakan melalui kata-kata, entah secara lisan maupun tertulis. Dengan demikian pasangan kemudian akan merasa teristimewa dan lebih dicintai.

2. Tuliskan Hal-hal yang Sulit Disampaikan Secara Lisan

Tulis apapun yang kiranya sulit kamu sampaikan secara lisan, sebab beberapa orang bisa jadi merasa malu untuk menyampaikan rasa cinta kepada pasangannya secara langsung. Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat mencobanya dengan menuliskan pesan atau surat untuk pasangan. Pasanganmu kemudian akan lebih menghargainya jika kamu menyampaikan segala hal yang kamu rasakan kepadanya.

3. Pilihlah Kata-Kata Bijak

Bagimu dengan menggunakan bahasa kasih words of affirmation, kata-kata kemudian adalah segalanya. Karenanya kamu harus memilih kata-kata yang baik hendaknya diucapkan secara bijak. Jika hendak memberi kritik kepada pasangan, selipkan juga komentar-komentar yang konstruktif. Dengan demikian mereka dapat menerima apa yang dapat kamu katakan tanpa bersifat defensif.

4. Ketahui Kata-kata yang Paling Disukai Pasangan

Ketahui kata-kata apa yang sekiranya disukai oleh pasangan Untuk membuat pasangan jatuh cinta, cari juga kata-kata yang mungkin ia suka dengar. Sebagai contoh, jika pasangan merasa berbunga-bunga saat kamu berkata “Sayang”. Maka kamu dapat menyampaikan ucapan ini secara berkala untuk membuatnya merasa lebih dicintai setiap harinya.

Jika Word of Affirmation Merupakan Bahasa Cintamu Sendiri

Jika bahasa cintamu atau pasangan adalah ini sangat penting untuk kemudian selalu mengatakan kepadanya bahwa kamu menyayangi dan peduli kepada mereka. Pasangan dengan bahasa cinta ini membutuhkan pernyataan cinta secara langsung dan rutin. Salah satu aspek yang penting dari Bahasa cinta ini sendiri adalah kejujuran terhadap kalimat-kalimat yang kamu ucapkan. Tak perlu juga mengumbar kata-kata gombal.

Tetaplah dengan menjadi diri sendiri. Ucapkan juga kalimat penuh apresiasi terhadap hal-hal yang pasangan lakukan meskipun itu sangat sederhana, seperti “Aku sangat sayang kamu menjadi teman hidupku. Tidak terbayang jika itu bukan kamu. Hal lain yang sederhana tetapi bermakna yaitu “Terima kasih ya sayang sudah buatkan makanan yang enak untuk aku.”

Jika bahasa cinta words of affirmation, komunikasikan saja dengan pasangan. Dengan demikian pasangan kemudian menjadi lebih mengerti bentuk ungkapan cintamu. Selain itu, pasangan juga menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan untuk membuatmu merasa senang. Saat pasangan kemudian mencoba untuk memberikan kata-kata cinta melalui kata-kata, jangan lupa juga untuk mengapresiasi apa yang ia lakukan. Apresiasi yang kemudian dapat kamu berikan yang akan membuatnya merasa dihargai, hingga kemudian hal tersebut tentunya akan berdampak baik terhadap hubungan.

Kata-Kata Romantis untuk Penganut Bahasa Cinta Words of Affirmation

Setiap orang memiliki kebutuhan untuk merasa dicintai dan dihargai. Namun, cara untuk merasakan cinta dapat berbeda bagi setiap pasangan, bahkan berbagi tiap individu. Perbedaan ini sendiri ada pada inti dari bahasa cinta, yaitu sebuah konsep pertama kali kemudian dipetakan oleh konselor pernikahan Gary Chapman dalam sebuah buku terlarisnya, The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts. Seperti yang dijelaskan oleh Chapman, ia menemukan bahasa cinta pasangan merupakan tentang menemukan alat yang membuat tangki cinta mereka terisi.

Jadi, apa saja lima bahasa cinta tersebut, berikut beberapa diantaranya Words of Affirmation atau Kata-Kata Penegasan, Receiving Gifts atau Menerima Hadiah, Quality Time atau Waktu Berkualitas, Acts of Service atau Tindakan Pelayanan dan Physical Touch atau Sentuhan Fisik. Bagi seseorang yang menganut bahasa cinta Sentuhan Fisik, cara menunjukkan kasih sayangnya adalah dalam bentuk pelukan, berbeda lagi dengan penganut bahasa cinta menerima Hadiah yang lebih menyukai mendapatkan hadiah dari pasangannya. Dengan memasak makan malam kemudian akan sangat romantis bagi pasangan dengan bahasa cinta. Selain itu ada juga yang Bahasa cintanya berupa Tindakan Pelayanan, dan menghabiskan waktu Bersama akan sangat berarti bagi yang memiliki bahasa cinta Quality Time.

Sementara itu, bagi yang memiliki bahasa cinta Kata-kata Penegasan akan lebih menyukai kata-kata manis dan kasih sayang dari pasangannya. Kata-kata ini juga dapat disampaikan secara lisan, maupun melalui tulisan dengan hasil pertukaran catatan-catatan kecil atau pesan. Kata-kata penegasan atau afirmasi sendiri tidak harus mewah. Sebuah kata “Terima kasih” atau pujian sederhana seperti “Kamu sangat cantik” akan sangat berarti baginya.

Sebenarnya untuk mengungkapkan kata-kata ini kemudian akan memiliki efek yang luar biasa, Kamu hanya butuh sikap yang tulus. Namun, bagimu yang mungkin kaku dalam mengungkapkan kata-kata, berikut ini beberapa referensi kata-kata romantis yang dapat kamu katakana untuk membuat pasangan terkesan, berikut ini beberapa di antaranya:

  • Terima kasih sayang, untuk……
  • Kamu terlihat sangat luar biasa! Aku sangat suka ketika kamu …
  • Aku akan sangat merasa bahagia ketika kamu …
  • Makanan buatanmu akan merasa sangat enak!
  • Aku sangat beruntung sebab bisa bersamamu.
  • Aku sangat suka melihatmu menggunakan topi itu!
  • Aku sangat suka betapa (misal) pintarnya kamu.
  • Bersamamu membuat hatiku hangat dan bahagia
  • Dengan bersamamu, membuat segalanya akan merasa lebih baik.
  • Aku sangat senang dengan adanya kamu ada dalam hidupku.
  • Kamu sangatlah lucu.
  • Aku sangat suka kamu selalu …
  • Aku sangat percaya kamu.
  • Aku sangat butuh kamu.
  • Aku tentu saja tahu, bahwa aku selalu bisa mengandalkanmu.
  • Bersamamu akan sangat membahagiakan aku
  • Keberadaanmu sangat istimewa buatku.
  • Aku sangat bersyukur bisa bersamamu.
  • Terima kasih telah mendengarkanku.
  • Aku rindu akan keberadaanmu.
  • Aku sangat senang hanya dengan melihatmu.
  • Kamu adalah yang terbaik.
  • Tidak ada lagi yang akan membuatku merasa lebih bahagia selain mu.
  • Kamu merupakan pasangan terbaik.
  • Kamu membuatku merasa seperti aku dapat melakukan apapun di dunia.
  • Saat bersamamu, aku kemudian menjadi orang yang lebih baik.
  • Kamu adalah teman terbaik untukku
  • Kamu menangani masalah tersebut dengan cara yang sangat profesional.
  • Aku sangat menghargai penilaianmu.
  • Aku sangat bangga denganmu.
  • Dukunganmu sangatlah berarti untukku.
  • Aku senang dengan caramu melihat dunia.
  • Terima kasih telah menjadi pendengar yang luar biasa.

Zodiak dengan Love Language Word of Affirmation

Word of Affirmation merupakan salah satu dari love language atau bahasa cinta yang dimiliki seseorang. Bentuk word of affirmation sendiri adalah ungkapan afirmasi setiap orang pun kemudian dapat berbeda-beda. Bentuk bahasa cinta lainnya adalah waktu bertemu atau quality time, act of service atau Bahasa cinta yang ditunjukan melakukan tindakan, physical touch atau sentuhan fisik, dan receiving gift atau menerima dan memberikan hadiah. Dengan mengetahui love language yang lebih dominan pada pasangan, tentunya akan menjadi hal istimewa tak terkecuali jika bahasa cinta mereka merupakan word of affirmation. Dengan demikian kita dapat menggunakan cara yang lebih baik saat mengungkapkan kasih sayang. Ada beberapa Zodiak dengan love language berupa word of affirmation, berikut beberapa di antaranya:

1. Gemini

Salah satu zodiak yang biasanya mengungkapkan kasih sayang dengan cara memberi kata-kata semangat atau pujian kepada pasangannya adalah gemini. Karena Gemini senang berbicara dan dapat mengungkapkan sesuatu yang sederhana dengan lebih dalam. Tidak hanya kepada pasangan saja, Gemini juga tidak akan ragu untuk memuji orang-orang di sekitarnya seperti kepada sahabat yang ia sayangi atau keluarganya.

2. Libra

Tidak jauh berbeda dengan Gemini, Libra juga senang untuk memuji orang lain sebagai ungkapan kasih sayang. Hal ini kemudian dilakukan oleh Libra suka memberikan ungkapan positifnya kepada orang lain. Selain itu, sebagai zodiak yang menjunjung-menjunjung keadilan. Libra juga ingin mendapat hal yang serupa dari pasangannya. Dia juga berharap pasangannya pun mengungkapkan kasih sayang dalam bentuk kata-kata.

3. Aquarius

Jika selama ini Aquarius juga dikenal sebagai seseorang yang cuek dan dingin, namun saat sudah menemukan tambatan hatinya, Aquarius juga perlahan akan luluh dan tidak ragu mengungkapkan rasa sayang dalam bentuk kata-kata. Sebaliknya, ia juga senang menerima ungkapan tersebut dari orang yang disayanginya.

4. Cancer

Cancer termasuk ke dalam zodiak yang sensitif serta memiliki berbagai permasalahan kepercayaan yang tinggi. Salah satu cara untuk meluluhkan hatinya sendiri adalah mengucapkan kata-kata positif untuknya. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya. Mereka yang berzodiak Cancer tidak akan ragu untuk memberi pujian pada seseorang yang selalu mendukungnya.

Love language pada sepasang kekasih mungkin berbeda. Sehingga alangkah baiknya jika sudah mengetahui Bahasa cinta yang dominan kepada diri sendiri, komunikasikan hal ini kepada pasangan. Karenanya word of affirmation merupakan bahasa cinta atau cara mengungkapkan kasih sayang yang didominasi dengan ungkapan kalimat positif dan kata-kata. Jadi, apakah bahasa cintamu juga berbentuk word of affirmation?

Buku-Buku Terkait Word of Affirmation

1. Esensi dari Lima Bahasa Cinta

Word of Affirmation

Mengapa begitu sedikit pasangan yang tampaknya telah menemukan rahasia untuk menjaga kasih tetap hidup setelah pernikahan? Mengapa pasangan suami-istri bisa menghadiri seminar komunikasi, mendengar gagasan- gagasan yang luar biasa tentang bagaimana meningkatkan komunikasi, kembali ke rumah, dan menemukan diri mereka sendiri benar-benar tidak mampu melaksanakan pola-pola komunikasi yang diajarkan? Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini merupakan tujuan dari buku ini. Buku-buku dan artikel- artikel yang telah diterbitkan bukan berarti tidak menolong. Tetapi masalahnya kita telah mengabaikan satu kebenaran mendasar: Orang-orang mengucapkan bahasa-bahasa cinta yang berbeda. Memahami lima bahasa cinta dan belajar untuk mengucapkan bahasa cinta utama pasangan Anda mungkin mempengaruhi perilakunya secara radikal. Orang-orang berperilaku berbeda ketika tangki emosi kasih mereka penuh.

2. Psikologi Pasangan : Manajemen Konflik Rumah Tangga

Word of Affirmation

Perbedaan di antara pasangan suami istri dapat membuat keduanya merasa saling membutuhkan dan melengkapi tetapi dapat juga memicu adanya konflik. Banyak pasangan suami istri yang merasa tidak saling memahami padahal telah banyak waktu yang mereka jalani bersama. Buku Psikologi Pasangan Manajemen Konflik Rumah Tangga karya Muhammad Iqbal Ph.D.dan Kisma Fawzea S.Psi. ini membahas perbedaan psikologi pasangan (suami dan istri) yang dapat memunculkan beragam konflik keluarga misalnya perbedaan pengaturan keuangan perselingkuhan perbedaan pemikiran (logika atau hati) dan peran yang tidak seimbang. Buku ini juga memuat banyak kisah nyata terkait konflik keluarga yang bisa direnungkan dan diambil hikmahnya. Dengan bahasa yang ringan dan komunikatif buku ini dapat menjadi teman setia dalam menyelami dan memahami kehidupan rumah tangga.

3. Bersabar Terhadap Pasangan Hidup

Word of Affirmation

Banyak yang menganggap bahwa para nabi, ulama, orang-orang shaleh memiliki pasangan hidup yang kualitas keshalehannya sama. Ternyata Tidak. Ada nabi, ulama, orang-orang shaleh, ahli hikmah yang ditakdirkan memiliki istri akhlak buruk, berlidah tajam, cemburu yang berlebihan, dan perilaku buruk lainnya. Tapi, yang membedakan mereka dengan orang-orang awam adalah mereka tidak gampang menggungat apalagi terburu-buru meminta cerai dari pasangan hidupnya. Mereka memahami betul makna ayat, “Jika kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena boleh jadi Allah menjadikan kebaikan yang banyak padanya: (An-Nisa’:19) Buku ini adalah lembaran-lembaran berisi kisah para nabi, ulama, orang-orang shalih dan ahli hikmah yang memilih kuat dan sabar terhadap pasangan hidupnya. Imam Al Ghazali berkata, “Sabar terhadap lisan para wanita termasuk ujian yang acapkali menimpa orang-orang shaleh. “Tabi’in Ka’b Ahbar berkata :’ Jika suami bersabar kepada istrinya, ia peroleh kedudukan seperti Nabi Ayyub, jika istri bersabar terhadap suaminya, ia peroleh kedudukan seperti Asiyah binti Muzahim. tak pelak, buku ini layak anda miliki!

4. Menikahlah dan Menjadi Pasangan Paling Bahagia

Word of Affirmation

“Menikah adalah sunnahku. Barangsiapa yang enggan melaksanakan sunahku, maka ia bukan dari golonganku. Menikahlah kalian, karena sesungguhnya aku bangga dengan banyak jumlah kalian dihadapan seluruh umat. Barangsiapa memiliki kemampuan (untuk menikah), maka menikahlah. Dan, barang siapa belum mampu, hendaklah ia berpuasa karena berpuasa itu merupakan perisai baginya (dari berbagai syahwat).” (HR. Ibnu Majah). Buku ini berisi tentang anjuran menikah dan menjadi pasangan yang paling bahagia, karena menikah merupakan anjuran dari Allah dan rasul-Nya Muhammad SAW. Allah dan rasulnya menganjurkan hal demikian, tentu karena menikah memiliki banyak keuntungan terhadap setiap insan. oleh karena itu, jangan tunda lagi. Menikahlah bagi kamu yang sudah sanggup secara lahir dan batin.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda