in

5 Perbedaan Cinta Dan Sayang, Ini Pengertian Dan Maknanya

Perbedaan Cinta dan Sayang – Apakah teman-teman Grameds masih susah membedakan cinta dan sayang? Dalam praktiknya kita mungkin cenderung kesulitan apa perbedaan cinta dan sayang dalam sebuah hubungan. Misalnya hubungan dengan teman, keluarga, pacar atau pasangan kita itu sebenarnya lebih tepat menggunakan istilah cinta atau sayang. Dalam mendefinisikan cinta dan sayang tentu tergantung dari pemaknaan seseorang terhadap sesuatu. 

Karena pemaknaan itulah Grameds perlu mengenali dengan tepat apa itu perbedaan cinta dan sayang agar bisa menyampaikan perasaan kepada seseorang dengan tepat. Jangan sampai Grameds salah mengungkapkan perasaan tersebut dan justru merusak hubungan itu sendiri. Perbedaan cinta dan sayang mungkin saja perlu Grameds pahami jika mendapat  ucapan salah satunya dari seseorang. 

Grameds tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas apa pengertian cinta dan sayang untuk melihat perbedaannya. Berikut  ini penjelasan tentang perbedaan cinta dan sayang yang perlu Grameds ketahui agar tidak salah mengartikan sebuah perasaan:

Pengertian Cinta dan Sayang

Jika teman-teman Grameds masih menganggap bahwa cinta dan sayang itu perasaan yang sama, maka salah besar karena kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Setiap orang pasti memiliki memiliki perasaan cinta dan sayang kepada orang lain.

Hal ini bisa ditandai dengan bentuk emosional seperti rasa bahagia, senang, cemas, sedih, rindu, dan sebagainya. Bentuk emosional inilah yang kemudian nantinya akan membentuk pengalaman makna tersendiri dalam sebuah hubungan, apakah perasaan cinta atau sayang. 

Perasaan cinta dan sayang sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari perasaan suka. Rasa suka biasanya menjadi awal seseorang menjadi cinta atau sayang. Dalam keberlanjutannya, rasa suka juga dapat menjadi perbedaan cinta dan sayang.

Misalnya Grameds menyukai seseorang karena parasnya yang menawan, atau menyukai seseorang karena menyukai sifatnya sebagai teman. Dasar perasaan suka inilah yang bisa jadi mempengaruhi seseorang menyatakan perasaannya. 

Berdasarkan beberapa faktor perbedaan, berikut ini penjelasan tentang pengertian cinta dan sayang menurut para pakar:

1. Pengertian Cinta

Pengertian cinta menurut Pingkan Rumondor, seorang ahli psikologi mengungkapkan bahwa cinta adalah emosi yang kompleks yang didalamnya ada afeksi, devotion, kelembutan, dan sensitivitas.

Keterlibatan devotion adalah dorongan untuk melakukan yang terbaik untuk seseorang yang dicintai. Kemudian keterlibatan tender atau kelembutan adalah dorongan untuk memberikan kasih sayang kepada orang yang dicintai dan ada pula keterlibatan sensitivitas pada objek yang dicintai. 

Umumnya, perasaan cinta umumnya juga melibatkan perasaan sayang atau devotion, yakni dorongan untuk menjaga dan memikirkan yang terbaik untuk seseorang yang dicintai. Dalam hubungan tersebut seseorang kemudian tidak hanya peduli pada diri sendiri atau menyayangi diri sendiri tetapi melibatkan orang lain di dalamnya.

Selain itu ada pengertian cinta menurut Monica Pariks, seorang pakar percintaan adalah tingkah laku perasaan keintiman yang dibangun dalam waktu yang lama dan bisa sampai beberapa tahap dalam hidup. 

Menurutnya cinta itu mengerti semua orang yang tidak sempurna dan akan terus belajar untuk saling melengkapi. Itulah sebabnya perasaan cinta pada pasangan bisa saling mengerti dan memiliki keintiman yang kuat satu sama lain. Perasaan cinta kemudian akan membuat seseorang saling memberi dan menerima satu sama lain dalam suatu hubungan.  

Pengertian cinta juga datang dari Zick Rubin, seorang psikologi yang menyatakan bawa cinta adalah sebuah emosi yang berasal dari tiga perasaan, yakni kasih sayang, perhatian, dan keintiman. Dalam prosesnya, cinta kemudian menjelma seperti investasi yang akan terus dipupuk dari rasa suka, kemudian mulai berkemban menjadi rasa cinta. 

banner-promo-gramedia

2. Pengertian Sayang 

Sedangkan pengertian perasaan sayang atau affection adalah tingkah laku perasaan keterikatan non-seksual. Pingkan Rumondor juga mengungkapkan pengertian sayang yang merupakan salah satu perasaan yang ada di dalam cinta, namun tidak ada perasaan ketertarikan dan orientasi seksual dalam hubungan tersebut. Perasaan sayang kemudian memiliki keterikatan atau Attachment, Tenderness , dan Honest namun tidak memiliki Intimacy.  

Pengertian sayang menurut kamus Oxford adalah sebuah bentuk perasaan yang lembut berbalut ketulusan dan tidak mengharapkan sebuah balasan. Sedangkan menurut Monica Parikh, seorang pakar cinta menyatakan bahwa sayang lebih merujuk pada menaruh rasa ikhlas pada sesuatu karena proses menyayangi didasari dengan naluri dan logika. Perasaan sayang adalah termasuk salah satu bentuk respon dalam diri seseorang untuk menunjukan kepedulian, empati, perhatian, dan rasa untuk melindungi hal tersebut. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa sayang merupakan perasaan yang bisa ditujukan kepada siapa saja, sedangkan cinta merupakan perasaan yang hanya bisa ditujukan kepada orang yang spesial secara spesifik, salah satunya dengan kekasih atau orang yang dianggap dalam hubungan dengan lawan jenis. 

Perbedaan Makna Cinta dan Sayang

Seperti yang disebutkan sebelumnya antara perbedaan cinta dan sayang secara definitive berkaitan dengan makna. Berikut ini penjelasan makna cinta dan sayang yang perlu Grameds ketahui agar bisa menerima atau memberi perasaan cinta dan sayang secara seutuhnya:

1. Makna Perasaan Cinta

Perasaan cinta memiliki emosi yang kompleks yang berkaitan dengan keadaan dan berbagai macam perasaan lainnya. Definisi cinta merujuk pada kamus Oxford merupakan perasaan kasih sayang yang kuat yang dimiliki seseorang kepada orang lain. Selain itu dalam  Kamus Merriam Webster cinta didefinisikan merupakan perasaan kasih sayang yang kuat dan konstan bagi seseorang. 

Merujuk dari dua definisi cinta di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa mencintai adalah bentuk laku perasaan yang juga melibatkan perasaan sayang didalamnya. Jadi jika mencintai seseorang maka sudah otomatis menyayanginya pula. Berbeda dengan perasaan sayang yang dalam bentuk laku perasaannya belum tentu memiliki rasa cinta. Perasaan cinta kemudian dalam hierarki emosi dan perasaan memiliki makna dan kedudukan yang lebih dalam dibandingkan perasaan sayang. 

Salah satu bentuk laku perasaan cinta yang mungkin ada dalam seseorang misalnya kehilangan logika saat mencintai seseorang. Contohnya sebanyak dan separah apapun kesalahan orang yang kita cintai maka cenderung akan memaklumi dan menerima kareda didasarkan pada perasaan cinta. Pada akhirnya kita akan memaafkan dan memberikan kesempatan kepada orang yang yang dicintai untuk menjadi lebih baik. 

Dari makna perasaan cinta ini, maka dapat terlihat takaran perasaan dan emosi didalamnya. Perasaan cinta akan lebih sulit hilang dibandingkan rasa sayang. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena untuk sampai taraf mencintai seseorang sudah melewati penerimaan yang panjang dan banyak. Sedangkan rasa sayang bisa timbul dari hal-hal kecil dan akan mudah hilang jika hal-hal baik tersebut hilang atau misalnya Grameds dibuat kecewa. 

2. Makna Perasaan Sayang 

Perasaan sayang memiliki perasaan yang lembut, suka, dan peduli secara luas. Perasaan sayang dapat muncul dari berbagai hal, mulai dari hal-hal kecil hingga besar makna bagi seseorang dengan hal baik tersebut. Contohnya rasa sayang kepada sahabat karena memiliki kesamaan kesukaan, sering menghabiskan waktu bersama, dan sebagainya. 

Dalam tingkah laku perasaan sayang kita masih menggunakan logika untuk tetap memberikan perasaan tersebut kepada orang tersebut. Kita dapat dengan mudah menjatuhkan rasa sayang pada sesuatu dan dapat dengan mudah pula memutuskannya. Logikalah yang berpengaruh dalam keputusan perasaan sayang tersebut. 

Logika ini yang kemudian yang memberikan referensi kepada kita mana yang salah atau benar sehingga kita masih perlu menyayangi hal tersebut. Itulah sebabnya jika perasaan sayang kita dikhianati atau dibuat kecewa, maka akn sulit memaklumi atau memaafkannya karena sifatnya yang masih mempertimbangkan logika dalam belum masuk pada rasa kasih sayang yang lebih dalam seperti halnya perasaan cinta. 

Jadi kita masih bisa mengendalikan rasa sayang, sedangkan tidak dengan rasa cinta yang kita tidak tahu akan jatuh kepada siapa. Dibandingkan dengan perasaan cinta, perasaan sayang utamanya tidak memiliki perasaan bergairah atau romantisme tertentu.  Makna perasaan sayang kemudian menjadi bentuk tingkah laku perasaan yang bisa diberikan kepada siapapun tanpa terkecuali dengan lebih tulus. 

Dari perbedaan makna antara perasaan cinta dan sayang diatas maka dapat disimpulkan bahwa cinta adalah keinginan, sedangkan sayang adalah sebuah kebutuhan. Jadi wajar saja jika ada perasaan cemburu dan rasa memiliki pada perasaan cinta dan perasaan sayang lebih tulus dan luas tanpa esensi lain diluar perasaan tersebut. 

Perbedaan Cinta dan Sayang

Berdasarkan penjelasan pengertian dan makna diatas maka sudah terlihat dari perbedaan cinta dan sayang.  Berikut ini hal mendasar yang menunjukan perbedaan cinta dan sayang yang perlu Grameds ketahui:

1. Hormon

Perbedaan cinta dan sayang yang paling kentara adalah keterlibatan hormone secara ilmiah pada seseorang dalam sebuah hubungan. Dalam perasaan cinta maka melibatkan hormon dopamine dan norepinephrine yang meningkat dari pada sebelumnya. Dalam perasaan cinta maka akan muncul rasa tegang, senang, euphorian, sampai terangsang, Hal ini juga berkat keterlibatan hormone seksual seperti testosterone dan estrogen dalam tubuh yang ikut meningkat. 

Jadi jangan heran jika saat jatuh cinta seseorang mungkin akan bersifat atau beraksi aneh, wajahnya jadi merah merona, bahkan suhu tubuhnya naik menjadi lebih hangat. Hal tersebut adalah reaksi hormonal dalam tubuh yang terjadi saat seseorang mulai suka dan akhirnya mencintai seseorang. Reaksi hormonal ini belum tentu terjadi pada perasaan sayang saja atau bentuk reaksinya tidak sebesar perasaan cinta. 

2. Rasa Rindu 

Hal berikutnya yang membedakan perasaan cinta dan sayang adalah bentuk kerinduan. Sebenarnya keduanya bisa saja melibatkan rasa rindu, namun kadar dan tujuannya berbeda. Jika Grameds mencintai seseorang maka akan sulit menghadapi rasa rindu, sedengan rasa rindu yang berdasarkan rasa sayang masih bisa dimaklumi keberadaanya. Jadi obsesi pada rasa rindu itu berbeda antara rasa cinta dan sayang. Rasa rindu terkadang bisa menjadi situasi yang tidak sehat dalam sebuah hubungan. 

Terutama jika rasa rindu tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari menjadi kurang produktif karena merasa rindu yang sulit dikendalikan. Orang sedang jatuh cinta biasanya akan mudah merasa rindu dan sulit mengendalikan perasaan tersebut. Untuk mengatasinya Grameds bisa mencari distraksi pada pelampiasan yang positif. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjebak pada rasa rindu dan emosi tidak sehat yang berkelanjutan.  

3. Prioritas Waktu

Waktu adalah hal penting yang dimiliki seseorang bahkan banyak yang menyebutnya harganya mahal. Perhitungan itu tidak akan berlaku dalam sebuah hubungan yang melibatkan perasaan cinta. Seseorang cenderung akan memberikan waktunya untuk orang yang dicintai. Perasaan cinta dapat membuat seseorang rela meluangkan waktu demi seseorang yang dicinta, bahkan bisa tidak bosan menghabiskan dalam waktu yang lama. 

Bentuk prioritas waktu tentu sangat normal dan wajar dalam sebuah hubungan. Hal ini karena dalam perasaan cinta cenderung memiliki keintiman dengan seseorang sehingga bisa menghabiskan banyak waktu bersama. Jadi jangan heran jika sudah memiliki kekasih cenderung banyak menghabiskan waktu dengan kekasihnya dibandingkan dengan teman, atau orang-orang di sekitar mereka. 

Prioritas pada rasa sayang tidak terlalu tampak, karena dalam perasaan ini kita lebih ikhlas dan tulus. Sehingga kita tidak perlu merelakan banyak waktu untuk merawat rasa sayang karena perasaan ini biasanya berdasarkan pada kebutuhan yang lebih umum. 

4. Mengidolakan Sosok Yangg Dicintai

Ketika seseorang jatuh cinta maka akan cenderung mengidolakan sosoknya terlebih dahulu hingga menjatuhkan harapan-harapan di luar kekaguman tersebut. Kita akan mudah kagum pada orang yang kita cintai dengan menganggap baik semua bentuk lakunya. Berbeda dengan rasa sayang yang masih bisa berpikir secara objektif menggunakan logika. Setidaknya perasaan sayang didasari pada empati dan emosi karena beberapa hal tertentu saja. 

Jadi jangan heran jika orang yang sedang kasmaran akan tergila-gila pada pasangannya. Hal ini dapat membuat kecenderungan seseorang bisa menilai pasangannya secara subjektif dan sulit melihat hal buruk dari pasangannya dan mudah memakluminya. Bahkan mereka bisa rela membela ketidakbenaran tersebut. 

5. Opini Terbelenggu

Perbedaan cinta dan sayang juga dapat terletak pada bentuk opini yang terbelenggu dalam hubungan tersebut. Biasanya orang akan sulit beropini pada seorang yang dicintainya dan merasa setuju pada semua bentuk laku yang dilakukannya.

Mereka akan lebih memilih memakan opini jika berseberangan pendapat atau menilai sesuatu dari pasangannya. Hal ini terjadi karena seseorang yang sedang jatuh cinta akan lebih mudah memaklumi kesalahan atau kekecewaan. 

Bentuk opini ini tentu berbeda dengan rasa sayang yang justru akan sangat beropini pada hal-hal yang melanggar ketidaksenangan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena beropini ini akan mempengaruhi hal-hal yang menimbulkan rasa sayang. Perasaan ini tidak mudah memaklumi kesalahan dan tidak ragu menyatakan perbedaan opini tersebut. 

Bentuk opini ini juga berpengaruh pada hubungan keduanya dalam bentuk kekecewaan. Kita cenderung akan lebih kecewa jika dikhianati oleh perasaan cinta dibanding perasaan sayang, karena opini dan ekspektasi dari keduanya memiliki bentuk dan sifat yang berbeda. 

Baca juga artikel terkait “Perbedaan Cinta dan Sayang” :

Nah, itulah penjelasan tentang perbedaan cinta dan sayang secara mendasar mulai dari pengertian, makna, contoh bentuk perasaannya, hingga hal-hal dasar yang membedakannya. Grameds sudah tidak sulit membedakannya lagi bukan? Cinta dan sayang adalah sebuah perasaan yang lekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Itulah sebabnya kita perlu mengetahui dan memahami perbedaan keduanya agar tidak salah mengartikan dan maknanya dalam hubungan dengan orang lain. 

Jadi sekarang sudah tidak ada lagi ada alasan tidak mengetahui perbedaan cinta dan sayang. Jika teman-teman Grameds ingin mempelajari lebih jauh tentang perasaan cinta dan sayang maka bisa kunjungi koleksi buku Gramedia di http://www.gramedia.com untuk memperoleh referensi tentang cinta dan sayang dari berbagai perspektif.

Hal ini akan mempermudah Grameds untuk memahami perasaan cinta dan sayang sehingga dalam praktiknya bisa menerima atau memberikan perasaan tersebut secara untuh untuk orang lain. 

Berikut ini rekomendasi buku- buku di Gramedia yang bisa Grameds baca tentang perasaan cinta dan sayang. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas. 

tombol beli buku



tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti