in

Tanda-Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Apa Saja?

Tanda-tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta – Apakah Grameds pernah merasakan jatuh cinta? Tepat sekali, setiap orang pasti memiliki pengalaman perasaannya masing-masing, entah itu berjalan mulus atau banyak masalah. Tak jarang perasaan cinta itu membuat seseorang menjadi bingung atau tidak yakin bahwa dirinya sedang jatuh cinta. Itulah sebabnya seseorang perlu memahami tanda-tanda sedang jatuh cinta agar bisa memaknai perasaan itu.

Bahkan sebagian orang tidak sadar bahwa dirinya sedang jatuh cinta dan cenderung menolaknya. Hal tersebut tentu perasaan yang tidak menyenangkan dan akan terasa menyakitkan jika tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini penjelasan tentang tanda-tanda sedang jatuh cinta dan bagaimana cara mengatasinya.:

MENGENAL APA ITU JATUH CINTA

Perasaan jatuh cinta adalah hal termudah di dunia, tetapi pengalaman rasa yang dimiliki setiap orang berbeda-beda. Hal inilah yang menunjukan bahawa cinta adalah hal yang kompleks dan memberikan definisi tersendiri bagi setiap orang. Namun selain itu definisi cinta berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) cinta adalah hubungan antara pria dan wanita yang tanpa ikatan adat atau hokum yang beralaku atau kisah antara pria dan wanita yang masih kanak-kanak sehingga mudah berubahan.

Sedangkan menurut Kamus Cambridge, cinta adalah salah satu bentuk kata kerja yang mencerminkan seseorang yang sangat menyukai orang lain secara romantis dan seksual. Sebenarnya perasaan cinta juga merupakan gambaran dari sebagian perasaan yang dimiliki seseorang baik dalam hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau dengan lawan jenis. Dari definisi-definisi cinta tersebut mungkin Grameds tidak memperdulikan hal tersebut karena bisa jadi memiliki pemaknaan sendiri.

Apalagi jika sekarang sedang jatuh cinta pasti sedang senang-senangnya dan tidak memerlukan pendefinisian tersebut. Hingga sampai jatuh cinta biasanya seseorang melalui tahap dan beberapa faktor yang mempengaruhinya. Hal-hal tersebutlah yang juga menjadi pengalaman seseorang berbeda-beda dalam menjalin hubungan percintaan. Berikut ini faktor-faktor yang membuat seseorang jatuh cinta:

1. Persamaan

Dalam menjalin hubungan, persamaan adalah salah satu faktor yang penting dan bisa menjadi daya tarik. Itulah sebabnya kita sering menjumpai orang yang bertemu dengan kekasihnya karena memiliki kesamaan tertentu, misalnya kesamaan hobi, kesamaan selera musik, dan persamaan lainnya. Hal ini bisa terjadi karena persamaan dalam beberapa hal dapat menjadi indikasi kecocokan dalam hubungan dan bisa melakukan persamaan tersebut secara bersama-sama.

2. Kebiasaan

Kebiasaan adalah salah satu hal yang juga bisa menghantarkan seseorang untuk jatuh cinta. Cinta memang bisa kita temukan dimana saja dan kapan saja. Sehingga perasaan emosi yang satu ini juga bisa kita temukan dalam sebuah kebiasaan sehari-hari. Misalnya bertemu dan sering berinteraksi di sekolah, kampus, tempat kerja, tempat olahraga, dan sebagainya dan kemudian.

3. Karakter Idaman

Setiap orang biasanya memiliki standar atau tipe ideal yang mereka inginkan. Jika secara kebetulan seseorang bertemu dengan sosok idealnya sebagai seorang pasangan maka kemungkinan besar ia akan jatuh cinta bahkan ada yang sampai mengejar mati-matian.

4. Saling Menyukai

Faktor saling menyukai biasanya berawal dari perasaan seseorang yang tertarik atau suka dengan seseorang terlebih dahulu. Kemudian perasaan tersebut terus tumbuh dan membuat lawan jenis memiliki rasa yang sama.

5. Pengaruh Sosial

Faktor dari pengaruh sosial dalam persoalan cinta contohnya adalah perjodohan, misalnya dijodoh-jodohkan oleh teman, dipasang-pasangkan di sekolah atau empat kerja, dan sebagainya. Secara tidak langsung pengaruh tersebut bisa saja mempengaruhi alam bawah sadar bahwa orang tersebut adalah pasangan yang cocok. Jadi tidak heran jika banyak juga fenomena cinta lokasi (cinlok) yang berawal dari ledekan teman-teman di lingkungan tersebut.

6. Rasa Terpenuhi

Seseorang pasti senang jika kebutuhan atau keinginannya terpenuhi, begitu pula dalam hal percintaan. Cinta itu bisa tumbuh jika seseorang berhasil membuat bahagia, senang, kebutuhan dan keinginannya terpenuhi.

7. Rasa Yang Tidak Biasa

Biasanya jika ada rasa aneh terhadap seseorang perasaan itu lama kelamaan bisa berubah menjadi rasa suka.Untuk mencapai perasaan itu biasanya seseorang telah melewati banyak rasa penasaran dan jawaban-jawaban yang justru membuatnya jatuh cinta.

8. Hal Unik

Bagi sebagian orang justru lebih tertarik dengan hal-hal unik yang dimiliki seseorang dibandingkan hanya penampilannya saja yang cantik atau ganteng. Hal ini justru yang banyak diterapkan dalam hubungan sehingga mereka lebih memiliki kualitas hubungan yang lebih baik.

9. Ingin Dicintai

Salah satu faktor yang membuat orang menjadi jatuh cinta adalah ingin dicintai. Hal inilah yang membuat orang mudah jatuh cinta karena memang sedang membutuhkan kasih sayang atau perlu move on dari hubungan sebelumnya.

banner-promo-gramedia

10. Isolasi

Sering menghabiskan waktu bersama juga bisa membuat orang jatuh cinta karena perasaan cinta terkadang butuh waktu intens untuk bisa tumbuh. Jadi isolasi bisa jadi faktor seseorang menjadi jatuh cinta.

11. Misteri

Kemisteriusan seseorang biasanya membuat orang lain tertarik, akhirnya untuk menjawab rasa penasaran tersebut tumbuhlah benih-benih rasa cinta. Faktor ini mungkin tidak terjadi setiap orang karena ada pula orang yang lebih suka dengan orang yang lebih terbuka.

Tanda-tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta

JIka Grameds sudah bisa memahami apa itu jatuh cinta maka waktunya untuk mengenali tanda-tanda sikap jika seseorang sedang jatuh cinta. Berikut ini tanda-tanda orang sedang jatuh cinta yang perlu Gramedia ketahui agar bisa menyesuaikan diri saat mulai jatuh cinta:

1. Selalu Memikirkan Orang Yang Dicintai

Hal yang paling terasa saat orang sedang jatuh cinta adalah terus memikirkan orang yang disuka. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan orang yang sedang jatuh cinta bisa menghabiskan waktunya 85 persen untuk memikirkan orang yang disukai tersebut.

Jati teka heran jika orang yang sedang jatuh cinta sulit konsentrasi atau fokus pada pekerjaan atau aktivitas sehari-hari karena sedang kepikiran kekasih atau gebetannya.

2. Posesif

Perasaan jatuh cinta dapat membuat seseorang mudah cemburu jika orang yang disukai tampak dekat dengan lain, bahkan sebelum orang tersebut belum menjadi kekasih sekalipun. Hal ini terjadi karena orang yang sedang jatuh cinta cenderung memiliki perasaan untuk memiliki atau harapan-harapan dalam berhubungan dengan orang yang disukai.

3. Merencanakan Masa Depan

Jika kita menemukan orang yang disukai pasti memiliki harapan-harapan bahagia dalam hubungan, termasuk di masa depan. Meskipun waktu dalam hal percintaan sangat abu-abu tetapi orang yang sedang jatuh cinta cenderung menaruh rencana apa saja yang bisa dilakukan dengan pasangan di masa yang akan datang. Misalnya rencana berkeluarga, honeymoon, dan sebagainya.

4. Empati

Jika Grameds merasa benar-benar jatuh cinta maka akan memiliki rasa empati yang kuat pada orang yang disukai. Bahkan bisa merasakan penderitaan atau kenangan-kenangan yang buruk dari orang tersebut sehingga akhirnya rela berbuat apapun agar ia bahagia. Hal ini bisa terjadi karena telah tumbuh rasa kasih sayang dalam perasaan cinta itu sendiri.

5. Melakukan Hobi Baru

Bertemu pujaan hati pasti akan terasa menyenangkan dan hal-hal baru yang ditemukan bersama orang yang disukai menjadi menarik. Itulah sebabnya orang yang sedang jatuh cinta mudah menemukan hobi baru yang bisa jadi baru ditemukan setelah bertemu dengan sang pujaan hati. Hal ini juga biasanya dipengaruhi oleh orang yang disukai yang bertujuan agar memiliki kesamaan atau keintiman dalam berhubungan.

6. Merasa Lebih Menyayanginya

Sama halnya dengan kemunculan rasa empati, orang yang sedang jatuh cinta akan bertambah rasa sayangnya dibandingkan sebelum menyukainya. Hal ini biasa terasa otomatis dalam perasaan cinta karena biasanya jatuh cinta juga bisa terjadi karena bertambahnya rasa sayang kepada seseorang.

7. Merasa Senang, Namun Sedikit Gugup

Saat sedang jatuh cinta emosi seseorang menjadi tidak stabil. Hal ini terjadi karena dalam perasaan jatuh cinta terasa sangat komplek, ada rasa senang, melayang, sekaligus khawatir dan gugup. Perasaan tersebut muncul bisa membuat yang sedang jatuh cinta menjadi sangat bersemangat sekaligus salah tingkah atau salting sendiri. Perasaan ini sangat wajar karena memang ada penjelasan ilmiahnya, yakni pengaruh dari reaksi hormon dalam tubuh kita yang berubah sehingga mempengaruhi emosi.

8. Muve On Dari Mantan

Orang yang mulai jatuh cinta lagi biasanya bisa ditandai dengan tidak tertariknya lagi dengan mantan pacar sebelumnya. Itu artinya orang tersebut telah sembuh dari hubungan sebelumnya dan kembali membuka hati atau telah menemukan pujaan hati yang baru. Orang yang sedang benar-benar jatuh cinta akan benar-benar melupakan mantannya.

9. Merapikan Area Personal-Nya

Berkaitan dengan rasa empati dan kasih sayang, orang yang sedang jatuh cinta biasanya memiliki tanda kepedulian yang lebih kepada orang yang disukai. Hal ini bertujuan untuk merubah orang tersebut menjadi yang lebih baik lagi secara personal. Merapikan area personal seseorang akan mengarah pada penyesuaian dalam hubungan. Contohnya agar lebih cocok secara personal dalam hubungan.

10. Rela Berkorban

Tanda sedang jatuh cinta bisa muncul dengan perasaan yang ingin berkorban demi orang yang dicintai. Yang dimaksud rela berkorban biasanya berhubungan dengan kebahagian pasangan atau gebetan yang juga berkaitan dengan empati dan kasih sayang. Bentuk rela berkorban dalam hubungan yang dilakukan saat sedang jatuh cinta tentu sangat beragam. Contoh sederhananya rela traktir pasangan atau gebetan, memberikan kado, membantu dan memenuhi keinginan sang pujaan hati.

11. Merasa Aman Dan Nyaman Di Dekatnya

Secara tidak langsung orang akan merasa aman dan nyaman jika berada didekat orang yang disukai. Perasaan ini muncul karena ada rasa percaya dan kebahagiaan-kebahagiaan yang terjadi saat sedang menghabiskan waktu bersama. Tanda ini bisa membuat sebuah hubungan menjadi lebih lama atau awet karena perasaan ini sulit hilang. Selain itu juga bisa menjadi penguat orang bisa bertahan dalam sebuah hubungan percintaan.

12. Menunjukan Hal-Hal Favorit

Kecenderungan yang sedang kasmaran adalah menunjukan dirinya kepada sang pujaan hati, salah satunya adalah hal-hal yang disukai. Misalnya makanan, tempat-tempat, musik, dan hal-hal lain. Tanda ini bisa menciptakan keintiman dalam hubungan karena biasanya orang yang sedang jatuh cinta akan menggebu-gebu dalam mengekspresikan diri.

13. Melakukan Hal Yang Pernah Dilakukan Bersamanya

Selain menunjukan hal-hal favorit atau yang disukai, orang yang sedang jatuh cinta juga akan berusaha melibatkan orang yang disukainya dalam hal tersebut. Hal ini tentu dapat membuat keintiman dari hubungan tersebut dan menemukan kecocokan dalam beberapa hal. Contohnya jika memiliki tempat makan favorit maka orang tersebut akan mengajaknya makan di tempat tersebut.

Cara Menyikapi Jatuh Cinta

Setelah mengenal dan memahami tanda-tanda sedang jatuh cinta, maka selanjutnya Grameds perlu mengetahui cara mengatasi perasaan tersebut. Bagi sebagian orang mungkin masih bingung dan gagap dalam merespon perasaan, apalagi jika itu pertama kalinya. Biasanya kita cenderung menyangkal atau menutupi tanda-tanda sedang jatuh cinta tersebut. Padahal hal tersebut tidaklah sehat bagi mental dan hati kita.

Grameds tidak perlu khawatir, meskipun terasa sepele namun kita perlu mengetahui cara mengatasi perasaan jatuh cinta agar bisa memaknainya dengan utuh. Berikut ini cara mengatasi jatuh cinta dan mempersiapkannya agar berhasil dalam hubungan:

1. Menghadapai Emosi Yang Dirasakan

Grameds tidak perlu merasa cemas atau tidak nyaman saat jatuh cinta karena itu adalah hal yang normal, meskipun mungkin jatuh cinta dengan orang yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Sebagian orang justru mengelak perasaan cinta tersebut dan menutup-nutupi, akhirnya justru bisa berujung menyakitkan. Misalnya bertepuk sebelah tangan atau menyiksa malam-malam yang penuh dengan pikiran orang yang disukai.

Jadi rawatlah perasaan cinta itu jangan dibiarkan, apalagi dipaksakan untuk menghilang. Cobalah mengekspresikan perasaan tersebut misalnya curhat dengan sahabat atau menulis dalam jurnal atau buku diary. Hal ini akan membantu untuk lebih memahami perasaan cinta tersebut sebelum ingin mengungkapkannya.

2. Berinteraksi Dengan Orang Yang Anda Cintai

Setelah memahami perasaan tersebut, coba berinteraksilah dengan orang yang disukai. Tataplah bersikap tenang meskipun sebenarnya sangat gugup bahkan hanya untuk menatap matanya. Coba lemparlah pertanyaan yang sederhana untuk memulai obrolan agar tidak canggung. Momen interaksi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengenalnya lebih jauh.

3. Menggodalah Sedikit

Setelah bisa berinteraksi dengan baik maka cobalah sedikit menggodanya. Cara menggoda dapat menunjukan bahwa seseorang tertarik sekaligus dapat mendorong hubungan menjadi lebih jelas. Bagaimana menggoda bisa disesuaikan dengan gaya orang masing-masing, mungkin bisa dengan cara yang romantis, komedi, dan sebagainya. Hal ini juga bisa jadi momen untuk menunjukan diri seseorang kepada orang yang disukai dari bagaimana ia mengungkapkan perasaannya.

4. Move On Lah Sesegera Mungkin Jika Perasaan Bertepuk Sebelah Tangan

Jika dalam proses pendekatan atau PDT gagal maka segeralah untuk move on. mengapa demikian? karena jika terus berlarut dan terus memaksakan perasaan itu maka akan semakin sulit hilang. Jangan perasaan tersebut untuk takut mencintai orang lain karena setiap pribadi pasti memiliki perbedaan dan bisa jadi membuat pengalaman perasaan yang berbeda. Jadi mulailah lagi untuk jatuh cinta dan temukan orang yang akan menyambut cinta tersebut.

Nah, itulah penjelasan tentang bagaimana mengenal tanda-tanda sedang jatuh cinta. Apakah Grameds pernah merasakan salah satunya? Beberapa tanda-tanda sikap atas secara psikologis sangat wajar dirasakan oleh manusia. Jadi teman-teman Grameds tidak malu atau memendam rasa tersebut dan cobalah untuk mengungkapkan kepada orang yang disukai. Malah berterima atau tidak perasaan cinta itu belakangan karena yang paling penting hati sudah bisa mengekspresikan perasaannya.

Baca juga artikel terkait “Tanda-tanda Anda Sedang Jatuh Cinta” :

Berbicara soal jatuh cinta memang susah- susah gampang karena perasaan ni kompleks sekaligus sangat sederhana. Jika Grameds merasa ingin lebih memahami tentang perasaan cinta, terutama tanda- tanda sedang jatuh cinta maka bisa kunjungi koleksi buku dan ebook Gramedai di http://www.gramedia.com.

Ada banyak referensi tentang perasaan cinta baik yang sifatnya fenomena sampai berbagai perspektif dari pengalaman dari penulis. Berikut ini rekomendasi buku yang bisa Grameds baca agar bisa lebih memahami perasaan cinta: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku



tombol beli buku

tombol beli buku

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti